15 Doa Memulai Usaha Agar Berkah dan Laris Manis

Share this Post

doa memulai usaha
Table of Contents

Ada beberapa doa memulai usaha agar berkas dan cepat untung!

Memulai bisnis atau usaha merupakan upaya dari mencari rezeki dan penghasilan.

Sebagai muslim, bekerja dan berbisnis adalah bagian dari ibadah. Setiap usaha sudah semestinya diiringi dengan doa.

Keberhasilan usaha tentu bergantung pada keterampilan, keuletan, dan konsistensi. Apalagi saat ini persaingan usaha kian ketat.

Meskipun nampaknya di era ini usaha apapun bisa menghasilkan uang, namun tetap butuh pertimbangan yang matang.

Riset pasar, persiapan modal, hingga strategi pemasaran saja tidak cukup. Usaha harus selalu diiringi dengan doa.

Sebagai pebisnis muslim, doa memulai usaha adalah hal penting yang tak boleh dilewatkan.

Berdoa dalam Islam adalah ibadah yang sangat dianjurkan. Bahkan kata Allah, orang yang tidak mau berdoa adalah orang yang sombong. Allah berfirman,

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang bersikap sombong dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS. Ghafir: 60)

Lantas, apa saja doa memulai usaha yang bisa dipanjatkan oleh pebisnis muslim? Berikut kumpulan doanya.

Baca Juga: 9 Etika Bisnis Ala Rasulullah yang Patut Diteladani

Kumpulan Doa Memulai Usaha

Dalam Surat Al-Baqarah Ayat 186, Allah berfirman,

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku itu dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”.

Berikut ini kumpulan doa memulai usaha yang bisa kamu panjatkan agar bisnismu senantiasa mendapat kemudahan, keberkahan, dan kesuksesan.

1. Doa Sebelum Memulai Kegiatan

doa memulai usaha
(Foto ilustrasi umat Islam berdoa. Sumber: Freepik.com)

Dalam kitab Ihya’ Ulumuddin, Imam Al-Ghazali menganjurkan membaca doa berikut ketika baru memulai sesuatu, termasuk memulai usaha baru.

Robbanaa aa-tinaa milladunka rohmataw wa hayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa. Robbisyrohlii shodrii wa yassirlii amrii.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah urusanku.”

Dalam kitab Ihya’ Ulumuddin, Imam Al-Ghazali berkata,

وتقول عند ابتداء الأمور ربنا آتنا من لدنك رحمة وهيىء لنا من أمرنا رشدا رب اشرح لي صدري ويسر لي أمري

“Ketika memulai sesuatu, hendaknya kamu mengucapkan; ‘Robbanaa aa-tinaa milladunka rohmataw wa hayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa. Robbisyrohlii shodrii wa yassirlii amrii”.

2. Doa Agar Dilancarkan Rezeki

Doa memulai usaha selanjutnya dalam kitab Abwabul Faraj, Sayid Muhammad bin Alawi al-Maliki mengatakan bahwa ada doa yang sangat dianjurkan agar dilimpahkan rezeki yang banyak dan halal. Berikut doanya:

Allohumma inni as-aluka an tarzuqoni rizqon halalan wasi’an thoyyiban min ghoiri ta’abin wala masyaqqotin wala dhoirin wala nashobin innaka ‘ala kulli syai-in qodir.

Artinya: Ya Allah, aku minta pada Engkau agar melimpahiku rizki yang halal, luas, dan baik tanpa kesusahan, tanpa kemelaratan dan tanpa kepayahan. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

Selain itu, ada doa lain yang bisa dibacakan, yaitu “Qāla rabbigfir lī wa hab lī mulkal lā yambagī li`aḥadim mim ba’dī, innaka antal-wahhāb.”

Artinya: “Ia berkata: ‘Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan (rezeki) yang tidak dimiliki oleh seorang jua pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

3. Doa agar Ada Penglaris

Ketika baru memulai usaha, mungkin akan cukup sulit bagi kamu untuk mendapatkan pelanggan pertama.

Padahal, mereka yang membeli dagangan kamu pertama bisa disebut sebagai penglaris. Mereka dapat merekomendasikan produk atau layananmu kepada pelanggan lainnya.

Namun jangan khawatir, kamu bisa memanjatkan doa agar ada penglaris yang halal dengan bacaan di bawah ini:

Allahumma zidnaa wa laa tanqushnaa wa akrimnaa wa laa tuuhinaa wa a’thinaa wa laa tahrimnaa wa aatsirnaa wa laa tu’tsiru ‘alainaa wa ardhinaa wardha ‘annaa.

Artinya: “Ya Allah, tambahkan rezeki kepada kami, jangan Engkau kurangi. Muliakan lah kami dan jangan lah Engkau binasakan kami. Beri lah kami dan jangan lah Engkau halangi kami. Pilihlah kami dan janganlah Engkau tinggalkan kami, dan janganlah Engkau cegah kami.”

Baca Juga: Ingin Merintis Bisnis Syariah? Ini 5 Langkah Memulainya

4. Doa agar Untung Besar

Setiap pedagang yang menjalani bisnis apapun, pasti menginginkan keuntungan melimpah.

Selain berusaha semaksimal mungkin, jangan lupa untuk mengiringinya dengan doa.

Ini dia doa agar kamu bisa mendapatkan untung yang besar, halal, dan berkah:

Allohumma innii as-asluka tarzuqoni rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghairi ta’abin wala masyaqqatin walaa dloirin walaa nashabin innaka a-laa kulli syai-iin qodiir.

Artinya: “Ya Allah aku minta pada Engkau akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot, dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu.”

5. Doa agar Banyak Pembeli

15 Doa Memulai Usaha Agar Berkah dan Laris Manis
(Foto pebisnis muslimah. Sumber: Freepik.com)

Toko yang didatangi banyak pembeli tentu saja memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Salah satu cara efektif untuk mendatangkan banyak pembeli, yakni dengan promosi. Misalnya memberikan potongan harga khusus dan penawaran menarik lainnya.

Kamu juga dapat berikhtiar dengan memanjatkan doa agar banyak pembeli di bawah ini:

Allahumma inni as’aluka, ‘ilman nafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa a’malan mutaqobalan.

Artinya: “Ya Allah aku mohon kepadamu, berikanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amalan yang diterima di sisimu.”

Selain doa di atas, ada juga doa agar banyak pembeli berikut yang bisa kamu lafalkan saat menjalani bisnis:

Qaala rabbigfir lii wa hab lii mulkal laa yambagii li`aḥadim mim ba’dii, innaka antal-wahhaab.

Artinya: “Ia berkata: ‘Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan (rezeki) yang tidak dimiliki oleh seorang jua pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

6. Doa Agar Mendapat Rezeki yang Halal

Sebagai pebisnis muslim, tentunya kamu ingin usahamu mendapatkan rezeki yang halal. Berikut doa memulai usaha agar mendapat rezeki yang halal.

Allahumma innii as aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi’an thayyiban min ghairi ta’bin wa laa masyaqqatin wa laa dhairin wa laa nashabin innaka ‘alaa kulli syaiin qadiir.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas, dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan, dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

Baca Juga: Rukun, Doa, dan Syarat Jual Beli yang Sah dalam Islam

7. Doa Agar Dagang Laris dan Keuntungan Melimpah

Doa memulai usaha berikut bisa kamu panjatkan agar daganganmu laris dan memperoleh keuntungan besar.

Imam al-Ghazali berkata, “Siapa orangnya yang menginginkan keuntungan mempunyai kewibawaan, dimuliakan, terlindung dari bahaya dan tipu daya musuh, diindahkan tuturkatanya dan luas rezekinya menjadi kaya, maka bacalah:

Ya hayyu qayyum’ setiap hari pada malam sebanyak seribu kali, dan siapa yang kesusahan maka perbanyakkan bacaan ’Ya hayyu ya qayyum birahmatika asta’iesu’.

8. Doa untuk Meminta Kekayaan

Untuk mendapatkan kekayaan melimpah, baik itu materil  maupun kaya hati, dibutuhkan usaha yang diimbangi dengan doa.

Kamu pun bisa memanjatkan doa untuk meminta kekayaan yang juga pernah dipanjatkan oleh Nabi Sulaiman yang terkandung dalam Alquran surat Shod ayat 35 berikut:

Qa’a rabbigfir li wa hab li mulkal la yambagi li’ahadim mim ba’di, innaka antal-wahhab.

Artinya: “Ia berkata: Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan (rezeki) yang tidak dimiliki oleh seorang juga pun sesudahku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.” (QS Shod: 35).

9. Doa Agar Dagangan Cepat Laku

15 Doa Memulai Usaha Agar Berkah dan Laris Manis
(Foto proses pengemasan pesanan. Sumber: Freepik.com)

Doa memulai usaha berikutnya bisa kamu bacakan agar daganganmu cepat laku. Berikut doanya:

Inna nahnu nazzalna adz zikra wa inna lahu lahafidhun.

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkan Alquran, dan sesungguhnya Alquran telah dijaga.”

Ketika membaca doa tersebut, kamu bisa meniatkan agar daganganmu laku terjual, memperoleh rezeki yang halal, dan mendapat keberkahan.

Baca Juga: 35+ Ide Nama Toko Islami Modern, Bisa untuk Olshop Kamu!

10. Doa saat Dagangan Sepi Pembeli

Ada kalanya bisnis kamu mengalami sepi pembeli. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar karena menjalani usaha memang ada masa naik dan turunnya.

Namun, janganlah berkecil hati dan serahkan semuanya kepada Allah SWT. Sebab, semua rezeki telah ditetapkan oleh sang Maha Pemberi.

Berikut kumpulan doa ketika dagangan kamu sepi pembeli:

  • Yaa Hayyu Yaa Qayyum, bi rahmatika as-taghiits.

Artinya: “Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan.”

  • Allahumma rahmataka arjuu fa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin wa ash-lihlii sya’nii kullahu laa ilaha illa anta.

Artinya: “Ya Allah, dengan rahmat-Mu, aku berharap, janganlah Engkau sandarkan urusanku pada diriku walau sekejap mata, perbaikilah segala urusanku seluruhnya, tidak ada ilah yang berhak disembah selain Engkau.”

11. Doa Memohon Rahmat dan Berkah dalam Usaha

Ketika merintis bisnis, kamu dapat memanjatkan doa sebelum memulai usaha agar mendapat rahmat dan keberkahan. Berikut bacaan doanya:

Allahumma faarijal hammi wa kaasyifal ghammi mujiba da’watal mudhtariina rahmaanad dun-yaa wal aakhirati wa rahiimahumaa irhamnii rahmatan tughniinii bihaa ‘an rahmati man siwaak.

Artinya: “Ya Allah, Zat yang menghilangkan segala kesedihan, yang menggembirakan segala duka cita dan yang mengabulkan semua permohonan, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang baik di dunia maupun di akhirat, curahkan rahmat-Mu kepada kami, yaitu rahmat yang menjadikan kami tidak membutuhkan pertolongan selain kepada-Mu.”

12. Doa Syukur atas Limpahan Rezeki

15 Doa Memulai Usaha Agar Berkah dan Laris Manis
(Foto kumpulan uang koin. Sumber: Freepik.com)

Selain doa memulai usaha, sebagai muslim kamu juga harus senantiasa bersyukur atas limpahan nikmat dan rezeki yang Allah berikan. Berikut bacaan doanya:

Al-Hamdu Lillaahil Ladzii Rozaqonii Haadza Min Ghairi Haulin Minnii Wa Laa Quwwatin, Alloohumma Baarik Fiihi.

Artinya: “Segala puji bagi Allah, yang telah memberi rizqi kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya Allah semoga Engkau berkahi pada rizqiku.”

Baca Juga: Begini 10 Cara Mendapatkan Logo Halal MUI, Catat ya!

13. Doa agar Terhindar dari Penipu dan Hal Jahat

Dalam menjalani aktivitas apapun, akan selalu ada orang-orang jahat yang mengintai di sekitar kamu. Jadi, sebaiknya kamu tetap waspada.

Selain menjaga diri dan bisnismu dengan baik, jangan lupa perkuat menggunakan doa agar terhindar dari penipu serta hal-hal jahat yang merugikan.

Berikut ucapan doa agar kamu terhindar dari penipuan dan hal jahat lainnya:

La ilaha illallahu wahdahu la syarikalah, lahul mulku wa lahul hamdu, yuhyi wa yumitu, biyadihil khoir, wa huwa ‘ala kulli syai’in qodir.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah. Tiada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya lah kekuasaan dan milik-Nya lah segala pujian. Dia yang menghidupkan dan yang mematikan. Atasnya kebaikan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

14. Doa saat Mengalami Kerugian

Meski sudah berusaha sekuat tenaga untuk menghindari risiko penipuan, akan tetapi hal-hal jahat seperti ini bisa saja tak terelakkan.

Kamu mungkin tetap akan mengalami kerugian. Entah itu yang disebabkan oleh orang lain, atau karena kelalaian diri kamu sendiri.

Jika sudah seperti ini, mintalah pertolongan hanya kepada Allah SWT. Berikut doa yang bisa kamu panjatkan ketika mengalami kerugian saat merintis usaha:

Asa rabbuna ayyubdilana khoiram minha inna ila rabbina raghibun.

Artinya: “Mudah-mudahan Tuhan kami memberikan ganti kepada kami dengan yang lebih baik daripada itu, sesungguhnya kami mengharapkan ampunan dari Tuhan kami.”

15. Doa Meminta Kemudahan untuk Melunasi Hutang

Ketika bisnis kamu merugi, bukan tidak mungkin bagimu untuk mencari pinjaman sehingga bisa bangkit kembali dalam berusaha.

Pemberian modal usaha dari pihak lain, seperti bank tentu harus dibayarkan kembali. Tidak hanya berusaha dengan optimal, mintalah juga pertolongan Allah SWT agar dimudahkan dalam melunasi hutang.

Berikut doa meminta kemudahan untuk melunasi hutang yang dapat kamu panjatkan:

Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazani wa ‘audzubika minal ‘ajzi wal kasali wa audzubika minal jubni wal bukhli wa audzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijali.

Artinya: “Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari kekhawatiran dan kesedihan dan saya berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan dan saya berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan saya berlindung kepada-Mu dari keutamaan agama dan menaklukkan orang-orang berkata, Saya dapat melakukannya, Tuhan Yang Mahaperkasa lagi Mahamulia, dan telah melunasi utangku kepadaku.” (HR Dawud).

Baca Juga: Ini 10 Peluang Bisnis Halal yang Bikin Usahamu Berkah!

Nah, itulah kumpulan doa memulai usaha yang bisa kamu panjatkan sebelum dan selama menjalankan bisnis.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Baihaqi,

“Sesungguhnya sebaik-baik penghasilan ialah penghasilan para pedagang yang mana apabila berbicara tidak bohong, apabila diberi amanah tidak khianat, apabila berjanji tidak mengingkarinya, apabila membeli tidak mencela. Apabila menjual tidak berlebihan (dalam menaikkan harga), apabila berhutang tidak menunda-nunda pelunasan dan apabila menagih hutang tidak memperberat orang yang sedang kesulitan.”

Anjuran tentang berdagang atau membangun usaha juga terdapat dalam Surat An-Nisa Ayat 29, Allah Berfirman:

Yaa ayyuhallaziina aamanu laa ta’kuluu amwaalakum bainakum bil-baatili illaa an takuna tijaaratan ‘an taraadim mingkum, wa laa taqtuluu anfusakum, innallaaha kaana bikum rahiimaa

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.”

Itu dia, ragam doa memulai usaha yang bisa kamu coba lakukan.