Google Meet: Fitur, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya

Share this Post

google meet
Table of Contents

Google Meet merupakan platform video conference gratis dari Google. Berikut fitur, kelebihan, dan cara menggunakannya!

Terhitung sejak 2020, banyak kegiatan luar rumah yang dibatasi akibat pandemi. Termasuk kegiatan bekerja di kantor, sekolah, kursus dan pelatihan, hingga acara rekreasi dan hiburan.

Sebagai solusi, platform penyedia konferensi video banyak bermunculan dan digunakan oleh masyarakat. Mulai dari Zoom Meeting, Webex, Microsoft Teams, hingga Google Meet.

Di antara berbagai platform tersebut, bisa dibilang Google Meet merupakan platform terbaik yang bisa digunakan secara gratis dan tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan (melalui situs meet.google.com).

Kerennya lagi, Google Meet juga terintegrasi dengan aplikasi Google lain seperti Google Calendar, Google Mail (gmail), dan aplikasi Google Workspace lainnya.

Hal tersebut tentu memberikan kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki platform lain. Alhasil, ada banyak sekolah, perusahaan, hingga orang pribadi yang menggunakan layanan Gmeet ini untuk berbagai keperluan.

Baca Juga: Google Analytics 4 Vs Universal Analytics, Apa Perbedaannya?

Mendalami Google Meet

google meet
(Foto online meeting. Sumber: Freepik.com)

Google Meet adalah layanan konferensi video dari Google. Gmeet adalah solusi yang bagus bagi individu dan bisnis untuk bertemu secara virtual dalam panggilan audio dan video. 

Melansir dari Business Insider, Google Meet juga dikenal sebagai Google Hangouts Meet, dibuat untuk memungkinkan puluhan hingga ratusan orang bergabung dalam ruang virtual yang sama.

Mereka dapat berbicara atau berbagi video satu sama lain dengan akses internet.

Untuk penggunaan pada perangkat PC, Gmeet bisa diakses melalui situs web. Sementara itu, pengguna tablet atau ponsel dapat menggunakannya dengan mengunduh aplikasi.

Dengan Gmeet, kamu dapat membuat panggilan video dan audio dengan mengundang teman dan keluarga kamu.

Mereka dapat bergabung dengan mengetikkan kode rapat atau dengan mengirimi tautan khusus. Penggunaan Gmeet biasanya dimanfaatkan oleh bisnis dan organisasi.

Platform Google ini menjadi solusi baru untuk menggelar acara virtual kapan pun dan dimana pun. Setiap peserta Gmeet bisa membagikan tampilan layar (share screen) kepada peserta lain.

Selain itu, Google juga dikenal memiliki beberapa layanan obrolan yang memiliki keunikan masing-masing.

Google Hangouts adalah platform chatting dan video. Google Hangouts dibagi menjadi Hangouts Meet dan Hangouts Chat, yang kemudian diganti namanya menjadi Google Meet dan Google Chat.

Jika kamu ingin melakukan diskusi virtual dengan banyak orang, gunakan Google Meet. Jika ingin berdiskusi empat mata, gunakan Google Hangouts atau Google Chat.

Baca Juga: Cara Pasang Iklan di Google Ads dan Tipsnya

Fitur dan Kelebihan Google Meet

Google Meet: Fitur, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya
(Foto video calling. Sumber: Freepik.com)

Sejak April 2020, ada banyak fitur yang ditambahkan ke Google Meet. Beberapa di antaranya merupakan fitur baru dan sebagian lagi merupakan fitur bawaan.

Google menggunakan teknologi Google AI untuk meningkatkan kualitas rapat dan pengalaman pengguna. Berikut fitur-fitur Gmeet yang paling banyak digunakan.

1. Whiteboard

Fitur Google Meet yang satu ini memiliki tampilan seperti Jamboard. Fitur Whiteboard memberikan pengalaman terbaik untuk menuliskan pesan atau pernyataan apapun secara virtual dalam rapat.

Sesuai dengan namanya, fitur ini akan membuka sebuah laman kosong yang diibaratkan seperti sebuah papan tulis digital.

Disini, kamu bisa menuliskan apapun, menambahkan berbagai warna dan bentuk, bahkan menyimpannya di Google Drive.

Fitur ini akan sangat berguna bagi kamu yang ingin mencatat hasil diskusi, materi pelajaran, dan informasi lainnya dalam rapat.

2. Bisa Digunakan Secara Gratis

Selama pandemi lalu, Google beberapa kali memperbarui kebijakannya. Termasuk memberikan akses gratis dengan fitur yang sama seperti akun berbayar.

Namun, terhitung sejak November lalu, Google Meet kini mengenakan fitur berbayar dengan berbagai jenis paket berlangganan.

Meski begitu, kamu masih bisa menggunakan layanan gratisnya selama 60 menit dengan maksimal 100 peserta.

Baca Juga: Apa Gunanya Google Ads Bagi Bisnis? Ini Dia 8 Manfaatnya

3. Fitur Q&A

Saat dalam sesi rapat, diskusi, atau seminar, apakah kamu memiliki pertanyaan namun sulit untuk menyampaikannya secara lisan?

Jika iya, Google juga menghadirkan fitur Q&A yang bisa membantu setiap pengguna untuk menyampaikan pertanyaan dan jawabannya dalam kolom khusus.

Sebagai bisnis, kamu dapat menggunakan fitur Q&A ini untuk membantu membuat rapat lebih inklusif, sehingga semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengajukan pertanyaan.

4. Polling

Dalam sebuah rapat atau diskusi, sangat mungkin terjadi jajak pendapatan untuk mengambil sebuah keputusan.

Menjawab kebutuhan tersebut, Google menghadirkan fitur Polls atau polling untuk mengumpulkan suara semua orang.

Dengan fitur ini, kamu dapat membuat beberapa pilihan dan membiarkan peserta rapat untuk menentukan pilihannya.

Setelah polling ditutup, host dapat menerima laporan hasil suara dan menunjukkannya ke semua audiens. Fitur ini akan memudahkan bisnis dalam berbagai kegiatan rapat dan diskusi.

5. Peningkatan Kualitas Video

Salah satu kendala pengguna Google Meet adalah kualitas video yang buruk. Sebab, kebanyakan kamera bawaan PC memiliki kualitas gambar yang kurang baik.

Hal ini akan semakin buruk ketika berada di tempat yang minim cahaya.

Mengatasi hal tersebut, Google telah memberikan peningkatan terhadap kualitas video. Dengan fitur ini, kualitas visual akan disesuaikan dengan tingkat cahaya.

Dengan begitu, meski berada di tempat yang minim cahaya, kualitas video dapat terlihat lebih terang dan jelas. Sebaliknya, ketika kondisi cahaya cukup baik, maka fitur ini akan kembali ke mode default.

Baca Juga: Apa Itu Google Cloud Platform? Berikut Ragam Fungsinya

6. Background Blur

Selama bekerja dari rumah atau remote working, ada berbagai hal yang berpotensi mengganggu konsentrasi saat rapat.

Termasuk orang-orang atau objek-objek yang berada di belakang kamu dan akan muncul di layar.

Mengatasi hal tersebut, kamu bisa memburamkan latar belakang video. Dengan fitur ini, tampilan akhir hanya akan menampilkan dirimu saja dan memburamkan objek lain, termasuk benda dan orang-orang di belakangmu.

Selain membatasi gangguan saat rapat, fitur ini juga membantu menjaga privasi kamu.

7. Reduce Audio Distraction

Selain peningkatan kualitas video, Google juga memberikan peningkatan kualitas audio dengan mengurangi kebisingan.

Fitur ini berguna untuk mengurangi tangkapan suara yang tidak perlu, seperti ketikan keyboard, suara menutup pintu, bahkan suara kendaraan.

8. Tata Letak Layar yang Lebih Beragam

Guna meningkatkan pengalaman visual penggunanya, Google juga memberikan beberapa pilihan tata letak layar.

Mulai dari tata letak otomatis, tiled, spotlight, dan sidebar. Menariknya, khusus tampilan tiles, kamu bisa mengatur jumlah tampilan video audiens hingga maksimal 49 orang secara bersamaan, termasuk dirimu sendiri.

Dengan begitu, kamu bisa melihat audiens lain dengan lebih jelas dan leluasa.

9. Bergabung Dengan Rapat Melalui Gmail

Setiap pengguna kini dapat bergabung dengan rapat menggunakan gmail. Kamu bisa membuat jadwal rapat melalui Google Calendar dan membagikan undangan tersebut ke email peserta.

Secara otomatis, undangan rapat beserta kode dan tautannya akan terlampir dalam email. Agenda rapat juga akan terdaftar dalam kalender dan memberikan notifikasi sesaat sebelum rapat dimulai sebagai pengingat.

Baca Juga: Lupa Kata Sandi Google? Coba Google Passkey Yuk!

Cara Menggunakan Google Meet

Google Meet: Fitur, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya
(Foto online meeting. Sumber: Freepik.com)

Untuk memulai rapat Google Meet di PC, kamu bisa membuka situs web Google Meet, klik “New meeting”. Kamu akan diminta untuk masuk ke akun Google jika kamu belum login.

Browser kemungkinan akan menanyakan izin, apakah kamu ingin memberi meet.google.com akses ke mikrofon dan webcam atau tidak.

Gunakan area preview untuk mempersiapkan diri, lalu klik “Join now” untuk memulai.

Selanjutnya, laman baru akan muncul dengan tautan untuk dibagikan dengan orang lain sehingga mereka dapat bergabung dengan rapat.

Untuk memulai panggilan Google Meet di ponsel atau tablet, kamu bisa membuka aplikasi Google Meet dan klik “New meeting”.

Akan muncul pop-up yang menampilkan detail undangan rapat. ketuk “Share” untuk mengirim undangan tersebut.

Sementara itu, untuk bergabung dalam rapat, ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Pertama, mengetikkan kode rapat secara manual.

Kedua, mengklik tautan rapat yang akan mengarahkanmu untuk bergabung.

Baca Juga: Apa Itu Google Workspace? Kenali Fitur dan Keunggulannya!

Sistem Keamanan Google Meet

Google Meet: Fitur, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya
(Foto rapat online. Sumber: Freepik.com)

Banyak pengguna yang mengeluhkan adanya “audiens gelap” yang menyelinap masuk dalam forum mereka. Mengatasi hal tersebut, Google memiliki beberapa sistem keamanan dalam Google Meet.

  1. Kode rapat – Google Meet akan membuat kode rapat yang terdiri atas 10 karakter. Cara ini akan mempersulit serangan brute force untuk menebak kode rapat. Kode rapat dan PIN juga akan berubah jika undangan rapat mengalami perubahan. Artinya, kode lama tidak akan bisa digunakan lagi.
  2. Bergabung 15 menit sebelum rapat – Google mengatur para penggunanya dan hanya bisa bergabung dalam rapat maksimal 15 menit sebelum rapat dimulai. Dengan begitu, tidak ada pengguna yang dapat menyelinap dalam rapat.
  3. Fitur kalender – peserta rapat yang diundang melalui Google Calendar dapat bergabung langsung dalam rapat tanpa perlu persetujuan. Namun, peserta yang tidak menerima undangan, hanya bisa bergabung atas izin host. Artinya, tidak sembarang orang bisa masuk ke dalam rapat di Google Meet.
  4. Kontrol penyelenggara – penyelenggara rapat atau host memiliki hak istimewa untuk membisukan audio peserta dan mengeluarkannya dari rapat. Selain itu, hanya host yang dapat memberikan izin kepada peserta lain untuk bergabung dalam rapat.
  5. Enskripsi data – Secara default, semua data di Meet dienkripsi saat dalam proses pengiriman antara pengguna dan Google pada rapat video yang dilakukan di browser web, aplikasi Meet Android dan iOS. Google Meet juga mematuhi standar keamanan Internet Engineering Task Force (IETF) untuk Datagram Transport Layer Security (DTLS) dan Secure Real-time Transport Protocol (SRTP).

Biaya Berlangganan Google Meet

Google Meet: Fitur, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya
(Foto biaya Google Meet. Sumber: Saasworthy)

Terhitung mulai tanggal 2 November 2022, Google memberlakukan beberapa paket berlangganan bagi pengguna Google Meet.

Fitur gratisnya hanya bisa digunakan maksimal 60 menit dengan jumlah partisipan maksimal 100 peserta.

Ada lima paket berlangganan Google Meet yang dihargai mulai dari USD 5 hingga USD 18.

Paket langganan ini terdiri dari free, starter, standard, plus, dan enterprise. Namun, Google hanya menyediakan satu pilihan paket saja di Indonesia dengan harga 135 ribu per bulan.

Dengan fitur berbayar, kamu bisa melakukan panggilan dengan jumlah partisipan lebih dari 100 orang dan durasi mencapai 24 jam.

Tak hanya itu, kamu juga diberikan fitur perekaman panggilan yang bisa disimpan dalam Google Drive. Google juga membekali pengguna layanan berbayar ini dengan kapasitas penyimpanan sebesar 2TB.

Terintegrasi Dengan Google Workspace

Google Meet: Fitur, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya
(Foto aplikasi Workspace. Sumber: Google Workspace)

Google Workspace adalah toolkit produktivitas Google yang menjadi starter pack-nya para pekerja modern.

Layanan Google ini mencakup beberapa aplikasi, seperti Calendar, Gmail, Drive, Document, Slide, Meet, Form, dan Spreadsheet.

Seluruh aplikasi Google tersebut berada dalam satu kelompok yang disebut G-Suite. Bagi para pekerja, pasti ada salah satu dari aplikasi Google yang kamu gunakan. Mungkin, yang paling banyak dipakai adalah Gmail dan Meet.

Workspace ini mendorong kolaborasi yang lebih efektif, mendekatkan tim, dan membangun kerjasama yang baik meskipun para pekerja tidak berada di tempat yang sama.

Semua alat komunikasi Google (Chat, Gmail, Voice, Content Management, dan Video Calling) telah disatukan untuk membantu kolaborasi antar tim dan menyederhanakan pengalaman pelanggan. Termasuk Google Meet.

Pengguna Workspace juga dapat secara dinamis membuat dokumen dengan anggota tim di Chatroom. Semua orang dapat membuat dan mengedit dokumen secara real time.

Salah satu contoh integrasi dalam Workspace adalah koneksi antara Google Meet, Google Calendar, dan Gmail.

Kamu bisa membuat undangan rapat, memasukkannya dalam kalender, dan mengirimnya melalui email secara praktis.

Itulah penjelasan lengkap tentang Google Meet beserta fitur, kelebihan, hingga biaya berlangganannya.