Bagaimana Cara Menambahkan Link di Bio TikTok? Simak Selengkapnya

Share this Post

Table of Contents

Sudahkah kamu mengetahui cara menambahkan link di bio TikTok? Jika belum, yuk simak artikel berikut sampai habis.

TikTok merupakan platform media sosial yang banyak digunakan untuk keperluan komunikasi, hiburan, dan edukasi.

Tingginya jumlah pengguna TikTok juga memiliki peluang yang bagus untuk dijadikan saluran promosi dan penjualan. Terlebih saat ini, ada fitur TikTok shop yang bisa dimanfaatkan brand untuk mendukung pemasaran.

Selain menyajikan konten yang menarik, kamu yang ingin menggunakan TikTok untuk keperluan bisnis juga perlu memerhatikan pembuatan profil pada akun bisnis.

Profil akun bisnis kamu di TikTok harus berisi informasi seputar bisnis yang lengkap sehingga terlihat profesional dan bisa mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan.

Selain mencantumkan nama usaha, produk atau layanan yang ditawarkan, kamu juga bisa menambahkan link pada bio TikTok.

Link ini bisa kamu manfaatkan untuk menautkan alamat situs web, media sosial, hingga toko online di berbagai marketplace. Jadi, audiens di TikTok bisa melakukan checkout di saluran penjualan yang diinginkan.

Baca Juga: 7 Tips Memaksimalkan TikTok Bisnis, Bisa Untung Besar!

Cara Menambahkan Link di Bio TikTok

cara menambahkan link di bio TikTok
Foto: Aplikasi TikTok (unsplash.com)

Lantas, bagaimana cara menambahkan link di bio TikTok yang bisa meningkatkan kredibilitas usaha kamu? Caranya mudah, lho.

Namun sebelum mencari tahu cara menambahkan link di bio TikTok, ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu kamu penuhi. Berikut yang perlu kamu ketahui:

  • Pastikan akun TikTok kamu berstatus sebagai akun bisnis. Jika akun TikTok milikmu masih bersifat pribadi, kamu harus beralih terlebih dahulu menjadi akun khusus bisnis.
  • Akun TikTok kamu memiliki jumlah followers atau pengikut minimal 1.000 pengguna.

Nah, untuk mengubah akun TikTok kamu menjadi akun bisnis, ini langkah-langkahnya yang bisa kamu ikuti:

  1. Buka aplikasi TikTok di perangkat pribadi kamu.
  2. Masuk ke aplikasi TikTok dan buka halaman profil dengan mengeklik ikon individu di pojok kanan bawah.
  3. Klik ikon hamburger atau garis tiga pada bagian pojok kanan atas.
  4. Pilih opsi Pengaturan dan Privasi, kemudian klik Kelola Akun.
  5. Pada menu Kontrol Akun, klik Alihkan ke Akun Bisnis.
  6. Nantinya, kamu akan disuguhkan halaman berisi informasi apa saja yang ditawarkan oleh akun bisnis. Lalu klik Berikutnya.
  7. Lalu, pilih Kategori Bisnis sesuai jenis usaha kamu dan klik Berikutnya.

Selesai, akun TikTok pribadi kamu telah berubah menjadi akun bisnis.

Apabila akun TikTok kamu sudah berstatus sebagai akun bisnis, kini saatnya menambahkan link di bio. Berikut cara menambahkan link di bio TikTok yang bisa kamu coba:

  1. Buka aplikasi TikTok pada perangkat pribadi kamu.
  2. Masuk ke TikTok dan buka halaman profil.
  3. Pilih Edit Profil dan klik Situs Web.
  4. Kemudian, masukkan link yang ingin kamu tambahkan pada bio TikTok. Jika ingin menambahkan lebih dari satu link, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga.
  5. Kemudian klik Simpan.

Cara menambahkan link di bio TikTok selesai. Kini, akun bisnis kamu di TikTok akan menampilkan tautan yang dapat diklik oleh pengguna.

Baca Juga: 2 Cara Melihat TikTok Insight Untuk Meningkatkan Bisnismu

Aplikasi untuk Membuat Link di Bio

aplikasi pembuat link di bio tiktok
Foto: Profil TikTok (unsplash.com)

Ketika ingin menambahkan link di bio TikTok, kamu bisa menyematkan tautan satuan atau lebih dari satu.

Untuk melampirkan beberapa tautan dalam satu link, ada beberapa pilihan aplikasi yang bisa kamu gunakan. Berikut di antaranya yang bisa dicoba:

1. Linktree

Linktree sudah dikenal banyak orang sebagai aplikasi yang dapat mengabungkan beberapa tautan menjadi satu link.

Kamu bisa mengolaborasikan berbagai jenis link dengan bantuan Linktree. Mulai dari link acara virtual, alamat situs web, toko online di marketplace, link video, podcast, dan lain-lain.

Dengan Linktree, kamu pun bisa membuat beberapa jenis link menjadi landing page yang dapat disematkan pada bio media sosial seperti TikTok dan Instagram.

Aplikasi yang satu ini bisa kamu gunakan secara gratis tanpa batasan jumlah link. Bahkan, kamu bisa menganalisis hasil klik dari setiap link dengan fitur analitik dari Linktree.

2. Desty Page

Desty Page merupakan fitur pembuat link di bio yang bisa membantu kamu untuk menggabungkan beberapa tautan dalam satu landing page.

Layanan pembuat link di bio dari Desty Page bisa dinikmati secara gratis dan mudah untuk digunakan.

Kini, kamu bisa membuat satu link untuk semua bisnis di berbagai marketplace. Menariknya lagi, Desty Page memungkinkan kamu untuk mendesain tampilan link di bio sesuai dengan keinginan.

Selain itu, Desty Page memiliki tools analitik yang bisa membantu kamu untuk melakukan analisis hasil. Hingga saat ini, Desty Page berhasil digunakan oleh lebih dari 300.000 orang. Baik itu kalangan content creator, pebisnis, influencer, dan lainnya.

3. Milkshake.app

Aplikasi lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat link di bio adalah Milkshake.app.

Kamu bisa mengubah banyak link menjadi satu tautan untuk disematkan pada bagian bio media sosial seperti TikTok, Instagram, dan lainnya.

Milkshake.app memiliki banyak pilihan template berdesain menarik yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Jadi ketika target audiens mengeklik tautan di bio, mereka bisa melihat tampilan link yang profesional dan merepresentasikan bisnis kamu.

Layanan pembuat link di bio dari Milkshake.app ini gratis. Kamu yang ingin memanfaatkannya untuk keperluan bisnis pun bisa menggunakannya dengan jumlah link tanpa batas.

Baca Juga: 5 Cara Jualan di TikTok Shop, Bisa Sambil Buat Konten!

4. Linkin.bio

cara menambahkan link di bio tiktok
Foto: Penggunaan Linkin.bio (linkin.bio)

Aplikasi berikutnya yang bisa membantu kamu untuk membuat landing page berisi seukumpulan link di bio ialah Linkin.bio.

Linkin.bio memungkinkan followers atau pengikut media sosial kamu untuk mengetahui lebih banyak tentang merek, produk/layanan, dan kontenmu melalui tampilan mini web yang menarik.

Kamu bisa menghasilkan lebih banyak konversi dari tautan yang dibuat dengan Linkin.bio. Misalnya dengan mengarahkan mereka ke situs web jualan online, toko di marketplace, atau informasi kontan yang dapat dihubungi untuk melakukan pembelian.

Target audiens yang ingin memelajari merek, produk atau layanan kamu pun bisa menemukan informasi secara lebih mudah dan cepat hanya dalam satu klik.

Tidak hanya sampai di situ, Linkin.bio juga telah dilengkapi dengan analitik yang memungkinkan kamu untuk melakukan analisis hasil sehingga bisa mengetahui apakah tautan bekerja dengan baik untuk menghasilkan konversi.

5. Swipop

Swipop adalah salah satu tools yang bisa membantu kamu untuk menggabungkan beberapa link menjadi satu halaman arahan di bio.

Kamu bisa membantu pengguna media sosial untuk terhubung dengan berbagai link seputar merek, produk, atau layanan yang ditawarkan hanya dalam satu halaman praktis.

Swipop bisa digunakan oleh siapa pun mulai dari para content creator, influencer, hingga pemilik merek atau bisnis untuk mengembangkan komunitas dan meningkatkan penjualan.

6. Lynk.id

Sama seperti aplikasi pembuat link di bio, Lynk.id juga bisa membantu kamu dalam membuat landing page secara gratis.

Dengan bantuan dari Lynk.id, kamu dapat menggabungkan berbagai jenis link dalam satu tautan. Cara pembuatannya pun mudah dan sangat cepat hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, lho.

Lynk.id bahkan memungkinkan kamu untuk membuat domain link secara custom. Semua insight link yang kamu gabungkan dalam satu landing page juga bisa dipantau melalui Lynk.id.

Baca Juga: 7 Ide Konten TikTok yang Kreatif Untuk Membangun Bisnismu

7. Campsite.bio

Campsite.bio bisa membantu kamu mengubah pengikut media sosial untuk berkonversi sehingga menghasilkan lebih banyak keuntungan bisnis.

Campsite.bio memungkinkan kamu untuk menggabungkan beberapa link menjadi satu tautan berdesain menarik secara gratis.

Cara penggunaannya yang mudah dan praktis membuat Campsite.bio telah dipercaya oleh lebih dari 1.000 content creator, agensi, hingga pemilik merek atau pebisnis dari seluruh dunia.

8. Heylink.me

Heylink.me menjadi salah satu pilihan aplikasi pembuat link di bio yang bisa kamu gunakan.

Dengan Heylink.me, kamu bisa menggabungkan beberapa link menjadi satu tautan terpadu yang mudah untuk diakses.

Cara pembuatannya pun cukup mudah dan cepat. Kamu juga bisa langsung membagikannya sesuai dengan kebutuhan dan mulai menghasilkan banyak konversi.

Setiap link yang kamu buat untuk ditampilkan pada bio menggunakan Heylink.me bisa dianalisis karena adanya fitur insight.

Kamu pun bisa mengetahui data terkait target audiens dan kinerja dari setiap link yang dibagikan.

9. Linkfly

Linkfly memudahkan kamu untuk mengombinasikan berbagai jenis konten dalam satu tautan sederhana dan mudah diakses.

Dengan Linkfly, kamu bisa melakukan custome domain sesuai kebutuhan sehingga membuatnya lebih sesuai branding.

Link yang kamu buat melalui Linkfly bisa langsung dibagikan ke berbagai media sosial seperti TikTok, Instagram, dan sebagainya.

Semua tautan yang berhasil diciptakan menggunakan Linkfly juga bisa dianalisis berkat rincian insight secara real-time.

Jadi, kamu bisa mengetahui dari mana saja jumlah traffic yang dihasilkan, berapa banyak orang yang membuka tautanmu, hinga memahami jenis saluran pemasaran yang paling efektif.

Baca Juga: 5 Cara Mendapat Centang Biru di TikTok, Ikuti Langkahnya!

Itu dia cara menambahkan link di bio TikTok beserta aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membuat tautan di bio media sosial. Semoga bermanfaat, ya.