Bola Piala Dunia 2022 Ternyata Produksi Madiun, Ini Faktanya

Share this Post

bola piala dunia 2022
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Piala Dunia 2022 di Qatar sedang menjadi perbincangan banyak orang. Tidak hanya membahas keseruan pertandingan antar tim, bola piala dunia 2022 juga tak lepas dari sorotan.

Menariknya, bola piala dunia 2022 yang diberi nama “Al Rihla” tersebut ternyata buatan Tanah Air, lho!

Jadi, meskipun Indonesia tidak berpartisipasi langsung dalam pertandingan sepak bola, nama negara kita memiliki kontribusi yang cukup baik, yaitu melalui bola piala dunia 2022 yang dibuat di Madiun, Jawa Timur.

Baca Juga: Fantastis, Ini Rincian Hadiah Piala Dunia Qatar 2022

Bola Piala Dunia 2022

bola piala dunia 2022
(Foto bola piala dunia 2022. Sumber: fifa.com)

Yuk, simak lebih lanjut mengenai fakta-fakta bola piala dunia 2022 dalam artikel berikut!

1. Diproduksi di Madiun, Jawa Timur

Siapa sangka, bola piala dunia 2022 resmi ke-14 yang dipakai untuk bertanding para tim sepak bola di Qatar ialah produksi Indonesia. Tepatnya, produksi PT Global Way bersama Adidas.

Sebenarnya, lokasi produksinya berada di Tiongkok dan Indonesia. Namun, sebanyak 60-70% atau lebih banyak diproduksi di Tanah Air, tepatnya di Madiun, Jawa Timur.

Bola piala dunia 2022 yang diberi nama “Al Rihla” atau dalam bahasa Arab diartikan sebagai “Perjalanan” ini telah dipercaya oleh brand ternama dunia.

Bahkan, produknya telah diekspor ke 5 negara seperti Brazil, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, Jerman, hingga Inggris.

Nah, untuk perhelatan Piala Dunia tahun 2022 ini, bola produksi Madiun tersebut akan dikirimkan ke Qatar sebanyak 1 juta bola.

2. Dibuat dengan Teknologi Canggih

Mengingat kegunaannya khusus untuk pertandingan sepak bola antar negara dunia, bola piala dunia 2022 tersebut pun dibuat menggunakan teknologi tinggi yang canggih.

Dikutip dari laman Bola, Bola “Al Rihla” dibuat dengan fokus kecepatan tinggi, sehingga bisa bergerak lebih cepat dan memiliki akurasi dan stabilitas yang sudah diukur.

Dalam pembuatannya, bola piala dunia 2022 menggunakan CTR-CORE. Ini adalah bagian inti bola yang didesain dengan tingkat akurasi dan konsistensi tinggi.

Jadi, ini bisa mendukung pemain sepak bola dalam permainan yang cepat dan tepat dengan retensi bentuk maupun udara maksimum.

Selain itu, bola piala dunia 2022 dibuat dengan teknologi Speedshell. Ini merupakan kulit polyurethane (PU) pada bola yang memiliki tekstur mikro dan makro serta dilengkapi dengan panel 20 bagian terbaru.

Dengan begitu, aeorodinamika bola bisa meningkatkan akurasi, stabilitas, dan tembakan yang tajam pada saat digunakan selama pertandingan.

Hal ini sejalan dengan pernyataan Direktur Pemasaran FIFA Jean-François Pathy, yang menyebutkan bahwa bola piala 2022 memang dirancang untuk mendukung kecepatan permainan puncak, karena bergerak lebih cepat saat melayang daripada bola mana pun dalam sejarah turnamen.

Menariknya lagi, bola piala dunia kali ini juga dilengkapi dengan penggunaan teknologi semi-automated offside.

Jadi, bola yang digunakan memiliki sensor unit pengukuran inersia sehingga dapat mendeteksi offside.

Chip sensor yang diletakkan pada bagian tengah bola akan berfungsi untuk mengirimkan data bola ke ruang operasi video hingga 500 kali per detik.

Dengan demikian, deteksi titik tendangan bisa dilakukan secara tepat dan akurat selama pertandingan sepak bola dunia tersebut.

Melansir VOI, pengabungan data pelacakan tungkai pemain dan bola serta didukung kecerdasan buatan (artificial intelligence) akan memberikan peringatan offside otomatis pada ofisial pertandingan di ruang operasi.

Peringatan itu akan dikirimkan setiap kali bola diterima penyerang yang berada dalam posisi offside.

Usai mendapatkan peringatan offside semi otomatis, petugas video pertandingan di ruang operasi bakal memvalidasi keputusan tersebut, sebelum memberi tahu wasit di lapangan.

FIFA mengklaim bahwa, seluruh proses ini bisa dilakukan dalam hitungan detik.

Ketika wasit meniup peluit tanda offside, sistem akan langsung menampilkan gambar 3D untuk menunjukkan lokasi penyerang dan bek saat permainan sedang berlangsung.

Gambar 3D ini kemudian akan ditampilkan di layar dalam stadion, serta dibagikan ke mitra penyiaran FIFA untuk menginformasikan semua penonton dengan cara sejelas mungkin.

Baca Juga: Kekayaan Negara Qatar yang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

3. Desain Bola Piala Dunia 2022

bola al rihla
(Foto bola “Al Rihla”. Sumber: fivethirtyeight.com)
shopee pilih lokal

Bola “Al Rihla” didesain dengan berat 450 gram atau 16 ons sehingga membuatnya ringan di udara dan meningkatkan kecepatan.

Bola piala dunia 2022 itu juga memiliki lingkar 70cm atau 28 inci, dengan tekanan 1,1 atmosfer atau 1100g/cm2 atau 15,6 lbs/sq in.

Mengutip laman msn, bagian dalam dan luar bola tersebut dirancang menggunakan data dan pengujian ketat di laboratorium Adidas, di terowongan angin, dan di lapangan oleh pemain sepak bola itu sendiri.

Dengan begitu, bola “Al Rihla” mampu memberikan tingkat akurasi dan keandalan tertinggi di lapangan permainan, sebagian karena bentuk panel baru dan tekstur permukaan.

Selain itu, bola tersebut merupakan Bola Piala Dunia FIFA pertama yang dibuat secara eksklusif dengan tinta dan lem berbahan dasar air.

4. Dipuji Pakar Fisika Olahraga

Kita semua patut bangga dengan bola piala dunia 2022 yang dibuat oleh produsen lokal.

Klaim yang ditujukan untuk bola “Al Rihla” itu pun bukan hanya sekadar omong kosong karena sukses dipuji oleh pakar fisika olahraga.

Sebuah studi yang dilakukan oleh John Eric Goff, profesor fisika di University of Lynchburg, membagikan penelitiannya melalui laman The Conversation.

Pakar fisika olahraga tersebut memang kerap melakukan analisis bola yang digunakan setiap saat Piala Dunia digelar.

John Eric Goff pun menyebutkan bahwa bola piala dunia 2022 produksi Madiun, Indonesia itu memiliki desain yang baik sehingga punya aerodinamika tinggi.

Hal ini karena Adidas memasang divot kecil ke permukaan sehingga bola menjadi lebih aerodinamis.

Baca Juga: 7 Sponsor Piala Dunia 2022 Qatar, Ada Produsen Mobil Listrik

5. Membanggakan Nama Indonesia

Para pemangku kepentingan di Tanah Air juga turut merasakan kebanggaan terhadap bola piala dunia 2022 yang diproduksi secara lokal ini.

Menteri BUMN Erick Thohir misalnya, ia membagikan momen membanggakan dengan bola “Al Rihla” di media sosial.

Melalui postingannya di Instagram, Erick Thohir terlihat berpose dengan Presiden FIFA, Giovanni Vicenzo Infantino seraya memegang bola asal Madiun tersebut.

Ia pun menuliskan, “Teman-teman Madiun harus bangga. Bola yang saya pegang itu adalah “Al-Rihla” yang berarti “perjalanan”. Bola resmi yang digunakan selama Piala Dunia Qatar 2022, diproduksi di Madiun, Jawa Timur.”

Erick Thohir juga menambahkan bahwa sudah ada 50.000 bola piala dunia 2022 yang diekspor ke lima negara.

Hal itu pun membuktikan bahwa produk lokal sudah mampu mencapai kualitas dunia, sehingga warga Indonesia harus bangga.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Prawansa, juga membagikan momen ketika ia sedang melihat bola resmi piala dunia 2022 yang siap untuk diekspor.

Dalam keterangan foto yang diunggah, Khofifah mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki peran penting di setiap pertandingan Piala Dunia 2022.

Ia pun berharap ke depannya, Indonesia bisa mengirimkan timnas kebanggaannya untuk bertanding di kompetisi sepak bola dunia.

6. Profil Perusahaan Produsen Bola Piala Dunia 2022

perusahaan produksi bola piala dunia
(Foto bola FIFA World Cup 2022. Sumber: cufcshop.com)
shopee pilih lokal

Setelah mengetahui informasi seputar bola piala dunia 2022, kamu juga bisa mencari tahu lebih lanjut tentang perusahaan yang memproduksinya.

Produsen bola resmi dalam pertandingan Piala Dunia adalah PT Global Way Indonesia.

Perusahaan ini memang merupakan mitra Adidas, PUMA, Reebok, dan UHLSport yang memiliki fokus untuk memproduksi alat-alat olah raga yang berkualitas tinggi.

Pada 2021 lalu, PT Global Way Indonesia menjadi mitra resmi Adidas untuk memproduksi souvenir sepak bola Piala Dunia 2022.

Dikutip dari CNBC Indonesia, PT Global Way Indonesia bisa mendapat kepercayaan itu karena memiliki manajemen terintegrasi.

Misalnya Sertifikasi ISO 9001:2015 sebagai sistem manajemen mutu yang efektif serta ISO 14001:2015 & 45001:2018, sebagai sistem manajemen Kesehatan dan keselamatan.

Sebelum sesukses saat ini, PT Global Way Indonesia memiliki perjalanan bisnis yang tidaklah mudah. Awalnya, perusahaan tersebut hanya memproduksi bola, pelindung tulang kering, dan sarung tangan.

Hingga pada akhirnya, mereka dilirik brand ternama dunia seperti Adidas untuk dijadikan mitra, sehingga dapat memproduksi peralatan olahraga berkualitas internasional.

Kini, PT Global Way Indonesia pun telah mengekspor hasil produksinya ke berbagai negara dunia seperti Uni Emirat Arab, Jerman, Inggris, Amerika Serikat, hingga Brasil.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Saat Piala Dunia yang Paling Menjanjikan!

Itu dia informasi menarik seputar bola piala dunia 2022 yang perlu kamu ketahui.

Meski tak bertanding langsung di lapangan, ternyata Indonesia turut berkontribusi dalam Piala Dunia 2022 melalui bola hasil produksinya dari Madiun. Membanggakan, ya!

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X