3 Strategi Facebook Ads Library, Trik Baru Mata-matai Kompetitor!

Share this Post

facebook ads library
Table of Contents

Dalam berbisnis, kamu perlu jeli mengamati gerak-gerik kompetitor. Facebook Ads Library bisa jadi cara ampuh memata-matai kompetitor!

Setiap bisnis yang akan dijalankan harus terlebih dahulu melalui tahap analisis SWOT dan studi kelayakan. Tujuannya adalah mengetahui kelemahan dan ancama yang mungkin dihadapi.

Ancaman paling nyata dari sebuah bisnis adalah persaingan yang tinggi dari kompetitor. Dalam kasus ini, tentu kamu perlu memiiki strategi bisnis yang jitu. Pasalnya, memenangkan persaingan pasar adalah kunci sukses berbisnis.

Baca Juga: 7 Fungsi Tagar di Facebook dan Tips Menggunakannya

Sayangnya, menyusun strategi bisnis tak semudah melakukan promosi. Fenomena bisnis akan terus berubah, pesaing baru juga akan terus bermunculan, artinya strategi bisnismu harus terus up-to-date.

Tentunya kamu harus jeli menganalisa strategi bisnis pesaingmu dan mencari tahu kelemahannya. Untuk menjawab tantangan tersebut, kamu bisa menggunakan fitur Facebook Ads Library yang bisa membantumu memata-matai kompetitor.

Lantas, apa itu Facebook Ads Library dan bagaimana cara menggunakannya?

Mengenal Facebook Ads Library

facebook
Foto: SIRCLO Photo Stock

Dilansir dari laman resmi Facebook, Facebook Ads Library yang kini disebut Meta Ad Library adalah tempat dimana kamu dapat mencari iklan yang berjalan di seluruh jejaring Facebook/Meta.

Kamu dapat menggunakannya untuk mendapatkan informasi tentang iklan yang kamu lihat. Kamu dapat mencari iklan yang sedang aktif di Facebook. Mulai dari iklan tentang isu sosial, pemilu atau politik.

Kamu juga bisa mencari iklan yang tidak aktif. Kamu juga bisa melihat informasi lain seperti siapa yang mendanai iklan, kisaran jumlah dana yang dibelanjakan, dan jangkauan iklan di berbagai aspek demografi.

Dengan kata lain, Facebook Ads Library ini memungkinkanmu untuk melihat iklan dari bisnis lain atau kompetitor secara detail, mulai dari copywriting, gambar, hingga target audiensnya.

Baca Juga: 6 Cara Agar Marketplace Facebook Dilihat Banyak Orang

Facebook Ads Library merupakan fitur yang sangat penting dan berguna bagi bisnis. Sebab, kamu bisa melihat bagaimana strategi iklan yang digunakan oleh pesaingmu. Kamu bisa menganalisis kekuatan dan kelemahannya.

Selanjutnya, tentu saja kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat strategi iklan yang lebih baik dan lebih akurat. Alhasil, fitur Facebook ini bisa membantumu memecah kebuntuan dalam menghadapi persaingan bisnis.

Tak hanya melacak kompetitor, fitur ini juga memungkinkanmu untuk mencari dan menemukan iklan dengan performa terbaik. Nantinya, kamu jadi bisa membuat iklan yang serupa untuk meningkatkan performa bisnismu.

Mengapa Kamu Perlu Melakukan Riset Kompetitor?

3 Strategi Facebook Ads Library, Trik Baru Mata-matai Kompetitor!
Foto: SIRCLO Photo Stock

Memang betul bahwa kunci sukses bisnis adalah strategi promosi yang tepat. Namun, bagaimana kamu bisa membuat strategi yang tepat jika tidak mengetahui kelemahan kompetitor?

Ibarat pertandingan sepak bola, kedua pelatih pasti akan menganalisa kekurangan tim lawan. Tujuannya adalah menemukan titik lemahnya dan menjadikannya sasaran empuk untuk diserang.

Sama halnya dalam bisnis, dengan menemukan kelemahan pesaing kamu jadi bisa menyusun strategi iklan dengan efisien. Kamu jadi bisa menghemat biaya untuk iklan yang tidak perlu.

Membuat strategi bisnis dengan mengetahui kelemahan pesaing akan jauh lebih mudah dan terarah. Selain itu, dengan mengetahui jenis iklan apa yang memberikan performa terbaik, kamu jadi bisa mengurangi trial and error dalam bisnis.

Penggunaan biaya untuk iklan jadi lebih efisien dan tepat guna. Biar bagaimana pun, menghemat penggunaan biaya juga jadi faktor penting untuk menjaga kestabilan finansial bisnismu.

Baca Juga: Google Ads Vs Facebook Ads, Ini 4 Perbedaannya

Ada beberapa fitur yang bisa kamu gunakan dalam Facebook Ads Library, yaitu:

  • Dapat melihat iklan dari seluruh dunia yang disimpan selama 7 tahun.
  • Akses ke iklan milik kompetitor.
  • Transparansi iklan.
  • Sumber inspirasi untuk iklan di masa depan.

Bagaimana Cara Menggunakan Facebook Ads Library?

facebook ads library
Foto: SIRCLO Photo Stock

Dirangkum dari K6 Agency, ada beberapa langkah mudah menggunakan Facebook Ads Library, yaitu:

  1. Buka Facebook Ads Library melalui tautan ini. Selanjutnya akan muncul kolom pencarian, pastikan kamu sudah memilih negara yang benar sebelum melanjutkan.
  2. Pilih kategori. Terdapat dua kategori yang bisa kamu pilih, yaitu “Issue, Election or Politics” dan “All ads”. Jika ingin mencari iklan komersial, pilih All ads.
  3. Untuk menemukan iklan yang kamu cari, selanjutnya kamu perlu memasukkan nama merek atau perusahaan yang memilikinya. Masukkan nama merek dalam kolom pencarian, selanjutnya akan muncul hasil pencarian yang relevan.
  4. Kemudian akan muncul daftar iklan yang digunakan oleh merek tersebut. Klik “See Ad Details” untuk melihat detail informasi setiap iklan. Kamu bisa melihat beberapa informasi seperti tanggal penayangan, jenis platform, serta versi lain dari iklan yang berjalan.
  5. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih spesifik, kamu bisa menggunakan filter tertentu. Kamu bisa mengurutkannya berdasarkan negara, jenis platform, dan waktu tayangan.

Baca Juga: Ingin Tahu Cara Monetisasi Fanspage Facebook? Ikuti Ketentuan Ini!

Strategi Menggunakan Facebook Ads Library

Facebook
Foto: SIRCLO Photo Stock

Setelah mengetahui fitur dan kelebihan dari Facebook Ads Library, tentu kamu juga perlu mengetahui strategi yang pas untuk menggunakannya. Berikut ini strategi menggunakan Facebook Ads Library, simak ya!

1. Kumpulkan Inspirasi

Ketika kamu menemukan kebuntuan dalam merancang iklan, cobalah mengunjungi Ads Library. Kamu bisa menemukan banyak sekali iklan yang sedang aktif maupun yang sudah tidak aktif.

Kamu bisa melihat detail iklannya, mulai dari gambar, tulisan, hingga target audiens. Carilah iklan yang relevan dengan bisnismu dan cobalah kembangkan menjadi ide baru.

2. Perhatikan Iklan yang Sukses

Apabila kamu melihat pesaingmu mengalami peningkatan penjualan yang signifikan selama Ramadan, maka cobalah lihat bagaimana iklan mereka selama bulan Ramadan.

Kamu bisa menganalisa bagaimana penulisan iklannya, grafis yang digunakan, platform, dan cara mereka menjangkau audiens. Kamu bisa mengembangkannya untuk menyempurnakan iklanmu sendiri.

Baca Juga: Apa Itu Facebook Pixel? Ini Kegunaan dan Cara Memasangnya

3. Dapatkan Klien

Apabila kamu memiliki bisnis yang bergerak dalam jasa pembuatan iklan dan pengelolaan media sosial, kamu bisa menggunakan Facebook Ads Library untuk meyakinkan calon klien.

Kamu bisa menunjukkan bagaimana pesaing calon klienmu bekerja. Kamu bisa menjadikannya bahan untuk memperkuat argumentasimu. Dengan begitu, kamu bisa meyakinkan calon klien untuk menggunakan jasamu.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang Facebook Ads Library yang memiliki banyak kegunaan untuk bisnis. Yuk, coba gunakan fiturnya dan tingkatkan iklanmu!