5 Cara Melakukan Link Building dan Manfaatnya bagi Website

Share this Post

Link Building
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Teknik link building merupakan bagian penting dalam dunia digital saat ini. Apalagi bagi kamu yang memiliki website sendiri.

SEO menjadi bagian penting dalam dunia digital marketing kini. Manfaatnya sendiri sudah mulai banyak dirasakan oleh beberapa website perusahaan.

Oleh sebab itu, perusahaan terus berlomba-lomba melakukan optimalisasi SEO untuk situsnya.

Dalam pengerjaan teknik SEO, sering kali menggunakan teknik link building. Mungkin Sebagian masih asing dengan istilah tersebut dan ingin mengetahui manfaatnya.

Jadi, simak artikel di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Feed Instagram Bisnis yang Menarik

Pengertian Link Building dan Jenisnya

link building adalah
Foto: Website (Unsplash.com)

Dilansir dari laman Moz Pro, link building adalah strategi membangun backlink atau backward link yang berguna dalam meningkatkan referral domain.

Referral domain ini salah satu faktor penting dalam kenaikan peringkat suatu laman website pada mesin pencarian Google.

Melalui strategi ini, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan Google terhadap suatu domain. Jika sudah meraih kepercayaan, maka peringkat website nantinya dapat dioptimalisasi jadi lebih baik.

Nah, link building sendiri secara umum dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut ini:

1. Internal Link Building

Internal link building adalah strategi membangun backward link dari satu halaman web menuju halaman lain (namun masih di dalam website yang sama) dan masih saling terkoneksi atau relevan.

2. Eksternal Link Building

Jenis link building ini mewajibkanmu untuk dapat memanfaatkan website yang ditargetkan sebagai tempat menaruh link. Jadi, kamu mencari backward link dari website luar menuju situs milikmu.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menambahkan Link di Bio TikTok? Simak Selengkapnya

Cara Melakukan Link Building

link building adalah
Foto: Mengakses Website (Unsplash.com)
shopee pilih lokal

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan supaya strategi ini dapat berjalan dengan optimal.

Berikut ini cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk menggunakan link building.

1. Produksi Konten yang Berkualitas

Supaya bisa mendapatkan backlink yang berkualitas, kamu juga perlu membuat konten yang berkualitas tinggi dan memiliki nilai manfaat bagi banyak orang yang berkunjung.

Beberapa contoh jenis konten yang biasanya mendapatkan banyak backlink, seperti infografis, statistik, lembar putih (white papers), panduan, video, dan galeri gambar.

Lalu, bagaimana cara membuat konten yang berkualitas?

Setidaknya kamu perlu memahami pemilihan topik konten, penggunaan kata kunci yang tepat, pembuatan judul konten yang menarik, engaging content, serta cara memasukkan link terkait.

Setelah membuat konten berkualitas, baru kemudian kamu dapat langsung menghubungkan website yang relevan dengan milikmu.

Kamu dapat meminta mereka memasang link konten kamu di website mereka.

2. Guest Blogging

Cara selanjutnya adalah guest blogging. Cara ini merupakan link building yang dilakukan dengan menjadi tamu di website lain dengan menuliskan artikel untuk diterbitkan pada situs tersebut.

Dalam artikel itu, kamu bisa menyisipkan link menuju website milikmu.

Namun, tetap pastikan guest blogging yang kamu buat punya kualitas yang bagus dan bukan spamming.

Hal ini penting diperhatikan karena jika konten termasuk spamming dan melanggar aturan Google, kamu akan mendapatkan penalti.

Baca Juga: 10 Aplikasi Video Call Gratis untuk PC dan Smartphone

3. Share Konten di Forum Online

Cara lain link building adalah dengan mendapatkan backlink dan membagikan konten yang kamu buat di salah satu forum online tertentu.

Misalnya, kamu bergabung dengan suatu forum online dan menemukan banyak anggota forum. Ada baiknya kamu bergabung di forum besar, seperti Kaskus.

Forum online, seperti Kaskus inilah yang dapat membantu kamu meningkatkan jumlah pembaca konten dan kunjungan website.

Terlebih forum tersebut punya ragam topik yang didiskusikan dan ditulis, seperti teknologi, kuliner, olahraga, dan topik lainnya.

Selain forum online, kamu bisa bergabung di forum media sosial seperti grup Facebook atau WhatsApp yang relevan dengan topik konten atau niche website kamu. Jadi, jangan segan manfaatkan peluang media sosial yang ada.

4. Broken Link Building

Broken link building adalah link rusak yang tidak lagi bisa diakses oleh pengunjung ataupun mesin pencari.

Nah, strategi ini bisa membantu pemilik website memperbaiki broken link yang ada. Caranya adalah dengan memberikan link ke website kamu.

Bagaimana tahapan dalam melakukannya? Pertama, lakukan riset ke website yang relevan. Apabila menemukan broken link, kamu lihat ketersediaan artikel yang membahasnya.

Apabila belum, kamu bisa buat artikel khusus membahas broken link tersebut selama memang relevan dengan website kamu.

Jangan lupa untuk menghubungi pemilik website supaya dapat mengganti broken link dengan link situs kamu.

5. Link Reclamation

Link reclamation merupakan salah satu strategi yang bertujuan untuk mengklaim link yang seharusnya menjadi hak kamu.

Strategi link building ini terdapat beberapa macam, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Link 404: Apabila ada website lain yang memasang link ke situsmu. Namun, tersebut mengarah ke halaman website kamu yang sudah tidak ada. Pasti akan muncul Error 404. Bila hal ini terjadi kamu dapat menghubungi pemilik website untuk mengganti link tersebut.
  • Mention Tanpa Link: Terkadang, ada orang yang menyebut atau mention nama website. Sayangnya, tidak melampirkan tautan link ke website kamu. Oleh sebab itu, kamu dapat menghubungi pemilik website tersebut untuk memberikan backlink.
  • Gambar Tanpa Link S: Saat memakai gambar yang terdapat pada website milkmu, banyak juga situs lain yang mungkin mengambil gambar tanpa seizin kamu. Ini sebenarnya adalah pelanggaran hak cipta. Oleh sebab itu, kamu dapat mengambil kesempatan ini untuk hubungi mereka agar melampirkan link ke website milikmu pada caption atau sumber gambar.

Baca Juga: 10 Usaha Musiman di Bulan Puasa, Pasti Laris!

Manfaat Link Building

5 Cara Melakukan Link Building dan Manfaatnya bagi Website
Foto: Membuat Website (Unsplash.com)
shopee pilih lokal

Manfaat dari dilakukannya link building adalah cukup banyak dan beragam. Berikut manfaat yang bisa kamu perhatikan.

1. Membuka Jalinan Hubungan Baru 

Manfaat link building pertama adalah berpeluang membuka jalinan hubungan baru. Tentunya, ini menjadi kesempatan sangat baik untuk pelaku bisnis yang ingin memperlebar sayap bisnis.

Dengan relasi yang ada, sangat mungkin makin banyak orang untuk mengikuti profil media sosial, blog, atau berlangganan RSS Feed yang kamu miliki. 

2. Meningkatkan Branding Website atau Perusahaan 

Link building adalah salah satu cara yang baik dalam meningkatkan branding website. Promosi yang terarah pada web berpeluang mengantarkan pengunjung pada halaman perusahaan.

Tentunya, untuk perusahaan hal ini dapat meningkatkan peluang pembelian dan menguatkan branding.

3. Peningkatan Skor Otoritas Situs

Link building adalah bagian dari strategi yang memanfaatkan rasa penasaran pengunjung menemukan website yang dicarinya.

Apabila kamu berhasil meletakkan link di situs populer, maka kamu tentunya telah menarik konsumen, mempresentasikan website kamu. Bahkan, meningkatkan SEO website milik kamu. 

4. Promosi Berjangka Panjang 

Link building adalah salah satu cara yang dapat membuat website kamu akan terus mendapat pengunjung dalam waktu yang lama juga.

Keuntungan ini bisa dibilang adalah bagian dari manfaat promosi berjangka panjang yang timbul dari link building. 

Baca Juga: 4 Ide Bisnis Daun Kelor, Olahan Herbal Kaya Manfaat

5. Lalu Lintas Referral

Link building adalah strategi yang baik dalam mengarahkan lalu lintas dengan menggunakan link. Hal ini akan lebih menguntungkan dan terasa dalam jangka panjang, lho.

Demikian, artikel mengenai link building dan manfaatnya untuk website kamu. Adanya link building rupanya mampu meningkatkan performa website milik kamu. Jadi, jangan ragu lakukan link building, ya!

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X