7 Fungsi Tagar di Facebook dan Tips Menggunakannya

Share this Post

fungsi tagar di facebook
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Tahukah kamu apa fungsi tagar di Facebook?

Tagar, atau yang dikenal juga dengan sebutan hashtag, merupakan sebuah fitur yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari platform-media sosial seperti Facebook.

Kamu pasti sering melihat tanda pagar (#) diikuti dengan kata-kata tertentu yang mengiringi unggahan di Facebook. Penggunaan tagar tidak hanya sekadar tren, melainkan memiliki fungsi yang penting dalam interaksi online.

Terutama bagi bisnis, tagar tidak hanya sekadar menambah estetika postingan, melainkan juga dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam meningkatkan visibilitas dan engagement.

Dalam konteks bisnis, penggunaan tagar di Facebook memiliki dampak yang signifikan. Tagar memungkinkan unggahan dari bisnis untuk lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan potensial.

Dengan menggunakan tagar yang relevan dengan industri atau produk yang ditawarkan, bisnis dapat memperluas jangkauan publikasinya secara signifikan.

Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang bagaimana memilih dan menerapkan tagar dengan tepat menjadi kunci dalam strategi pemasaran online bagi pemilik toko online.

Baca Juga: 3 Strategi Facebook Ads Library, Trik Baru Mata-matai Kompetitor!

Fungsi Tagar di Facebook

fungsi tagar di facebook
Foto: Pengguna Facebook (Freepik.com)

Melansir laman Socialbakers, tagar dapat digunakan untuk konten pribadi, unggah di grup, postingan pada halaman, grup, hingga komentar.

Maka, kamu pun juga bisa memanfaatkannya untuk berbisnis dan menggunakan media sosial. Lantas, apa saja fungsi tagar di Facebook?

1. Unggahan Kamu Lebih Mudah untuk Ditemukan

Salah satu fungsi tagar di Facebook adalah membuat pengguna media sosial Facebook lebih mudah dalam menemukan unggahan kamu.

Menurut WebIndustry, unggahan kamu bisa mendapatkan lebih banyak perhatian dengan mengunakan tagar.

Tagar juga dapat mengkategorikan konten kamu, sehingga audiens dapat kembali lagi di lain waktu apabila mereka tertarik dengan hal yang kamu bahas.

Hal ini karena semua unggahan yang berkaitan dengan tagar tertentu dapat ditemukan di satu tempat. Jadi, tagar dapat membantu menyoroti kampanye atau unggahan tertentu yang mungkin diminati oleh audiens.

2. Membangun Citra Sebuah Brand

Fungsi tagar di Facebook selanjutnya adalah bisa membangun citra sebuah brand, sehingga dapat meningkatkan brand awareness.

Dalam hal ini, kamu perlu membuat tagar spesial yang mencirikan brand milikmu untuk menciptakan identitas di benak audiens.

Dengan menambahkan slogan tertentu yang kuat pada tagar Facebook, kamu pun bisa menimbulkan kesan yang melekat antara tagar dengan brand.

Audiens pun akan lebih mudah mengenali brand dan dapat membedakan kamu dengan pesaing di industri yang sama.

3. Kampanye di Berbagai Platform

Dengan memberikan tagar pada unggahan di Facebook, kamu pun bisa melakukan campaign lintas platform.

Misalnya, dengan menghubungkan akun bisnis Facebook kamu dengan Twitter, atau menghubungkan Instagram ke Facebook.

Ketika menggunakan tagar tertentu, unggahan kamu pun akan lebih mudah ditemukan di semua media sosial yang terhubung tadi.

Meski kamu hanya mengunggah konten dengan tagar tertentu di Facebook, postingan tersebut juga akan muncul di media sosial lain yang terhubung secara otomatis.

Proses campaign yang brand kamu lakukan pun menjadi lebih praktis karena kamu hanya perlu melakukan sekali aksi, sehingga lebih cepat dan efektif.

Baca Juga: Google Ads Vs Facebook Ads, Ini 4 Perbedaan dan Keunggulannya

4. Mendorong Pengguna untuk Berinteraksi

Fungsi tagar di Facebook berikutnya adalah dapat mendorong audiens untuk berinteraksi di dalam unggahan kamu.

Misalnya, ketika kamu menggunakan tagar yang sedang tren atau ramai dibincangkan oleh para pengguna, audiens pun dapat dengan mudah menemukan kontenmu dan mereka bisa meninggalkan komentar di sana.

Dengan begitu, konten yang kamu unggah menciptakan interaksi. Namun, kamu harus tetap memastikan bahwa konten yang kamu buat memang relevan dengan tagar yang sedang viral tersebut.

Jangan sampai kamu terlalu memaksaan penggunaan tagar, tetapi tidak sesuai dengan konten. Meski mungkin dapat meningkatkan engagementbrand kamu bisa saja memiliki citra buruk.

5. Menambahkan Konteks pada Unggahan

Tagar juga bisa menjadi tambahan konteks pada unggahan kamu. Hal ini sangat berguna pada media sosial yang hanya menyediakan beberapa karakter tertentu dalam sebuah postingan.

Jadi, tagar dapat membantu kamu untuk mengontekstualisasikan hal apa yang sedang kamu bicarakan, tanpa menghabiskan karakter atau membuat caption terlalu panjang.

Tagar juga bisa mengelompokkan beberapa unggahan atau konten yang sama. Kamu pun hanya menggunakan 1 tagar untuk kelompok postingan tersebut.

Caption yang singkat juga akan lebih mudah dimengerti oleh audiens sehingga tulisan yang terlalu panjang cenderung tidak efektif.

Baca Juga: Daftar Mobil Mewah Sandra Dewi, Capai Miliaran Rupiah!

6. Identitas untuk Menawarkan Promo

Tagar pada unggahan Facebook juga bisa menjadi identitas kamu untuk menawarkan promo.

Ketika bisnis kamu sedang memberikan potongan harga atau voucher spesial, kamu bisa menggunakan tagar #DiskonJanuari. Bisa juga dengan #JanuariSpesial. Pilih saja yang paling sesuai dengan brand.

Dengan begitu, konten kamu akan lebih mudah untuk ditemukan audiens, terlebih bagi mereka yang sedang mencari info promo melalui tagar.

7. Menunjukkan Dukungan yang Relevan

Tak hanya berguna untuk bisnis kamu, tetapi tagar juga bisa bermanfaat untuk menunjukkan suatu dukungan melalui konten yang dibuat.

Misalnya, ada berita bencana yang menjadi trending di media sosial, kamu pun bisa menunjukkan bela sungkawa dengan tagar khusus.

Selain menunjukkan dukungan kepada masalah-masalah sosial yang sedang terjadi di masyarakat, brand kamu juga akan mendapatkan citra merek yang positif. Sekaligus, mendapatkan engagement besar.

Baca Juga: 9 Influencer TikTok yang Bisa Bantu Promosikan Bisnismu

Tips Menggunakan Tagar di Facebook

7 Fungsi Tagar di Facebook dan Tips Menggunakannya
Foto: Fungsi Tagar di Facebook (Freepik.com)
shopee pilih lokal

Setelah mengetahui beberapa fungsinya, kamu mungkin tertarik untuk menggunakannya dalam setiap unggahan konten di media sosial.

Namun, kamu perlu menerapkan beberapa tips berikut agar lebih maksimal:

1. Gunakan Tagar yang Sesuai dengan Brand

Sebelum menggunakan tagar, kamu perlu memilih tagar yang relevan dengan brand. Jadi, pastikan tagar yang kamu gunakan lebih spesifik daripada tagar yang sedang populer.

Karenanya, jangan asal dalam memilih tagar, ya. Meski tidak ada larangan untuk menggunakan tagar populer, sebaiknya tetap sesuaikan dengan brand.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah terhubung dengan target audiens. Tagar yang sesuai dengan brand juga bisa menciptakan identitas merek dan meningkatkan brand awareness.

Baca Juga: Apa Itu Facebook Pixel? Ini Kegunaan dan Cara Memasangnya

2. Jangan Menggunakan Tagar Terlalu Banyak

Kamu mungkin berpikir bahwa semakin banyak tagar yang digunakan pada unggahan akan memberikan engagement yang besar pula.Padahal, pemikiran tersebut salah besar, lho.

Menggunakan tagar yang terlalu berlebihan juga bisa mendeteksi unggahan kamu sebagai spamming. Selain itu, tagar yang terlalu banyak dan tidak sesuai dengan unggahan atau brand kamu justru bisa menurunkan kepercayaan audiens.

Jadi, mereka kurang tertarik untuk melakukan interaksi atau mengikuti akun media sosial bisnismu.

Banyak peneliti mengatakan bahwa engagement maksimum terjadi hanya dengan satu tagar saja. Maka, jangan gunakan tagar terlalu banyak, ya!

3. Analisis Tagar Mana yang Paling Berhasil

Setelah menerapkan tips sebelumnya dalam menggunakan tagar pada unggahan di media sosial, kamu pun perlu menganalisis setiap tagar yang digunakan.

Lihatlah mana tagar yang paling berhasil meningkatkan engagement. Lalu, pertahankan untuk menggunakan tagar tersebut pada unggahan lainnya.

Dengan menggunakan tagar yang populer atau menjadi tren tersebut, konten-konten kamu selanjutnya pun memiliki peluang besar untuk mendapatkan engagement yang besar.

Selain menganalisis tagar yang kamu buat sendiri, coba juga perhatikan tren yang ada di media sosial. Barangkali bisa menjadi peluang bagi brand kamu.

Kamu dapat menggunakan salah satu tagar populer tersebut, tetapi usahakan untuk tetap relevan dengan brand dan unggahanmu, ya!

Baca Juga: Apa Itu User Interface? Ini 8 Tips Desain yang Menarik

Itu dia penjelasan mengenai fungsi tagar di Facebook dan tips menerapkannya bagi bisnis. Semoga bermanfaat!

Sumber:

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X