10 Ide Bisnis Modal 100 Ribu, Ada yang Nyaris Tanpa Modal!

Share this Post

Table of Contents

Sebagian orang beranggapan memulai bisnis butuh modal besar. Nyatanya, ada beberapa ide bisnis modal 100 ribu yang jarang diketahui!

Bagi sebagian orang, uang Rp100 ribu memang dianggap kecil dan tidak ada harganya. Namun siapa sangka, kamu bisa melipatgandakan uang Rp100 ribu jadi jutaan!

Bukan sulap bukan sihir, bukan pula investasi bodong yang kerap merugikan. Uang Rp100 ribu bisa digunakan sebagai modal awal untuk merintis bisnis atau usaha. Menariknya lagi, usaha ini bisa dijalankan oleh semua kalangan.

Jika kamu seorang pegawai, kamu bisa menjadikan bisnis ini sebagai usaha sampingan. Pun jika kamu seorang pelajar atau ibu rumah tangga. Jika ditekuni, bisnis modal kecil ini bisa potensial di masa depan.

Apalagi saat ini memiliki pemasukan tambahan merupakan hal yang sangat penting. Di tengah situasi ekonomi yang makin tidak pasti, memperkuat finansial adalah solusi terbaik.

Ingin tahu apa saja ide bisnis modal 100 ribu? Cek tulisan ini sampai akhir ya!

Baca Juga: Mau Jadi Jutawan? Coba 15 Ide Bisnis Modal 250 Ribu yuk!

Ide Bisnis Modal 100 Ribu yang Menjanjikan

ide bisnis modal 100 ribu
Foto: Ide Bisnis Modal 100 Ribu (freepik.com)

Berikut beberapa ide bisnis modal 100 ribu yang bisa kamu coba catat, ya!

1. Menjual Camilan Eceran

Salah satu kebiasaan orang Indonesia saat bekerja, menonton tv, atau belajar kelompok adalah ngemil. Camilan memang bisa jadi kudapan penunda lapar dan memperbaiki mood.

Dari kebutuhan akan camilan ini, kamu bisa mengubahnya menjadi peluang bisnis camilan eceran yang menjanjikan. Camilan eceran biasanya tersedia dalam kemasan ukuran besar (snack kiloan), namun dapat dibeli secara eceran oleh konsumen.

Ada berbagai camilan eceran yang jadi favorit banyak orang, seperti kuping gajah, keripik singkong, stik keju, makaroni, astor, dan lain-lain. Harganya juga variatif, mulai dari Rp5 ribuan.

2. Angkringan Kopi

Jika kamu memiliki sedikit halaman di depan rumah dan kebetulan rumahmu berada di pinggir jalan, mengapa tidak mencoba membuka angkringan kopi?

Kamu bisa menyuguhkan berbagai kopi sachet siap seduh beserta aneka gorengan hangat. Bisnis angkringan kopi ini bisa buka sampai 24 jam dan tentunya tidak terlalu sulit, sebab kamu menjalankannya dari rumah sendiri.

Baca Juga: 15 Ide Bisnis Modal 500 Ribu yang Paling Menguntungkan

3. Jual Rice Box

10 Ide Bisnis Modal 100 Ribu, Ada yang Nyaris Tanpa Modal!
Foto: Menu Nasi Kotak (freepik.com)

Ide bisnis modal 100 ribu selanjutnya adalah menjual rice box. Rice box kekinian bisa dibuat dengan modal yang cukup terjangkau.

Kamu bisa menyajikan beberapa menu, seperti menu rice box dengan lauk daging ayam suwir, telur ceplok salted egg, ikan tongkol, chicken pop, dan sebagainya.

Jika ingin lebih terjangkau, maka kamu juga bisa menjual rice box tradisional berisi nasi uduk, nasi kuning, atau nasi liwet.

4. Jual Nasi Bakar

Nasi bakar memang selalu diminati. Nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan memiliki aroma khas smoky ini memang begitu sederhana, namun nikmat dan mengenyangkan.

Seporsi nasi bakar tidak memerlukan banyak isian. Biasanya, kamu hanya perlu menambahkan suwiran daging ayam, jamur, atau ikan teri. Sebab, kenikmatan utama nasi bakar adalah dari aroma asapnya yang lezat.

Baca Juga: Kena PHK? Ini 15 Ide Bisnis Modal 1 Juta yang Bisa Dicoba!

5. Membuka Jasa Titip

Usaha yang satu ini bisa dijalankan nyaris tanpa modal. Pasalnya, usaha jasa titip lebih mengandalkan tenaga ketimbang modal uang. Kamu akan menjadi perantara untuk membeli produk titipan orang lain.

Agar tidak perlu menalangi harga produk yang dibeli, kamu bisa meminta pelanggan untuk memberikan uangnya terlebih dahulu. Tentunya usaha jasa titip ini memang lebih efektif jika dikerjakan dengan orang yang kamu kenal.

Beberapa barang yang biasa dititipkan umumnya merupakan barang diskon, barang import, atau barang-barang dengan stok terbatas.

6. Menjual Aneka Minuman Dingin

10 Ide Bisnis Modal 100 Ribu, Ada yang Nyaris Tanpa Modal!
Foto: Bisnis Minuman Dingin (freepik.com)

Es sirup, es jeruk, es lilin, dan aneka es lain yang menyegarkan ini bisa dijalankan dengan modal kecil. Kamu bisa membuat aneka minuman dingin ini dari rumah dengan bermodalkan sirup, es batu, dan gula cair.

Minuman dingin ini biasanya jadi favorit anak-anak. Beberapa penjual minuman es di pasar bahkan selalu ramai pembeli. Pasalnya, minuman dingin ini dijual dengan harga murah, mulai dari Rp 2 ribu sampai Rp 5 ribuan.

Dengan modal yang juga kecil, kamu bisa mendapatkan keuntungan berlipat, lho!

7. Jasa Setrika Baju

Ide bisnis modal 100 ribu ini bisa jadi ide usaha sampingan dari rumah, terutama ibu rumah tangga. Kamu bisa menawarkan jasa setrika baju untuk mendapat penghasilan tambahan.

Menyetrika baju memang bukan pekerjaan mudah, sebab banyak orang yang tak piawai dan kesulitan mengerjakannya. Namun, karena itulah usaha ini cukup menjanjikan.

Terlebih lagi jika kamu membuka jasa setrika ini di dekat kosan atau kontrakan yang notabene-nya dihuni oleh pekerja dan mahasiswa.

Baca Juga: 35 Ide Usaha Rumahan Cemilan untuk Lezatkan Bisnismu

8. Jualan Cilok

Ide bisnis modal 100 ribu berikutnya adalah jualan cilok. Jajanan kenyal dan hangat ini banyak disukai oleh masyarakat. Cilok bisa dibuat hanya dengan bermodalkan tepung terigu, tepung kanji, bumbu kacang, dan kecap.

Dengan modal yang tak sampai Rp 100 ribu, kamu sudah bisa menjual jajanan khas Bandung ini ke tetangga, sekolah-sekolah, atau ke teman kantor.

9. Jual Kue Basah

10 Ide Bisnis Modal 100 Ribu, Ada yang Nyaris Tanpa Modal!
Foto: Kue Basah (freepik.com)

Beberapa jenis kue basah merupakan kue tradisional dengan harga yang sangat terjangkau. Misalnya saja kue lapis, klepon, getuk, lemper, dan kue lupis.

Dengan modal Rp100 ribu, kamu sudah bisa mendapatkan banyak jenis kue basah dan menjualnya lagi dengan margin yang cukup sehingga bisa mendapat keuntungan darinya.

Baca Juga: Bisnis Sushi Rumahan, Keuntungannya Nggak Murahan!

10. Jasa Desain Grafis

Jika kamu memiliki keterampilan dalam desain grafis, mulailah menawarkan jasa desain logo, poster, atau grafis untuk bisnis kecil dan startup. Dengan hanya menggunakan perangkat lunak gratis dan kreativitas kamu, kamu bisa memulai bisnis ini tanpa modal besar.

11. Kursus Online atau Bimbingan Belajar

Bagi kamu yang memiliki keahlian khusus dalam bidang tertentu seperti bahasa asing, matematika, atau seni, coba tawarkan kursus online atau bimbingan belajar.

Kamu tentunya bisa manfaatkan platform gratis seperti YouTube atau media sosial untuk mempromosikan layanan kamu dan membangun basis pelanggan dengan lebih cepat menggunakan media. Tidak hanya Youtube, TikTok dan Instagram pun mungkin untuk kamu pakai menjadi media pemasaran tanpa biaya untuk bisnis kamu.

12. Jasa Pembersihan Rumah

Tawarkan jasa pembersihan rumah atau apartemen dengan modal awal yang rendah. Kamu hanya perlu menyediakan peralatan pembersih dasar dan kemampuan untuk membersihkan secara efisien. Peralatan pembersihan dasar yang dimaksud tentunya tidak yang mahal.

Dengan menyasar pasar yang sibuk seperti pekerja kantoran atau ibu rumah tangga yang sibuk, kamu bisa dapat memiliki peluang untuk memiliki pelanggan tetap tanpa menunggu waktu yang lama.

13. Menjual Jamu

Ide bisnis modal 100 ribu yang terakhir adalah menjual jamu. Jamu alias ramuan tradisional merupakan warisan nenek moyang yang dipercayai memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan.

Ada beberapa macam jamu yang bisa dibuat di rumah, seperti jamu beras kencur, kunyit asam, temulawak, sinom, pahitan, dan jahe merah hangat. Menariknya, jamu tradisional ini memiliki penggemarnya sendiri dan tidak punya efek samping selama diolah dan dikonsumsi dengan benar.

Itulah beberapa ide bisnis modal 100 ribu yang bisa dicoba oleh semua kalangan. Apakah kamu tertarik mencobanya?