Cara Menarik Saldo FB Ads dan Memasang Iklan Instagram

Share this Post

Table of Contents

Banyak sekali bisnis yang beriklan di Facebook. Namun, ada beberapa kasus akun FB dinonaktifkan, bagaimana cara menarik saldo FB ads?

Facebook adalah jejaring sosial dengan jangkauan audiens yang sangat luas. Sebagai salah satu media sosial tertua, Facebook tentu memiliki jutaan pengguna aktif dari seluruh dunia.

Facebook memungkinkanmu berinteraksi dengan siapa pun dari seluruh dunia. Hal ini juga berlaku untuk bisnis yang sedang memasarkan produknya. Hal inilah yang membuat lahirnya fungsi baru media sosial sebagai social commerce.

Alhasil, kini semua media sosial sudah memiliki fitur pendukung bisnis. Salah satu yang dimiliki Facebook dan Instagram adalah fitur iklan berbayar. Ada banyak pilihan paket iklan yang bisa dipilih dengan biaya cukup murah.

Hal tersebut tentu jadi alasan mengapa Facebook dan Instagram jadi saluran pemasaran favorit banyak perusahaan. Namun, tak jarang ditemukan kasus dimana akun Facebook dinonaktifkan atau iklan dibatalkan. Bagaimana cara menarik saldo FB ads?

Berikut ini penjelasan lengkap tentang beriklan di Facebook dan Instagram, simak yuk!

Baca Juga: Simak Cara Membuat Facebook Bisnis Terbaru, Lebih Mudah!

Cara Menarik Saldo FB Ads

cara menarik saldo fb ads
Foto: Laman Aplikasi Facebook (Freepik.com)

Bagaimana cara menarik saldo FB ads? Dalam laman bantuannya, Facebook menjelaskan ketentuan pengembalian dana dengan cukup jelas.

Keputusan Facebook tentang pengembalian dana bersifat final dan dibuat berdasarkan kasus-kasus tertentu.

Pengembalian dana dari Facebook dilakukan berdasarkan kebijakan Facebook. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

  • Performa iklan: Facebook tidak dapat menjamin setiap iklan akan mencapai target. Maka dari itu, Facebook tidak memberikan pengembalian dana untuk iklan dengan kinerja buruk. Artinya kamu tidak bisa mencoba cara menarik saldo FB ads dengan alasan ini.
  • Ketersediaan layanan iklan: laman status iklan menginformasikan jika ditemukan gangguan pada layanan. Facebook tidak langsung memberikan pengembalian dana jika iklan mengalami gangguan. Ada beberapa kondisi yang akan dipertimbangkan oleh Facebook.

Berikut ketentuan lanjutan tentang pengembalian dana Facebook yang berkaitan dengan cara menarik saldo FB ads, yaitu:

  • Gangguan pada insight dan laporan iklan: biasanya, Facebook tidak memberikan pengembalian dana untuk kasus ini, seperti data yang hilang atau tidak akurat karena bug sistem.
  • Pembelian iklan diblokir dan kurangnya penayangan: Facebook tidak memberikan pengembalian dana atas ketidakmampuan untuk membuat iklan baru, melihat hasil, mengoptimalkan penayangan, atau jika ada penayangan yang kurang dari iklan yang ada karena bug sistem. Facebook tidak mengembalikan uang untuk pembuatan iklan yang diblokir.
  • Pengiriman dan kelebihan pembayaran iklan: Facebook dapat mempertimbangkan pengembalian dana akibat kelebihan pembayaran karena adanya bug pada sistem.
  • Kegagalan antarmuka dan API: Facebook tidak akan mempertimbangkan pengembalian dana untuk ketidakmampuan membuat iklan, melihat hasil, atau mengoptimalkan penayangan berdasarkan hasil. Facebook tidak akan mengembalikan dana jika bug sistem, yang memengaruhi antarmuka, ditampilkan dengan cara yang jelas yang dapat dilihat dan diperbaiki oleh pengiklan.
  • Masalah penayangan iklan: masalah yang disebabkan bug bisa mengganggu tayangan iklan. Pengembalian dana tidak diberikan jika tidak memengaruhi penayangan iklan secara signifikan.

Baca Juga: Tips Jualan dengan Facebook Marketplace, Begini Cara Kerjanya!

Cara Menarik Saldo Facebook Ads dengan Mengajukan Banding

Cara Menarik Saldo FB Ads dan Memasang Iklan Instagram
Foto: Facebook Desktop (Freepik.com)

Layanan Facebook Ads banyak digunakan bisnis karena biayanya yang terjangkau. Kamu perlu mengisi saldo Facebook untuk memasang iklan.

Bagaimana jika akun FB dinonaktifkan atau diblokir setelah mengajukan iklan? Pertama, kamu harus memahami kebijakan Facebook. Pastikan iklan yang kamu ajukan tidak melanggar ketentuan privasi.

Bila merasa tidak melanggar ketentuan dan akun dinonaktifkan, kamu bisa mengajukan banding. Dalam beberapa kasus, pengguna diminta mengunggah identitas diri.

Perlu diingat, bahwa pengajuan banding ini bukan untuk menarik saldo langsung. Melainkan untuk mengaktifkan kembali akun Facebook. Ketentuan penarikan dan pengembalian dana tetap mengacu pada kebijakan pengembalian dana Facebook.

Baca Juga: 3 Strategi Facebook Ads Library, Trik Baru Mata-matai Kompetitor!

Cara Memasang Iklan Instagram

Cara Menarik Saldo FB Ads dan Memasang Iklan Instagram
Foto: Laman Aplikasi Instagram (Freepik.com)

Selain Facebook ads, kamu juga bisa coba memasang iklan di Instagram, mengingat keduanya merupakan media sosial yang serumpun.

Sebelum mulai, kamu perlu mengetahui beberapa tipe ads di Instagram dan keunggulan tiap bentuknya, berikut penjelasannya.

  • Photo Ads yang merupakan format iklan standar di Instagram. Photo Ads hanya menampilkan iklan dalam bentuk satu image, karena itu kamu perlu memaksimalkan kualitas foto dan menonjolkan produkmu.
  • Video Ads adalah iklan dalam satu video yang mampu menyampaikan pesan brand lewat tampilan visual dan audio. Bentuk ads ini cocok untuk storytelling atau demo produk.
  • Carousel Ads dapat menyajikan hingga 10 foto atau video produk yang kamu tawarkan dalam satu ads. Kamu bisa mendemonstrasikan keberagaman produkmu lewat carousel ini.
  • Stories Ads adalah ads yang cocok untuk mempromosikan produk atau sale yang sedang berjalan. Ads ini dapat berbentuk foto maupun video.

Baca Juga: 7 Fungsi Tagar di Facebook dan Tips Menggunakannya

1. Objektif Ads

Ada banyak objektif dari ads yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Di antaranya adalah brand awareness, reach, traffic, meng-install app, engagement, views untuk videomen-generate leads, dan conversion. Memilih objektif untuk campaign ads akan menentukan optimalnya ads serta jenis ads mana yang paling tepat untuk tujuan iklanmu.

  • Brand awareness: Objektif yang berfokus untuk meningkatkan awareness audiens terhadap brand, produk, atau jasa yang kamu tawarkan. Tipe ads photo, video, carousel, dan stories cocok untuk objektif ini.
  • Reach: Objektif ini berupaya untuk menggapai audiens dan meningkatkan awareness brand secara lebih luas. Semua bentuk ads efektif untuk objektif ini.
  • Traffic: Bertujuan untuk menggiring audiens ke website atau aplikasi mobile brand-mu. Objektif ini dapat dilakukan dengan segala bentuk ads.
  • Meng-install app: Objektif ini mendorong audiens untuk meng-install aplikasi dan bisa dieksekusi dengan segala bentuk ads.
  • Engagement: Objektif yang berfokus pada interaksi audiens di posts-mu dan efektif juga untuk mempromosikan akun brand. Kamu bisa menggunakan photo, video, atau carousel ads untuk objektif ini.
  • Views video: Jika kamu sedang menjalankan video, stories, atau slideshow ads, kamu bisa menggunakan objektif ini untuk meningkatkan views videonya dan meningkatkan awareness dari brand-mu.
  • Generate leads: Objektif ini berupaya menarik data berupa alamat email audiensmu yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan bisnismu ke depannya. Kamu bisa menggunakan ads jenis apapun untuk mencapai objektif ini.
  • Conversion: Objektif yang mendorong audiens untuk memenuhi action seperti membeli produk di website-mu. Untuk melakukan objektif ini, kamu perlu membuat website toko online dan mengaktifkan Facebook Pixel.

Baca Juga: Google Ads Vs Facebook Ads, Ini 4 Perbedaan dan Keunggulannya

2. Mulai Membuat Iklan Instagram

Langkah pertama dalam membuat ads Instagram adalah menghubungkan akun Instagram brand ke laman Facebook brand-mu.

Kamu bisa membuka Pengaturan di laman Facebook, kemudian klik Instagram di sidebar. Klik Hubungkan Akun. 

Cara Menarik Saldo FB Ads dan Memasang Iklan Instagram

Kamu akan masuk ke laman log in Instagram. Isi fields Username dan Password akun bisnis Instagram brand-mu.

Cara Menarik Saldo FB Ads dan Memasang Iklan Instagram

Setelah akun Instagram brand-mu sudah terhubung dengan Facebook, kamu bisa membuka Facebook Ads Manager. Klik Buat untuk membuat kampanye ads baru.

Cara Menarik Saldo FB Ads dan Memasang Iklan Instagram

Di sini, kamu akan melihat beberapa objektif untuk kampanye ads yang bisa kamu pilih. Kamu harus memilih objektif yang sesuai dengan bentuk ads-mu, karena tidak semua objektif mendukung story ads.

Cara Menarik Saldo FB Ads dan Memasang Iklan Instagram
Cara Menarik Saldo FB Ads dan Memasang Iklan Instagram

Tentukan info akun iklanmu. Klik Lanjutkan.

Cara Menarik Saldo FB Ads dan Memasang Iklan Instagram

Sekarang kamu bisa membuat set iklan dengan objektif brand awarenessSelanjutnya, kamu perlu menentukan target audiensmu.

Ubah pengaturan Lokasi, Umur, Jenis Kelamin, dan Penargetan Terperinci sesuai dengan segmen konsumen brand-mu.

Cara Menarik Saldo FB Ads dan Memasang Iklan Instagram

Pada kolom Penempatan, kamu bisa memilih platform (Instagram, Facebook, Messenger) dan preview tampilannya. Pilih penempatan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Cara Menarik Saldo FB Ads dan Memasang Iklan Instagram
Cara Menarik Saldo FB Ads dan Memasang Iklan Instagram

Saat menentukan Anggaran dan Jadwal iklan, kamu bisa mulai dengan budget yang kecil untuk mengetes performa ads.

Jika performanya baik, barulah kamu bisa mulai meningkatkan budget-nya. Setelah selesai mengatur anggaran, klik Lanjutkan.

Cara Menarik Saldo FB Ads dan Memasang Iklan Instagram

Pada laman ini, kamu akan memilih jenis ads. Pilihlah ads yang sesuai dengan materimu. Scroll ke bawah untuk mengunggah materi ads.

Cara Menarik Saldo FB Ads dan Memasang Iklan Instagram

Setelah mengunggah materi, kamu bisa menambahkan teks yang akan mendampingi ads. Kamu juga bisa mem-preview ads yang akan tampil di layar audiens. Setelah yakin dengan ads-mu, kamu bisa klik Konfirmasi untuk menyelesaikan pembuatan.

Setelah meluncurkan ads pertamamu, kamu bisa menganalisa performa ads-mu di Facebook Business Manager.

Kamu juga bisa mengubah parameter target audiens dan mencoba berbagai tipe ads untuk melihat mana yang paling efektif untuk brand-mu.

Nah, itulah penjelasan lengkap cara menarik saldo FB ads dan cara memasang iklan Instagram. Selamat mencoba, ya!