10 Manfaat Analisis SWOT Untuk Evaluasi Bisnis

Share this Post

Table of Contents
shopee gratis ongkir

Manfaat analisis SWOT cukup signifikan bagi bisnismu. Analisis ini merupakan teknik untuk menilai empat aspek bisnis.

SWOT sendiri merupakan singkatan dari strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (kesempatan), dan threats (ancaman).

Analisis SWOT merupakan cara sederhana yang bisa membantu menganalisis apa yang paling dibutuhkan bisnismu saat ini. Metode ini juga membantumu merancang strategi bisnis untuk kesuksesan pada masa mendatang.

Melalui analisis SWOT, kamu bisa mengungkapkan aspek apa yang menghambat bisnismu. Selain itu, dapat menemukan kelemahan apa yang dimanfaatkan oleh pesaing ketika kamu tidak memperbaikinya.

Sebelum mengetahui manfaat analisis SWOT, kamu perlu tahu apa makna dari masing-masing aspek SWOT.

Baca Juga: Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan, Yuk Catat!

Analisis SWOT

beda marketing dan sales
Foto: Strategi Pemasaran (Unsplash.com)

Menurut Mind Tools, analisis SWOT terdiri dari empat aspek, yakni strengths, weaknesses, opportunities, dan threats. Maksud dari masing-masing aspek ini perlu diketahui agar tahu bagaimana cara menggunakan analisis SWOT.

Pertama, strengths atau kekuatan, yaitu kualitas yang memungkinkan kita untuk mencapai misi bisnis. Ini merupakan dasar kesuksesan yang berkelanjutan dan perlu dipertahankan.

Kedua, weaknesess atau kelemahan. Ini merupakan kualitas di dalam bisnis yang mencegah kamu mencapai misi dan mencapai potensi penuh.

Kelemahan dapat memberi pengaruh buruk pada keberhasilan dan pertumbuhan bisnis. Ada beberapa faktor dalam bisnis yang tak terpenuhi, sehingga itu menjadi kelemahan.

Ketiga, opportunities atau peluang, yang tercipta pada bisnis itu sendiri dan lingkungan di mana bisnis itu berada.

Hal ini muncul ketika bisnis dapat memanfaatkan kondisi lingkungan sekitar untuk membuat strategi yang dapat mendatangkan keuntungan. Bisnismu dapat memperoleh keunggulan dengan memanfaatkan peluang.

Keempat, threats atau ancaman, yang bisa datang dari lingkungan sekitar juga. Hal ini muncul ketika kondisi lingkungan eksternal membahayakan profitabilitas bisnis.

Ancaman akan menambah kerentanan ketika bertemu dengan kelemahan.

Baca Juga: Ingin Membuat Perencanaan Usaha? Ikuti 9 Tips Ini!

Manfaat Analisis SWOT Bagi Bisnis

analisis swot
Foto: Analisis SWOT (Forbes.com)
shopee pilih lokal

Setelah mengetahui apa itu analisis SWOT dan masing-masing aspeknya, kini kita beranjak membahas bagaimana manfaat analisis SWOT bagi bisnis.

Selain merupakan cara sederhana dalam menganalisis kondisi bisnis atau perusahaan, ada beberapa manfaat lain dari analisis SWOT yang dirangkum dari status.net.

1. Dapat Diterapkan pada Situasi Apapun

Komposisi analisis SWOT sangat sederhana, jadi dapat diterapkan pada perusahaan jenis apa pun. Analisis SWOT bahkan bisa digunakan oleh organisasi apapun, tidak hanya pada bisnis.

Analisis SWOT juga dapat digunakan pada berbagai situasi. Jika ingin menginisiasi strategi, bisa melakukan analisis ini.

2. Satu Metode untuk Menghadirkan Empat Aspek

Ada banyak alat atau metode evaluasi lain di luar sana. Namun, kebanyakan hanya dapat menilai satu aspek saja dalam satu waktu.

Berbeda dari yang lain, analisis SWOT dapat langsung mendalami empat aspek bisnis sekaligus. Dengan demikian, kamu akan mendapat gambaran kondisi keseluruhan bisnismu pada satu waktu.

Baca Juga: Intip 5 Cara Analisis Potensi Pasar, agar Untung Maksimal

3. Integrasi Data secara Komprehensif

Ada banyak hal yang perlu dikerjakan ketika membuat analisis SWOT. Namun, untuk menyediakan datanya bisa melalui metode kuantitatif dan kualitatif.

Kombinasi data ini dapat meningkatkan perencanaan dan meningkatkan komunikasi. Selain itu, dapat mengarahkan pada pengambilan keputusan yang lebih baik pula.

4. Biaya Rendah

Manfaat analisis SWOT lainnya yaitu saking sederhananya cara ini, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukannya.

Tidak perlu menggunakan perangkat lunak di komputer, bahkan tak perlu membayar konsultan untuk memberikan nasihat.

Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah menyiapkan Excel dan waktu untuk mengisi analisis SWOT.

5. Sederhana

Sedari awal kita membahas analisis SWOT, kata kunci ini selalu muncul. Memang itulah manfaat analisis SWOT yang utama.

Tidak perlu ada pelatihan atau keterampilan teknis untuk menyelesaikan analisis SWOT, karena siapa pun dapat melakukannya. Selain itu, analisis SWOT mudah dipahami karena kesederhanaannya itu.

6. Membantu Bisnis Menentukan Strategi

Ketika sudah mengetahui kondisi perusahaan dari empat aspek dalam analisis SWOT, kamu sudah bisa merancang strategi dari situ.

Kamu dapat menemukan peluang untuk mendapat keuntungan atau mencegah pesaing baru yang memasuki pasar.

Analisis SWOT juga memungkinkan membuat rencana untuk memaksimalkan kekuatan atau mengelola ancaman dan kelemahan.

Baca Juga: 5 Contoh Analisis Pesaing Usaha, Bisa Ungguli Kompetitor!

7. Bantu Tentukan Prioritas

Terkadang, dalam bisnis kamu harus mengetahui prioritas utama terlebih dulu sebelum menentukan arah perkembangan perusahaan. Manfaat analisis SWOT selanjutnya adalah membantu menentukan hal tersebut. 

Kamu bisa tahu prioritas utama dalam menjalankan struktur manajemen organisasi dan strategi. Dari sini juga, kamu akan memahami keberadaan konsekuensi dari keputusan yang diambil.

Jadi, langkah yang kamu ambil lebih jelas.

8. Memperkirakan Keuntungan

Manfaat analisis SWOT selanjutnya adalah dapat membantu kamu memperkirakan keuntungan atau laba yang didapat dari penjualan. Ini disesuaikan dengan kondisi pasar saat ini. 

Dari sini juga, kamu dapat memahami kemampuan perusahaan bertahan di pasar tersebut. Bahkan, kamu akan mendapatkan informasi soal pesaing dan tren pasar pada umumnya.

9. Menyaring Keputusan

Sudah menjadi hal yang normal bila keputusan perusahaan terkadang tidak berjalan dengan mulus. Namun, kesalahan tersebut bisa kamu cegah dengan manfaat analisis SWOT berikut ini.

Dari analisis SWOT, kamu dapat segera mengeliminasi keputusan atau strategi yang tidak works. Hal ini membuat kamu jadi lebih cepat fokus ke strategi yang tepat untuk bisnis. 

10. Dapat Menemukan Faktor Positif dan Negatif

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kamu harus bergerak lebih cepat lagi. Terutama ketika ingin mengembangkan produk atau strategi baru. 

Manfaat analisis SWOT selanjutnya adalah menemukan faktor positif dan negatif yang ada di dalam perusahaan. Jadi, kamu bisa segera mengambil langkah untuk mengatasinya tersebut. 

Baca Juga: Pengertian Klausul Kontrak dan Cara Membuatnya

Mengapa Analisis SWOT Penting

perencanaan usaha
Foto: Perencanaan Bisnis (Freepik.com)
shopee pilih lokal

Setelah mengetahui seluk beluk dan manfaat analisis SWOT, kini muncul pertanyaan tentang mengapa analisis SWOT itu penting. Metode ini memungkinkanmu untuk mengevaluasi bisnis.

Dari analisis SWOT, kamu dapat memahami posisi bisnismu di pasar yang kompetitif ini. Selanjutnya, kamu dapat menentukan langkah apa yang diambil untuk perencanaan strategis lebih lanjut.

Hal ini karena kamu sudah mengetahui bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang bisnismu miliki.

Kamu tinggal menentukan mana yang akan ditangani terlebih dahulu, atau bahkan mengombinasikan sejumlah aspek dari SWOT untuk menciptakan strategi baru.

Analisis SWOT merupakan alat penting untuk memahami kesehatan suatu bisnis atau perusahaan.

Metode ini memungkinkanmu mengambil keputusan untuk mengidentifikasi posisi organisasi, masalah, hingga di bagian mana yang perlu ditingkatkan.

Baca Juga: Analisis Harga Pesaing untuk Menarik Lebih Banyak Pelanggan

Manfaat analisis SWOT dapat membantumu untuk menjadi pemain proaktif di pasar dan tetap kompetitif.

Demikian sejumlah manfaat analisis SWOT bagi bisnismu. Mudah diterapkan dan dapat membantumu membangun strategi untuk masa mendatang.

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X