Inilah 8 Tips Sukses Bisnis Snack Kiloan, Dijamin Cuan!

Share this Post

Table of Contents

Banyak yang anggap enteng bisnis snack kiloan, padahal keuntungannya sangat menggiurkan!

Untuk memulai bisnis, hal pertama yang dibutuhkan adalah pengamatan yang tajam akan peluang yang bisa dimanfaatkan. Terutama peluang yang ada di lingkungan sekitar.

Biasanya, peluang yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis berdasarkan kebutuhan, kebiasaan, hingga hal yang sedang menjadi tren di masyarakat.

Bisnis snack kiloan merupakan salah satu bisnis yang muncul berdasarkan kebutuhan masyarakat.

Coba kamu bayangkan! Banyak sekali orang yang gemar ngemil, baik itu snack manis atau asin. Banyak juga orang ngemil untuk menemani aktivitasnya atau sebagai pengganjal perut di sela waktu makan.

Karenanya, bisnis snack kiloan ini memiliki potensi yang baik dalam menghasilkan keuntungan. Untuk lebih lengkapnya lagi, simak ulasan ini!

Baca Juga: Ingin Mulai Bisnis Snack Kekinian? Ini 6 Ide yang Bisa Kamu “Curi”

Tips Sukses Bisnis Snack Kiloan

bisnis snack kiloan
Foto: Permen Buah-Buahan (pixabay.com)

Dilansir dari Side Hustle HQ, salah satu bisnis yang berpotensi untuk menghasilkan keuntungan melimpah adalah bisnis makanan, termasuk snack.

Bisa dikatakan, kebutuhan akan snack sangat tinggi dibandingkan dengan makanan berat. Soalnya, makanan berat bisa dimasak sendiri di rumah.

Sedangkan snack, sedikit orang yang rela meluangkan waktunya untuk membuatnya. Jadi, bisnis snack kiloan bisa jadi peluang untukmu menghasilkan keuntungan.

Lantas, seperti apa tips sukses untuk memulai bisnis snack kiloan atau snack curah ini? Yuk, simak tipsnya berikut!

1. Matangkan Rencana Bisnis

Setiap akan menjalankan bisnis, kamu harus mematangkan rencana sesempurna mungkin.

Meskipun kendala dan permasalahan selalu muncul dalam pelaksanaannya, rencana dibutuhkan untuk menyusun segala halnya.

Termasuk skenario rencana cadangan atau rencana penyesuaian yang dibutuhkan untuk setiap skenario buruk yang dihadapi. Begitu juga dalam menjalankan bisnis snack kiloan, perencanaan sangat dibutuhkan.

Beberapa hal yang perlu kamu rencanakan dengan matang antara lain varian snack, pemasok, dan modal yang dibutuhkan.

2. Siapkan Modal yang dibutuhkan

Tips menjalankan bisnis snack kiloan selanjutnya adalah menyiapkan modal yang dibutuhkan. Setelah kamu menyusun rencana secara matang dan detail, biasanya muncul berapa gambaran modal yang dibutuhkan.

Mustahil berjalan sebuah bisnis jika kamu tidak menyiapkan modal sepeser pun. Modal merupakan fondasi awal yang dibutuhkan oleh setiap pebisnis.

Modal yang dibutuhkan meliputi modal untuk membeli snack yang akan dijual, modal untuk biaya operasional sehari-hari saat menjual, modal untuk sewa tempat, dan modal untuk pengemasan.

Jika ingin lebih mudah lagi, kamu bisa menyiapkan modal dengan menyusun kebutuhan modal itu sendiri.

Jadi, kamu bisa membuat daftar yang dibutuhkan dan membuat perkiraan modal.

3. Buat List Snack yang Akan Dijual

Kiat sukses dalam menjalankan bisnis snack kiloan selanjutnya adalah dengan membuat daftar snack yang akan dijual. Kamu bisa memulai dengan jenis snack-nya, apakah itu snack kering atau basah.

Kemudian, kamu bisa lanjut ke rasa snack, yaitu manis, asin, asam, atau gurih. Karena dengan daftar snack yang rinci, akan memudahkan pengaturan snack.

Ini tentunya berkaitan dengan manajemen produk. Kamu juga bisa mulai membuat daftar harga dari setiap jenis-jenis snack.

Selain membuat daftar snack, kamu juga bisa membuat takarannya, seperti 1 kilo, seperempat kilo, setengah kilo, dan takaran lainnya. Ini akan semakin memudahkan pengaturan harga untuk bisnismu.

Baca Juga: 12 Inspirasi Buket Jajanan yang Bisa Jadi Ide Bisnis!

4. Pilih Distributor Snack yang Tepat

Distributor atau pemasok yang tepat merupakan pertimbangan selanjutnya yang perlu kamu pikirkan. Dengan memilih distributor snack yang tepat, tentu akan memengaruhi banyak hal pada bisnismu.

Kamu bisa menentukan distributor dengan beberapa pertimbangan, mulai dari harga yang ditawarkan, reputasi distributor, hingga kualitas snack yang ditawarkan.

Karena snack yang akan kamu jual berasal dari distributor, maka kualitas snack yang didapatkan dari distributor harus menjadi hal yang paling pertama kamu pertimbangkan. Baru kemudian reputasi dan harga yang diberikan.

Kamu juga bisa melakukan negosiasi dan kemungkinan kerja sama lainnya.

Terutama jika bisnis snack kiloan yang kamu jalankan berkembang pesat. Kamu bisa memberikan penawaran yang lebih menarik kepada distributor.

5. Pilih Nama dan Merek Sendiri

Tips dan kiat sukses menjalankan bisnis snack kiloan selanjutnya adalah kamu harus memikirkan nama dan merek usahamu sendiri. Ini merupakan bagian dari branding yang dibutuhkan.

Banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan memiliki nama dan merek sendiri, salah satunya akan memberikan dampak baik bagi citra usaha yang kamu jalankan.

Terutama jika kamu memikirkan nama dengan serius dan menjalankan bisnis dengan sungguh-sungguh, itu akan membuat citra usahamu baik di mata masyarakat dan pembeli.

6. Pastikan Kemasan yang Baik

Tips dan kiat sukses selanjutnya adalah dengan memastikan kemasan bisnis snack kiloan. Kamu harus memastikan kemasan yang kamu jual sangat baik dan tentu saja higienis.

Kemasan yang baik juga akan memengaruhi kualitas snack. Semakin baik kemasan, semakin lama snack akan bertahan.

7. Jalankan Strategi Penjualan yang Baik

Strategi penjualan yang kamu jalankan akan memengaruhi penjualan bisnismu. Semakin luas jangkauan pasar, semakin terbuka lebar peluang keuntungan.

Pertama-tama, kamu bisa terlebih dulu menjalankan strategi penjualan konvensional. Seperti dengan membuat toko, melakukan promosi dengan harga diskon, dan menawarkan secara langsung.

Kamu juga bisa mengandalkan strategi pemasaran dari mulut ke mulut untuk membuat masyarakat agar mengetahui bisnis snack kiloan yang kamu jalankan.

Pada tahap awal, kamu harus memastikan bahwa tokomu diketahui oleh sebanyak mungkin masyarakat. Sisanya, kamu tinggal menunggu pembeli datang ke toko snack yang kamu buka.

8. Terapkan Strategi Penjualan Online

Di era teknologi digital saat ini, media online bisa kamu manfaatkan untuk bisnis snack kiloan yang kamu jalankan. Seperti contohnya dengan memanfaatkan media online seperti Facebook, Instagram, dan TikTok.

Kamu juga bisa mendaftarkan tokomu ke setiap e-commerce yang tersedia. Menerapkan strategi penjualan online bisa memberikan pangsa pasar yang luas.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, semakin luas pasar, maka semakin tinggi peluang yang akan kamu dapatkan. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menguasai strategi penjualan online.

Baca Juga: Gurihnya Bisnis Kerupuk, Ini 6 Jenisnya yang Terlaris!

Itulah tips dan kiat sukses menjalankan bisnis snack kiloan atau snack curah.

Semoga penjelasan ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi kamu yang akan terjun menjalankan bisnis snack!