20 Klub Bola Terkaya di Dunia, Ada Dari Indonesia?

Share this Post

klub terkaya di dunia
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Banyak pemain bola yang digaji selangit, penasaran apa saja klub bola terkaya di dunia saat ini? Simak, yuk, siapa tahu ada dari Indonesia!

Pemain bola terpopuler saat ini, Ronaldo dan Messi mendapatkan gaji selangit bersama klubnya masing-masing. Ronaldo yang kini membela The Reds mendapatkan gaji sekitar Rp362 miliar per tahun atau setara dengan Rp41 jutaan per jam!

Sementara itu, rival abadi Ronaldo, Lionel Messi kini membela klub asal Paris, PSG. Messi mendapat gaji sekitar Rp590 miliar per tahun atau setara dengan Rp146 juta per jam.

Kedua pemain bintang itu kini memperkuat tim negaranya dalam kompetisis Piala Dunia Qatar 2022, pesta sepak bola paling bergengsi sejagat.

Besaran gaji fantastis itu tentu disebabkan oleh popularitas kedua mega bintang sepak bola dan skill yang mereka miliki. Selain Ronaldo dan Messi, transfer pemain bola luar negeri juga terbilang fantastis.

Di balik besarnya gaji para pemain, terbayangkah kamu seberapa kaya klub bola yang mereka bela?

Ingin tahu deretan klub bola terkaya di dunia? Simak sampai akhir yuk, siapa tahu ada dari Indonesia!

Baca Juga: Untung Rugi Bisnis Sepak Bola, Bagaimana Prospeknya?

Daftar Klub Bola Terkaya di Dunia

20 Klub Bola Terkaya di Dunia, Ada Dari Indonesia?
(Foto bola sepak. Sumber: Unsplash.com)

Tumpukan uang digelontorkan dalam kompetisi sepak bola setiap harinya, terutama di daratan Eropa. Di luar negeri, sepak bola lebih dari sekedar kompetisi. Sepak bola dan semua klubnya merupakan bisnis yang begitu menjanjikan.

Banyak klub bola yang mendapat sponsor dari berbagai brand dan perusahaan besar. Selain itu, kebanyakan klub bola luar negeri juga sudah menjual belikan sahamnya kepada orang-orang kaya di dunia.

Hal ini membuat cadangan kas klub bola luar negeri begitu melimpah. Tak mengherankan jika klub bola tersebut mampu membeli dan membayar pemain dengan gaji selangit.

Belum lagi ditambah dengan hasil penjualan tiket, penjualan merchandise, hak siar, dan hadiah kompetisi. Dirangkum dari Forbes, berikut daftar klub bola terkaya di dunia, adakah klub favoritmu, coach?

Baca Juga: Intip Bisnis Sandiaga Uno, Cuan Hampir Rp 3 M Per Hari!

  1. Real Madrid ($ 5,1 miliar)
  2. Barcelona ($ 5,1 miliar)
  3. Manchester United ($ 4,6 miliar)
  4. Liverpool ($ 4,45 miliar)
  5. Bayern Munich ($ 4,275 miliar)
  6. Manchester City ($ 4,25 miliar)
  7. Paris Saint-Germain ($ 3,2 miliar)
  8. Chelsea ($ 3,1 miliar)
  9. Juventus ($ 2,45 miliar)
  10. Tottenham Hotspur ($ 2,35 miliar)
  11. Arsenal ($ 2,05 miliar)
  12. Borussia Dortmund ($ 1,8 miliar)
  13. Atletico Madrid ($ 1,5 miliar)
  14. AC Milan ($ 1,2 miliar)
  15. Inter Milan ($ 1 miliar)
  16. Everton ($ 940 juta)
  17. Leicester City ($ 925 juta)
  18. West Ham United ($ 900 juta)
  19. Leeds United ($ 800 juta)
  20. Aston Villa ($ 750 juta)

Tak hanya memiliki kekayaan yang besar, sebagian klub di atas juga menjadi penyumbang pemain terbanyak dalam gelaran Piala Dunia Qatar 2022.

Bayer Munich menempati urutan pertama dengan menyumbang 17 pemain yang tampil di Piala Dunia. Kemudian ada Manchester City dan Barcelona masing-masing sebanyak 16 pemain, serta klub bola tuan rumah, Al-Saad dengan 15 pemain.

Klub bola dalam negeri juga ada yang mempunyai kekayaan yang besar. Kekayaan klub bola Indonesia ini dilihat dari market value atau total nilai pasar semua pemain yang dimiliki.

Di urutan pertama, ada Persija Jakarta dengan market value mencapai Rp97,8 miliar. Urutan kedua ditempati oleh rival abadinya, Persib Bandung (Rp91 miliar). Peringkat ketiga ditempat Bali United (Rp76,1 miliar) yang menjadi juara bertahan Liga 1.

Kemudian, urutan keempat dan kelima ditempat oleh Bhayangkara FC dan Boneo FC dengan market value masing-masing senilai Rp70,3 miliar dan Rp70,2 miliar.

Baca Juga: Profil Michael Bambang Hartono, Orang Terkaya di Indonesia!

Sepak Bola Sebagai Bisnis, Apakah Menjanjikan?

klub bola terkaya di dunia
(Foto pemain bola. Sumber: Freepik.com)
shopee pilih lokal

Seperti disinggung di awal, deretan klub bola terkaya di dunia tadi tak lepas dari pengaruh bisnis. Banyak klub bola terkaya di dunia yang sahamnya dimiliki oleh pengusaha-pengusaha kaya dunia.

Bahkan, Menteri BUMN Erick Thohir dan dua pengusaha tanah air lainnya pernah mengakuisisi saham klub Inter Milan sebesar 70%. Pada tahun 2019 Erick Thohir menjual 31,05% sahamnya kepada perusahaan asal Hong Kong.

Dikutip dari media Italia Il Sole 24 Ore, Erick Thohir setidaknya mendapat keuntungan 150 juta euro atau sekitar Rp2,4 triliun.

Keuntungan tersebut didapatkan dari berbagai sumber. Misalnya dari pendapatan di setiap pertandingan, hasil penjualan tiket, hadiah juara kompetisi, pihak sponsor, dan penjualan merchandise. Apalagi klub luar negeri memang sudah sangat tersohor.

Baru-baru ini, banyak public figure tanah air yang juga membeli sejumlah saham klub dalam negeri.

Sebut saja Raffi Ahmad dengan RANS United, Atta Halilintar dengan AHHA PS Pati, serta Kaesang Pangarep dengan Persis Solo.

Hal tersebut menandakan bahwa bisnis sepak bola merupakan ladang investasi yang sangat menjanjikan. Tak hanya klub sepak bola, hal tersebut juga berlaku untuk klub olah raga lainnya.

Pun sama, klub bola terkaya di dunia juga sahamnya diperjual belikan kepada pengusaha lain. Perbedaannya tentu terletak pada nilai sahamnya.

Baca Juga: Tanpa Privilege, Ini Perjalanan Bisnis Erick Thohir

Investasi dalam bentuk klub sepak bola dalam negeri juga bisa menguntungkan. Sebab, klub lokal juga selalu mendapatkan pemasukan dari sponsor, penjualan tiket, pendapatan kompetisi, dan sumber pemasukan lain.

Mengintip ramainya bisnis sepak bola dan melihat deretan klub bola terkaya di dunia tadi, tentunya bisnis olahraga yang satu ini tak bisa dianggap sepele bukan?

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X