Manfaat Mengikuti Seminar Bisnis Untuk Pengembangan Diri

Share this Post

seminar bisnis
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Kamu seorang pebisnis tapi tidak pernah ikut seminar bisnis? Baca hingga tuntas penjelasan di bawah ini jika kamu tidak ingin menyesal!

Pebisnis sekal ipun perlu memiliki seperangkat ilmu pengetahuan untuk menjalankan usahanya. Pengalaman saja tidak cukup untuk membuat kemampuan diri sebagai pebisnis menjadi lebih baik lagi.

Salah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan yang baik, yaitu dengan mengikuti seminar bisnis. Terdapat banyak manfaat mengikuti seminar bisnis untuk pengembangan diri. Terutama bagi kamu yang mengaku sebagai seorang pebisnis.

Sebelum kamu simak apa saja manfaat yang didapatkan dengan mengikutinya, ada baiknya simak terlebih dahulu pengertian dari seminar bisnis itu sendiri.

Baca Juga: Belajar Bisnis dengan Komunitas Bisnis Digital, Apa Manfaatnya?

Apa Itu Seminar Bisnis?

seminar bisnis
(Foto menyimak seminar. Sumber: Pixabay.com)

Seminar bisnis adalah sebuah moment atau ajang berkumpulnya para praktisi di bidang bisnis yang menyampaikan mater terkait bisnis dan ekonomi kepada sejumlah peserta.

Peserta yang mengikut seminar biasanya berasal dari berbagai kalangan. Namun, tentu saja akan didominasi oleh mereka yang menjalankan bisnis.

Dilansir dari The Balance Small Business, seminar sendiri merupakan kegiatan akademik yang memberikan sejumlah pengetahuan.

Maka dari itu, seminar bisnis merupakan sebuah kegiatan akademik yang diisi oleh para ahli terkait bisnis kepada para peserta yang umumnya adalah seorang pebisnis itu sendiri.

Di tengah pandemi COVID-19 ini, banyak kegiatan yang tidak mungkin dilakukan, termasuk seminar. Namun karena kemajuan teknologi digital, kegiatan seminar bisa dilakukan secara online dan menghasilkan istilah baru, yaitu webinar (seminar di dalam website).

Baik webinar atau seminar langsung, keduanya sama-sama memberikan ilmu pengetahuan. Namun, dengan medium yang berbeda.

Sebagai seorang pebisnis, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan merupakan hal yang penting dilakukan. Media yang bisa kamu manfaatkan adalah seminar.

Baca Juga: 25+ Istilah-Istilah Bisnis yang Perlu Dipahami Pengusaha

Manfaat Mengikuti Seminar Bisnis

seminar bisnis
(Foto sedang seminar. Sumber: Pixabay.com)
shopee pilih lokal

Lantas apa saja manfaat mengikuti seminar atau webinar bisnis yang bisa didapatkan? Berikut ini terdapat beberapa manfaat yang bisa mengubah diri kita menjadi semakin baik lagi.

1. Memperdalam Ilmu Bisnis

Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan saat mengikuti seminar bisnis, yaitu ilmu tentang bisnis yang kamu miliki akan semakin dalam.

Dalam seminar tentang bisnis, kamu akan mendapatkan informasi dan pengetahuan soal dunia tersebut. . Hal ini bisa jadi ajang kamu upgrade ilmu bisnis yang kamu miliki.

Kemudian, kamu bisa perdalam terus ilmu bisnis dan bisa kamu terapkan langsung saat kamu menjalankan bisnis itu sendiri.

Saat kamu menjalankan bisnis, banyak hal yang harus dibenahi. Dengan ilmu bisnis yang dimiliki, kamu bisa melakukan yang terbaik untuk bisnismu.

2. Mendapatkan Informasi tentang Dunia Bisnis

Informasi dan ilmu pengetahuan selalu berkembang setiap harinya. Termasuk juga informasi dan pengetahuan tentang bisnis. Dengan mengikuti seminar, kamu bisa mendapatkan informasi terbaik terkait bisnis.

Hal tersebut juga bisa segera kamu implementasikan dalam bisnis yang kamu jalankan. Contohnya, dalam sistem pemasaran atau marketing.

Di tengah pesatnya perkembangan dunia digital saat ini, sistem pemasaran juga semakin hari semakin berkembang. Sebagai pebisnis kamu harus mengetahui perkembangan yang terjadi.

Salah satu cara mengetahui perkembangannya adalah dengan mengikuti seminar sesering mungkin, ini merupakan investasi pengetahuan dan pengembangan diri yang tidak pernah akan rugi.

Baca juga: Bahasa Marketing: Istilah-Istilah dalam Dunia Marketing

3. Mendapatkan Inovasi dalam Berbisnis

Pengetahuan yang didapatkan dari para pemateri dalam seminar juga bisa kamu jadikan sebagai landasan atau inspirasi untuk melakukan inovasi bisnis.

Terutama bagi kamu yang seringkali kebingungan untuk melakukan inovasi, ini bisa disebabkan terbatasnya pengetahuan yang kamu miliki. Sehingga kamu tidak bisa memunculkan ide kreatif untuk berinovasi.

Dengan mengikuti seminar bisnis, kamu akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru untuk meningkatkan bisnismu dengan menerapkan inovasi yang sesuai dan dibutuhkan oleh bisnis yang kamu jalankan.

4. Meningkatkan Wawasan Seputar Bisnis

Manfaat ini tentu saja jangan kamu pertanyakan, tentu saja mengikuti seminar bisnis bertujuan untuk meningkatkan wawasan yang dapat bermanfaat bagi perkembangan bisnis itu sendiri.

Saat seminar juga, selalu ada sesi tanya jawab. Sesi tersebut bisa kamu manfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang bisnis.

5. Belajar Secara Langsung Dari Para Ahli

Para pengisi kegiatan seminar adalah mereka yang ahli di bidang bisnis. Jika bukan diisi oleh para pebisnis yang telah berpengalaman belasan hingga puluhan tahun, akan diisi oleh para ahli dan pakar bisnis secara akademik.

Dengan kualitas pemateri yang baik, tentu kita bisa belajar banyak secara langsung dari para ahlinya dan bisa diterapkan pada bisnis yang kita jalankan.

Baca Juga: 5 Karakteristik Bisnis Intrapreneurship yang Perlu Kamu Pahami

6. Memperluas Jaringan

Jaringan sangat diperlukan dalam setiap aspek kehidupan dan juga pekerjaan. Memilih untuk menjadi seorang pebisnis, berarti kamu harus siap untuk memiliki jaringan yang luas.

Namun, jaringan dan koneksi tidak serta merta bisa kamu dapatkan langsung. Terutama bagi kamu yang seorang pemula dan pemain baru dalam dunia bisnis.

Kamu tidak mengetahui siapa-siapa, tidak memiliki jaringan yang mengarah kepada pebisnis lain. Mengikuti kegiatan seminar bisnis bisa memberikanmu jaringan yang luas.

Seorang pebisnis harus memiliki jaringan yang luas demi kebaikan bisnisnya. Dengan jaringan yang luas, akan semakin membuka lebar kesempatan dan peluang yang akan bermanfaat bagi bisnis yang kita jalankan.

Tentu saja, dengan begitu dampak baik akan dirasakan oleh bisnis yang kita jalankan. Di dalam kegiatan seminar, kamu akan bertemu banyak orang, termasuk para pebisnis lain yang mengikuti kegiatan.

Kamu bisa mulai berkenalan dan membangun relasi serta secara perlahan melebarkan koneksimu dan akan berkembang menjadi semakin luas seiring dengan berjalannya waktu.

7. Mendapatkan Mentoring Saat Berbisnis

Manfaat terakhir mengikuti seminar bisnis adalah kita bisa mendapatkan mentoring secara langsung dari para ahli yang mengisi seminar ketika bisnis kita sedang berjalan.

Mentor yang memberikan pelajaran pun bisa kamu jadikan teladan dalam menjalankan bisnis. Karena dalam menjalankan bisnis, peran seorang mentor dibutuhkan, terutama dalam memberikan saran dan arahan, serta nasihat dan konsultasi.

Tidak bisa dipungkiri, saat menjalankan bisnis, kita seringkali kebingungan menentukan pilihan dan mengambil keputusan. Salah mengambil langkah bisa berakibat fatal bagi bisnis yang tengah kita jalankan.

Dengan adanya mentor dari pembicara dalam seminar, kita bisa menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak diperlukan tersebut. Meminimalisir kesalahan dan mengoptimalkan potensi merupakan sebuah pilihan.

Jika tidak mengikuti seminar, kamu belum tentu bisa mendapatkan mentor yang berkualitas dan telah terbukti secara akademik dan pengalaman.

Terutama, saat menjalankan bisnis, kita seringkali mengalami situasi yang membutuhkan solusi. Kandang, sebagai pebisnis kita sulit sekali memikirkan solusi yang harus dilakukan, namun dengan adanya mentor kita bisa mengatasi hal tersebut dengan baik.

Itu mengapa posisi mentor sangat penting dalam menjalankan bisnis dan mendapatkan mentor yang baik bisa kamu dapatkan dengan mengikuti berbagai kegiatan seminar.

Baca Juga: Bahasa Marketing: Istilah-Istilah dalam Dunia Marketing

Nah, itulah tadi penjelasan terkait seminar bisnis beserta dengan beberapa manfaat yang bisa didapatkan setelah mengikuti kegiatan seminar tersebut.

Jangan malas untuk menambah ilmu, kendati kamu telah mencapai kesuksesan sekalipun.

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X