10 Jenis Usaha yang Tidak Pernah Sepi, Intip yuk!

Share this Post

Table of Contents
shopee gratis ongkir

Apa ada usaha yang tidak pernah sepi? Tentu saja ada, jika kamu pintar memilih bisnis yang tepat.

Namun, memilih bisnis yang tepat pun tidak cukup jika kamu tidak rajin melakukan inovasi. Bisnis yang terus melakukan inovasi akan terus berkembang.

Hal ini tentu karena bisnis tersebut mengikuti tren apa yang ada di pasar dan mendengar keinginan pelanggan.

Inovasi bisnis dapat dilakukan dalam berbagai cara. Menurut We Work, setidaknya ada tiga jenis inovasi bisnis.

Pertama, melakukan inovasi produk. Kamu dapat menciptakan produk yang benar-benar baru dan berdekatan dengan penawaran inti bisnismu.

Kedua, melakukan inovasi proses. Ini meliputi kegiatan merancang cara baru agar lebih efisien dalam bisnis inti, misalnya memperbaiki operasional agar produksi lebih lancar.

Ketiga, melakukan inovasi model bisnis. Misalnya jika model bisnismu sebelumnya mengandalkan penjualan, kamu bisa menawarkan layanan penyewaan.

Itulah sejumlah inovasi yang dapat kamu lakukan agar bisa menjalankan usaha yang tidak pernah sepi.

Baca Juga: Ini 7 Peluang Join Usaha Tanpa Modal, Apa Saja itu?

10 Usaha yang Tidak Pernah Sepi

usaha yang tidak pernah sepi
Foto: Keramaian di Pusat Kuliner (Unsplash.com)

Inovasi bisnis penting, tetapi memilih bisnis yang tepat juga tidak kalah pentingnya jika kamu ingin memiliki usaha yang tidak pernah sepi.

Jika kamu baru ingin memulai bisnis, tetapi masih ragu memilih lini bisnis apa yang akan kamu garap, tentu kamu butuh ide-ide segar.

Berikut ada daftar 10 usaha yang tidak pernah sepi untuk membantumu menemukan ide dan inspirasi bisnis:

1. Usaha Laundry

Urusan cuci-mencuci pakaian menjadi daftar pertama dalam 10 usaha yang tidak pernah sepi.

Hampir setiap hari orang mengenakan baju yang baru dicuci. Tidak sedikit pula orang yang tak punya waktu untuk mencucinya sendiri.

Usaha laundry menjadi peluangmu untuk ditawarkan kepada orang-orang sibuk. Kamu bisa menawarkan berbagai jenis laundry, mulai dari laundry kiloan, laundry koin, hingga dry cleaning.

Salah satu kelebihan usaha laundry ialah resistan terhadap resesi. Sekalipun negara sedang mengalami resesi ekonomi, kebutuhan orang akan baju bersih tetaplah tinggi.

2. Bisnis Fashion

Masih soal baju, menjual pakaian bisa jadi usaha yang tidak pernah sepi juga. Seperti yang diungkapkan sebelumnya, meski mengalami resesi ekonomi atau pandemi sekalipun, pakaian bersih tetap dibutuhkan.

Sama halnya dengan pakaian baru. Dunia fashion dapat dikatakan sangat dinamis. Dalam waktu singkat, tren fashion dapat cepat bergulir.

Dengan memanfaatkan karakteristik konsumen yang tak mau ketinggalan atau fear of missing out (FOMO), bisnis fashion tetap dapat berdetak dalam kondisi apa pun.

Namun, dalam dunia fashion Indonesia, memang ada high season dan low season. Kondisi high season terjadi ketika menjelang hari raya, banyak orang yang memburu baju baru.

Baca Juga: Berikut 7 Langkah Memulai Bisnis Fashion dari Rumah!

3. Perlengkapan Bayi

bisnis perlengkapan bayi
Foto: Sepatu Mini (iPhoto Stock)
shopee pilih lokal

Bisnis perlengkapan bayi juga merupakan usaha yang tidak pernah sepi. Tingkat natalitas di Indonesia yang masih tinggi, membuat bisnis ini terus bertahan sepanjang masa.

Peminat perlengkapan bayi bukan hanya orang tua, melainkan orang yang hendak menyerahkannya sebagai hadiah kepada kerabat yang memiliki bayi dan balita.

Selain itu, perlengkapan bayi itu sangat banyak dan beragam. Tidak hanya satu atau dua jenis saja.

Orang tua membutuhkan banyak perlengkapan untuk mengurus bayi. Mulai dari pakaian, alat makan, botol susu, tempat tidur, stroller, dan sebagainya.

Oleh karena itu, para orang tua tidak cukup hanya sekali saja mengunjungi toko perlengkapan bayi. Mereka akan datang terus-menerus karena kebutuhannya memang tinggi.

4. Kosmetik

Usaha yang tidak pernah sepi lainnya, ada bisnis kosmetik. Bisa dibilang, konsumen terbesar kosmetik adalah kaum hawa.

Tidak sedikit perempuan yang sangat mengandalkan kosmetik untuk riasan sehari-hari. Entah itu untuk ke kantor, acara khusus, hingga pergi jalan-jalan.

Produk skin care juga sepaket dengan kosmetik sebagai usaha yang tidak pernah sepi. Baik produk skin care maupun kosmetik memiliki variasi yang sangat banyak.

Pelanggan tidak cukup hanya membeli satu jenis kosmetik. Selain bedak, mereka tentu membutuhkan lipstik, foundation, concealer, eyeliner, dan sebagainya.

Baca Juga: Contoh Toko Kosmetik Rumahan dan 8 Tips Suksesnya

5. Sembako

Usaha apa pun yang terkait dengan kelangsungan hidup, tentu akan menjadi usaha yang tidak pernah sepi.

Setiap manusia pasti perlu makan agar dapat bertahan hidup. Hal ini menjadikan usaha pertanian, sembako, dan kuliner menjadi usaha yang tidak ada matinya.

Popularitas usaha kuliner masih tergantung dari cita rasa dan kualitas masakan. Jadi, jika kamu tidak melakukan inovasi bisnis dengan baik, tentu usahamu akan sepi.

Namun, usaha sembako berbeda, karena kamu tidak perlu memperhatikan soal rasa. Setiap rumah tangga pasti membutuhkan bahan makanan untuk konsumsi sehari-hari.

Hal yang perlu kamu pastikan, yaitu kamu memiliki tempat penyimpanan sembako yang baik, agar produk tidak cepat rusak.

6. Camilan

bisnis snack kekinian
Foto: Macam-Macam Cemilan (iPhoto Stock)
shopee pilih lokal

Masih terkait soal makanan, jualan camilan menjadi usaha yang tidak pernah sepi selanjutnya. Tidak sedikit orang yang menjadikan camilan sebagai kudapan pendamping saat beraktivitas.

Misalnya, ketika sedang berkumpul bersama keluarga atau teman, sedang bekerja, bermain game, dan sebagainya.

Selain itu, kamu bisa banyak berkreasi dengan camilan. Kamu bisa menjual camilan khas daerah, membuat camilan modifikasi, atau bahkan menciptakan resep baru.

7. Minuman

Sama seperti bisnis makanan, bisnis minuman juga bisa menjadi usaha yang tidak pernah sepi.

Asalkan kamu punya resep minuman unik dan terus melakukan inovasi, usaha minumanmu akan terus laris.

Kamu bisa fokus pada usaha minuman kopi yang peminatnya cukup banyak. Bisa pula berjualan boba yang kini sedang tren.

Kamu bahkan bisa melakukan ekspansi dengan bisnis minuman. Misalnya, dengan membuka cabang atau membuat franchise.

Baca Juga: 10 Aneka Minuman Segar untuk Usaha, Yuk Coba!

8. Toko Kelontong

Usaha yang tidak pernah sepi lainnya, yaitu toko kelontong. Kamu bisa menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari di toko ini.

Kelebihan utama toko kelontong, yaitu kamu dapat menjalankannya sebagai usaha rumahan. 

Dengan menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga, tokomu akan jadi yang paling pertama dicari tetangga.

Dengan manajemen yang tepat, toko kelontongmu dapat bertahan lama, bahkan diwariskan ke anak cucu.

9. Bisnis Rental Mobil

usaha rental mobil
Foto: Deretan Mobil yang Disewakan (Unsplash.com)
shopee pilih lokal

Usaha rental mobil juga dapat menjadi usaha yang tidak pernah sepi. Kebutuhan orang terhadap kendaraan selalu ada.

Apalagi kepemilikan mobil masih terbilang rendah di Indonesia. Akhir pekan menjadi momen yang pas untuk meningkatkan pendapatan.

Terlebih pada musim liburan, peminat rental mobil bisa meningkat. Untuk meningkatkan layanan, kamu bisa sekaligus menawarkan jasa driver pada bisnis rental mobilmu.

10. Kos-kosan

Jika kamu punya modal besar, kamu bisa memulai bisnis kos-kosan. Ini merupakan usaha yang tidak pernah sepi, asal lokasi kos-kosanmu strategis.

Pilih lokasi kos-kosan yang dekat dengan pusat kesibukan. Misalnya, dekat dengan perkantoran atau kampus.

Tentukan tarif bulanan yang logis dan disesuaikan dengan layanan tambahan dari bisnis kos-kosanmu. Dengan demikian, bisnismu tidak akan pernah sepi dan seluruh kamar akan selalu terisi.

Baca Juga: Mau Rintis Bisnis Kos-kosan? Ketahui 6 Hal Ini Terlebih Dahulu

Itulah daftar 10 usaha yang tidak pernah sepi. Adakah salah satu di antaranya yang menarik perhatian kamu? Selamat merintis usaha baru!

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X