Widget Website untuk Situs Web Jualan Online Kamu

Share this Post

widget website
Table of Contents

Dalam pembuatan situs web untuk keperluan bisnis, tidak hanya penampilan yang perlu diperhatikan. Menambahkan widget website juga penting agar situs web bisnis kamu multifungsi dan terlihat lebih menarik.

Sebagai informasi, widget website adalah blok fungsional kecil yang dapat ditambahkan ke situs web sehingga fungsinya lebih optimal.

Bagi kamu yang memiliki situs web untuk jualan online, menambahkan beberapa widget yang menawarkan akses ke layanan dukungan pelanggan mungkin akan membantu meningkatkan penjualan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan umum.

Dengan begitu, pelanggan bisa berbelanja lebih mudah. Pelayanan toko online kamu juga dapat ditingkatkan agar pelanggan lebih nyaman.

Baca Juga: Cara Mudah Memasang TikTok Pixel Helper di Website Bisnis

Rekomendasi Widget Website untuk Toko Online

widget website
(Foto tampilan maps di website. Sumber: Pexels.com)

Berikut beberapa rekomendasi widget website yang bisa kamu tambahkan ke situs web jualan online:

1. Text Widget

Meski setiap layanan pembuatan situs web telah dilengkapi dengan menu text untuk menulis konten, seperti artikel di blog, kamu juga mungkin membutuhkan text widget. ‘

Widget website ini memungkinkan kamu untuk menambahkan artikel ke halaman website dengan lebih praktis.

Kamu juga dapat mengelola jenis dan ukuran font, gaya teks (misalnya header), warna teks, dan banyak lagi dengan bantuan widget yang satu ini.

2. Image Widget

Sesuai dengan namanya, image widget dapat membantu kamu untuk mengelola konten berbentuk gambar sehingga tampilan situs web jauh lebih menarik.

Jadi, audiens akan merasa jauh lebih betah saat menjelajah situs web bisnis kamu ketika konten yang diunggah telah dilengkapi dengan gambar.

Dengan image widget, kamu pun bisa menambahkan gambar apapun ke dalam sidebar tanpa perlu pengkodean HTML.

3. Calendar Widget

Rekomendasi widget website lainnya yang bisa kamu pertimbangkan untuk digunakan pada situs web jualan online, yaitu calendar widget.

Dengan adanya widget kalender, kamu bisa menginformasikan waktu-waktu penting kepada pengunjung situs web. Misalnya, ketika ada peluncuran produk atau layanan baru.

Calendar widget juga dapat kamu gunakan untuk memberitahu jadwal acara penting yang berkaitan dengan brand. Contohnya agenda webinar bersama para ahli sehingga menjadi wadah edukasi sekaligus promosi kepada pelanggan.

Baca Juga: 7 Cara Promosi Website untuk Meningkatkan Penjualan

4. Click to Call Widget

Click to call widget juga bisa menjadi pilihan widget untuk situs web jualan kamu.

Click to call widget dapat kamu gunakan dengan tampilan tombol telepon atau visual lain yang memungkinkan pengunjung website untuk menghubungi bisnis kamu secara lebih mudah.

Dengan widget website ini, pelanggan bisa mengajukan pertanyaan atau menyampaikan keluhan secara langsung kepada brand secara lebih efisien.

Merek kamu pun bisa membangun hubungan yang lebih dekat dengan para pelanggan melalui cara komunikasi seperti ini.

5. Share Widget

website widget share
(Foto ilustrasi share icon. Sumber: vecteezy.com)

Share widget akan sangat berguna untuk meningkatkan visibilitas online bisnis kamu.

Widget website yang satu ini berfungsi sebagai tombol bagikan di media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan masih banyak lagi.

Jadi, konten yang kamu publikasikan di situs web bisa dibagikan ke lebih banyak audiens. Bisnis kamu pun akan lebih banyak dikenal orang.

Ini merupakan jenis widget yang sudah dimiliki hampir seluruh situs web bisnis. Sebab, fungsinya sangat efektif untuk meningkatkan traffic dan membangun branding identity secara online.

6. Countdown Widget

Countdown widget bisa menjadi salah satu widget tambahan di situs web yang sangat berguna bagi operasional bisnis online kamu.

Widget yang dapat menampilkan hitungan waktu mundur ini akan sangat cocok kamu gunakan jika ingin meluncurkan produk atau layanan baru. Jadi, audiens lebih tertartik dan turut menantikan hal baru tersebut.

Countdown widget biasanya terdiri dari penghitungan waktu mundur berdasarkan hari, jam, menit, dan juga detik. Ini juga bisa jadi cara yang menyenangkan bagi brand untuk berbagi informasi mengenai event mendatang.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Template Website Estetik untuk Situs Webmu!

7. Business Hours Widget

Business hours widget merupakan salah satu widget website yang perlu kamu pertimbangkan untuk digunakan pada situs web jualan online.

Widget ini bisa membantu kamu untuk menampilkan waktu operasional bisnis. Jadi, pelanggan bisa menghubungi bisnis kamu di waktu yang tepat sesuai dengan ketentuan.

Ini akan sangat berguna jika kamu memiliki toko fisik sehingga pelanggan bisa berkunjung di waktu-waktu yang pas.

8. Map Widget

Map widget juga sama pentingnya seperti business hours widget, lho. Keduanya bahkan bisa saling melengkapi ketika ditambahkan pada situs web jualan kamu.

Map widget merupakan widget pada situs web yang berguna untuk menampilkan lokasi bisnis secara lebih akurat.

Widget berupa peta ini bisa membantu para pelanggan kamu untuk berkunjung ke lokasi bisnis atau toko fisik. Hanya dalam beberapa klik melalui gadget mereka.

9. Contact Form Widget

Contact form widget menjadi pilihan widget lain yang bisa kamu pertimbangkan untuk digunakan pada situs web.

Widget yang satu ini bisa menampilkan landing page untuk para pelanggan mengisi formulir kontak.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan informasi kontak pelanggan secara lebih mudah.

Contact form ini dibuat bukan tanpa alasan, lho. Justru akan sangat berguna bagi bisnis kamu, apalagi jika bisnismu baru dirintis.

Informasi kontak bisa memberikan gambaran mengenai seperti apa pelanggan potensial kamu.

Daftar kontak ini juga dapat kamu gunakan untuk strategi pemasaran lain, seperti promosi dengan email marketing agar brand awareness dan penjualan meningkat.

Baca Juga: Pop Up Website: Pengertian dan 5 Cara Membuatnya

10. Testimonial Widget

widget website review
(Foto ilustrasi review. Sumber: Pixabay.com)

Testimonial widget merupakan widget tambahan pada situs web yang berguna untuk menampilkan review atau ulasan dari para pelanggan.

Pelanggan yang sudah mencoba produk atau layanan kamu bisa memberikan pengalamannya kepada pelanggan lain melalui testimonial widget ini.

Dengan begitu, pelanggan lain akan lebih tertarik untuk ikut berbelanja di situs web jualan online kamu.

Testimoni yang diberikan oleh sesama pelanggan ternyata lebih efektif untuk mendatangkan pelanggan baru, lho.

Sebab, testimoni yang dibuat pelanggan dinilai lebih jujur daripada iklan yang dibagikan brand itu sendiri. Jadi, jangan sampai kamu melewatkan testimonial widget ini di situs web bisnis, ya.  

11. Customer Service Widget

Sesuai dengan namanya, widget yang satu ini bisa memberikan dukungan layanan kepada pelanggan.

Customer service widget memungkinkan pelanggan untuk mengakses pusat bantuan bisnis kamu ketika mereka mengalami kendala saat berbelanja.

Ini merupakan widget penting yang tak boleh dilewatkan karena memengaruhi kepuasan pelanggan ketika berbelanja.

Dengan adanya customer service widget, pelanggan akan lebih mudah untuk menghubungi brand kamu. Permasalahan yang mereka hadapi pun akan lebih cepat teratasi.

Pada akhirnya, tingkat kepuasan pelanggan akan meningkat karena pelayanan yang kamu berikan benar-benar terbaik.

Baca Juga: 5 Cara Melakukan Link Building dan Manfaatnya bagi Website

Itu dia penjelasan mengenai widget website yang perlu kamu tambahkan pada situs web jualan online.

Yuk, gunakan widget website ini untuk memberikan layanan yang lebih baik bagi pelanggan bisnis online kamu!

Bagi kamu yang masih bingung dalam membuat situs web untuk berjualan online, bisa coba layanan dari SIRCLO Store.

SIRCLO Store menyediakan jasa pembuatan website jualan online gratis dengan desain menarik dan profesional. Klik link berikut untuk pelajari lebih lanjut, ya!