10 Ide Bisnis Kecil-kecilan yang Bisa Jadi Usaha Sampingan

Share this Post

bisnis kecil kecilan
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Banyak orang membuka bisnis kecil-kecilan sebagai usaha sampingan yang tidak butuh modal besar dan minim risiko. Apa saja ide bisnisnya?

Memiliki usaha sendiri adalah impian banyak orang. Apalagi jika usaha tersebut dan menyuplai penghasilan tambahan yang stabil dan minim risiko.

Tak sedikit cerita dari bisnis kecil-kecilan yang kini menjadi bisnis besar.

Bagi para karyawan, memiliki usaha sampingan juga menarik untuk dijalani. Sebagian besar karyawan memilih usaha sampingan yang bisa dijalankan bersamaan dengan pekerjaan utamanya.

Misalnya, membuka usaha catering dengan pangsa pasar rekan kerjanya sendiri. Menariknya, usaha sampingan ini bisa dijalankan sendiri dan menyesuaikan dengan pekerjaan utamamu.

Baca Juga: 5 Cara Jual Barang Antik, Bisa Untung Besar!

Bahkan, bisnis kecil-kecilan ini nantinya juga bisa jadi pegangan ketika kamu pensiun. Dapat dikatakan, usaha kecil-kecilan yang sekarang kamu miliki adalah pegangan untuk hari tua nanti.

Bagi kamu yang berstatus pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, atau bahkan karyawan, bisnis kecil-kecilan berikut ini cukup mudah untuk dijalankan. Penasaran? Simak, yuk!

Bisnis Kecil-kecilan yang Menguntungkan

bisnis kecil-kecilan
(Foto usaha kuliner. Sumber: Unsplash.com)

Bagi kamu yang sedang mencari ide usaha kecil-kecilan, beberapa rekomendasi ide bisnis di bawah ini bisa jadi inspirasi. Simak, yuk!

1. Menjadi Dropshipper

Menurut Bluecart, bisnis dropship adalah bisnis yang menjual produk yang tidak dimiliki sendiri. Sebab, dropship adalah metode pemenuhan kebutuhan pesanan dimana produk dikirim langsung oleh pemasok ke pelanggan tanpa melalui penjual.

Ketika ada pesanan, penjual akan memesan produk yang diminta ke pemasok.  Kemudian, pemasok akan mengirimnya langsung ke alamat pembeli atas nama tokomu. Dropship dapat meningkatkan penjualan, dan menekan biaya overhead.

Untuk menjadi dropshipper, kamu hanya perlu jeli melihat peluang pasar dengan memilih produk yang sedang dicari banyak orang.

2. Menawarkan Jasa Online

Bisnis kecil-kecilan selanjutnya yang bisa kamu jajal adalah menawarkan jasa secara online. Saat ini, ada berbagai platform yang memungkinkanmu untuk menawarkan jasa secara online, contohnya aplikasi Fiverr.

Melalui aplikasi tersebut, kamu bisa menawarkan jasa apa saja. Misalnya, jasa desain undangan pernikahan, jasa desain feeds Instagram, jasa tulis artikel, hingga jasa asisten pribadi virtual.

Menariknya, semua pekerjaan tersebut dapat kamu lakukan dari jarak jauh. Kamu akan menerima pembayaran melalui PayPal, sebab klien dari platform tersebut berasal dari mancanegara.

Baca Juga: Segarnya Peluang Usaha Salad Buah, Wajib Kamu Coba!

3. Jual Kue Tradisional

10 Ide Bisnis Kecil-kecilan yang Bisa Jadi Usaha Sampingan
(Foto jajanan tradisional. Sumber: Unsplash.com)
shopee pilih lokal

Bisnis kecil-kecilan yang satu ini nampaknya tak pernah ada habisnya. Sebab, akan selalu ada orang-orang yang menyukai jajanan tradisional. Aneka kue yang bisa kamu jual seperti kue lapis, kue pisang, kue cucur, bika ambon, dan masih banyak lagi.

Kue tradisional ini bisa kamu beli di pasar-pasar tradisional, kemudian menjualnya lagi ke target pasarmu sendiri. Misalnya, kamu bisa menawarkannya ke teman kantor atau ke teman kampus.

4. Nasi Uduk dan Nasi Bakar

Jika kamu hobi memasak, kamu bisa mencoba memasak nasi uduk atau nasi bakar dan menjadikan keduanya sebagai usaha sampingan. Nasi uduk dan nasi bakar sering menjadi menu favorit untuk sarapan.

Kamu bisa menawarkan nasi uduk dan nasi bakar buatanmu kepada teman kantor atau teman kampus. Buatlah sistem pre-order dengan mencatat daftar pesanan sebelum menyiapkan pesanan. Pasalnya, banyak orang yang tak sempat sarapan di pagi hari!

5. Bimbel Online

Usaha sampingan yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang berprofesi sebagai guru maupun memiliki minat terhadap dunia pendidikan. Kamu bisa membuka jasa bimbel online secara manual maupun melalui platform.

Sebab, saat ini sudah banyak tersedia platform online yang membantu mempertemukan para murid dengan pengajar bimbel. Kamu bisa menentukan sendiri mata pelajaran apa yang ingin kamu fokuskan, termasuk tarif bimbelmu.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Dengan Memanfaatkan Laptop Nganggur, Coba yuk!

6. Jasa Titip

10 Ide Bisnis Kecil-kecilan yang Bisa Jadi Usaha Sampingan
(Foto usaha jasa titip. Sumber: Unsplash.com)
shopee pilih lokal

Bisnis yang satu ini cocok dicoba bagi kamu yang senang jalan-jalan di akhir pekan. Sebab, usaha jasa titip ini biasanya butuh mobilitas yang tinggi.

Kamu perlu datang langsung ke pasar, toko, atau acara tertentu untuk menemukan barang yang dititipkan oleh pelanggan.

Namun, jika diseriuskan hasilnya juga cukup menjanjikan. Terlebih bagi kamu yang hobi jalan-jalan, bisnis ini akan terasa ringan kok!

7. Bisnis Wifi

Jika kamu menggunakan perangkat wifi di rumah atau di kostan, mengapa tidak menjadikannya sebagai peluang usaha baru?

Kamu bisa menyewakan wifi-mu kepada warga sekitar dengan memasang tarif tertentu. Misalnya, per jam atau dengan paket harian. Pasalnya, saat ini internet rumah menjadi kebutuhan semua orang. Tentunya bisnis wifi ini sangat menjanjikan.

8. Jual Jus Buah

Ide usaha sampingan ini juga mudah untuk dijalankan. Kamu bisa menjual jus buah dengan sistem PO, dan ditawarkan kepada teman kantormu.

Artinya, kamu bisa mencatat jus buah pesanan pelanggan kemudian membeli buahnya ketika semua pesanan tercatat.

Kamu jadi tidak perlu menyimpan stok buah jika tidak ada pesanan. Cara ini tentu lebih hemat dan efisien modal ketimbang menjual jus buah tanpa adanya target pasar yang jelas.

Baca Juga: 7 Produk Viral Paling Laku, Bisa Jadi Inspirasi Bisnis!

9. Menjual Camilan

10 Ide Bisnis Kecil-kecilan yang Bisa Jadi Usaha Sampingan
(Foto usaha camilan. Sumber: Unsplash.com)
shopee pilih lokal

Usaha sampingan yang satu ini nampaknya paling banyak diminati. Sebab, semua orang menyukai camilan. Makanan ringan ini cocok untuk menemanimu di berbagai kegiatan, mulai dari teman bekerja hingga teman santai.

Kamu bisa menjual aneka camilan ringan seperti kripik singkong, baso goreng, kripik kaca, kentang mustofa, dan lain sebagainya.

10. Bisnis Musiman

Ide bisnis kecil-kecilan lain yang bisa kamu coba adalah bisnis musiman. Dilansir dari Inc, sebagian besar bisnis mengalami beberapa kali pasang surut dan kasus fluktuasi.

Bisnis musiman adalah istilah yang mengacu pada fluktuasi bisnis yang sesuai dengan perubahan musim.

Ada berbagai contoh bisnis musiman yang bisa dicoba, seperti bisnis kue lebaran, hampers, kado wisuda, bisnis atribut 17-an, dan masih banyak lagi dengan memanfaatkan momentum tertentu.

Nah, itulah deretan ide bisnis kecil-kecilan yang bisa kamu coba. Tertarik dapatkan pemasukan tambahan dari ide bisnis di atas?  

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X