Tren Karier 2022, Ini Bidang Pekerjaan yang Paling Diminati!

Share this Post

tren karier 2022
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Ada beberapa bidang pekerjaan yang paling diminati sepanjang tahun. Berikut rangkuman tren karier 2022 untukmu!

Sepanjang tahun 2022 lalu, ada banyak bidang pekerjaan baru yang bermunculan dan sukses memikat banyak orang. Terlebih lagi, tahun 2022 ini masih membawa sebagian kecil tren pada tahun sebelumnya.

Selama pandemi, kita turut mengenal berbagai model dan sistem kerja baru. Mulai dari remote working, work from home, hingga digital nomad. Sistem kerja tersebut juga didukung dengan adanya kebutuhan bisnis untuk berbagai posisi.

Uniknya, ada beberapa posisi pekerjaan yang ternyata menunjukkan kinerja positif ketika dilakukan secara remote.

Selain sistem kerja, beberapa istilah baru dalam dunia karier dan pekerjaan juga menjadi tren. Mulai dari quiet firing, quiet quitting, hingga career cushioning yang menjadi respon atau kondisi dunia pekerjaan tahun ini.

Selain itu, dunia karier dan pekerjaan juga diramaikan dengan munculnya efisiensi sumber daya dari beberapa perusahaan.

Meski begitu, di sisi lain, muncul bidang pekerjaan baru yang banyak menjadi incaran tahun ini. Berikut ini rangkuman tren karier 2022 yang bisa menjadi referensi hingga kini.

Baca Juga: Ini 4 Cara Menghitung Bonus Tahunan untuk Karyawan

Tren Karier 2022: Work From Home VS Work From Office

tren karier 2022
Foto: Work From Office (Freepik.com)

Tren karier 2022 diawali dengan perselisihan antara dua sistem kerja, yakni WFH dan WFO. Pada puncak pandemi, banyak perusahaan yang menerapkan sistem WFH atau remote working.

Banyak pekerja yang merasa diuntungkan. Pasalnya, remote working dapat menghemat pengeluaran, lebih fleksibel, mewujudkan work life balance, dan meningkatkan produktivitas.

Namun, tak sedikit juga pekerja yang lebih menyukai WFO karena memiliki kebutuhan untuk menggunakan fasilitas kantor, berinteraksi langsung dengan rekan kerjanya, hingga merasa terlalu banyak distraksi jika bekerja dari rumah.

Baik WFO maupun WFH, hingga kini keduanya masih diterapkan di berbagai perusahaan dan dapat berjalan dengan baik. Kalau kamu, tim WFO atau WFH, nih?

Baca Juga: 5 Tips Memulai Bisnis Pop Up Store, Lagi Tren!

Tren Karier 2022: Quiet Quitting Hingga Career Cushioning

Tren Karier 2022, Ini Bidang Pekerjaan yang Paling Diminati!
Foto: Pekerja Startup (Freepik.com)
shopee pilih lokal

Sepanjang tahun 2022, kebutuhan akan work life balance semakin disadari oleh banyak pekerja. Dalam upaya memenuhi kebutuhan tersebut, muncul istilah baru bernama quiet quitting.

Studi menyebutkan bahwa work life balance atau keseimbangan kerja dan hidup berkaitan dengan kesehatan mental di berbagai bidang pekerjaan.

Bekerja sesuai jobdesk, yang penting maksimal. Gaji lancar, liburan lancar, hidup juga tenang”, yup, ungkapan ini jadi begitu penting untuk dipahami para pekerja saat ini. 

Quiet quitting mengingatkan para pekerja untuk mengembalikan keseimbangan antara hidup dan pekerjaan.

Di sisi lain, perusahaan juga turut merespon dengan munculnya tren baru bernama quiet firing. Hal ini muncul karena banyak pekerja yang justru terkesan “malas-malasan” dan kurang maksimal dalam bekerja.

Banyak yang menyebut bahwa quiet firing merupakan respons atasan karena banyaknya pegawai yang menerapkan tren quiet quitting atau bekerja ala kadarnya.

Alhasil, OKR atau target perusahaan jadi sulit tercapai. Untuk memacu karyawan agar meningkatkan produktivitasnya, diterapkanlah strategi quiet firing ini.

Karyawan akan dibuat merasa diabaikan, ditekan, atau didorong secara halus untuk meningkatkan kinerjanya.

Jika karyawan yang bersangkutan tidak dapat memenuhi pekerjaannya dan merasa tidak nyaman, biasanya karyawan tersebut akan mengundurkan diri.

Tak hanya itu, di sisi lain, ada banyak pekerja yang mulai mengambil langkah konservatif untuk melindungi keuangan dan pekerjaannya.

Ibarat asuransi yang melindungi diri dari sakit dan kecelakaan, para pekerja ini juga mengambil langkah serius jika sewaktu-waktu mereka kehilangan pekerjaannya.

Tren ini disebut sebagai career cushioning, yakni kondisi seorang karyawan mengambil langkah aktif untuk membuat rencana cadangan untuk “melindungi” diri sendiri dari risiko terburuk akibat kehilangan pekerjaan yang tidak terduga.

Gerakan career cushioning tidak terjadi karena karyawan merasa bosan atau lelah di tempat kerja. Sebaliknya, tren ini dilakukan sebagai reaksi atas ketidakstabilan dalam dunia kerja yang bisa mengalami kemunduran sewaktu-waktu.

Harapannya, jika terkena PHK, karyawan sudah memiliki keterampilan yang lebih mumpuni dan relasi yang lebih luas untuk mencari pekerjaan baru atau membangun bisnis sendiri.

Baca Juga: Kena PHK? Ini 15 Ide Bisnis Modal 1 Juta yang Bisa Dicoba!

Tren Karier 2022: Bidang Pekerjaan Paling Diminati

Tren Karier 2022, Ini Bidang Pekerjaan yang Paling Diminati!
Foto: Tren Karier 2022 (Freepik.com)
shopee pilih lokal

Tren karier 2022 juga diwarnai dengan munculnya berbagai bidang pekerjaan yang menjadi incaran para job seeker, berikut rangkumannya!

1. Digital Marketing

Tren karier 2022 yang pertama diramaikan dengan bidang pekerjaan digital marketing. Semakin pesatnya penggunaan media sosial membuat banyak bisnis harus mampu beradaptasi ke strategi digital.

Alhasil, kebutuhan akan tenaga marketing yang terampil dalam penggunaan internet dan software juga semakin tinggi. Ada banyak sekali lembaga pelatihan yang ikut membuka program keterampilan digital marketing ini.

Ada beberapa posisi pekerjaan yang masuk dalam kategori digital marketing, seperti social media specialist, content writer, content editor, marketing representative, hingga SEO specialist.

2. Editor dan Content Creator

Masih berkaitan dengan dunia digital, tren karier 2022 berikutnya datang dari bidang editor dan kreator. Bidang pekerjaan ini semakin dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Pasalnya, semua media promosi, informasi, dan pemasaran kini membutuhkan karya digital dan konten yang berkualitas. Beberapa pekerjaan yang banyak dicari adalah graphic design, illustrator, video editor, TikTok content creator, dan lain-lain.

Baca Juga: Tanggung Jawab Content Editor, Berikut Skill yang Diperlukan

3. UI/UX Designer

Dalam pembuatan aplikasi atau website, sangat erat kaitannya dengan User Interface (UI) dan User Experience (UX). Dua bidang pekerjaan ini juga meramaikan tren karier 2022, khususnya perusahaan teknologi dan startup.

Keberadaan UI dan UX dalam digital marketing amat krusial dan perlu mendapat perhatian tersendiri. UI dan UX yang baik bisa meningkatkan visibilitas website dan meningkatkan pengguna aplikasi bisnismu.

Bahkan, ada banyak lembaga kursus dan pelatihan yang membuka kelas UI/UX untuk mengakomodasi para pencari kerja yang membutuhkan keterampilan ini.

4. Ahli Data dan Statistik

Dunia kerja modern bekerja dengan data. Kumpulan data tersebut berguna untuk pengembangan bisnis hingga penyusunan sistem aplikasi. Khususnya data pelanggan, berguna bagi bisnis untuk mengetahui tren pasar.

Oleh karenanya, beberapa posisi seperti data analyst, data scientist, business development, dan analis pasar banyak dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan.

5. Supply Chain

Supply chain masuk dalam deretan tren karier 2022. Pasalnya, pekerjaan di bidang logistik dan pengiriman semakin dibutuhkan akibat meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk berbelanja secara online.

Memiliki fasilitas penyimpanan, pengiriman, dan sistem distribusi yang baik merupakan kebutuhan banyak perusahaan. Oleh karena itu, bidang pekerjaan ini semakin banyak dicari.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencari Supplier? Simak 8 Tipsnya

Itulah rangkuman seputar tren karier 2022 yang bisa menjadi referensi untuk menatap tahun-tahun yang akan datang.

Jadi, adakah jenis pekerjaan yang kamu sukai dari daftar tren karier di atas?

Sumber:

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X