Self Reward, Bentuk Apresiasi Diri Sendiri yang Berdampak Positif

Share this Post

Table of Contents

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah self reward, bukan? Yuk, cari tahu penjelasan lengkap tentang apa itu self reward.

Self reward merupakan proses menghargai kerja keras yang telah dilakukan oleh diri sendiri. Sesuai dengan istilahnya, penghargaan dilakukan oleh dan untuk diri sendiri.

Misalnya kamu telah berhasil menyelesaikan tugas berat, self reward bisa dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap diri sendiri.

Jadi ke depannya, lebih termotivasi untuk melakukan hal yang lebih baik lagi.

Ini merupakan kebiasaan baik yang perlu dibangun, lho.

Sebab, penghargaan yang diberikan oleh dan untuk diri sendiri dapat menciptakan rasa bangga, percaya diri, serta meningkatkan semangat.

Baca Juga: Manfaat Mengikuti Seminar Bisnis Untuk Pengembangan Diri

Pentingnya Self Reward

pentingnya self reward
Foto: Ilustrasi Self Love (unsplash.com)

Mengapresiasi diri sendiri merupakan bentuk self love yang perlu untuk kamu lakukan. Selain itu, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari self reward.

Apa saja? Berikut di antaranya yang perlu kamu ketahui:

1. Meningkatkan Kreativitas

Siapa sangka, memberikan hadiah untuk diri sendiri sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras yang dilakukan ternyata bisa meningkatkan kreativitas, lho.

Dengan self reward, kamu bisa memiliki semangat yang lebih tinggi saat merasa ingin menyerah.

Jadi, kamu akan menjadi lebih percaya diri dan terdorong untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik lagi ke depannya.

Akibatnya, kreativitas kamu terpicu dan proses menyelesaikan pekerjaan bisa dilakukan secara lebih efisien.

2. Membuat Diri Merasa Lebih Baik

Saat mendapatkan hadiah dari diri sendiri, otak kamu akan memproduksi dopamin, hormon yang membuat diri sendiri merasa nyaman dan gembira.

Hormon ini juga bertindak sebagai pereda stres, memulihkan kejernihan mental. Oleh karenanya, kegiatan self reward bisa membuat diri sendiri merasa jauh lebih baik.

Saat kamu merasa bahagia dan memiliki suasan hati yang bagus, proses menyelesaikan pekerjaan pun bisa dilalui dengan lebih efektif.

Kamu pun tidak akan mudah untuk menyerah sehingga bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

3. Menciptakan Motivasi

Melalui self reward bisa mencipatkan motivasi, sehingga ke depannya kamu akan terpacu untuk melakukan segala sesuatunya dengan lebih baik lagi.

Kamu akan terdorong untuk bekerja keras. Jadi, akan ada lebih banyak kegiatan positif yang dilakukan. Itu artinya, tingkat produktivitas kamu meningkat.

Hasilnya pun akan lebih optimal ketika kamu berkegiatan dengan perasaan yang baik.

Baca Juga: 15 Aplikasi Keuangan Pribadi untuk Bantu Kelola Finansialmu!

Contoh Self Reward

contoh self reward
Foto: Ilustrasi Self Healing (unsplash.com)

Ada banyak sekali jenis penghargaan atau apresiasi diri sendiri yang bisa kamu lakukan.

Tidak melulu soal uang, tetapi juga bisa dilakukan dengan cara sederhana dan tetap terasa menyenangkan.

Berikut ini beberapa contoh self reward yang dapat kamu jadikan inspirasi sehingga termotivasi untuk melakukan hal secara lebih baik lagi ke depannya.

1. Menikmati Suasana Alam

Bentuk menghadiahi diri sendiri yang pertama bisa kamu lakukan dengan mudah, tetapi tetap terasa menyenangkan.

Kamu bisa mengembalikan semangat dan motivasi dengan cara menikmati suasana alam. Tidak perlu jauh-jauh, kamu dapat coba menikmati suasana alam sekitar tempat tinggal.

Misalnya ke taman atau hutan kota.

Suasana alam yang menenangkan bisa membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks. Jadi, kamu bisa mengisi energi kembali untuk menyelesaikan tugas-tugas harian.

2. Olahraga untuk Menyehatkan Tubuh

Bentuk apresiasi terhadap diri sendiri lainnya yang juga memiliki dampak positif bagi kesehatan jiwa dan raga ialah olahraga.

Melakukan aktivitas fisik tidak hanya bisa menyehatkan tubuh, tetapi juga bisa berdampak baik bagi kesehatan mental.

Jadi, kondisi fisik kamu akan menjadi lebih kuat sekaligus membuat kondisi mental lebih baik. Sebab, olahraga bisa mengurangi stres sehingga kamu akan merasa lebih baik dari sebelumnya.

3. Melakukan Journaling di Kala Luang

Journaling bisa menjadi cara untuk self reward lainnya yang patut untuk kamu coba. Dengan journaling, kamu dapat mencurahkan isi hati dan perasaan secara lebih leluasa.

Jadi, perasaan positif maupun negatif yang ada di dalam diri bisa dilepaskan sepenuhnya sehingga tidak menciptakan beban emosional.

Journaling juga bagus untuk megasah kreativitas dalam diri kamu, lho. Kamu bisa menghias jurnal yang ditulis sesuka hati.

Baca Juga: Suka Menyendiri? Ini Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert dengan Gaji Tinggi

4. Membaca Buku yang Disuka

Self reward yang paling mudah dilakukan oleh para pecinta buku yakni dengan membaca buku favoritnya.

Dengan membaca buku, pikiran kamu bisa menjadi lebih tenang karena dapat melupakan masalah kehidupan sejenak.

Selain itu, membaca buku dapat memberikan kamu banyak perspektif baru dalam menjalani kehidupan. Jadi, pengetahuan kamu bertambah.

5. Istirahat dengan Nyaman

Apabila kegiatan sehari-hari membuat kamu merasa lelah dan membuat semua energi terkuras, cobalah untuk mengapresiasi kerja keras dengan meluangkan waktu untuk beristirahat dengan nyaman.

Misalnya saat hari libur sekolah atau kerja, kamu bisa menikmati waktu luang untuk beristirahat dengan baik.

Jadi, tubuh akan terasa segar kembali layaknya perangkat elektronik yang sudah re-charge!

Dengan tubuh bugar usai waktu istirahat yang cukup, kamu juga dapat melakukan kegiatan lain secara lebih baik.

6. Bermeditasi untuk Ketenangan Pikiran

Bentuk self reward lainnya yang bisa kamu lakukan yakni dengan melakukan meditasi untuk mencari ketenangan pikiran.

Meditasi bisa menjadi cara yang efektif untuk mengelola stres dan perasaan negatif lainnya. Jadi, kamu akan merasa lebih baik dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Ada banyak cara bermeditasi yang bisa kamu pelajari di internet. Bisa juga dengan mengikuti kelas meditasi tertentu agar hasilnya lebih optimal.

Baca Juga: Kebutuhan Sekunder, Ini Ciri, Faktor, dan Contohnya

7. Menonton Film Favorit

Self reward juga bisa dilakukan secara sederhana dengan menonton film favorit kamu. Jadi, perasaan lelah setelah bekerja keras bisa hilang.

Menonton film menjadi hiburan yang cukup efektif untuk meredakan stres, lho.

Oleh karena itu, cobalah sesekali untuk melakukannya sebagai hadiah dan apresiasi diri sendiri atas kerja kerasmu.

Kini, kamu pun tidak harus pergi ke bioskop untuk dapat menyaksikan film favorit. Sebab, sudah ada banyak platform streaming online yang bisa digunakan untuk menonton film kesukaan.

8. Pergi Berkemah

Cara lain yang dapat kamu coba sebagai bentuk apresiasi diri sendiri yakni dengan pergi berkemah. Tidak perlu jauh-jauh, kamu bisa memanfaatkan halaman rumah untuk melakukan hal ini.

Bisa juga dengan mengunjungi tempat perkemahan di sekitar tempat tinggal. Jadi, kamu bisa menikmati suasana baru sehingga tubuh dan pikiran terasa lebih baik.

Ajak juga keluarga atau kerabat dekat untuk menghabiskan waktu dengan berkemah. Pastinya, akan lebih terasa menyenangkan jika kamu melakukan kegiatan ini dengan orang-orang tersayang.

9. Bersosialisasi dengan Teman Dekat

Bagi beberapa orang, bertemu dengan teman dekat bisa menjadi bentuk penghargaan terhadap diri sendiri yang menyenangkan.

Kamu bisa coba menghubungi kerabat dekat untuk mengisi ulang energi positif dalam diri. Lakukanlah beragam kegiatan menyenangkan bersama mereka.

Misalnya dengan pergi mengunjungi tempat wisata, makan di tempat kuliner yang belum pernah dicoba sebelumnya, atau melakukan kegiatan menarik untuk mengurangi stres.

Baca Juga: Kebutuhan Primer, Ini Jenis-Jenisnya yang Perlu Kamu Ketahui

10. Menekuni Hobi dan Minat

Bagi kamu yang memiliki hobi atau minat terhadap bidang tertentu, mungkin bisa membuatnya menjadi salah satu self reward.

Ketika memiliki aktivitas rutin yang dilakukan setiap hari, waktu luang yang ada seringkali tidak dimaksimalkan untuk menekuni hobi dan minatmu.

Nah, inilah saatnya bagi kamu untuk meluangkan waktu khusus terhadap hobi dan minatmu. Jadi, kamu bisa memiliki perasaan yang lebih baik dan menjadi diri sendiri.

Jangan sampai kamu merasa stres karena tidak bisa melakukan hobi.

Justru dengan hobi, kamu bisa menjaga diri tetap dalam kondisi baik sehingga mampu menyelesaikan tugas atau pekerjaan utama dengan hasil yang lebih optimal.

11. Memasak Makanan Kesukaan

Self reward tidak melulu soal uang, kamu juga bisa melakukan cara-cara sederhana. Salah satunya dengan memasak hidangan kesukaanmu.

Memasak makanan kesukaan biasanya akan memberikan rasa kepuasaan tersendiri dalam diri. Jadi, kamu bisa menggunakan kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi diri sendiri.

Apalagi, jika makanan yang kamu olah bisa dinikmati dan disukai oleh orang lain. Tentu saja, akan ada perasaan bangga terhadap diri sendiri.

12. Me Time

Self reward juga dapat dilakukan sesederhana meluangkan waktu untuk diri kamu sendiri (me time).

Dalam hal ini, kamu bisa menikmati waktu sendiri dengan hal-hal yang disukai tanpa khawatir diusik oleh orang lain.

Misalnya dengan melakukan kegiatan yang disukai atau hanya sekadar merawat diri sendiri dengan skincare, spa, pijat, dan lain-lain.

Perasaan memanjakan diri sendiri melalui kegiatan me time seperti ini merupakan hal yang positif dan bagus untuk dilakukan.

Baca Juga: Contoh Kemasan Tersier, Apa Bedanya dari Primer dan Sekunder?

Tips Self Reward yang Efektif

tips self reward
Foto: Uang Kertas dan Koin (unsplash.com)

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa kegiatan apresiasi diri sendiri ini menyebabkan perilaku boros atau hedonisme.

Sebab, ada banyak orang yang menghabiskan banyak uang untuk menghadiahi dirinya sendiri sebagai bentuk self reward.

Nah, agar kamu tidak mengalami kerugian finansial karena self reward, ada beberapa tips yang efektif untuk diterapkan berikut ini.

1. Perhatikan Kemampuan Diri Sendiri

Tidak ada salahnya bagi kamu untuk mengapresiasi diri sendiri dengan membeli hadiah atau apapun itu. Namun, pastikan kamu memerhatikan kemampuan diri sendiri, ya.

Jangan sampai terlalu memaksakan diri sendiri sehingga self reward yang dilakukan justru membawa bencana bagi kehidupan pribadimu.

Pertimbangkan lagi jenis penghargaan terhadap diri sendiri. Carilah yang benar-benar sesuai dengan kemampuan diri kamu.

Jika kamu belum mampu, mungkin perlu menabung untuk beberapa waktu ke depan sehingga bisa mewujudkan impian di waktu yang tepat.

Pertimbangkan juga apakah self reward yang kamu lakukan benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Jangan sampai hal yang dilakukan atau dibeli justru terasa sia-sia dan mubadzir.

2. Buat Anggaran Khusus

Lebih baik lagi, kamu bisa membuat anggaran khusus untuk memberikan hadiah kepada diri sendiri.

Dengan begitu, finansial pribadi kamu tidak akan terganggu karena dana untuk mengapresiasi diri sendiri sudah dipisahakan dari pos-pos keuangan lainnya.

Hindari untuk memaksakan diri sendiri dengan mencari pinjaman demi kebutuhan self reward. Ini merupakan cara yang salah dan tidak sepatutnya untuk dilakukan.

Sebab, bisa membawa kamu pada kerugian yang tidak diinginkan.

Apabila anggaran yang ditetapkan sudah habis, kamu pun perlu menunggu momen berikutnya agar bisa kembali membeli hadiah untuk dirimu sendiri.

Baca Juga: Pengertian Financial Freedom dan 5 Cara Mencapainya

3. Lakukan Apresiasi Diri Tanpa Menghamburkan Uang

Mengapresiasi kerja keras tidak harus selalu dengan uang untuk membeli suatu barang yang menyenangkan hati.

Kamu pun bisa menghadiahi diri sendiri dengan cara-cara sederhana tanpa uang seperser pun.

Misalnya dengan melakukan kegiatan sederhana di rumah seperti menikmati hobi, memasak, beristirahat, berolahraga, dan lainnya.

Dengan begitu, kamu tetap bisa menghargai kerja keras diri sendiri.

Jadi, cobalah untuk membuat daftar self reward sederhana agar perilaku ini tidak berujung pada pemborosan dan perilaku hedonisme.

Itu dia penjelasan seputar apresiasi dan penghargaan terhadap diri sendiri. Sudah kah kamu menanamkan kegiatan positif ini dalam kehidupan sehari-hari?

Ingat ya, cara ini memang baik untuk dilakukan. Namun, jangan sampai kamu melakukannya secara berlebihan yang mengakibatkan kerugian pribadi.

Tetaplah berpikir jernih dan berperilaku bijak dalam menentukan jenis self reward. Jadi, perasaan kamu bisa lebih bahagia dan dapat dinikmati dengan hati yang tulus.