Ini 5 Rekomendasi Film Tentang Bisnis yang Inspiratif Bagi Pemula

Share this Post

film tentang bisnis
Table of Contents

Dalam membangun sebuah bisnis, tentunya dibutuhkan pengetahuan yang luas dan ide-ide kreatif. Ide bisnis bisa kamu dapatkan dari mana saja, salah satunya menonton film tentang bisnis.

Usaha yang baik adalah bisnis yang terus berinovasi dan mampu menjawab setiap tantangan. Untuk itu, dibutuhkan kreativitas dan terobosan baru dalam merintis usaha.

Ada banyak sekali sumber bacaan tentang bisnis yang bisa kamu pelajari untuk memperkaya pengetahuanmu. Saat ini kamu juga bisa menyaksikan kisah-kisah inspiratif dari para pebisnis sukses.

Sejatinya, ide bisnis bisa berasal dari banyak hal,didapatkan darimana saja, termasuk melalui film. Menonton film tentang bisnis tentu akan memberikan pengalaman baru untukmu.

Selain menghibur diri, menonton film tentang bisnis juga mendorong lahirnya ide-ide baru. Film juga dapat menjadi pacuan semangat dan usaha pantang menyerah untuk memulai usaha.

Lantas, apa saja film tentang bisnis yang inspiratif dan bisa kamu tonton? Berikut rekomendasinya!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Template Website Estetik untuk Situs Webmu!

Film Tentang Bisnis yang Patut Ditonton

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi film tentang bisnis yang bisa jadi tontonan seru saat weekend.

1. Filosofi Kopi (2015)

film tentang bisnis-filosofi kopi
Foto: YouTube/Visinema Pictures

“Filosofi Kopi” adalah film Indonesia yang dirilis pertama kali pada tanggal 9 April 2015. Film ini dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris terkenal, seperti Chicco Jerikho, Rio Dewanto, dan Julie Estelle. Film ini diangkat dari cerita yang ditulis oleh Dewi Lestari.

Film ini bercerita tentang Ben (Chicco Jerikho) yang merupakan anak seorang petani kopi. Saat usia 12 tahun, Ben merantau ke Jakarta dan bertemu dengan Jody (Rio Dewanto). Ketika dewasa, Ben dan Jody mendirikan sebuah kedai kopi bernama Filosofi Kopi.

Suatu ketika, kedai kopi mereka terlilit hutang dan akhirnya menimbulkan konflik antara Ben dan Jody. Kemudian, sebagai solusi untuk melunasi hutangnya, Ben menerima tantangan seorang pengusaha untuk meracik kopi terbaik.

Singkatnya, Ben berhasil memenangkan tantangan tersebut. Kemudian, Ben bertemu dengan El (Julie Estelle) yang mengatakan bahwa masih ada kopi yang lebih enak daripada buatan Ben, yaitu kopi tiwus.

Akhirnya, Ben, Jody, dan El memutuskan untuk mencari kopi tiwus yang menentukan kelangsungan kedai kopi mereka.

Filosofi Kopi mengisahkan perjuangan dua orang sahabat yang diselingi konflik dalam merintis usaha kopi bersama. Keduanya mampu menyingkirkan ego dan bekerja sama untuk menyelamatkan bisnis yang mereka bangun.

2. The Social Network (2010)

film tentang bisnis
Foto: YouTube/Sony Pictures

Film tentang bisnis yang pertama, yaitu “The Social Network“, film keluaran tahun 2010 yang menceritakan perjalanan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg dalam membangun bisnisnya.

Dirangkum dari IMDB, film ini mengisahkan perjalanan bisnis Facebook ketika Mark masih menjadi mahasiswa.

Film yang disutradarai oleh David Fincher ini menggambarkan berbagai persoalan, konflik, dan tantangan dalam membangun bisnis teknologi.

Berbagai permasalahan dalam bisnis seperti plagiarisme hingga konflik internal lain diceritakan dengan baik dalam film ini.

Film ini menceritakan perjalanan sukses Facebook yang penuh inspirasi. Dalam film ini, kamu dapat terpacu untuk membangun prinsip bisnis yang kuat, kerja keras, dan kegigihan dalam mewujudkan ide yang kamu miliki.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Aplikasi Pembayaran Online Terbaik dan Praktis

3. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar (2014)

film tentang bisnis
Foto: YouTube/MD Pictures

“Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar” adalah film rilisan tahun  2014 yang diangkat kisah nyata karangan Merry Riana dengan judul novel yang sama. Film ini dibintangi oleh Chelsea Islan, Dion Wiyoko, Kimberly Ryder, dan Ferry Salim.

Film ini bermula dari karusuhan di tahun 1998 yang membuat Merry (Chelsea Islan) harus mengungsi ke Singapura. Selama di Singapura, Merry berjuang dalam menempuh Pendidikan dengan uang yang seadanya.

Selama kuliah, Merry harus bekerja keras karena menyadari kondisinya saat itu. Ia kuliah sambil bekerja dan terus gigih dalam menjalani hidupnya. Akhirnya, setelah lulus kuliah Merry berhasil mendapatkan satu juta dollar pertamanya.

Film tentang bisnis ini mengisahkan tentang kegigihan dan semangat dalam menghadapi setiap permasalahan.

Berbagai kendala yang muncul dapat dilalui dengan baik jika terus berusaha dan berpikiran positif. Hal inilah yang penting dalam merinstis sebuah bisnis.

4. The Founder (2016)

film tentang bisnis
Foto: YouTube/Movieclips Trailers

Rekomendasi selanjutnya merupakan film “The Founder” besutan sutradara Lee Hancock. Film yang satu ini menceritakan kisah sukses pendiri restoran cepat saji paling terkenal di dunia.

Film tentang bisnis yang diperankan oleh Michael Keaton berawal dari perjalanan seorang Ray Kroc, sales keliling yang selalu gagal menjual produknya. Ray kemudian mengamati cara kerja sebuah restoran yang dianggap tidak efisien.

Kemudian, Ray bertemu dengan pendiri restoran cepat saji terkenal yang membeli produk tempat Ray bekerja. Dimulai dari sini, Ray berhasil mengembangkan bisnis restoran cepat saji berkat kegigihannya. Meskipun sempat mengalami berbagai persoalan.

Film ini mengisahkan perjalanan seorang yang visioner dalam membangun bisnis. Meskipu menemui hambatan, pebisnis haruslah terus berinovasi dan memecahkan setiap masalah dengan tenang.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Software POS Gratis Penunjang Usaha

5. Ben & Jody (2022)

film tentang bisnis
Foto: YouTube/Visinema Pictures

“Ben dan Jody” merupakan lanjutan dari film sebelumnya berjudul Filosofi Kopi. Film keduanya ini baru saja dirilis pada tanggal 27 Januari 2022 lalu di Bioskop tanah air.

Berbeda dengan film pertamanya yang menceritakan perjalanan dua orang sahabat dalam merintis bisnis bersama, film “Ben & Jody” ini lebih banyak dipenuhi aksi-aksi menengangkan.

Film ini menceritakan tentang Ben (Chicco Jerikho) yang keluar dari Filosofi Kopi. Ia memutuskan pulang ke kampung halamannya.

Selama di kampung, ternyata ia dan warga setempat harus mengalami konflik dengan perusahaan yang berusaha merebut tanah kelahiran mereka.

Pada saat bersamaan, Jody sedang menyiapkan launching baru dari Filosofi Kopi. Menyadari sahabatnya tak ada kabar, Jody pun mencari Ben di kampung halamannya.

Film tentang bisnis ini mengisahkan perjuangan Ben, Jody, dan masyarakat kampung dalam mempertahankan tanahnya dari perusahaan.

Kisah dalam film ini sangat erat kaitannya dengan kejadian yang ada di masyarakat. Sebagai pebisnis, keberadaan perusahaan semestinya mampu berdampingan dengan masyarakat. Nyatanya justru banyak masyarakat yang dirugikan dari ekspansi sebuah perusahaan.

Itulah beberapa rekomendasi film tentang bisnis yang bisa kamu tonton. Selain menghibur, film-film tersebut tentunya sangat menginspirasi.

Jika kamu masih ragu dalam memulai bisnis, Yuk tonton video berikut agar kamu semakin mantap membuka bisnis ya!