21 Bisnis Modal Kecil Untung Besar, Tertarik Mencobanya?

Share this Post

Table of Contents

Ada banyak sekali peluang bisnis yang bisa kamu coba untuk menghasilkan banyak keuntungan. Yuk, simak bisnis modal kecil untung besar berikut untuk dijadikan inspirasi berbisnis.

Modal sering kali menjadi hambatan untuk memulai usaha. Padahal, tidak semua bisnis membutuhkan modal yang besar, lho. Kini, kamu bisa tetap mulai berbisnis meski hanya dengan modal kecil.

Walaupun nominal modal yang dikeluarkan sedikit, kamu tetap bisa menghasilkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Itu ciri dari bisnis modal kecil untung besar.

Hal ini kembali lagi pada kemauan dan kemampuan kamu dalam mengelola bisnis. Semua usaha yang dimulai dengan penuh keyakinan serta pantang menyerah, pasti akan berhasil walaupun berawal dari sesuatu yang sedikit.

Jadi, yakinlah bahwa modal hanya sebagai sarana menjalani bisnis. Jangan takut untuk memulai usaha meski dengan modal kecil karena peluangnya untuk berhasil akan tetap ada.

Kamu pasti tahu bukan, dengan pepatah yang berbunyi “Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit?” Kalimat tersebut bisa menjadi motivasi kamu untuk tetap maju mendirikan bisnis modal kecil untung besar.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Kecil-kecilan yang Bisa Jadi Usaha Sampingan

Bisnis Modal Kecil Untung Besar

bisnis modal kecil untung besar
Foto: Uang Koin (pixabay.com)

Lalu, jenis bisnis modal kecil untung besar apa saja kira-kira Berikut daftar bisnis modal kecil untung besar yang bisa kamu jadikan inspirasi.

1. Agen Pulsa dan PPOB

Salah satu ide bisnis modal kecil untung besar yang bisa kamu coba ialah menjadi agen pulsa dan PPOB.

Bisnis pulsa dan PPOB ini tidak harus dilakukan dengan modal besar. Bahkan, kamu tidak perlu menyewa tempat usaha karena bisnis pulsa dan PPOB bisa dimulai dari rumah.

Kamu hanya perlu mendaftarkan diri sebagai agen pulsa ke distributor atau pusat penjualan pulsa. Selanjutnya, kamu harus mencari provide atau layanan PPOB (Payment Point Online Bank) lengkap yang bisa membantu pelanggan untuk membayar tagihannya secara online.

Pastikan kamu memilih provider yang memiliki kecepatan transaksi tinggi. Jadi, pelanggan yang membeli pulsa atau menggunakan jasa PPOB kamu bisa menyelesaikan pembayarannya dengan cepat.

2. Desainer Grafis

Bisnis modal kecil untung besar selanjutnya ialah menjadi desainer grafis. Kunci utama untuk menjadi seorang desainer ialah kreativitas.

Kemudian, pastikan kamu memiliki alat penunjang untuk membuat desain grafis. Misalnya, laptop, tablet, atau yang lainnya.

Ada banyak sekali jenis bisnis yang membutuhkan desainer grafis, lho. Mereka perlu jasa desainer grafis untuk keperluan membuat logo merek, desain rumah, dan lain sebagainya.

Untuk meyakinkan pelanggan menggunakan jasa kamu, pastikan membuat portofolio yang berisi kumpulan karya desain. Jadi, calon klien bisa mengetahui kinerja kamu sebelum mereka menggunakan jasa.

Jangan lupa untuk selalu mengikuti tren agar kamu dapat memeroleh banyak inspirasi dalam mendesain.

Bisnis modal kecil untung besar yang satu ini bisa kamu jadikan usaha sampingan sebagai freelancer atau pun mata pencaharian utama.

3. Jasa Titip

Jastip atau jasa titip termasuk dalam ide bisnis bermodal kecil dengan potensi keuntungan besar yang bisa kamu coba.

Jasa titip merupakan bisnis yang menawarkan jasa pembelian barang tertentu kepada pelanggan.

Selain membuka jastip antar kota, kamu juga bisa menyedikakan jasa titip beli produk dari negara-negara di dunia.

Dengan adanya jastip, seseorang yang ingin berbelanja tetap bisa melakukan pembelian meskipun mereka sedang tidak ada di kota atau negara tersebut.

Kamu berpotensi meraup keuntungan sebanyak-banyaknya dengan bisnis jastip. Sebab, keuntungannya bisa diatur sendiri di luar harga asli barang yang dibeli mulai dari 5-15%.

Agar bisnis jastip kamu ramai pelanggan, promosikanlah secara gencar melalui media sosial. Semakin banyak orang yang mengetahui bisnismu, kian besar juga keuntungan yang akan didapatkan.

Kamu bisa coba jastip produk apapun, seperti produk kecantikan, fashion, hingga makanan.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Jarang Pesaing dengan Modal Kecil

4. Tanaman Hias

Kamu suka berkebun? Yuk, coba jadikan kegiatan tersebut sebagai ladang uang dengan cara berbisnis tanaman hias.

Usaha tanaman hias termasuk dalam jenis bisnis modal kecil untung besar yang bisa kamu lakukan mulai dari rumah.

Kamu hanya perlu membeli beberapa bibit tanaman hias, merawat, dan mengembangbiakkannya hingga siap untuk dijual.

Siapa sangka, tanaman hias ternyata banyak diburu, lho. Ada banyak orang pecinta tanaman yang ingin memilikinya untuk dijadikan dekorasi.

Apalagi semenjak adanya pandemi COVID-19, semakin banyak orang yang memiliki hobi bercocok tanam. Pasalnya, tanaman hias bisa mempercantik ruangan, aktivitas berkebun juga dapat mengurangi stres dan meningatkan kualitas udara di sekitarnya.

Kamu bisa coba menjual aneka tanaman hias populer, seperti janda bolong, aglonema, kaktus, monstera, calathea, dan lainnya. Bisa juga menjual tanaman hias langka atau unik yang memiliki daya tarik dan nilai jual tinggi.

5. Jasa Setrika Pakaian

ide bisnis modal kecil untung besar
Foto: Setrika Panas (pixabay.com)

Ide bisnis modal kecil untung besar selanjutnya ialah jasa setrika pakaian. Kamu hanya perlu menyiapkan alat setrika, pelembut, atau pelicin pakaian dan kegigihan dalam bekerja.

Kamu bisa coba menawarkan jasa setrika pakaian ini ke orang-orang terdekat terlebih dahulu. Misalnya ke tetangga sekitar rumah.

Biasanya, ada beberapa orang yang lebih memilih untuk menggunakan jasa setrika karena dinilai praktis. Contohnya orang-orang yang bekerja di wilayah perkotaan dengan tingkat mobilitas tinggi.

Mereka yang tidak sempat menyetrika pakaian di rumah bisa menggunakan jasa setrika untuk menghemat waktu.

Meski hanya menyediakan jasa setrika, tetapi kamu perlu menunjukkan performa sebaik mungkin. Dengan cara memahami teknik menyetrika yang baik berdasarkan jenis kain dan menggunakan perealatan memadai.

Jangan lupa untuk memasang tarif jasa yang bersaing agar kamu bisa menghasilkan keuntungan maksimal dari bisnis setrika pakaian ini.

6. Menjadi Dropshipper

Dropshipper sering kali dianggap sebagai bisnis modal kecil untung besar yang banyak diminati. Bahkan, dropshipper bisa kamu lakukan tanpa modal, lho.

Hal ini karena dropshipper merupakan pebisnis yang menjual barang milik orang lain. Jadi, kamu tidak perlu melakukan stok barang karena sudah ada produk yang bisa ditawarkan milik supplier atau distributor.

Kamu hanya perlu mempromosikan produk dengan cara yang menarik secara rutin untuk menjangkau pelanggan sebanyak-banyaknya.

Misalnya dengan promosi langsung melalui komunikasi tatap muka bersama pelanggan. Bisa juga memanfaatkan media sosial atau membuka toko online di marketplace.

Saat pelanggan melakukan pemesanan barang, kamu hanya perlu meneruskan orderan tersebut ke pihak distributor. Nantinya, pesanan akan diproses oleh distributor sampai ke tangan pelanggan.

Meski terdengar mudah, akan tetapi kamu perlu teliti dalam memilih supplier. Pastikan kamu bekerja sama dengan distributor yang memiliki pelayanan terbaik dan produk berkualitas.

Jangan sampai pelanggan kecewa dengan kualitas dan pelayanan dari supplier karena hal ini dapat berimbas ke bisnis kamu.

Baca Juga: 8 Ide Usaha Rumahan Modal Kecil, Yuk Tengok!

7. Les Privat

Ide bisnis modal kecil yang berpotensi menghasilkan keuntungan besar berikutnya ialah dengan membuka jasa les privat.

Les privat merupakan proses mengajar peserta didik yang terdiri dari beberapa orang saja sehingga lebih terfokus.

Ini bisa menjadi ide usaha tanpa modal sebagai sampingan untuk menambah penghasilan kamu. Kuncinya ialah semangat mengajar yang tinggi dan pengetahuan cukup.

Kamu bisa coba menawarkan les privat ke orang-orang terdekat. Bisa juga menggunakan platform pendidikan di internet.

Pastikan kamu memiliki kualitas pendidikan yang baik sehingga bisa mengajarkan peserta les hingga berhasil.

8. Jasa Fotografi

Kamu suka memotret? Jika iya, tidak ada salahnya untuk membuka jasa fotografi. Menyediakan jasa foto ternyata berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar, lho. Ini bisa menjadi bisnis modal kecil untung besar pilihanmu.

Kamu bisa menjadi fotografer khusus produk, model, acara, dan lainnya sesuai dengan kebutuhan klien.

Pastikan untuk menyediakan portofolio yang berisi karya fotografimu agar klien lebih yakin dalam menggunakan jasa kamu.

Menjadi seorang fotografer tidak perlu menggunakan peralatan yang mahal, kok. Jika skill memotret kamu sudah baik, foto yang dihasilkan akan tetap maksimal meski menggunakan alat apa pun.

Selain menjual jasa fotografi, kamu juga dapat memasarkan hasil jepretanmu di internet. Ada banyak website fotografi yang bisa kamu gunakan untuk menjual karya.

9. Produk Hasil Kerajinan Tangan

Kamu yang memiliki kreativitas tinggi, bisa coba memanfaatkannya untuk menghasilkan keuntungan. Misalnya dengan berbisnis produk hasil kerajinan tangan.

Ada banyak sekali produk kerajinan tangan yang dapat kamu buat dan dijual dengan harga tinggi. Misalnya bunga dari kertas atau plastik, sabun, lilin aromaterapi, buket bunga, dan masih banyak lagi.

Untuk membuat produk-produk tersebut, kamu tidak perlu mengeluarkan modal terlalu besar. Namun dengan menawarkan keunikan, produk hasil kerajinan tangan tersebut bisa dijual bernilai tinggi.

Semakin menarik produk yang kamu buat, biasanya akan semakin dihargai sehingga bisa terjual dengan harga mahal. Jadi, janganlah takut untuk berekspresi melalui kerajinan tangan.

Maksimalkanlah kreativitasmu dan gunakan hal tersebut menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

10. Jual Makanan Ringan

21 Bisnis Modal Kecil Untung Besar, Tertarik Mencobanya?
Foto: Keripik (unsplash.com)

Apabila kamu masih mencari ide bisnis modal kecil untung besar, mungkin bisa coba menjual makanan ringan atau camilan.

Ada banyak sekali jenis makanan ringan yang mudah dibuat di rumah untuk kamu jadikan ide usaha. Misalnya keripik, kue kering, salad buah, macaroni pedas, dan lainnya.

Modal untuk membuat makanan ringan seperti ini pun tidak harus menggunakan nominal yang besar. Bisnis camilan jauh lebih hemat biaya dibandingkan usaha makanan berat.

Kamu bisa coba menjual makanan ringan dari rumah dengan cara menawarkannya ke tetangga atau teman di lingkungan sekitar.

Untuk menambah daya tarik, kamu bisa coba menggunakan kemasan yang unik. Bisa juga dengan berinovasi menghadirkan beragam variasi rasa yang belum pernah ada sebelumnya.

11. Jadi Content Creator

Ide bisnis modal kecil untung besar lainnya yang bisa kamu coba ialah dengan menjadi content creator.

Dalam hal ini, kamu bahkan bisa memulainya tanpa modal karena bisa dilakukan mulai dari rumah hanya menggunakan smartphone.

Kamu hanya perlu mengembangkan ide dan menggunakan kreativitas semaksimal mungkin untuk membuat konten.

Misalnya dengan membuat konten yang sesuai minat atau hobi, seperti beauty vlogger, influencer fashion, kuliner, game, dan lainnya.

Tunjukkanlah ciri khas yang kamu miliki dengan membuat konten yang menarik perhatian audiens. Pastikan juga kamu memiliki keterampilan dalam berkomunikasi, memahami penggunaan tools, dan kemampuan analisis yang baik.

Dengan begitu, kamu bisa dilirik oleh brand untuk membantu mereka memasarkan produk atau layanan di media sosial. Contohnya dengan endorsement atau paid partnership.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Milenial dengan Modal Kecil, Berani Coba?

12. Bisnis Thrift Pakaian

Foto Bisnis Thrift Pakaian. (Sumber: Canva.com)
Foto: Bisnis Thrift Pakaian (canva.com)

Sekarang, banyak orang yang semakin sadar akan keberlangsungan kesehatan lingkungan. Itu dia yang menimbulkan banyak bisnis yang berbasis sustainable bermunculan. 

Salah satunya bisnis modal kecil untung besar yang bernama thrift pakaian. Biasanya, kamu bisa mengumpulkan produk yang dijual dari orang-orang yang sudah tidak menggunakan pakaiannya, tapi masih layak pakai. 

Dengan begitu, kamu tidak mengeluarkan modal untuk produkmu. Kamu cuma perlu modal untuk tempat dan display. Mantap bukan bisnis modal kecil untung besar ini.

13. Buku Bekas

Bisnis modal kecil untung besar berikutnya adalah menjual buku bekas. Tahukah kamu beberapa orang yang suka membaca rutin memilah koleksi bukunya untuk dijual atau didonasikan?

Nah, kamu bisa mendapatkan buku-buku bekas yang akan dijual dengan mengontak orang-orang tersebut. Biasanya, mereka akan menjual dengan harga miring. Apalagi kalau bukunya sudah lama. 

Namun, bila mendapatkan buku yang susah didapat untuk dijual, kamu bisa menjualnya dengan harga yang mahal. Biasanya, banyak orang yang mencari satu set seri komik jadul, lho. Ini bisa menjadi pilihan bisnis modal kecil untung besar pilihanmu.

Baca Juga: 12 Cara Membuat Konten Menarik untuk Bisnis Online

14. Bisnis Bakso

Foto Bisnis Bakso. (Sumber: Canva.com)
Foto: Bisnis Bakso (canva.com)

Kamu memerlukan bisnis modal kecil untung besar yang berkelanjutan tanpa harus mengikuti pergantian tren? Nah, bisnis kuliner seperti bakso bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memulainya. 

Mengapa demikian? Hal ini karena makanan bakso tidak musiman. Makanan yang satu ini selalu dicari oleh semua kalangan dan disukai baik usia tua ataupun muda. Tentunya, ini menjanjikan untukmu.

Namun perlu kamu ingat, kamu tidak perlu membangun restoran bakso yang mewah. Hal yang terpenting dari bisnis kuliner ini ada rasa dan pemilihan tempat berjualan. Ada baiknya di tempat yang ramai, seperti di dekat perkantoran atau sekolah. 

15. Bisnis Jasa Keterampilan Online

Kamu ingin bisnis modal kecil untuk besar? Tahukah kamu ada satu bisnis yang bisa dibilang hanya memerlukan modal kuota dan keberanian kamu berbicara. Yup, itulah bisnis jasa keterampilan online. 

Di dunia yang serba digital ini pastinya banyak perusahaan atau UMKM yang memerlukan keterampilan online. Misalnya, bagaimana menjalankan website hingga posting produk di media sosial

Ternyata, kamu bisa menjual jasa mengajarkan keterampilan tersebut dan menjadi mentornya. Tidak perlu ke mana-mana. Kamu bisa melakukannya di rumah dengan ponselmu. 

16. Bisnis Jasa Mengelola Media Sosial

Ternyata, banyak perusahaan atau UMKM yang kewalahan ketika mengelola sosial media. Jangan heran kalau akun Instagram mereka terlihat tidak rapi dan kurang menarik. 

Di sinilah, kamu beraksi menawarkan jasa mengelola media sosial. Tugas kamu di sini bisa mengatur isi content dan juga menjadi admin yang menjawab pertanyaan para pembeli. 

Asyiknya, bisnis jasa ini bisa dilakukan ke beberapa klien dalam waktu yang bersamaan, lho. Tentunya, modalnya juga tidak terlalu besar.

Baca Juga: 15 Bahan Pengawet Makanan yang Aman Digunakan Oleh Bisnis

17. Bisnis Jasa Penerjemah

Foto Bisnis Penerjemah Bahasa. (Sumber: Canva.com)
Foto: Bisnis Penerjemah Bahasa (canva.com)

Kamu yang memiliki kemampuan bahasa asing yang baik saatnya untuk unjuk gigi. Ketahuilah, skill tersebut bisa menjadi bisnis modal kecil untung besar yang baru.

Apalagi sekarang ini banyak perusahaan yang mencari penerjemah bahasa lepasan atau freelance. Biasanya, dalam bisnis ini kamu akan diminta menerjemahkan sejumlah dokumen penting dan juga content.Ada baiknya kamu sudah punya sertifikat penerjemah supaya bisa dibayar lebih tinggi lagi. Bisnis ini bisa dilakukan dalam waktu senggangmu, lho.

18. Bisnis Angkringan

Ternyata, bisnis angkringan bisa dimulai dari modal kecil untung besar, lho. Kok, bisa? Ini karena makanan yang disajikan dalam porsi kecil. Kamu bisa membeli bahan makanan dalam skala banyak dan disajikan kecil-kecil.

Tentunya, ini lebih menghemat modalmu. Kamu hanya tinggal mencari tempat strategis yang harganya terjangkau untuk disewakan. Menarik bukan?

19. Bisnis Jasa Penulis Konten

Untuk menaikan traffic website, biasanya sebuah perusahaan akan memerlukan pembuatan blog. Sayangnya, tak semua perusahaan pandai menuliskan konten. 

Di sinilah, kamu hadir untuk menawarkan jasa pembuatan konten tulisan. Umumnya, klien akan menggunakan jasamu setiap project. Ini lumayan sekali sebagai bisnis tambahan dan menjadi bisnis modal kecil untung besar pilihanmu.

Baca Juga: 13 Ide Kemasan yang Ramah Lingkungan untuk Produk Bisnis Onlinemu

20. Jasa Penyewaan Perlengkapan Bayi

Foto Bisnis Sewa Perlengkapan Bayi. (Sumber: Canva.com)
Foto: Bisnis Sewa Perlengkapan Bayi (canva.com)

Kamu pasti tahu, sejumlah perlengkapan bayi harganya cukup tinggi. Tentunya, ini mengurungkan niat orang tua untuk memilikinya. Apalagi digunakannya hanya sebentar saja. 

Kamu bisa menggunakan kesempatan ini dengan membuat bisnis penyewaan alat perlengkapan bayi, seperti stroller, gendongan, hingga baby crib. 

Disarankan kamu bisa membuat program peminjaman seminggu hingga beberapa bulan. Jangan lupa memberikan peraturan supaya perlengkapan tersebut tidak mudah rusak. 

21.  Bisnis Franchise Rumahan

Ternyata, bisnis franchise ada yang bisnis modal kecil untung besar, lho. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan minat pasar di lingkunganmu. 

Ada yang bisa memulai harga franchise Rp5.000.000,00. Ini sudah mendapatkan perlengkapan dan produk yang akan dijual. Kamu hanya tinggal mencari tempat berjualan dan mengoperasikannya saja. 

Jangan lupa untuk mengecek perjanjiannya secara hukum, ya. Jangan sampai merugikanmu. 

Baca Juga: 8 Cara Membuat Call to Action untuk Bisnis

Itu dia daftar bisnis modal kecil untung besar yang bisa kamu coba. Semoga bisa dijadikan inspirasi, ya.