10 Bisnis Franchise Modal 30 Juta yang Tahan Resesi

Share this Post

Table of Contents

Beberapa bisnis franchise modal 30 juta ini terbukti tahan resesi. Penasaran? Cek daftarnya sampai akhir, ya!

Dilansir dari Toppr, bisnis franchise atau waralaba adalah pengaturan dimana franchisor (pemilik bisnis) memberikan atau melisensikan beberapa hak dan wewenang kepada franchisee (pihak lain).

Waralaba adalah strategi pemasaran yang terkenal untuk ekspansi bisnis. Perjanjian kontrak berlaku antara franchisor dan franchisee.

Franchisor memberi wewenang kepada franchisee untuk menjual produk, barang, jasa mereka dan memberikan hak untuk menggunakan merek dagang dan nama merek.

Sebagai imbalannya, franchisor akan mendapatkan komisi dan royalti dari hasil penjualan mitranya. Sementara itu, franchisee akan memperoleh hak eksklusif untuk menjual produk milik merek terkait.

Di tengah ancaman resesi, ada beberapa bisnis franchise modal 30 juta yang terbukti stabil dan selalu laris. Apa saja bisnisnya? Simak sampai akhir, ya!

Baca Juga: 7 Bisnis Franchise Modal 500 Ribu, Cepat Balik Modal!

Rekomendasi Bisnis Fanchise Modal 30 Juta

franchise modal 30 juta
Foto: Franchise Modal 30 Juta (freepik.com)

Ingin tahu apa saja bisnis franchise modal 30 juta yang paling tahan resesi? Berikut daftarnya!

1. QnC Laundry

Bisnis franchise modal 30 juta pertama yang tahan resesi adalah QnC Laundry. Waralaba usaha laundry ini tak hanya menjual mesin cuci dan paket pelatihan saja, melainkan juga akses ke sistem IT dan operasional serta SOP yang jelas.

Dengan begitu, kamu bisa melakukan perencanaan sampai kontrol yang terarah selama usaha waralaba ini berdiri. Berdiri sejak tahun 2010, QnC Laundry sudah memiliki lebih dari 14 gerai.

Dengan modal sekitar Rp30 jutaan, kamu sudah bisa mendapatkan perlengkapan dan fasilitas penunjang seperti meja kasir, komputer, printer, lisensi brand, dan maish banyak lagi.

2. Water Depo

10 Bisnis Franchise Modal 30 Juta yang Tahan Resesi
Foto: Galon Isi Ulang (freepik.com)

Water Depo merupakan bisnis franchise modal 30 juta yang tahan resesi. Pasalnya, semua orang membutuhkan air minum. Water Depo menyediakan kesempatan kerjasama menjadi mitra gerai air minum isi ulang.

Menariknya, kamu tak akan dipungut biaya waralaba maupun royalti selama menjalin kemitraan. Dengan modal sebesar 20 jutaan, kamu sudah bisa menjalankan usaha air minum isi ulang ini dengan semua perlengkapannya.

Baca Juga: Daftar Bisnis Franchise Modal 1 Juta yang Cepat Laku!

3. Bapauthing By Baim Wong

Bapauthing merupakan bisnis jajanan miliki Baim Wong dan Paula Verhoeven yang berinovasi menjual bakpao dalam bentuk donat dengan aneka topping yang melimpah.

Dengan konsep The New Style of Bakpao, kamu bisa menjalin kemitraan dengan modal awal Rp29 jutaan. Dengan modal tersebut, kamu akan mendapatkan paket usaha lengkap termasuk booth dan perlengkapan masak.

4. Soc.clean

10 Bisnis Franchise Modal 30 Juta yang Tahan Resesi
Foto: Usaha Cuci Sepatu (freepik.com)

Bisnis franchise modal 30 juta berikutnya adalah Soclean. Usaha waralaba ini bergerak dalam bidang jasa cuci sepatu, tas, dan topi yang modern. Selain cuci sepatu, layanan lain yang ditawarkan adalah jasa repair barang.

Dengan modal awal Rp25 juta pas, kamu sudah bisa mendapatkan lisensi merek, peralatan lengkap, pelatihan bebas biaya akomodasi, materi promosi, SOP, dan bebas berkonsultasi.

5. Sedotz

Sedotz merupakan waralaba minuman kekinian yang sudah berdiri sejak tahun 2019. Saat ini, Sedotz sudah mempunyai lebih dari 46 gerai dan akan terus bertambah. Sedotz menyajikan aneka minuman kekinian dalam kemasan botol yang punya 10 varian rasa.

Dengan modal awal Rp15 jutaan, kamu sudah bisa mendapatkan bahan baku, kemasan, celemek, banner, sirup, dan seragam Sedotz. Selain itu, mitra waralaba ini tidak akan dipungut royalti seumur hidup.

Baca Juga: 7 Bisnis Franchise Modal 20 Juta, Yakin Nggak Mau Coba?

6. Mie Setan Njerit

10 Bisnis Franchise Modal 30 Juta yang Tahan Resesi
Foto: Mie Goreng (freepik.com)

Bisnis franchise modal 30 juta berikutnya adalah usaha kuliner Mie Setan Njerit. Dari namanya saja, kamu sudah bisa membayangkan bahwa usaha ini menyajikan aneka menu mie pedas yang mampu menggoyang lidah penikmatnya.

Ditambah lagi, mie merupakan makanan favoritnya orang Indonesia. Menurut data Statista, sepanjang tahun 2020, masyarakat Indonesia mengonsumsi sebanyak 12,6 miliar porsi mie instan. Indonesia jadi negara terbesar kedua di dunia yang hobi mengonsumsi mie instan.

Makanan yang simple, enak, dan mengenyangkan menjadi alasan mengapa banyak orang Indonesia suka makan mie.

Mie instan ibarat bahasa cintanya orang Indonesia, sebab ada banyak varian rasa mie yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Buka sejak 2015, Mie Setan Njerit sudah memiliki lebih dari 120 gerai di seluruh Indonesia. Dengan modal Rp25 jutaan, kamu sudah bisa memiliki lisensi dan perlengkapan untuk memulai usaha ini, menarik bukan?

7. Istanbul Kebab

Istanbul Kebab buka sejak tahun 2014 dan sudah memiliki lebih dari 40 gerai. Usaha waralaba ini membuka kesempatan kemitraan dengan modal awal mulai dari Rp20 juta untuk paket standar.

Sementara itu, paket gold bisa kamu miliki dengan modal Rp35 juta. Perbedaan keduanya terletak pada jenis gerai yang akan kamu dapakan. Untuk paket standar, kamu akan mendapatkan booth biasa.

Namun, pada paket gold, kamu akan mendapatkan booth premium berbahan besi dengan model yang klasik dan bisa kamu pindah-pindah karena memiliki roda.

Baca Juga: 10 Bisnis Franchise di Bawah 5 Juta, Bisa Cepat Balik Modal!

8. Nagoya

10 Bisnis Franchise Modal 30 Juta yang Tahan Resesi
Foto: Nasi Goreng Udang (freepik.com)

Nagoya merupakan bisnis waralaba nasi goreng goyang dengan mesin terunik senegara +62. Dengan modal awal Rp15 juta, kamu sudah bisa mendapatkan paket lengkap beserta booth dan perlengkapan masak.

Dinamakan nasi goreng goyang lantaran usaha ini tidak menggunakan wajan pada umumnya. Melainkan sejenis alat masak menyerupai panci besar yang digunakan dengan cara digoyang.

9. Tahu Go!

Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan usaha yang satu ini. Berjualan sejak 2019, Tahu Go! sudah memiliki 500 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan modal mulai dari Rp19 jutaan, kamu sudah bisa mendapatkan paket kemitraan ini. Kamu akan mendapatkan gerobak, bahan baku lengkap, materi promosi, serta pendaftaran GoFood dan Grab Food.

10. Rumah Sunat dr Mahdian

Rumah Sunat dr Mahdian sudah beroperasi sejak tahun 2006 dan sudah memiliki lebih dari 49 cabang.

Klinik khitan ini membuka kesempatan kerja sama dengan modal awal mulai dari Rp20 jutaan. Selain Rumah Sunat dr Mahdian, pada tahun 2021 layanan ini berganti nama menjadi Klinik dr Mahdian agar dapat terus meningkatkan layanan melalui kerja sama operasional.

Itulah deretan bisnis franchise modal 30 juta yang tahan resesi. Apakah kamu tertarik mencobanya?