Berani Coba? Ini 11 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku!

Share this Post

Table of Contents

Bagi kamu yang ingin membangun usaha, bisnis makanan dan minuman merupakan salah satu ide usaha dengan peluang keuntungan besar. Yuk, cari tahu 10 jenis usaha kuliner yang paling laku berikut ini.

Mengapa bisnis kuliner cukup menggiurkan dan tak pernah mati? Hal ini karena makanan atau minuman termasuk dalam kebutuhan pokok manusia sehingga setiap orang membutuhkannya.

Jadi, kamu akan mudah menemukan pelanggan dan mendapat keuntungan jika membuka salah satu dari 10 jenis usaha kuliner yang paling laku berikut ini. Siapa tahu bisa menjadi ide baru usaha kamu.

Baca Juga: Ini 5 Ide Bisnis Sayuran Online, Simak Pula Tipsnya!

10 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku

10 jenis usaha kuliner yang paling laku
Foto: Barista Sedang Membuat Kopi (pexels.com)

Lantas, apa saja 10 jenis usaha kuliner yang paling laku di Indonesia? Ini daftarnya yang bisa kamu kulik lagi.

1. Jajanan Pasar

Jajanan pasar termasuk dalam salah satu dari 10 jenis usaha kuliner yang paling laku di tanah air. Biasanya, jenis makanan ini disukai hampir semua usia. Seperti apa bentuk jajanan pasar?

Umumnya, jajanan pasar yang dijual ini merupakan kue basah. Ada berbagai jenis kue yang bisa dijajakan kepada para pelanggan. Mulai dari lontong, lemper, cenil, kue putu, nagasari, klepon, dan lainnya.

Jenis kuliner ini banyak dicari ketika pagi dan sore hari. Selain sebagai menu sarapan yang lezat atau kudapan di sela-sela makanan berat, jajanan pasar juga bisa dijadikan ide usaha ketika bulan Ramadan.

Jika kamu tertarik untuk bisnis jajanan pasar, kamu bisa membuatnya sendiri atau mencari pemasok kue basah dan menjualnya kembali.

Untuk memasarkannya, kamu sebaiknya menyediakan tempat usaha di tempat-tempat strategis. Jangan lupa untuk mempromosikannya sehingga pelanggan yang datang tak hanya dari sekitar lingkungan usahamu saja.

2. Frozen Food

Ide usaha lainnya yang masuk dalam daftar 10 jenis usaha kuliner yang paling laku adalah frozen food atau makanan beku.

Frozen food paling banyak dicari oleh pelanggan karena dinilai sangat praktis. Selain itu, masa penyimpanan dari makanan beku ini juga tahan lama.

Terdapat berbagai variasi frozen food yang bisa kamu pasarkan. Mulai dari aneka daging olahan, seperti sosis dan bakso, hingga makanan rumahan yang dibekukan.

Jadi, pelanggan hanya perlu memasaknya atau menghangatkan frozen food dan mereka bisa langsung menyantapnya.

Umumnya, bisnis frozen food dapat dijalani sebagai reseller. Namun, kamu juga bisa membuat makanan olahan sendiri. Namun, harus memerhatikan kualitas bahan dan cara pengemasannya sebaik mungkin.

Baca Juga: 8 Tips Bisnis Parcel Lebaran Bulan Ramadan, Tertarik Mencobanya?

3. Dessert Kekinian

10 jenis usaha kuliner yang paling laku
Foto: Dessert Box (pexels.com)

Ide bisnis kuliner yang laris di pasaran dan bisa kamu coba sekarang juga, yakni dessert kekinian.

Dessert atau makanan penutup ini sedang digandrungi oleh masyarakat. Salah satu yang paling terkenal adalah dessert box.

Sesuai namanya, makanan penutup ini biasa dikemas dalam wadah box. Ada banyak variasi rasa yang populer dalam bisnis dessert box. Misalnya, cokelat, keju, green tea, red velvet, dan lainnya.

Bisnis yang satu ini memiliki banyak pelanggan potensial, terutama bagi mereka yang merupakan pecinta makanan manis.

Dalam berjualan dessert kekinian, kamu bisa menyediakan berbagai variasi rasa dan beragam ukuran. Kemudian, mulai berjualan dengan mempromosikan dessert kekinian di berbagai platform.

Perhatikan juga kemasan dessert saat pengiriman sehingga pelanggan lebih puas sehingga menikmati makanan penutupnya.

4. Camilan Kering

Salah satu dari 10 jenis usaha kuliner yang paling laku selanjutnya adalah snack atau camilan kering. Banyak orang yang mencari makanan ringan ini sebagai teman di kala santai.

Camilan kering yang bisa kamu jual pun tersedia dalam berbagai varian rasa. Mulai dari gurih, pedas, hingga manis.

Misalnya, keripik singkong, keripik kentang, keripik buah, soes kering dengan aneka isi, telur gabus berbagai rasa, basreng (bakso goreng kering), kerupuk seblak kering, atau cimoring (cimol kering).

Kamu bisa membuat makanan ringan ini sendiri dalam bentuk usaha rumahan. Bisa juga mencari pemasok snack kering lalu menjualnya kembali.

Agar camilan kering kamu banyak dibeli, coba gunakan kemasan yang menarik. Tidak hanya membuatnya lebih menggiurkan, kemasan yang baik juga akan membantu snack kering jualan kamu lebih terjaga kualitasnya.

Baca Juga: Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan, Yuk Catat!

5. Aneka Gorengan

10 jenis usaha kuliner yang paling laku
Foto: Pisang Goreng (pexels. com)

Aneka gorengan, seperti bakwan, pisang goreng, risoles, singkong goreng, tahu isi, dan lain-lain juga termasuk dalam ide bisnis kuliner yang paling laris.

Hal ini karena masyarakat Indonesia memiliki minat yang besar terhadap aneka gorengan, bahkan telah menjadi salah satu kebiasaan dalam konsumsi sehari-hari.

Gorengan pun sangat mudah ditemui, mulai dari penjual pinggir jalan hingga restoran besar dan ternama.

Kamu pun tidak membutuhkan modal yang terlalu besar jika ingin menjual aneka gorengan. Cara membuatnya juga cukup mudah.

Hal terpenting yang perlu kamu perhatikan saat ingin berjualan gorengan, yaitu pastikan untuk menggunakan bahan baku yang berkualitas, menjaga kebersihan, dan citarasa.

6. Minuman Kekinian

Tak hanya makanan, minuman juga termasuk dalam bisnis kuliner yang paling laku sehingga berpeluang besar untuk menghasilkan banyak keuntungan.

Saat ini, ada berbagai jenis minuman kekinian yang bisa kamu jadikan ide usaha. Misalnya, boba, es cokelat, thai tea, green tea, red velvet, dan variasi rasa lainnya.

Bisnis minuman kekinian ini banyak diminati oleh kalangan anak-anak hingga remaja, juga menyasar orang dewasa yang merupakan pecinta rasa manis.

Sebelum membuka usaha minuman kekinian, penting bagi kamu untuk melakukan riset pasar sehingga lebih mudah untuk menetapkan harga jual.

Jangan lupa juga untuk memerhatikan pilihan kemasan dan kualitas rasa minuman yang dijual, ya.

Baca Juga: Simak Tips Packing Makanan Ini Agar Foodies Tergiur

7. Kedai Kopi

10 jenis usaha kuliner yang paling laku
Foto: Kedai Kopi (pexels.com)

Kedai kopi termasuk dalam salah satu dari 10 jenis usaha kuliner yang paling laku. Saat ini, kedai kopi lokal banyak bermunculan.

Hal ini karena minum kopi termasuk dalam kebiasaan orang Indonesia sehingga usaha kuliner ini bisa jadi cukup menguntungkan. Bisnis kopi ini umumnya menyasar kalangan anak muda hingga orang dewasa.

Dalam membuka kedai kopi, sebaiknya kamu menentukan lokasi yang strategis, memerhatikan kualitas kopi yang digunakan, dan pastikan kedai kopimu nyaman.

Jika hal-hal tersebut sudah terpenuhi, kedai kopi kamu akan ramai pengunjung. Akan ada banyak pelanggan yang datang untuk menikmati kopi sekaligus menghabiskan waktu bersama teman atau keluarganya.

Untuk membuat kedai kopimu lebih nyaman, jangan lupa untuk menyediakan fasilitas pendukung lainnya. Misalnya, toilet, tempat ibadah, hingga WiFi.

8. Fast Food

Bisnis kuliner lainnya yang bisa coba kamu tekuni, yaitu fast food. Misalnya, berjualan burger, piza, kentang goreng, kebab, dan lainnya.

Berjualan makanan cepat saji banyak diminati dari berbagai kalangan sehingga merupakan ide usaha yang sangat menguntungkan. Terutama, bagi para remaja dan kaum millennials.

Kamu harus memilih supplier makanan cepat saji yang tepat sehingga cita rasanya lezat dan bahan yang digunakan terjamin berkualitas.

Untuk memudahkan berjualan, kamu bisa juga memilih bisnis franchise dari perusahaan-perusahaan fast food ternama.

Selain itu, dikutip dari laman Wilson K. Lee, fasr food juga bisa menyasar kalangan pelanggan yang menjalani pola hidup sehat.

Contohnya, menjual burger vegan yang terbuat dari protein nabati dan memiliki bentuk serupa dengan burger pada umumnya.

Baca Juga: 10 Usaha Rumahan Modal 50 Ribu, Bikin Tetangga Penasaran!

9. Makanan Tradisional

Makanan tradisional masih menjadi salah satu dari 10 jenis usaha kuliner yang paling laku. Di tengah kepopuleran fast food dan kuliner internasional, makanan khas dari Indonesia masih banyak diminati.

Beberapa makanan tradisional yang banyak diminati, yaitu pempek, mie aceh, gudeg, aneka kue basah, dan lain-lain.

Agar makanan tradisional yang kamu jajakan diminati pembeli, usahakan untuk menyajikan cita rasa autentik sehingga pelanggan merasa sedang makan di daerah asalnya.

Umumnya, penjual makanan tradisional ini merupakan generasi yang diturunkan sehingga telah memiliki pengalaman dari keluarga. Meski demikian, hal tersebut juga tak menutup kemungkinan bagi kamu untuk mencobanya.

10. Warung Nasi

Warung nasi juga termasuk dalam 10 jenis usaha kuliner yang paling laku di Indonesia. Biasanya, warung nasi dikenal sebagai warteg.

Bisnis kuliner yang satu ini menyediakan nasi dengan aneka lauk pauk untuk konsumsi sehari-hari.

Warung nasi akan didatangi banyak pelanggan jika kamu menjualnya di lokasi yang strategis.

Untuk membuka warung nasi, kamu harus memiliki keterampilan memasak. Jika tidak, kamu harus mencari tenaga kerja yang pandai memasak karena makanan yang dijual dalam keadaan segar.

11. Bubble Tea Shop

Minuman yang menyegarkan dan beragam, menarik minat berbagai kelompok usia. Peluang untuk menyajikan variasi rasa dan topping yang unik dan menarik akan semakin menarik pelanggan masa kini yang memang suka membeli minuman kekinian.

Tempat ini juga tentu saja memiliki potensi untuk menjadi tempat nongkrong atau foto yang populer bagi generasi muda, hingga bisa membantu membangun komunitas penggemar.

Baca Juga: Suka Baking? Intip Tips Bisnis Kue Kering yang Bisa Jadi Uang!

Itulah 11 Jenis usaha kuliner yang paling laku yang bisa kamu coba dan usahakan ya! Selamat berbisnis, senang membagikan tips dan informasi ini dengan kamu!