9 Cara Promosi Unik dan Kreatif untuk Bisnis

Share this Post

Table of Contents
shopee gratis ongkir

Berbagai cara promosi unik bisa kamu terapkan untuk kelangsungan bisnismu.

Semua konsumen tentu senang dengan yang namanya promo. Inilah mengapa banyak pesta belanja online selalu dinantikan.

Oleh karena itu, banyak brand berlomba-lomba untuk memberikan promo menarik dan diskon besar-besaran, terutama menjelang akhir tahun.

Dengan banyaknya brand yang menawarkan promosi, bisnis tidak bisa lagi sekadar menawarkan promo berupa potongan harga.

Diperlukan trik dan upaya tertentu untuk bisa menarik konsumen agar memilih untuk membeli produkmu alih-alih kompetitor.

Baca Juga: Bingung Promosi Toko Online? Manfaatkan Media Promosi Ini!

Cara Promosi Unik dan Menarik

cara promosi unik
Foto: (pexels.com)

Berikut sejumlah cara promosi unik dan kreatif yang bisa kamu terapkan agar promo bisnismu terlihat lebih menarik, sehingga efektif untuk mendorong konsumen untuk membeli barang.

1. Jangkau Konsumen Baru dengan Promo Musiman

Cara promosi unik pertama adalah manfaatkan momen-momen spesial seperti Harbolnas, Ramadan, Lebaran, Natal, atau Tahun Baru.

Kamu bisa mengadakan promo spesial untuk momen-momen tersebut untuk menarik konsumen baru.

Kamu juga bisa memberikan tema campaign sesuai dengan momen agar promo terlihat up-to-date dan lebih menarik. Dengan demikian, kamu berpeluang untuk meningkatkan penjualan.

Saat ini, telah banyak toko online, khususnya di platform e-commerce yang memanfaatkan momen tertentu untuk membuat promosi.

Baca Juga: Ini Perbedaan Brand dan Branding Serta Fungsinya dalam Bisnis

2. Buat Konsep yang Unik

Selain memberikan diskon potongan harga, kamu juga bisa mencoba berbagai konsep promo yang unik dan berbeda dari biasanya. Misalnya memberikan diskon berdasarkan nama atau ulang tahun pelanggan.

Bisa juga dengan menerapkan strategi bundling, cross selling, atau upper selling dimana kamu untuk memberikan nilai tambah pada produk yang akan dibeli konsumen.

Semakin unik promo yang ditawarkan, akan semakin mudah untuk menarik perhatian konsumen.

3. Berikan Batas Waktu

9 Cara Promosi Unik dan Kreatif untuk Bisnis
Foto: (pexels.com)
shopee pilih lokal

Untuk meningkatkan urgensi, berikan batas waktu pada promo. Durasi promo bisa beragam jangka waktunya, baik mingguan, harian, atau bahkan hanya beberapa jam seperti flash sale.

Dengan cara promosi unik ini, konsumen yang tertarik akan segera membeli produk agar tidak ketinggalan.

Selain batas waktu, kamu juga bisa memberikan batas jumlah customer yang bisa mendapatkan promo. Maka, para pelanggan pun akan berlomba-lomba untuk mendapatkan produkmu. 

Baca Juga: Cara Promosi di Website untuk Meningkatkan Penjualan

4. Tetapkan Minimal Pembelian

Untuk mendorong konsumen melakukan jumlah transaksi yang lebih besar, kamu bisa menetapkan minimal pembelian bagi konsumen yang ingin mendapatkan promo yang lebih besar.

Misalnya, memberikan potongan harga atau gratis biaya pengiriman jika pelanggan membeli jumlah barang tertentu yang telah ditetapkan.

Cara promosi unik dan kreatif ini akan menarik konsumen yang awalnya hanya ingin membeli satu atau sedikit barang untuk menambah produk lainnya sehingga bisa mendapatkan promo.

Namun, pastikan kamu telah menghitung biaya promosi dengan keuntungan yang didapatkan sehingga bisnismu tak merugi, ya!

5. Manfaatkan Berbagai Platform untuk Promosi

Jangan lupa untuk memanfaatkan berbagai platform online seperti email marketing, push notification, Whatsapp, dan media sosial untuk meningkatkan jangkauan promomu.

Ada banyak jenis konten yang bisa kamu buat untuk menarik pelanggan. Baik berupa foto, video, infografis, polling, Q&A, dan lainnya.

Kamu juga bisa membuat promo di mana customer harus me-repost informasi promo di akun media sosial mereka sebagai syarat untuk mendapatkan promo.

Dengan cara ini, semakin banyak orang mengetahui promomu. Tak hanya meningkatkan penjualan, cara promosi unik ini juga cukup efektif untuk meningkatkan brand awareness.

Baca Juga: Cek 6 Trik Jualan di WhatsApp Agar Bisnis Laris Manis!

6. Gaet Influencer untuk Meningkatkan Visibilitas

9 Cara Promosi Unik dan Kreatif untuk Bisnis
Foto: (pexels.com)
shopee pilih lokal

Cara lain untuk memperluas jangkauan adalah dengan bekerjasama dengan influencer.

Dilansir dari Digital Marketing Institute, influencer adalah seseorang yang punya kredibilitas dalam media sosiall. Biasanya, seorang influencer punya audiens yang banyak dan dapat mempengaruhi mereka untuk melakukan sesuatu berdasarkan rekomendasinya.

Dalam hal ini, kamu bisa bekerjasama dengan influencer melalui endorsement atau paid promote. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan budget promosi.

Berikan kode promo khusus bagi influencer agar para pengikut influencer tersebut tertarik untuk membeli produkmu sehingga penjualan dapat meningkat.

Pastikan kamu memilih influencer dengan followers yang sesuai dengan target audiens brand milikmu. Jangan sampai salah pilih, ya!

Pasalnya, jika followers atau branding influencer tidak sesuai dengan target audiensmu, hal tersebut bisa menjadi sia-sia karena tidak bisa menarik minat pelanggan yang berakhir pada penjualan.

7. Berikan Reward pada Pelanggan 

Promo tidak hanya untuk customer baru saja, lho. Kamu juga perlu memikirkan cara promosi unik untuk pelanggan setiamu.

Menurut studi, dibutuhkan biaya 5 kali lebih banyak untuk mendapatkan customer baru. Oleh karena itu, mempertahankan loyalitas pelanggan adalah cara terbaik untuk bisnis. 

Lebih lanjut lagi, studi menyatakan bahwa meningkatkan retensi pelanggan sebesar 5% dapat meningkatkan profit hingga 25-95%. 

Oleh karena itu, jangan lupa untuk tetap menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan yang sudah ada dan dorong mereka untuk kembali melakukan pembelian.

Misalnya dengan memberikan promo khusus pelanggan yang telah melakukan transaksi lebih dari 3 kali. 

Baca Juga: Brand Activation, Cara Keren Promosi Bisnis

8. Penawaran Ekslusif untuk Pelanggan Setia

Masih terkait dengan pelanggan setia, kamu juga bisa memberikan mereka penawaran ekslusif untuk meningkatkan penjualan.

Misalnya, pesta pra-peluncuran pribadi, tatap muka atau virtual, tur online, pratinjau, atau demo produk bisnis kamu.

Kamu juga bisa mengirimkan sample produk baru kepada para pelanggan setia dan meminta mereka untuk mengirimkan feedback berupa testimoni atau yang lainnya.

Tak hanya bisa menarik mereka untuk melakukan pembelian, cara promosi unik ini juga termasuk strategi yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan menjaga loyalitas pelanggan.

Pelanggan setia yang sudah percaya dengan brand kamu juga lebih mungkin untuk mempromosikan produkmu pada orang lain secara cuma-cuma. Jadi, akan lebih banyak orang yang mengetahui bisnismu.

9. Sebarkan Ulasan Pelanggan

Cara promosi unik dan kreatif lainnya yang bisa kamu terapkan untuk bisnis adalah dengan membagikan testimonial pelanggan sehingga memicu datangnya pelanggan baru.

Dengan menerapkan beberapa cara tersebut, kamu bisa meminta para pelanggan untuk menuliskan review produk.

Kemudian, kamu bisa mengumpulkan ulasan produk tersebut dan mengunggahnya sebagai konten, baik di media sosial atau platform lainnya.

Survei wordstream menunjukkan bahwa sebanyak 84% konsumen mempercayai ulasan online sebanyak rekomendasi pribadi.

Oleh sebab itu, testimonial pelanggan merupakan sebuah hal yang penting untuk kamu perhatikan. Jadi, sediakanlah ruang bagi pelanggan untuk mengulas produkmu, ya!

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis, Wajib Tahu!

Strategi promo yang tepat dapat memaksimalkan keuntungan yang didapat dan membantu bisnis menjangkau customer yang lebih luas dan tepat.

Jangan lupa juga untuk menghitung promo dengan tepat sebelum mengadakannya agar profit yang diraih sebanding dengan promo yang diberikan.

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X