5 Cara Mendapat Centang Biru di TikTok, Ikuti Langkahnya!

Share this Post

centang biru di tiktok
Table of Contents

Akun centang biru di TikTok lebih menguntungkan untuk bisnis dan konten kreator yang ingin menghasilkan cuan, begini cara daftarnya!

Akun centang biru di TikTok atau verified account merupakan pertanda bahwa akun tersebut merupakan akun asli. Maksudnya, si pemilik akun tersebut dapat dibuktikan identitasnya.

Biasanya, akun centang biru dimiliki oleh artis, tokoh publik, konten kreator, hingga perusahaan. Centang biru menjadi jaminan bahwa sebuah akun bukan akun bodong alias tipu-tipu.

Bagi pengguna lainnya, akun centang biru tentu lebih kredibel dan meyakinkan. Baik dari segi informasi yang dibagikan maupun keaslian produk yang dijualnya.

Untuk mendapatkan akun centang biru di TikTok, kamu tak bisa membayar untuk mewujudkannya. Artinya, ada upaya-upaya yang perlu kamu lakukan secara konsisten.

Ingin tahu cara memverisikasi akun TikTok? Simak penjelasan berikut ya!

Baca Juga: Cara Download Video di TikTok dengan HP atau PC

Apa Maksud Centang Biru di TikTok?

centang biru di tiktok
(Foto pengguna TikTok. Sumber: Freepik.com)

Centang biru di TikTok atau lebih resmi disebut sebagai verified account adalah proses memverifikasi identitas dan memberi tahu pengguna bahwa akun yang bersangkutan benar dimiliki oleh pihak tertentu. 

Pada dasarnya, hal ini memungkinkan TikTok mengetahui bahwa kamu atau bisnismu benar-benar dikenal dan akunmu perlu diautentikasi untuk menjaga agar tidak dipalsukan.

Berbeda dengan platform lain, kamu tidak akan melalui proses verifikasi. Kamu tidak dapat mengajukan centang biru secara manual.

Sebaliknya, TikTok akan meninjau akunmu untuk memastikan apakah sudah memenuhi standar verifikasi mereka dan layak mendapat centang biru.

Baca Juga: 2 Cara Melihat TikTok Insight Untuk Meningkatkan Bisnismu

Menagapa Verifikasi Akun Centang Biru Itu Penting?

5 Cara Mendapat Centang Biru di TikTok, Ikuti Langkahnya!
(Foto centang biru di TikTok. Sumber: Pexels.com)

1. Memiliki Otoritas Penuh

Akun yang terverifikasi di media sosial artinya memiliki otoritas penuh atas mereknya. Tanda centang biru mengisyaratkan bahwa sebuah akun sudah terverifikasi di semua jejaring sosial.

Konsumen tentu akan lebih mempercayai akun bisnis yang sudah terverfikasi. Dengan begitu, kamu bisa menyingkirkan pesaingmu dengan lebih mudah.

2. Keaslian dan Kepercayaan

Ketika konsumen melihat tanda centang biru, mereka tentu akan menyadari keaslian merekmu. Sebab, mendapatkan centang biru di media sosial memang tidak mudah dan butuh proses peninjauan yang lama. Hanya akun asli yang mampu lolos dari tahap ini.

3. Mendukung Pertumbuhan Bisnis

Akun yang sudah terverifikasi dapat mendukung pertumbuhan bisnis yang lebih baik. Meski beluk dikonfirmasi, banyak pihak mengatakan bahwa akun resmi memiliki jangkauan audiens yang lebih luas.

Selain itu, akun resmi juga biasanya memiliki hak eksklusif untuk menggunakan fitur-fitur terbatas yang ada di sebuah platform media sosial.

Baca Juga: Cara Salin Tautan TikTok agar Dapat Dibagikan dan Diunduh

Cara Mendapat Centang Biru di TikTok

5 Cara Mendapat Centang Biru di TikTok, Ikuti Langkahnya!
(Foto tampilan aplikasi TikTok. Sumber: SIRCLO Photo Stock)

Pada dasarnya, tidak ada bocoran kisi-kisi cara mendapatkan centang biru di TikTok. Proses verifikasinya pun tidak begitu dibeberkan. Kamu tak bisa meminta verifikasi secara manual.

Beberapa akun memiliki ratusan ribu bahkan jutaan pengikut, namun tetap tidak memiliki centang biru.

Sebagai gantinya, TikTok menggunakan sistem verifikasi rahasianya sendiri. TikTok mencari dan memberikan lencana centang biru untuk memberi penghargaan kepada pembuat konten atas video populer berkualitas tinggi. 

Tetapi ada beberapa poin yang dicari TikTok yang dapat membantumu mendapat centang biru, berikut caranya.

1. Temukan Audiens dan Tetap Produktif

Membangun bisnis apa pun di media sosial berarti membagikan konten populer dan otentik setiap hari. Setelah kamu menjadi terkenal, lebih mudah untuk menarik, mempertahankan, dan menumbuhkan pengikutmu. 

Itulah mengapa penting untuk mulai mengembangkan konten yang menarik dan tetap konsisten dalam memproduksi konten. Berdasarkan fakta, pengguna TikTok lebih menyukai brand yang aktif berpartisipasi dalam tren TikTok.

Salah satu caranya adalah memproduksi konten menggunakan musik atau lagu yang viral di TikTok. Kamu juga perlu menganalisis, jenis konten apa yang memiliki kinerja positif dan layak dipertahankan.

2. Cari Perhatian Media

Beberapa pengguna TikTok sukses membuat konten yang begitu viral. Sebagian di antaranya bahkan sampai diberitakan di berbagai media dan diundang dalam program TV.

Sebut saja TikTokers Jill Shine yang beberapa waktu lalu sempat viral dan diundang di berbagai acara. Baru-baru ini, video TikTok “Rehan Syulit” juga masuk trending topic.

Semakin populer konten dan akun yang kamu bagikan, semakin besar peluang akumnu mendapatkan centang biru. Apalagi jika konten TikTok-mu ikut viral di platform lain.

3. Dapatkan Centang Biru di Platform Lain

Jaringan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter memungkinkan kamu mengajukan permohonan verifikasi. Cara ini sedikit lebih mudah ketimbang verifikasi TikTok.

Masing-masing platform tersebut memiliki serangkaian standarnya sendiri yang harus dipenuhi agar pengguna dapat terverfikasi:

  • Facebook biasanya memverifikasi akun profesional dan representasi resmi dari suatu merek.
  • Twitter memverifikasi akun aktif terkenal yang termasuk dalam salah satu dari enam kategori berbeda. Dalam beberapa kasus, kamu harus memberikan bukti notabilitas atau keaslian.
  • Instagram hanya akan memverifikasi akun yang memiliki peluang dan kredibilitas yang baik. Seperti artis, tokoh terkenal, penulis, dan bisnis.

Mendapatkan verifikasi di platform media sosial lain meningkatkan peluangmu untuk diverifikasi di TikTok. 

Baca Juga: 5 Cara Jualan di TikTok Shop, Bisa Sambil Buat Konten!

4. Menjadi Viral

Sebagian besar akun centang biru di TikTok mendapat setidaknya satu “ledakan besar” hingga akhirnya menjadi viral. Biasanya, akun-akun tersebut masuk dalam laman Fyp TikTok sehingga mendapat perhatian dari TikTok untuk diverifikasi.

Meskipun tidak ada rumus pasti untuk menjadi viral di TikTok, ada beberapa hal yang mungkin bisa kamu coba. Misalnya, membagikan tips dan cerita, membuat video sependek mungkin, dan aktif terlibat dalam berbagai challenge.

5. Patuhi Pedoman Komunitas TikTok

Layaknya platform media sosial lainnya, TikTok hanya akan memverifikasi akun yang mengikuti pedoman komunitas dan persyaratan layanannya. 

Jika kamu melanggar aturan tersebut, TikTok akan menandai akun kamu. Jika akunmu sudah ditandai pernah melanggar pedoman komunitas TikTok, tentu akan sangat sulit memperoleh centang biru.

Itulah beberapa cara memperoleh tanda centang biru di TikTok yang bisa kamu coba. Semoga berhasil, ya!