Ingin Coba Bisnis Party Planner? Terapkan 9 Tips Berikut

Share this Post

bisnis party planner
Table of Contents

Kamu yang suka mengorganisir acara besar, seperti pesta ulang tahun, pesta pernikahan, bridal shower, baby shower, atau momen perayaan lain mungkin bisa coba menjalani bisnis party planner.

Ada berbagai momen penting yang dapat dirayakan oleh banyak orang sebagai bentuk suka cita. Agar perayaan tersebut berjalan lancar, dibutuhkan seorang party planner untuk membantu.

Tanpa perencanaan yang tepat, sebuah acara mungkin tak bisa diselenggarakan sesuai harapan. Jasa seorang party planner sudah pasti sangat diperlukan bagi pemilik acara yang tak ada waktu untuk mempersiapkannya.

Bagi mereka yang mungkin masih awam terhadap penyelenggaraan acara penting, kehadiran party planner juga akan banyak membantu.

Baca Juga: 8 Cara Memulai Bisnis Wedding Organizer, Simak!

Tips Bisnis Party Planner

bisnis party planner
(Foto dekorasi pesta ulang tahun. Sumber: Unsplash.com)

Mengingat tanggung jawabnya yang cukup besar, seorang party planner perlu teliti saat menyusun acar milik klien.

Untuk memulai bisnis party planner, kamu tak membutuhkan modal besar, kok. Hal yang paling penting adalah kreativitas dan kemampuan untuk menyusun rangkaian acara dengan tepat.

Apabila kamu tertarik untuk menjalani bisnis yang satu ini, berikut beberapa tips bisnis party planner yang dapat diterapkan:

1. Buat Rencana Bisnis

Langkah yang paling penting sebelum berbisnis adalah menyusun rencana usaha. Dengan begitu, bisnis party planner kamu akan lebih terarah.

Perencanaan bisnis bisa terkait dengan modal yang perlu dipersiapkan, identitas yang akan dibuat, strategi pemasaran yang akan dilakukan, dan masih banyak lagi.

Pembuatan rencana bisnis harus dipertimbangkan dengan matang sehingga memudahkan kamu dalam menjalani usaha. Sebab, perencanaan akan membantumu dalam menyusun strategi yang tepat dalam mewujudkan tujuan bisnis.

2. Maksimalkan Kreasi dan Inovasi

Bisnis party planner melibatkan kreativitas sehingga kamu perlu memiliki jiwa seni yang tinggi. Terutama menyangkut dekorasi berbagai acara.

Dalam hal ini, kamu bisa mengasah kreativitas dengan cara memelajari berbagai referensi dekorasi. Dengan begitu, kamu dapat membuat konsep acara yang unik dan berkesan bagi klien.

Selain itu, memelajari bisnis serupa yang dimiliki oleh kompetitor juga bisa jadi cara untuk meningkatkan kreativitas. Misalnya, membuat suatu hal yang beda dan belum pernah ada sebelumnya.

Jangan takut untuk mencoba berbagai kreasi. Semakin banyak inovasi yang kamu lakukan, akan semakin baik karena kamu bisa memiliki ide beragam untuk diajukan pada klien.

3. Butuh Ketelitian dan Kesabaran

Dalam menjalani bisnis apapun, memang membutuhkan ketelitian dan kesabaran hingga menuju kesuksesan. Hal ini pun berlaku pada bisnis party planner yang akan kamu rintis.

Mengingat bisnis ini menawarkan jasa perencanaan suatu perayaan milik klien, maka kamu perlu menyiapkannya dengan baik agar hasilnya memuaskan.

Telitilah dalam membuat perencanaan acara untuk klien. Periksa lagi apa saja hal yang diperlukan sebelum acara diselenggarakan.

Pastikan juga acara klien dapat berlangsung dengan lancar sesuai dengan harapan mereka. Ingatlah selalu bahwa kepuasan pelanggan merupakan hal utama. Jadi, berikanlah pelayanana terbaikmu.

Baca Juga: 7 Tips Usaha Sewa Sound System untuk Maksimalkan Cuan

4. Lakukan Riset Pasar

tips bisnis party planner
(Foto dekorasi pesta pernikahan. Sumber: Pexels.com)

Jangan lupa untuk melakukan riset pasar ketika kamu berbisnis party planner. Hal ini penting untuk mengetahui tren dekorasi seperti apa yang banyak diminati.

Beda acara atau pesta, pasti akan berbeda pula dekorasinya. Setiap perayaan juga memiliki konsep atau tema tertentu.

Jadi, pelajarilah semua hal itu sehingga kamu bisa menghadirkan jasa party planner yang memuaskan bagi para klien.

Riset pasar juga dapat membantu kamu dalam menentukan biaya jasa party planner yang diberikan kepada klien. Kamu pun bisa mendapatkan keuntungan yang sepadan atas kerja kerasmu merencanakan acara klien.

5. Jalin Kerja Sama dengan Vendor

Hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan dalam menjalani bisnis party planner, yaitu mencari mitra usaha.

Umumnya, penyedia layanan party planner akan bekerja sama dengan berbagai vendor. Misalnya vendor yang menyediakan keperluan dekorasi, sound system, lighting, dan keperluan pesta lainnya.

Dalam mencari vendor yang tepat, kamu membutuhkan waktu yang tak singkat. Pasalnya, ada berbagai pertimbangan yang perlu kamu lakukan agar proses perencanaan pesta berjalan lancar.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menemukan vendor untuk dijadikan mitra bisnis. Misalnya dengan melakukan riset online atau mendatangi berbagai pameran event.

Jangan ragu untuk menawarkan kerja sama dengan berbagai vendor sehingga kamu menemukan rekan bisnis yang pas.

Baca Juga: 9 Cara Memulai Usaha Gift Box yang Sedang Tren

6. Rekrut Karyawan yang Terampil

Untuk menjalani bisnis party planner, tak bisa kamu lakukan sendiri. Dalam menyusun perencanaan acara hingga eksekusi di hari h, kamu membutuhkan bantuan orang lain.

Oleh karenanya, diperlukan beberapa orang karyawan yang terampil untuk membantu kamu menjalani bisnis ini.

Berhati-hatilah dalam memilih karyawan untuk kamu pekerjakan. Pastikan mereka memiliki kualifikasi yang sesuai dengan posisinya.

Jika sudah menemukan sosok yang pas, jagalah kekompakan tim kamu selama bekerja. Jadi, acara yang diselenggarakan milik klien bisa berjalan lancar dan memuaskan.

7. Cari Klien dari Orang Terdekat

Ketika kamu baru saja merintis bisnis party planner, pasti tidak banyak orang yang mengetahuinya sehingga mendapatkan klien terasa cukup sulit.

Tak perlu berkecil hati karena hal ini merupakan sesuatu yang wajar. Oleh karenanya, kamu dapat coba menawarkan jasa ini kepada orang-orang terdekat.

Misalnya mempromosikan bisnis kepada teman, saudara, atau tetangga di lingkungan terdekatmu. Barang kali, mereka sedang mencari jasa perencanaan untuk acara spesialnya.

Manfaatkanlah orang-orang sekitar sebagai media promosi dengan teknik word of mouth marketing.

Baca Juga: 9 Tips Bisnis Souvenir Pernikahan, Minat Mencobanya?

8. Aktif Promosi Online

cara bisnis party planner
(Foto dekorasi baby shower. Sumber: Pexels.com)

Perluas juga jangkauan pasarmu dengan cara mempromosikan bisnis secara online. Misalnya melalui berbagai media sosial.

Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan media sosial lain untuk mempermudah kamu bertemu pelanggan potensial.

Media sosial bisa menjadi alat bantu pemasaran yang cukup efektif. Apalagi, kamu tak membutuhkan biaya besar karena iklan di media sosial dapat dilakukan secara gratis maupun berbayar.

Maksimalkanlah seluruh fitur yang ada di media sosial dan unggahlah konten penawaran menarik. Jadi, kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan klien.

9. Kumpulkan Testimoni untuk Gaet Klien

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan pendapatan bisnis adalah dengan menggunakan testimoni dari pelanggan.

Dalam hal ini, kamu perlu mengumpulkan ulasan dari setiap klien yang menggunakan jasa party planner milikmu.

Jangan ragu untuk meminta review dari para klien yang sudah menggunakan jasamu di berbagai acara spesial mereka. Baik itu dalam bentuk foto maupun video.

Kemudian, tunjukkan testimoni tersebut sebagai salah satu aspek penting dalam portofolio jasa kamu.

Dengan begitu, kamu bisa menarik lebih banyak pelanggan. Testimoni yang positif biasanya dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan lain.

Jadi, berikanlah pelayanan terbaik untuk semua klien agar mereka merasa puas dan dapat memberikan ulasan positif.

Baca Juga: Intip Modal Usaha Dekorasi Lamaran, Apa Saja yang Dibutuhkan?

Itu dia beberapa tips bisnis party planner yang bisa kamu coba. Semoga sukses!