5 Tips Membuat Feed Instagram Bisnis yang Menarik

Share this Post

tips buat feed instagram
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Feed Instagram adalah salah satu fitur yang dapat digunakan untuk membagikan unggahan. Bagaimana tips membuat feed yang menarik?

Instagram adalah media sosial yang saat ini telah digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Awalnya, Instagram terbatas pada aplikasi jejaring sosial saja. Namun, kini Instagram disulap menjadi social commerce.

Menurut Sprout Social, social commerce adalah praktik jual beli barang atau jasa yang dilakukan dalam platform media sosial. Model bisnis ini memaksa media sosial untuk berkembang melebihi fungsi awalnya.

Jika kamu perhatikan, Instagram kini diperkaya dengan berbagai fitur bisnis. Mulai dari analisa insight, iklan berbayar, hingga Instagram Shopping. Artinya, selain mempromosikan produk kamu juga bisa menjualnya langsung di Instagram.

Guna memaksimalkan potensinya, tentu kamu perlu membagikan materi promosi yang menarik calon pembeli. Salah satu caranya adalah dengan membagikan konten Feed Instagram yang menarik.

Ingin tahu tips dan trik membuat Feed Instagram yang menarik? Simak sampai akhir ya!

Baca Juga: 10 Filter Instagram Viral yang Wajib Kamu Coba!

Mengenal Feed Instagram

tips buat feed instagram
Foto: Instagram Feeds (unsplash.com)

Mengutip dari Metricool, Feed Instagram mengacu pada halaman profil utama akun Instagram yang berisi foto profil, bio, tautan, sorotan cerita, serta foto dan video yang kamu bagikan.

Artinya, Feed Instagram tidak hanya tentang isi postingan saja. Melainkan juga keseluruhan tampilan profil akunmu. Ketika kamu menggunakan Instagram untuk bisnis, maka kamu perlu membuat tampilan profil bisnis yang profesional.

Berikut ini penjelasan tentang elemen-elemen Feed Instagram yang perlu kamu perhatikan:

  • Foto profil. Foto profil merupakan identitas pertama yang akan dikenali oleh pengguna Instagram lain. Bagi bisnis, foto profil biasanya menggunakan logo utama dari bisnis itu sendiri sebagai identitas merek.
  • Bio. Bio Instagram merupakan kolom di bagian profil (di bawah nama pengguna) yang bisa kamu gunakan untuk menulis deskripsi singkat tentang bisnismu. Kamu dapat menuliskan jam operasional toko, alamat email, atau slogan bisnis.
  • Tautan. Di bawah bagian bio, terdapat kolom khusus URL yang bisa kamu gunakan. Sebaiknya akun bisnis menggunakan penyederhana URL atau penggabung URL seperti Linktree agar dapat memasukan banyak tautan dalam satu URL utama.
  • Sorotan cerita. Sorotan cerita berisi kumpulan Instagram Stories yang ingin kamu pertahankan dan dimunculkan di laman profil. Dengan begitu, pengikutmu tetap dapat melihatnya meskipun telah melewati 24 jam.
  • Postingan foto dan video. Foto dan video adalah konten utama yang dapat dibagikan di Instagram. Pada laman profil, foto dan video akan tampil dalam grid kecil berukuran 3×3. Selain itu, pada lama profil juga terdapat thumbnail untuk unggahan reels, IG TV, dan postingan ditandai.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Verified Instagram untuk Akun Bisnis

Tips Membuat Feed Instagram untuk Bisnis

5 Tips Membuat Feed Instagram Bisnis yang Menarik
Foto: Instagram Feeds (unsplash.com)
shopee pilih lokal

Untuk menghasilkan Feed Instagram yang ciamik, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

1. Tambahkan Bio Bisnis

Tips pertama dalam membuat Feed Instagram adalah dengan menambahkan bio bisnis. Bio dapat diisi dengan maksimal 150 karakter. Manfaatkanlah bio untuk memberikan informasi penting dan ajakan untuk pelanggan.

Misalnya, informasi jam buka toko, hashtag, dan ajakan untuk menggunakan promo atau mengikuti kampanye tertentu. Bio juga bisa digunakan untuk memperkenalkan secara singkat produk apa saja yang kamu tawarkan.

2. Gunakan Linktree

Linktreebekerja dengan membuat halaman arahan di situs mereka, yang dapat menampilkan banyak tautan ke situs bisnismu.

Jadi, ketika ada pelanggan yang mengklik tautan Linktree, maka Ia akan diarahkan menuju laman baru yang berisi kumpulan tautan lainnya.

Linktree dapat kamu cantumkan di bio akunmu pada kolom URL. Berikut langkah-langkah menggunakan Linktree:

  • Buka halaman Linktree dan lakukan pendaftaran akun dengan mengisi semua data diri seperti email, username, dan password.
  • Pilih salah satu kategori sebagai tujuan pembuatan akun linktree, seperti bisnis, fashion, edukasi, dan lainnya.
  • Kemudian, pilih jenis Linktreeyang sesuai kebutuhan, gratis atau PRO (berbayar).
  • Selanjutnya lakukan verifikasi akunLinktree melalui email dan akun linktree berhasil dibuat.
  • Log in kembali pada akun Linktreedan mulai buat link (tautan) baru, seperti website, e-commerce, hingga akun media sosial brand kamu.
  • Bagikan Linktreepada berbagai platform untuk mempromosikan brand kamu.

Baca Juga: 10 Ide Konten Instagram Menarik Untuk Tingkatkan Engagement

3. Tentukan Jenis Grid

5 Tips Membuat Feed Instagram Bisnis yang Menarik
Foto: Grid Instagram (unsplash.com)
shopee pilih lokal

Seperti disinggung sebelumnya, feed memiliki tampilan grid 3×3. Artinya, kamu bisa memaksimalkannya dengan menentukan jenis grid yang nantinya akan kamu patenkan sebagai konsep postinganmu.

Berikut beberapa jenis grid yang bisa kamu gunakan:

  • Puzzle: Jenis grid ini paling populer di Instagram. Feed ini membentuk teka teki antar setiap unggahan yang akan saling terhubung satu sama lainnya seolah feed Instagram-mu membentuk satu gambar besar.
  • Tone warna atau filter: Jenis feed ini paling banyak digunakan oleh coffee shop. Sebab, jenis grid ini dapat menonjolkan ambience yang khas dari suatu tempat. Itulah mengapa feed seperti ini akan lebih maksimal digunakan untuk postingan yang menekankan pada vibes sebuah tempat. Kamu bisa membuat sebuah filter atau menetapkan satu tone warna sebagai preset yang diterapkan ke semua postingan.
  • Tata letak: Jenis grid ini dibuat untuk menata postingan dalam tata letak yang konsisten. Misalnya, menggunakan tata letak baris, maka setiap baris akan memiliki satu warna atau filter yang sama dan dapat dibuat selang-seling. Tata letak lain adalah kotak-kotak atau membentuk pola papan catur. Jenis grid ini bisa dibuat dengan membagikan postingan foto atau video dan konten grafis secara bergantian.

4. Gunakan Rasio Feed yang Sesuai

Salah satu masalah yang sering dijumpai ketika membagikan Feed Instagram adalah tampilan konten yang menjadi blur atau pecah. Hal tersebut terjadi karena penggunaan rasio yang tidak sesuai, terlalu besar atau terlalu kecil.

Oleh karenanya, kamu perlu memahami ketentuan rasio feed agar postinganmu akan terlihat jelas dan tajam. Berikut standar rasionya:

  • Foto 1:1 resolusi 1080 x 1080 px.
  • Foto 1.91:1 resolusi 1080 x 608 px (landscape).
  • Foto 4:5 resolusi 1080 x 1350 px (potrait).
  • Video 1:1 resolusi 1080 x 1080 px.
  • Video 1.91:1 resolusi 1080 x 608 px (landscape).
  • Video 4:5 resolusi 1080 x 1350 px (potrait).
  • IG Story dan IG Live 9:16 resolusi 1080 x 1920 px.
  • IG Story & IG Live 4:5 resolusi 1080 x 608 px.
  • IGTV 9:16 resolusi 1080 x 1920 px.
  • IGTV 16:9 resolusi 1920 x 1080 ox.
  • Instagram Reels 9:16 resolusi 1080 x 1920 px.

5. Buat Perencanaan Konten

5 Tips Membuat Feed Instagram Bisnis yang Menarik
Foto: Perencanaan Instagram Feeds (unsplash.com)
shopee pilih lokal

Tips terakhir membuat Feed Instagram yang menarik adalah dengan membuat perencanaan konten.

Perencanaan konten mencakup perumusan tema dan konsep postingan, jadwal unggahan, dan analisa insight. Termasuk di dalamnya membuat caption dan copywriting yang baik.

Kamu juga perlu memilih dan menggunakan hashtag yang serelevan mungkin agar jangkauan postinganmu semakin luas.

Baca Juga: 20 Instagram Tools Untuk Bisnis, Bisa Tingkatkan Omzet!

Itu dia, beberapa tips membuat feed Instagram bisnis agar lebih menarik. Semoga membantu!

5 Tips Membuat Feed Instagram Bisnis yang Menarik
shopee pilih lokal

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X