10 Media Promosi Online Paling Efektif, Apa Saja ya?

Share this Post

Media Promosi Online Paling Efektif
Table of Contents

Memilih media promosi online paling efektif untuk bisnis sangatlah penting. Jenis promosi ini menentukan efektivitas iklan, bagaimana tips memilihnya?

Promosi dan pemasaran adalah bagian yang tak boleh terlewat dalam rantai operasional bisnis. Sebuah produk akan dikenal dan terjual setelah melalui tahap promosi.

Pada tahap ini, produkmu akan diperkenalkan kepada pelanggan dengan menunjukkan fitur dan kegunaannya. Sebagus apapun produkmu jika tidak diperkenalkan dengan baik, pasti akan kesulitan mendapat pelanggan.

Kegiatan promosi memang gampang-gampang susah. Sebab, saat ini sudah ada banyak sekali media promosi yang bisa digunakan gratis. Namun, persaingan juga makin tinggi.

Dalam melakukan promosi produk, kamu tentu harus memilih media promosi online paling efektif.

Sebab, tak semua media promosi cocok untuk produkmu. Terkadang, satu produk dengan produk lain perlu menggunakan media promosi yang berbeda.

Oleh karena itu, memilih media promosi juga menjadi tantangan tersendiri.

Meskipun sebagian besar media online gratis, kamu tetap perlu mempertimbangkan efektivitasnya.

Berikut ini daftar media promosi online paling efektif, catat ya!

Baca Juga: Bingung Promosi Toko Online? Manfaatkan Media Promosi Ini!

Daftar Media Promosi Online Paling Efektif

Media Promosi Online Paling Efektif
Foto: Promosi Voucher (freepik.com)

Menurut Law Insider, media promosi adalah format media yang digunakan untuk memuat materi promosi tertentu.

Media promosi bisa dibagi menjadi media cetak, media elektronik, serta media online. Bahasan kali ini adalah tentang media promosi online paling efektif, simak ya!

1. Media Sosial

Media promosi online paling efektif yang pertama tentu saja media sosial. Media sosial ini bisa terdiri atas beberapa aplikasi, mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, TikTok, LinkedIn, dan masih banyak lagi.

Media sosial mampu menghubungkan berbagai informasi dengan semua orang secara bersamaan. Hal inilah yang menjadi kunci pemanfaatan media sosial untuk bisnis.

Negara-negara Asia, seperti Indonesia memimpin daftar pengguna media sosial terbanyak, mencapai lebih dari 4,5 miliar pengguna.

2. Marketplace

Media promosi online paling efektif yang kedua adalah marketplace. Media online ini tak hanya bisa digunakan untuk promosi, namun juga memiliki fungsi langsung sebagai toko online.

Melalui marketplace, kamu bisa memasarkan produkmu kepada pelanggan.

Ada beberapa marketplace terkenal yang bisa kamu coba, seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, hingga yang terbaru TikTok Shop.

Baca Juga: 9 Cara Promosi Unik dan Kreatif untuk Bisnis

3. Email Marketing

manfaat newsletter email marketing
Foto: Membuka E-mail (BU Photo Stock)

Media promosi online paling efektif yang ketiga adalah email marketing.

Seperti kamu ketahui bahwa pengguna media sosial pastinya memiliki alamat email untuk mendaftar. Bahkan, sebagian orang bisa memiliki lebih dari satu alamat email.

Itu artinya, ada banyak sekali pengguna email di seluruh dunia. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk melakukan email marketing. Bagaimana caranya?

Kamu bisa memberikan fitur subscribe di website tokomu, dengan begitu kamu akan mendapatkan alamat email pelanggan.

Selain itu, ada juga fitur email marketing yang bisa kamu gunakan secara gratis maupun berbayar.

4. Facebook Pixel

Facebook Pixel yaitu serangkaian kode yang dipasang di situs web. Kode tersebut memungkinkan situsmu untuk mengukur efektivitas iklan dengan memahami perilaku pengunjung situs web.

Fitur iklan ini bisa merekam aktivitas pelanggan di blogmu, kemudian menampilkan iklan promosi yang sesuai.

Misalnya, ketika kamu baru melihat-lihat vas bunga yang lucu di e-commerce kemudian kamu membuka media sosial Instagram.

Tanpa sengaja, ketika kamu sedang melihat-lihat timeline atau snapgram, tiba-tiba iklan produk vas bunga tadi muncul di berandamu.

Baca Juga: 8 Contoh Konten Promosi untuk Toko Online Kamu

5. Google Ads

Penggunaan Google Ads juga menjadi media promosi online paling efektif. Google Ads akan bekerja dengan membaca blog bisnismu. Dengan kata lain, Google Ads nantinya dapat berupa SEM.

Google Ads dapat membantu blogmu agar muncul di urutan teratas hasil pencarian ketika audiens mencari kata kunci tertentu.

Untuk menggunakan Google Ads, tentu kamu perlu membangun blog bisnis terlebih dahulu.

6. Blog

Blogging
Foto: Blogging (freepik.com)

Media promosi online paling efektif yang satu ini sangat mengandalkan konten dan kreativitas. Blog biasanya memuat konten artikel, gambar, maupun video.

Namun, untuk membuat blogmu mudah ditemukan oleh audiens, ada dua cara yang bisa kamu coba.

Cara pertama adalah menggunakan teknik SEO. Cara ini gratis namun memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Cara kedua menggunakan Google Ads atau SEM yang merupakan layanan berbayar.

7. Forum Online

Media promosi lain yang cukup efektif adalah melalui forum online. Tentunya kamu sudah tak asing lagi dengan Kaskus bukan?

Media yang satu ini adalah platform yang biasa digunakan oleh netizen untuk saling berdiskusi dalam sebuah forum tertentu.

Dalam Kaskus, kamu bisa membuka topik obrolan dan membiarkan audiens berdiskusi mengenai produkmu.

Baca Juga: 7 Cara Promosi Website, Bisa Tingkatkan Penjualanmu!

8. Iklan Berbayar

Jika kamu ingin mencoba fitur berbayar, tentu kamu bisa mencoba fitur iklan. Di beberapa media sosial sudah ada fitur iklan berbayar yang bisa kamu coba. Misalnya TikTok Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan masih banyak lagi.

Jika punya budget lebih, kamu juga bisa memasang iklan di Youtube atau di aplikasi pemutar musik seperti Spotify.

9. WhatsApp Business

10 Media Promosi Online Paling Efektif, Apa Saja ya?
Foto: Aplikasi WhatsApp (freepik.com)

Selanjutnya beralih ke media sosial berbasis komunikasi, yaitu WhatsApp. WhatsApp memiliki layanan Business yang bisa kamu unduh secara gratis.

Melalui WhatsApp Business, kamu bisa memasukkan katalog produk, alamat toko, jam buka, hingga pesan otomatis.

Namun, untuk menggunakannya tentu kamu harus memiliki dan menyimpan kontak pelangganmu, begitu pun sebaliknya. Kamu bisa mencantumkan nomor WhatsApp bisnismu di media sosial.

10. LinkedIn

Meskipun sudah disinggung sebelumnya, namun LinkedIn memiliki peran yang berbeda dibanding media sosial lain. Sejatinya LinkedIn adalah aplikasi untuk mencari dan menemukan pekerjaan.

Namun, dalam perkembangannya LinkedIn bisa jadi media promosi yang tepat untuk model Business to Business (B2B). Sebab, di LinkedIn kamu bisa menemukan halaman bisnis banyak perusahaan besar.

Kamu juga bisa membuat dan membagikan postingan di beranda. Artinya, apabila kamu menjalankan bisnis vendor atau B2B, kamu sangat bisa menawarkan kerjasama dengan bisnis lain melalui LinkedIn.

Baca Juga: Bisa Dicoba, Contoh Kata-Kata Promosi Jual HP di Online Shop!

Nah, itulah beberapa media promosi online paling efektif yang bisa kamu coba. Menarik bukan?