10 Aplikasi Pengiriman Barang Paling Recommended

Share this Post

aplikasi pengiriman barang
Table of Contents

Bingung menentukan jasa ekspedisi untuk mengirim barang? Tenang, berikut aplikasi pengiriman barang terbaik, bisa ke luar negeri!

Meningkatnya transaksi online diiringi dengan makin tingginya kebutuhan mobilisasi barang. pengiriman barang dari penjual kepada pembeli merupakan bagian dari rantai distribusi barang yang terpenting.

Permisi, pakeet!”, setiap harinya, ada saja tetangga rumah yang kedatangan paket baru. Tak hanya untuk urusan belanja, jasa ekspedisi ini juga dibutuhkan oleh masyarakat yang ingin mengirim barang secara manual.

Tentunya cara tersebut lebih praktis dibanding mengantarkan barang langsung ke penerima atau jauh-jauh membeli produk ke toko. Namun, ada beberapa tantangan yang muncul seiring meningkatnya permintaan pengiriman barang.

Baca Juga: 8 Tips Memulai Bisnis Ekspedisi, Cocok Untuk Milenial!

Kekhawatiran penjual dan pembeli biasanya berkaitan dengan keamanan barang selama pengiriman dan ketepatan waktu. Sebab, masih ada kasus paket yang salah alamat, rusak, atau hilang.

Meskipun hal tersebut bukan kesalahan penjual, cukup banyak mempengaruhi reputasinya. Ingin tahu apa saja aplikasi pengiriman barang terbaik dan terjamin? Simak sampai akhir, ya!

Aplikasi Pengiriman Barang Terbaik

aplikasi pengiriman barang
(Foto ekspedisi FedEx. Sumber: Unsplash.com)

Jasa pengiriman atau perusahaan logistik memiliki beberapa arti. Menurut Investopedia, logistik sendiri mengacu pada proses keseluruhan pengelolaan sumber daya. Termasuk penyimpanan hingga diangkut menuju ke lokasi tujuan.

Sementara itu, menurut Full Tilt Logistics, perusahaan logistik merencanakan, menerapkan, dan mengendalikan pergerakan dan penyimpanan barang, jasa, atau informasi dalam rantai pasokan dan antara titik asal ke lokasi tujuan.

Kini, perusahaan logistik sudah mengalami digitalisasi dengan didukung aplikasi pengiriman barang yang canggih. Apa saja contohnya?

Baca Juga: Apa Fungsi Shipping Label? Berikut Cara Membuatnya

1. Deliveree

Deliveree merupakan salah satu penyedia layanan logistik modern yang ada di Indonesia. Sejak awal kemunculannya, Deliveree sudah memiliki aplikasi pengiriman barang berbasis online yang memudahkan pelanggan dalam menggunakan layanannya.

Ada beberapa fitur dalam aplikasi tersebut, yaitu layanan pesan ulang, export excel, kirim balik dan POD, memiliki pengemudi, dan melacak pengiriman secara real time. Deliveree dibekali dengan armada pengiriman besar yang sanggup memuat barang dan kargo.

2. J&T Express

10 Aplikasi Pengiriman Barang Paling Recommended
(Foto ekspedisi J&T. Sumber: Instagram.com/jntexpressid

Selanjutnya, aplikasi pengiriman barang J&T Express. Perusahaan ekspedisi ini adalah perusahaan multinasional yang bermarkas di Jakarta.

Didirikan pada 20 Agustus 2015, J&T berhasil mendapatkan banyak pasar dan bahkan melampaui perusahaan ekspedisi yang sudah ada sebelumnya.

Dengan menggunakan J&T Express APP, kamu bisa melacak pengiriman, cek ongkir, pencarian drop point, dan melakukan request pengiriman.

J&T memiliki beberapa keunggulan, yaitu jangkauan luas se-Indonesia dan sistem tracking yang tepat waktu. Kedua keunggulan utama ini menjadikan J&T banyak diminati oleh masyarakat.

3. Pos Indonesia

Pos Indonesia memiliki sekitar 24 ribu titik layanan dan menjangkau 100% kota atau kabupaten di Indonesia. Kantor Pos Indonesia juga memiliki lebih dari kantor pos online berkat dukungan dari teknologi informasi dan komunikasi.

Kamu bisa mengunduh aplikasi Pos Aja! Untuk menikmati ragam fitur di dalamnya. Misalnya, pengiriman surat dan paket, cek tarif, pelacakan paket, online booking, COD, dan pick up surat atau paket.

Baca Juga: Perbedaan Shipping Address dengan Billing Address

4. JNE

JNE didirikan tahun 1990 dengan nama PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) yang melayani masyarakat dalam urusan jasa kepabeanan atau impor dari luar negeri ke Indonesia.

Saat ini, JNE memiliki lebih dari 6.000 lokasi layanan dengan jumlah karyawan lebih dari 40.000 orang. Lebih dari 150 lokasi JNE telah terhubung dengan sistem komunikasi online.

JNE merilis aplikasi MY JNE dengan berbagai fitur di dalamnya. Kamu bisa melacak pengiriman, cek ongkir, JNE Nearby untuk info agen terdekat, dan dompet virtual.

5. SiCepat

10 Aplikasi Pengiriman Barang Paling Recommended
(Foto ekspedisi SiCepat. Sumber: Instagram.com/sicepat_ekspres)

SiCepat Ekspres adalah perusahaan yang bergerak pada bidang jasa berfokus pada pelayanan jasa pengiriman barang yang mencakup seluruh wilayah Indonesia dan berekspansi ke benua Asia dan juga Australia.

SiCepat telah berkembang pesat dan telah memiliki lebih dari ratusan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendukung seluruh kegiatan operasional pengiriman. 

Kamu bisa menggunakan aplikasi SiCepat For Business untuk cek resi, cek ongkir, informasi gerai, dan permintaan order.

6. Lalamove

Aplikasi pengiriman barang selanjutnya adalah Lalamove. Jasa ekspedisi ini merupakan perusahaan teknologi yang berbasis di Asia dan dapat menghubungkan para pengguna dengan kurir melalui website dan aplikasi.

Ada beragam fitur yang bisa kamu gunakan, seperti memilih pengemudi, multiple stops, purchase service, door to door, dan extra helper.

Baca Juga: Manfaatkan Promo Free Shipping untuk Menarik Calon Pembeli!

7. Wahana

Aplikasi pengiriman barang ini dikeluarkan oleh Wahana Express, salah satu jasa logistik dan pergudangan terbesar di Indonesia.

Ada beberapa fitur di aplikasinya yang bisa kamu gunakan, seperti cek status pengiriman, cek tarif, dan mengetahui agen terdekat.

8. DHL

10 Aplikasi Pengiriman Barang Paling Recommended
(Foto ekspedisi DHL. Sumber: Unsplash.com)

Jika kamu ingin mengirim barang ke luar negeri dengan aman dan murah, kamu bisa menggunakan layanan DHL.

Jangkauan ekspedisi ini hingga ke seluruh dunia dan sudah dikenal luas sebagai jasa pengiriman internasional. Bahkan, DHL memiliki armada pesawat terbangnya sendiri.

9. FedEx

Aplikasi pengiriman barang ke luar negeri lain adalah FedEx. Ekspedisi internasional ini dikenal sebagai yang terbaik, sebab memiliki cakupan yang sangat luas.

FedEx memberikan jaminan tepat waktu kepada pelanggannya. FedEx juga didukung dengan armada pengiriman yang besar dan lengkap.

Baca Juga: Ini Manfaat Billing Address dan Bedanya dengan Shipping Address

10. Shipper

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Shipper adalah layanan yang dapat menghubugkan merchant atau pebisnis dengan agen logistik. Aplikasi Shipper menyediakan layanan logistik untuk semua skala bisnis.

Fitur yang dimiliki mencakup perbandingan ongkos kirim, penjemputan barang, pengiriman barang multi ekspedisi, dan mengetahui status pengiriman.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi pengiriman barang yang bisa kamu gunakan. Adanya jaminan tepat waktu dan keamanan barang menjadi kelebihan tersendiri yang bisa kamu sampaikan untuk menarik pembeli.