10 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis Terbaik

Share this Post

aplikasi pencatatan penjualan gratis
Table of Contents

Saat ini, kamu bisa memanfaatkan aplikasi pencatatan penjualan gratis untuk menghemat waktu dan melakukan pencatatan secara efisien dibandingkan dengan cara manual.

Aplikasi pencatatan penjualan gratis ini bisa menggantikan catatan manual kamu. Salah satu kelebihannya adalah fitur-fitur yang siap sedia membantu meskipun kamu masih awam dalam ilmu akuntansi.

Selain itu, aplikasi pencatatan penjualan digital juga memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki catatan manual.

Baca juga: Jenis-Jenis Sistem Bisnis untuk Bantu Kamu Kelola Usaha

Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis

aplikasi pencatata penjualan
(Foto kalkulator digital. Sumber: Unsplash.com)

Penasaran? Yuk, cari tahu aplikasi pencatatan penjualan online gratis apa saja yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu usaha kamu.

Berikut rekomendasi aplikasi pencatatan penjualan elektronik gratis yang bisa kamu gunakan:

1. BukuWarung

Aplikasi pencatatan penjualan gratis yang pertama adalah BukuWarung. Kamu yang memiliki UMKM atau sedang merintis UMKM akan merasakan manfaat dari aplikasi gratis ini.

BukuWarung memiliki beberapa fitur yang efisien, seperti mencatatkan transaksi usaha, membayar atau menagih utang piutang, mengelola stok dengan baik, dan masih banyak lagi.

Kamu juga dapat mencari tahu tips-tips bisnis agar lebih produktif yang ada di situs resmi BukuWarung dengan gratis.

Kamu dapat mengunduh BukuWarung di Google Play Store maupun App Store secara gratis juga.

2. BukuKas

Salah satu aplikasi penjualan online tanpa bayar alias gratis yang bisa kamu gunakan adalah BukuKas.

Sebanyak 5 juta lebih pengusaha UMKM telah menggunakan aplikasi ini dikarenakan memiliki fitur-fitur yang lengkap.

BukuKas dapat membantu kamu untuk mencatat transaksi, terima dan kirim uang bebas biaya admin bank, laporan keuangan, kirim invoice via Whatsapp/SMS, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 12 Aplikasi Kasir Gratis untuk Android dan iOS

3. Expense Manager

Aplikasi pencatatan penjualan gratis selanjutnya adalah Expense Manager.

Aplikasi ini digunakan oleh pebisnis untuk melakukan aktivitas penjualan, seperti membayar, memproses, dan mengaudit pengeluaran.

Selain itu, pengeluaran-pengeluaran yang dilakukan karyawan, seperti dinas, liburan, dan lain-lain tetap bisa tercatat di sini.

Expense Manager sangat cocok kamu coba untuk mengontrol pengeluaran bisnis yang dianggap kurang penting.

Jadi, usaha kamu bisa menghemat dalam urusan pengeluaran serta menyortir pengeluaran hanya untuk kepentingan usaha saja.

Jika kamu tertarik dengan aplikasi pencatatan penjualan digital ini, kamu dapat mencoba free trial terlebih dahulu, lalu berlangganan jika dirasa cocok dengan jenis usaha yang kamu geluti.

4. Moodah

Ingin mengembangkan usaha kamu menjadi lebih besar tapi bingung bagaimana caranya? Kamu dapat mengunduh Moodah sebagai jawabannya.

Moodah akan membantu usaha kamu dengan tim akuntan profesional yang siap menjawab pertanyaan seputar bisnis.

Moodah dapat membantu kamu membuat laporan yang detail dan akurat. Laporan tersebut bisa menjadi pertimbangan kamu untuk menentukan langkah bisnis selanjutnya.

Salah satu keunggulan Moodah dibanding aplikasi pencatatan penjualan gratis lainnya adalah aplikasi ini akan membantumu tidak hanya diawal saja.

Sampai ke tahap tutup buku di mana detail transaksi dan arus kas sedang banyak-banyaknya pun kamu akan tetap merasakan kelebihannya.

5. Money Lover

10 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis Terbaik
(Foto celengan uang. Sumber: Unsplash.com)

Aplikasi pencatatan penjualan digital gratis berikutnya adalah Money Lover yang bisa kamu nikmati secara gratis.

Kamu juga bisa upgrade menjadi versi premium dengan membayar biaya langganan tertentu.

Money Lover merupakan aplikasi yang bisa mengatur keuangan, anggaran, dan budget usaha kamu.

Selain itu, Money Lover dapat mensinkronisasikan beberapa perangkat menjadi satu kesatuan secara otomatis.

Ada juga beberapa fitur yang dapat mempermudah usaha kamu, seperti melakukan pengontrolan tagihan sebelum jatuh tempo, scan tanda terima, mengontrol utang piutang, dan lain-lain.

Baca Juga: 8 Aplikasi yang Bisa Dijadikan Alternatif Photoshop

6. SI APIK

Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan alias SI APIK akan membantu pencatatan informasi keuangan usaha, terutama UMKM, untuk melakukan pembukuan serta pencatatan transaksi keuangan.

Untuk kamu yang tinggal dengan koneksi internet yang tidak stabil, aplikasi pencatatan penjualan gratis ini bisa kamu akses tanpa koneksi internet alias offline.

SI APIK sangat cocok untuk kamu yang kurang mengerti ilmu akuntansi secara rinci.

Fitur-fitur yang tersedia di SI APIK meliputi pencatatan jumlah transaksi, pencatatan jumlah barang, bahan material, jenis jasa, serta jumlah pemasok dan pelanggan tanpa adanya batasan.

7. Finansialku

Finansialku bisa menjadi salah satu aplikasi perencana keuangan untuk mencatat, merencanakan keuangan, bahkan kamu juga bisa berinvestasi dengan mudah serta cepat.

Tidak hanya fitur-fitur di atas yang bisa kamu nikmati, Finansialku juga bisa kamu manfaatkan untuk financial check up agar tahu kondisi keuangan kamu, merencanakan keuangan agar lebih terkontrol, dan lain-lain.

Finansialku juga sudah dan bahkan satu-satunya aplikasi pencatatan penjualan yang telah terdaftar di OJK, Kominfo, dan ISO. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi ketika menggunakan Finansialku.

Baca Juga: 10 Aplikasi Pengiriman Barang Paling Recommended

8. Paper.id

Untuk kamu yang baru merintis usaha, pengusaha kecil, apalagi seorang freelancer, aplikasi Paper.id merupakan platform yang akan mempermudah untuk urusan mengirim dan menagih yang bersinggungan dengan invoice.

Cara kerja Paper.id terbilang cukup praktis, yakni platform ini akan membuat quotation (penawaran harga resmi) dengan logo, barang, kuantitas, bahkan PPN.

Setelah itu ada sales order, invoice yang bisa dikirim via WhatsApp, menerbitkan kwitansi, dan terakhir kamu tinggal menunggu laporan dari semua proses yang telah selesai.

Dengan lebih dari 100 ribu pengguna, aplikasi pencatatan penjualan gratis ini bisa kamu nikmati secara gratis dengan batasan tertentu.

Kamu dapat menggunakan semua fitur Paper.id tanpa batas dengan membayar biaya bulanan sebesar Rp82.300 saja. Murah, kan?

9. Kledo

Kamu bisa meninggalkan pencatatan penjualan secara manual dengan beralih ke pencatatan penjualan digital dengan menggunakan platform Kledo.

Aplikasi ini berfokus pada aktivitas bisnis, seperti invoicing, purchasing, inventory, dan dapat menganalisis performa bisnis kamu.

Kamu tidak perlu mengunduh dan menginstal aplikasi Kledo dikarenakan sudah berbasis cloud yang sudah bisa kamu akses melalui iOs, Android, Mac, dan Windows.

Apakah kamu tertarik menggunakan aplikasi pencatatan penjualan gratis ini?

Kledo bisa kamu manfaatkan secara Cuma-Cuma atau bisa di-upgrade menjadi dua versi, yakni Pro dan Elite.

Kamu cukup membayar sebesar Rp129.900/bulan untuk versi Pro sedangkan Rp189.900/bulan untuk versi Elite.

Baca Juga: 5 Aplikasi Membuat Katalog Gratis, UMKM Wajib Tahu!

10. Teman Bisnis

10 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis Terbaik
(Foto grafik analisis. Sumber: Unsplash.com)

Aplikasi pencatatan penjualan gratis terakhir adalah Teman Bisnis yang bisa kamu pakai untuk mencatat, mengevaluasi, serta mengembangkan bisnismu dengan mudah dan efisien.

Teman Bisnis memiliki fitur-fitur yang lengkap, seperti mencatat transaksi, laporan keuangan, laporan persediaan, memantau utang dan piutang, serta masih banyak lagi fitur yang tersedia.

Teman Bisnis memiliki cara kerja yang terbilang simpel. Pertama kamu mencatat semua transaksi, lalu pantau laporan keuangan bisnis di mana pun tanpa koneksi internet.

Kemudian kamu bisa mengunduh laporannya, dan terakhir ambil keputusan bisnis untuk memajukan usaha kamu.

Selain aplikasi di atas, kamu juga bisa memanfatkan layanan dari SIRCLO Store untuk mempermudah pengelolaan toko online, lho.

Misalnya SIRCLO Store Marketplace yang bisa kamu gunakan dengan cara mengintegrasikan beberapa marketplace sekaligus.

Hanya dengan satu dashboard, kamu dapat mengelola pesanan dalam jumlah banyak dari seluruh multichannel marketplace.

Pembuatan nota pesanan dan nomor resi juga bisa dibuat secara otomatis. Bahkan, fitur ini dilengkapi dengan data analitik yang bisa membantumu dalam memantau penjualan.

Kamu pun dapat mengakses laporan penjualan secara praktis karena tersedia dalam format XLSX yang siap diunduh.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan layanan dari SIRCLO, klik link ini sekarang juga, ya. Nikmatilah segala kemudahan pengelolaan toko online sehingga keuntungan yang kamu dapat lebih besar.