Ini 7 Peluang Join Usaha Tanpa Modal, Apa Saja itu?

Share this Post

Table of Contents

Join usaha tanpa modal, bisakah? Tentu saja. Jika kamu jeli mencari peluang yang ada, kamu bisa join usaha tanpa modal sepeser pun.

Namun, sebelum bergabung dengan sebuah bisnis, ada banyak hal yang harus pertimbangkan. Kamu harus menyamakan visi dan tujuan bisnis dengan partner.

Jangan sampai kamu bergabung dengan bisnis yang tidak kamu pahami. Hal ini nanti tentu akan jadi bumerang bagimu dan partner.

Dalam artikel ini akan dijelaskan sejumlah langkah join usaha dan rekomendasi join usaha tanpa modal. Simak terus sampai akhir, ya!

Baca Juga: Mau Bisnis Tanpa Modal? Intip 7 Ide yang Bisa Kamu Coba!

Langkah-Langkah Join Usaha

join usaha tanpa modal
Foto: Saling Berjabat Tangan (freepik.com)

Sebelum membahas berbagi peluang join usaha tanpa modal, mari kita simak terlebih dahulu langkah-langkahnya.

Join usaha tanpa modal atau dengan modal, artinya kamu harus bekerja sama dengan pihak lain. Entah itu kamu membangun usaha bersama, atau bergabung dengan yang sudah ada.

Join usaha bisa jadi sangat menguntungkan, tetapi ada risikonya juga. Agar berjalan lancar, harus ada komunikasi yang baik dengan partner.

Berikut ini dibahas selengkapnya mengenai langkah-langkah join usaha.

1. Berbagi Nilai yang Sama

Kamu perlu berbagi nilai dan pandangan yang sama dengan partner bisnis. Pastikan bahwa kalian memiliki impian, tujuan, dan visi yang sama untuk bisnis baru. 

Jangan sampai kamu punya tujuan yang berbeda dengan partner bisnis. Kalian harus memiliki nilai inti, tujuan, dan etos kerja yang sama jika ingin bisnis berhasil.

2. Pilih Partner dengan Keterampilan yang Saling Melengkapi

Ketika kamu dan partner bisnis memiliki kekuatan yang berbeda, kamu akan menggandakan kekuatan dengan partner secara langsung. 

Misalnya, kamu pintar melakukan pemasaran dan penjualan, tetapi tidak punya modal serta ide untuk membuat produknya. Kamu bisa bergabung dengan produsen dan menawarkan diri sebagai reseller.

Dengan cara ini, kedua mitra dapat fokus melakukan apa yang mereka sukai dan kuasai.

3. Memiliki Rekam Jejak Bersama

Sukses sebagai partner bisnis tidak harus pernah menjalankan bisnis bersama atau bahkan pernah bekerja sama sebelumnya. 

Pilih partner yang memang pernah melalui masa-masa sulit bersamamu atau memang kamu percaya akan reputasinya.

4. Tentukan dengan Jelas Peran dan Tanggung Jawab Masing-Masing

Ketika baru memulai kerja sama dalam bentuk informal, tentu kamu dan mitra masih bisa melakukan hal yang dibutuhkan saja. Namun, hal ini tidak dapat dipertahankan dalam jangka panjang.

Mendefinisikan jabatan dan tugas masing-masing membantu menghilangkan ketidaksepakatan dengan memberi masing-masing mitra kendali atas domainnya. 

Karyawan dan pelanggan juga mendapat manfaat dari mengetahui mitra mana yang menangani aspek bisnis apa.

Baca Juga: Ini 10 Aplikasi Reseller Tanpa Modal yang Bikin Jualan Lancar

5. Pilih Struktur Bisnis yang Tepat

Kamu dapat mengatur kemitraanmu sebagai kemitraan umum, kemitraan terbatas, atau kemitraan tanggung jawab terbatas. 

Setiap bentuk usaha memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hal kewajiban, pajak, dan sebagainya. 

Bicaralah dengan konsultan hukum atau konsultan berpengalaman lainnya untuk membantu menentukan bentuk bisnis mana yang tepat untukmu dan partner bisnis.

6. Buatlah Perjanjian Tertulis

Sekalipun kamu bermitra dengan orang yang sangat kamu percaya, misalnya sahabat atau teman masa kecil, kamu tetap harus membuat batasan jelas.

Buatlah dokumen hukum mengenai struktur bisnismu dan kontribusi modal untuk bisnis. Terlebih, atur bagaimana keputusan akan dibuat, bagaimana perselisihan diselesaikan, dan apa yang terjadi jika salah satu partner ingin hengkang. 

Memikirkan semua hal buruk yang mungkin terjadi dan bagaimana kamu akan menanganinya, akan memudahkanmu menghadapi kesulitan yang muncul.

7. Jujur Satu Sama Lain

Memiliki perasaan segan terhadap mitra karena takut menyakiti perasaannya, bisa jadi bumerang pada suatu hari.

Agar kemitraanmu berhasil, kamu dan mitra harus merasa nyaman berbagi pendapat secara terbuka dan menghilangkan ketidaksepakatan yang muncul. 

Memendam ketidaksetujuan hanya mengarah pada kepahitan dan kebencian yang dapat menghancurkan kemitraanmu dengan partner bisnis.

Baca Juga: 10 Ide Jualan Online Tanpa Modal, Dijamin Cuan

Rekomendasi Join Usaha Tanpa Modal

join usaha tanpa modal
Foto: Bekerja Sama (freepik.com)

Ada banyak cara untuk join usaha tanpa modal. Kamu bisa join usaha perorangan milik teman, keluarga, atau kenalanmu.

Bisa pula kamu bergabung dengan bisnis yang sudah cukup mapan dan memang memiliki program yang memungkinkan untuk join usaha tanpa modal.

Penasaran peluang apa saja yang bisa kamu dapatkan tanpa keluar uang sepeser pun? Simak daftar rekomendasi join usaha tanpa modal berikut!

1. Daftar Aplikasi Dropship

Rekomendasi pertama join usaha tanpa modal yaitu dengan mendaftar di aplikasi dropship. Saat ini ada banyak aplikasi yang menawarakan untuk menjadi mitra dropshipper.

Dengan cara ini, kamu hanya perlu memasarkan produk dan menggiring pembeli untuk checkout di toko online-mu. 

Kamu tak perlu repot-repot mengemas dan mengirim barang, karena itu semua sudah dilakukan oleh penyedia jasa dropship.

Banyak pula produsen yang menawarkan peluang menjadi reseller, tetapi kamu membutuhkan modal yang cukup besar untuk itu.

2. Survei Online

Mendaftar di aplikasi atau situs survei online bisa menjadi alternatif lain join usaha tanpa modal.

Jika kamu jeli mencari, ada banyak aplikasi survei online yang bisa kamu ikuti, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Kamu hanya perlu menjawab berbagai pertanyaan survei. Setiap kamu selesai menjawab pertanyaan suatu survei, kamu bisa mendapat poin yang nantinya bisa dikumpulkan kemudian dicairkan.

Baca Juga: Apa Itu Bisnis MLM? Kenali Cara Kerjanya Sebelum Coba

3. Multilevel Marketing

join usaha tanpa modal, multilevel marketing, MLM
Foto: Grafik dan Survei Pasar (freepik.com)

Mengutip dari Forbes, multilevel marketing atau MLM, dikenal juga sebagai pemasaran langsung atau pemasaran jaringan. 

Ini merupakan metode penjualan produk langsung ke konsumen menggunakan perwakilan penjualan independen.

Jika ingin join usaha tanpa modal, kamu bisa melakukan MLM. Apalagi jika kamu punya kemampuan komunikasi yang persuasif, MLM bisa cocok untukmu.

Hanya saja kamu perlu berhati-hati memilih perusahaan. Ada banyak MLM menjadi terkenal karena praktik bisnis yang kontroversial

Malah ada praktik bisnis berkedok multilevel marketing, tetapi sebenarnya praktik tersebut tidak lebih dari skema piramida ilegal.

4. Content Creator Kolaborator

Jika kamu seorang content creator, influencer, atau memang sangat familiar dengan media sosial, kamu bisa menjadi kolaborator.

Ini merupakan salah satu cara join usaha tanpa modal. Ada banyak perusahaan besar yang memiliki media sosial, tetapi tidak memiliki talent yang pas untuk mengisi konten di sana.

Kamu bisa menawarkan kontenmu untuk dipasang di media sosial berbagai perusahaan tersebut. Kerja sama ini bisa sangat menguntungkan, karena kamu bisa melakukan personal branding juga.

Baca Juga: Ini 4 Skill yang Dibutuhkan oleh Content Creator

5. Pengelola Media Sosial

Kamu merasa tidak cocok tampil di depan kamera untuk menjadi kolaborator? Kamu bisa lakukan cara lain untuk join usaha tanpa modal.

Menawarkan jasa mengelola media sosial bisa jadi pilihan lain. Apalagi jika kamu punya keahlian dalam menyusun strategi konten dan menempatkan tagar yang tepat.

Kamu juga memerlukan keahlian copywriting yang mumpuni untuk menarik perhatian audiens dan menggaet banyak pengikut.

6. Mengikuti Program Afiliasi

Rekomendasi join usaha tanpa modal lainnya, yaitu bergabung dengan program afiliasi. Jika kamu punya keahlian pemasaran yang baik, kamu bisa jadi afiliator.

Ada banyak perusahaan yang membuka program afiliasi kepada umum. Mulai dari marketplace hingga jasa penyedia hosting.

Kamu bisa mendaftar dan mulai mempromosikan produk dan layanan mereka di blog atau media sosial kamu. Jangan lupa untuk memasang link afiliasi agar kamu mendapat komisi.

7. Jasa Konsultansi

join usaha tanpa modal
Foto: Melihat Perancangan Bisnis Usaha yang Dijalankan Bersama (freepik.com)

Satu lagi peluang join usaha tanpa modal, yaitu kamu bisa menawarkan jasamu sebagai konsultan. Tergantung dari kemampuan apa yang kamu miliki.

Misalnya kamu punya keahlian dalam keuangan, kamu bisa menjadi konsultan finansial dan pajak perusahaan.

Jika kamu punya kemampuan SEO, kamu bisa menawarkan konsultasi agar situs web perusahaan atau instansi bisa banyak dikunjungi orang.

Baca Juga: 10 Jenis Bisnis Konsultan yang Harus Kamu Pahami

Itulah sejumlah rekomendasi join usaha tanpa modal. Semoga informasi ini bermanfaat!