5 Aplikasi Membuat Katalog Gratis, UMKM Wajib Tahu!

Share this Post

Table of Contents

Katalog merupakan salah satu instrumen pemasaran yang penting untuk bisnis. Ingin tahu aplikasi membuat katalog gratis untuk UMKM? Simak, ya!

Ada berbagai cara untuk memperkenalkan produk kepada pelanggan. Mulai dari men-display produk di etalase toko, menatanya di rak, hingga membuat brosur. Jika produkmu tidak banyak, mungkin cara-cara tersebut cukup efektif untuk dilakukan.

Jika kamu memiliki banyak produk dan perlu menampilkan detail setiap produk, tentunya hal ini akan cukup merepotkan. Sebab, tak mungkin kamu memajang semua produk.

Masalah lain juga dapat muncul ketika kamu membuka booth atau mengikuti pameran UMKM, keterbatasan lapak usaha menyebabkan tidak semua produk dapat kamu bawa.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, kamu dapat membuat katalog produk. Katalog dapat disajikan dalam bentuk digital maupun dalam bentuk cetak, keduanya memiliki fungsi yang sama.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Katalog Online, Mudahkan Pelanggan Cari Produk

Sayangnya, membuat katalog memang gampang-gampang susah. Sebab, dibutuhkan sentuhan desain yang menarik agar pelanggan mau melihatnya. Hal ini sering menjadi kendala bagi bisnis kecil.

Namun kamu tak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan aplikasi membuat katalog secara gratis. Ingin tahu caranya? Simak sampai akhir, ya!

Aplikasi Membuat Katalog Gratis

aplikasi membuat katalog
Foto: Katalog Produk (unsplash.com)

Menurut Visme, katalog produk adalah dokumen yang memuat informasi produk penting seperti dimensi produk, harga, bahan, dan lainnya.

Baik industri B2B maupun B2C dapat memanfaatkan katalog produk. Katalog tidak terbatas pada penggunaan di ecommerce saja. Bisnis berbasis layanan dan toko offline juga dapat menggunakan katalog produk.

Seiring fakta meningkatnya tren belanja online sebesar 2,14 miliar orang di seluruh dunia pada tahun 2021. Tampaknya, katalog produk online akan semakin berguna dibanding katalog cetak.

Untuk membuat katalog, ada berbagai aplikasi yang bisa kamu gunakan. Berikut ini aplikasi membuat katalog yang bisa digunakan secara gratis.

Baca Juga: Mengenal Campaign dan 3 Manfaatnya bagi Bisnis?

1. Canva

Aplikasi membuat katalog gratis yang pertama dan terpopuler adalah Canva. Aplikasi desain yang satu ini memang multifungsi, kamu bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan.

Mulai dari mengedit foto, membuat feeds Instagram, desain Instagram Stories, membuat poster, brosur, presentasi, CV, banner, proposal, katalog, dan masih banyak lagi.

Tersedia berbagai pilihan template katalog produk yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa mengatur ukuran kertas, mengubah dimensi, dan melakukan editing dengan berbagai fitur yang tersedia.

Canva bisa digunakan melalui aplikasi mobile maupun situs web. Kamu bisa menyimpan hasil desainmu dalam berbagai jenis file.

Pada dasarnya, Canva bisa digunakan secara gratis. Namun, kamu juga bisa membeli fitur premium dan mendapatkan akses tak terbatas.

2. PicsArt

Lebih dulu terkenal daripada Canva, menjadikan aplikasi membuat katalog ini tentu tak perlu diragukan lagi.

Awalnya, PicsArt hanyalah aplikasi editing foto saja. Namun kini, PicsArt sudah didukung dengan beragam fitur yang lebih lengkap.

Melalui palikasi ini, kamu bisa mengedit foto sekaligus menggabungkannya dalam satu kolase. Selanjutnya, kamu bisa menambahkan teks dengan ratusan gaya font yang menarik. Kamu juga bisa menambahkan clip art.

Baca Juga: 7 Manfaat Pemasaran Online Beserta Contohnya

3. Power Point

Selain aplikasi editing foto, kamu juga bisa menggunakan Power Point sebagai aplikasi membuat katalog.

Pada dasarnya, Power Point adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat bahan presentasi. Ada banyak fitur yang bisa digunakan untuk membuat bahan presentasi yang menarik.

Artinya, fitur tersebut juga bisa digunakan untuk membuat katalog. Kamu bisa memilih ukuran kertas, template, dan menyimpannya dalam berbagai bentuk file.

Keunggulan lain adalah kamu bisa langsung menggunakan katalogmu menjadi materi pitch deck.

4. Publisher

Publisher merupakan aplikasi membuat katalog yang merupakan bagian dari aplikasi Microsoft Office. Pada dasarnya, Publisher dapat digunakan untuk membuat poster, undangan, kartu nama, hingga majalah.

Maka dari itu, Publisher juga bisa kamu gunakan untuk membuat katalog secara gratis. Tersedia beragam template yang dapat kamu pilih. Atau, kamu bisa membuat desain katalog sendiri dengan beragam fitur yang lengkap.

5. Corel Draw

Aplikasi membuat katalog selanjutnya adalah Corel Draw. Jika dibandingkan dengan Photoshop dan Ilustrator, penggunaan Corel Draw memang lebih sederhana. Hal ini lebih memudahkan para pebisnis awam dalam membuat katalog.

Namun, Corel Draw memiliki banyak sekali fitur dan tools yang mendukung editing foto, desainer grafis, tata letak visual, menambahkan teks, hingga membuat halaman-halaman katalog.

Baca Juga: Pengertian Traditional Marketing dan Media Pemasaran yang Digunakan

Mengapa Bisnis Membutuhkan Katalog?

5 Aplikasi Membuat Katalog Gratis, UMKM Wajib Tahu!
Foto: Katalog Produk (freepik.com)

Setelah mengetahui beberapa aplikasi membuat katalog, mungkin kamu masih bertanya-tanya mengapa katalog begitu penting bagi bisnis. Berikut ini fungsi katalog bagi binis.

1. Memasarkan dan Menawarkan Produk

Seperti yang kamu ketahui sebelumnya, katalog digunakan sebagai media promosi bagi para pebisnis dan perusahaan. 

Biasanya mempromosikan produk dan layanan dan tidak jarang memberikan diskon untuk produk dan layanan yang ditawarkan. Katalog diyakini dapat meningkatkan penjualan produk kepada para pebisnis itu sendiri.

2. Sebagai Media Promosi yang Efektif Dan Efisien

Katalog merupakan media promosi yang ditujukan kepada konsumen secara langsung. Kkonsumen bisa mendapatkan informasi mengenai produk dan jasa yang ditawarkan. Hal ini menjadikan katalog sebagai media promosi yang efektif dan efisien.

3. Menghemat Biaya Produksi

Manfaat lain menggunakan katalog sebagai media promosi adalah dapat menghemat biaya untuk promosi. Katalog ini akan didistribusikan langsung kepada konsumen sehingga konsumen dapat segera mengetahui informasi mengenai produk yang ditawarkan.

Katalog tidak memerlukan biaya produksi untuk promosi yang terlalu mahal. Dengan katalog yang menarik, tentu dapat menarik lebih banyak konsumen untuk membeli produk dan layanan tersebut.

Lebih lanjut, saat ini katalog sendiri mulai diganti menjadi e-catalogue. Ini adalah salah satu media informasi untuk promosi yang mencantumkan produk atau jasa, harga, jenis, merek, jumlah barang yang tersedia, dan deskripsi lengkap tentang produk yang ditawarkan.

Hadirnya e-catalgue tentu semakin menghemat biaya, sebab kamu tak perlu mencetaknya. Selain itu, e-catalogue dapat ditempatkan di semua channel bisnis. Misalnya, e-commerce, WhatsApp, atau bio media sosial.

Itulah penjelasan tentang aplikasi membuat katalog yang dapat kamu gunakan secara gratis.