12 Aplikasi Kasir Gratis untuk Android dan iOS

Share this Post

aplikasi kasir
Table of Contents

Banyak aplikasi gratis di Google Play dan App Store yang bermanfaat. Termasuk di dalamnya ada banyak pilihan aplikasi kasir untuk Android dan iOS gratis.

Aplikasi gratis untuk kasir tersebut memfasilitasi transaksi bisnis agar kamu bisa tetap mengembangkan usaha di mana saja dan kapan saja.

Tentunya kehadiran aplikasi kasir gratis semacam ini bisa membantu kamu melakukan pengelolaan usaha atau bisnis. Terlebih aplikasi-aplikasi tersebut bisa didapatkan secara gratis.

Apa saja aplikasi yang bisa digunakan di Android ataupun iOS? Temukan di bawah ini, ya.

Baca Juga: Ini 10 Aplikasi Reseller Tanpa Modal yang Bikin Jualan Lancar

Daftar Aplikasi Kasir untuk Android dan iOS

aplikasi kasir
Foto: Bermain Laptop (Unsplash.com)

Aplikasi kasir atau biasa juga POS (Point of Sale) memang punya fungsi yang penting dalam mengelola operasional toko kamu.

Menurut Square, aplikasi kasir dapat mempermudah pelanggan dan pelaku usaha dalam proses transaksi.

Jadi fungsinya cukup banyak, mulai dari pencatatan penjualan, stok, sampai keuntungan.

Dengan berbagai aplikasi kasir gratis yang ada, kamu dapat meningkatkan performa layanan usaha mulai dari penjualan toko, mengatur stok dengan optimal sehingga mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Berikut beberapa aplikasi gratis untuk keperluan kasir yang tersedia untuk Android dan iOS:

1. iReap POS Lite

iReap POS Lite merupakan salah satu aplikasi kasir android gratis terbaik yang dikembangkan oleh PT. Sterling Tulus Cemerlang. Aplikasi ini bisa jadi opsi untuk memaksimalkan UMKM milikmu.

Menurut STEM, aplikasi ini bisa diakses secara offline dan tidak memerlukan koneksi internet, terkecuali bila kamu melakukan backup serta pengiriman laporan melalui email.

Sementara untuk transaksi penjualan dan input produk semuanya bisa dilakukan secara offline bahkan tanpa iklan sekalipun.

Aplikasi ini bisa membantu keperluan usaha yang beragam, seperti kios, toko ritel, food truck, apotek, bengkel, pameran, barbershop, franchise, online shop, dan masih banyak lagi.

Aplikasi tersebut menggunakan sistem cloud dan masih banyak keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan iReap POS Lite.

2. Moka POS

Moka POS merupakan aplikasi dengan fitur yang tak kalah lengkap. Aplikasi ini menggunakan sistem yang berbasis cloud agar bisa diakses kapan dan di mana saja.

Aplikasi gratis kasir yang satu ini sangat cocok untuk barbershop, restoran, salon kecantikan, spa, ritel, toko pakaian, dan usaha lainnya.

Salah satu fitur andalan dari aplikasi POS ini adalah Moka Back Office.

Melalui fitur, pemilik usaha dapat melihat seluruh transaksi penjualan yang dilakukan kasir di beberapa toko sekaligus secara langsung.

Kamu juga bisa menikmati aplikasi gratis kasir online ini selama 14 hari saja dan melanjutkan pembelian setelahnya.

Baca Juga: 5 Cara Pelayanan Prima yang Memuaskan Pelanggan!

3. Pawoon

Pawoon merupakan aplikasi sederhana dengan tampilan lebih modern yang bertujuan untuk mempermudah para penggunanya.

Bagi pemilik usaha dengan banyak cabang toko, seperti retail, waralaba, restoran, kafe, dan usaha lainnya, kamu dapat lebih mudah mengendalikan keseluruhan transaksi penjualan hingga di semua cabang bisnis.

Aplikasi Pawoon memungkinkan kamu mengamati transaksi secara langsung di seluruh industri dengan cara real time.

Aplikasi satu ini memakai sistem cloud, sehingga bisa dipakai baik secara luring maupun daring.

Melalui aplikasi ini, kamu juga dapat melakukan pembuatan laporan harian secara otomatis.

Aplikasi ini juga dapat dihubungkan dengan berbagai macam printer thermal atau poin matriks dengan memakai LAN atau Bluetooth.

4. Kasir Pintar

Kasir pintar menjadi salah satu aplikasi kasir yang bisa digunakan gratis tanpa tambahan sedikit biaya pun.

Aplikasi gratis ini unggul dalam memberi kemudahan pemakaian navigasi, sehingga bisa dipakai dengan mudah oleh siapapun.

Dengan pemanfaatan sistem cloud kamu bisa mengakses dengan mudah baik secara offline dan online.

Salah satu fitur andalan aplikasi kasir restoran gratis ini adalah teknik pembacaan barcode, jadi kamu bisa memanfaatkannya untuk menetapkan harga dari tiap item.

Baca Juga: 15 Aplikasi Keuangan Pribadi untuk Bantu Kelola Finansialmu!

5. Pozool POS Point of Sale Free

Aplikasi POS yang satu ini mungkin cocok untuk kamu yang hendak membuka usaha restoran. Ini karena aplikasi ini sangat mudah dan ringan digunakan.

Selain itu, aplikasi ini mendukung sistem pembayaran menggunakan kartu kredit. Untuk mendapatkan fitur lengkapnya, kamu bisa membeli versi pro-nya.

6. Olsera Point of Sale

Aplikasi ini menawarkan fitur sangat lengkap dan bisa dipakai untuk berbagai jenis kebutuhan transaksi pencatatan penjualan usaha yang kamu jalankan.

Olsera Point of Sale juga memiliki sistem yang andal dan berbasis cloud sebagai tempat penyimpanan keseluruhan transaksi, sehingga kamu bisa mengakses kapan saja secara online.

Kamu juga bisa memakai aplikasi ini secara offline, sebab aplikasi ini bisa otomatis dapat memperbarui data saat terhubung langsung ke internet.

Namun, untuk mendapatkan aplikasi Point Of Sale gratis kamu hanya bisa menikmatinya selama 14 hari saja. Jadi, untuk bisa menggunakannya kembali, kamu harus membeli aplikasi ini nantinya.

7. Kasir Toko Portable

Aplikasi kasir berikutnya adalah kasir toko portabel bisa diunduh di Android sebagai mesin kasir yang mudah, praktis, dan lengkap.

Kasir toko portabel ini bisa memudahkan kamu mengelola bisnis baru yang berkembang, karena aplikasi ini memiliki salah satu fitur andalan yaitu manajemen stok.

Selain itu, aplikasi ini benar-benar gratis. Kamu juga dapat bertransaksi tanpa batasan setiap bulannya seperti aplikasi kasir gratis lainnya.

8. Omega POS

Omega POS adalah salah satu aplikasi gratis kasir Android yang tersedia di Play Store.

Ia menawarkan banyak sekali keunggulan, mulai untuk melakukan manajemen karyawan, penjualan, sampai menganalisis data persediaan, baik secara real time maupun offline.

Baca Juga: 10 Manfaat Promosi untuk Tingkatkan Keuntungan Penjualan, Wajib Tahu!

9. Cazh POS

Rekomendasi aplikasi gratis yang selanjutnya ialah Cazh POS. Aplikasi ini punya tampilan yang lebih sederhana untuk mempermudah para penggunanya.

Apabila kamu membeli versi pro, kamu akan mendapatkan fitur andalannya.

Aplikasi ini memang terbilang cocok untuk macam UMKM, baik itu laundry, toko kelontong, klinik kecantikan, salon, barbershop, kantin, pedagang kaki lima, restoran, kafe, waralaba, cuci mobil, toko pakaian, warteg, dan lain sebagainya.

10. Smartlink

Rekomendasi aplikasi gratis berikutnya ialah Smartlink, yang memiliki kegunaan untuk usaha laundry.

Aplikasi ini menawarkan fitur yang sangat lengkap seperti POS Kasir, manajemen kurir laundry, dan manajemen proses kerja.

Semua pekerjaan tersebut bisa dikelola hanya dengan menggunakan satu aplikasi ini saja.

Untuk keperluan transaksinya disediakan beberapa pilihan seperti transaksi deposit, reguler, pembelian e-money, deposit, kelola penyimpanan, cetak nota transaksi, kelola kurir, kelola customer, hingga permintaan setor dana atau transfer.

11. TabShop: Point of Sale POS

Aplikasi gratis untuk perangkat android yang satu ini cocok buat kamu yang ingin membangun toko ritel.

Fiturnya sederhana, serta sangat mudah dipakai. Ada beberapa fitur unggulan yang ditawarkan, seperti dukungan pembayaran paypal, bitcoin, dan lain sebagainya.

12. Kasir Bengkel Plus Keungan

Aplikasi ini cocok bagi para pemilik bengkel yang sebelumnya hanya menggunakan pengelolaan uang secara manual.

Namun, kini kamu bisa menggunakan smartphone untuk memaksimalkan semua kebutuhan dan pecatatan di bengkel.

Termasuk di antaranya adalah kebutuhan transaksi dan laporan pendapatan pengelolaan produk.

Baca Juga: Ingin Mulai Bisnis Gym? Pahami Dulu 7 Model Bisnisnya

Itulah tadi daftar aplikasi kasir yang gratis untuk mempermudah kegiatan transaksi usaha kamu.

Beberapa di antaranya bisa kamu beli versi pro-nya untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap. Semoga aplikasi-aplikasi tadi bisa membantu usaha kamu, ya!