7 Doa Usaha Lancar agar Dagangan Membawa Berkah

Share this Post

Table of Contents
shopee gratis ongkir

Siapa pun ingin usahanya lancar. Selain berikhtiar dan terus berusaha, kamu juga bisa memanjatkan doa usaha lancar.

Dalam Islam, ada sejumlah doa usaha lancar yang bisa dibacakan ketika kamu hendak memulai aktivitas bisnis.

Kita tahu bahwa apa yang ada di dunia adalah semu. Semua hasil kerja keras kita semasa hidup akan tinggal di dunia ketika kita meninggalkan dunia.

Namun semua rezeki yang kita dapatkan selagi masih hidup harus disyukuri. Makin banyak berkah dan rezeki yang didapat, makin banyak pula yang bisa kita bagikan kepada sesama yang membutuhkan.

Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu memohon dan memanjatkan doa usaha lancar kepada Allah SWT sebelum beraktivitas.

Sama halnya dengan aktivitas lain, ketika hendak berdagang pun kita memanjatkan doa kepada-Nya agar dilancarkan rezekinya.

Baca Juga: Ketahui Cara Mengatasi Inflasi agar Bisnis Tetap Lancar

Kumpulan Doa Usaha Lancar

doa usaha lancar
Foto: Perempuan Sedang Berdoa (pexels.com)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, terdapat sejumlah doa usaha lancar yang bisa kamu bacakan.

Terkadang orang memulai bisnis karena alasan yang salah. Mereka hanya memikirkan kekayaan sendiri saja.

Hal ini tentu egois dan tidak akan membawa kesuksesan dalam bisnis. Kamu harus memastikan bahwa perbuatan apa pun itu dilakukan karena Allah SWT.

Melansir dari My Islam, tujuan bisnis yang ideal, yaitu membantu sebanyak mungkin orang. Di sisi lain, menagih orang-orang yang menggunakan produk atau layananmu secara adil.

Dalam Al-Qur’an, pada Surat Fatir ayat 29-30 dikatakan sebagai berikut:

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi – Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.”

Dari ayat ini, kita bisa menyadari betapa pentingnya berdoa sebelum berbisnis. Berikut ini daftar doa usaha lancar.

1. Doa Memulai Usaha Dagang

Bacaan doa usaha lancar yang pertama, yaitu doa memulai usaha dagang. Doa ini pas untuk dibacakan saat baru memulai bisnis. Berikut ini beberapa versinya:

  • “Bismil ‘llaahi tawakkaltu ‘ala  ‘llaahi. Bismi ‘llaahi ‘lladzi laayadhurru ma ‘asmihii syaium fil ‘lardi walaa fi ‘ssamaa-I wahuwa ‘ssami’u’l ‘allim.” Artinya, “Dengan nama Allah, Aku menyerah kepada Allah. Dengan Nama Allah Yang tidak Melarat serta nama-Nya suatu jua pun yang di bumi dan pula yang di langit dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”
  • “Al-Hamdu Lillaahil Ladzii Rozaqonii Haadza Min Ghairi Haulin Minnii Wa Laa Quwwatin, Alloohumma Baarik Fiihi.” Artinya: “Segala puji bagi Allah, yang telah memberi rizki kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya Allah semoga Engkau berkahi pada rizkiku.”
  • “Allaahumma innii a’uudzubika minal hadami wataraddii wal ghammi wal gharaqi qal hariiq.” Artinya, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kehancuran (dalam usaha), terjatuh (bangkrut), tenggelam, dan kebakaran.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Abu Dawud)

2. Doa agar Dagangan Banyak Pembeli

usaha warung makan
Foto: Bahan Baku Makanan (unsplash.com)
shopee pilih lokal

Doa usaha lancar ini dibacakan saat membuka usaha dagang pada pagi hari.

Selain memohon banyak pembeli, doa ini juga dijadikan permohonan rezeki yang diperoleh agar menjadi berkah untuk orang-orang yang dinafkahi:

“Allahumma inni as’aluka, ‘ilman nafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa a’malan mutaqobalan.”

Artinya,“Ya Allah aku mohon kepadamu, berikanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amalan yang diterima di sisimu.

Baca Juga: Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan, Yuk Catat!

3. Doa agar Dagangan Laku

Doa usaha lancar yang satu ini, harus dibacakan dengan fokus dan diniatkan supaya dagangan bisa laris dan banyak pembeli sambil meminta kepada Allah dengan ikhlas:

“Inna nahnu nazzalna adz zikra wa inna lahu lahafidhun.”

Artinya, “Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al-Qur’an, dan sesungguhnya Al-Qur’an telah dijaga.”

4. Doa Penglaris Dagangan Halal

ide jualan di rumah
Foto: Perempuan Wirausaha (pexels.com)
shopee pilih lokal

Doa usaha lancar ini dibacakah usai salat 5 waktu. Bisa juga setelah selesai salat hajat tahajud atau pada pagi hari saat akan menjalankan usaha:

“Al hamdu lillaahilladzi rozaqonii haadza min khoiri khaulin minnii wa laa quwwatin, alloohumma baarik fihi.”

Artinya, “Segala Puji Bagi Allah yang Telah memberi rizki kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, Ya Allah, semoga Engkau senantiasa memberi berkah pada rezekiku.”

Baca Juga: Ini Dia Perbedaan UKM dan UMKM yang Perlu Kamu Ketahui

5. Doa Mendapat Untung Besar

Doa usaha lancar ini bisa dibacakan sesudah selesaisalat 5 waktu, salat hajat, dan salat tahajud dengan niat ikhlas:

“Allohumma innii as-asluka tarzuqoni rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghairi ta’abin wala masyaqqatin walaa dloirin walaa nashabin innaka a-laa kulli syai-iin qodiir.”

Artinya, “Ya Allah aku minta pada Engkau akan pemberian rizki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu.”

6. Doa agar Dagangan Berkah dan Tidak Sepi Pembeli

tips buka usaha setelah phk
Foto: Usaha Kelontong (pexels.com)
shopee pilih lokal

“Allahumma faarijal hammi wa kaasyifal ghammi mujiba da’watal mudhtariina rahmaanad dun-yaa wal aakhirati wa rahiimahumaa irhamnii rahmatan tughniinii bihaa ‘an rahmati man siwaak.”

Artinya, “Ya Allah, Dzat yang menghilangkan segala kesedihan, yang menggembirakan segala duka cita, dan yang mengabulkan semua permohonan, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayag baik di dunia maupun di akhirat, curahkan rahmat-Mu kepada kami, yaitu rahmat yang menjadikan kami tidak membutuhkan pertolongan selain kepada-Mu”.

Disarikan dari Kitab Doa Mustajab Terlengkap karya Ustaz H Amrin Ali Al Kasyaf.

Baca Juga: Fungsi dan Cara Membuat Kwitansi Pembayaran

7. Doa Penglaris Dagangan dan Terhindar dari Kerugian

“Asā rabbunā ay yubdilanā khairam min-hā innā ilā rabbinā rāgibụn.”

Artinya, “Mudah-mudahan Allah memberikan ganti kepada kita dengan (kebun) yang lebih baik daripada yang ini, sungguh, kita mengharapkan ampunan dari Allah kita.”

Itulah sejumlah bacaan doa usaha lancar. Semoga usahamu lancar, ya!

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X