7 Produk Viral Paling Laku, Bisa Jadi Inspirasi Bisnis!

Share this Post

Table of Contents

Perkembangan teknologi dan media sosial yang kiat pesat mendorong munculnya berbagai usaha baru. Sejumlah bisnis ini banyak menjual produk viral yang akhirnya laku keras di pasaran.

Bahkan, pembelinya tembus hingga ribuan orang dengan omzet yang sangat besar!

Sesederhana berjualan keripik kaca atau basreng daun jeruk saja, bisa mendapatkan untung fantastis. Padahal, tidak semua produk viral ini adalah barang original baru.

Sebagian produk usaha tersebut ternyata sudah lama ada. Namun, viral karena ulasan di media sosial. Jenis produk lainnya menjadi viral dan laris manis karena faktor kondisi saat ini.

Baca Juga: Coba 11 Strategi Promo Harbolnas Ini agar Jualan Untung!

Uniknya, produk-produk yang laku keras ini tidak membutuhkan banyak modal. Kamu juga bisa menjualnya dengan modal ringan, tetapi keuntungan yang besar. Kuncinya adalah mampu memanfaatkan media sosial sebaik mungkin.

Produk viral tersebut mungkin bisa menjadi inspirasi bisnismu. Bahkan, kamu sangat mungkin mengembangkan ide baru dan melahirkan jajanan viral selanjutnya. Tertarik mencobanya? Simak daftar produk viral berikut ya!

Produk Viral yang Laris Manis

produk viral
Foto: Produk Skincare (freepik.com)

Ada beberapa produk dan jajanan yang kini viral dan laku keras. Produk ini bisa jadi inspirasi bisnismu, apa saja produknya?

1. Masker Kesehatan

Jenis produk viral yang pertama adalah masker kesehatan, baik masker medis, duckbill, KN95, maupun KF94. Saat kemunculan kasus positif COVID-19 pertama di Indonesia 2 tahun silam, permintaan masker meningkat.

Tampaknya, masker masuk sebagai kebutuhan utama masyarakat saat ini untuk menjaga kesehatan.

Hingga tulisan ini dibuat, mengenakan masker saat di luar rumah merupakan bagian dari protokol kesehatan yang wajib dipenuhi.

Kondisi ini tentu membuat permintaan masker juga semakin tinggi. Apalagi ini masih dalam kondisi pandemi dan masuknya varian virus baru.

2. Skincare

Produk selanjutnya yang saat ini sedang banyak dicari adalah skincare. Menurut data dari Google Trends, sejak setahun belakangan, ada banyak orang yang mencari topik skincare di Google. Pada bulan Februari lalu, data Google Trends berada di angka 74 (maks.100).

Angka ini mengindikasikan persentase ketertarikan publik terhadap sebuah topik. Semakin tinggi angkanya, semakin viral produk yang dimaksud. Ada berbagai jenis skincare yang dijual di pasaran. Mulai dari skincare merek terkenal hingga skincare organik.

Baca Juga: 8 Produk Jualan Online Terlaris di Marketplace, Apa Saja?

3. Keripik Kaca

7 Produk Viral Paling Laku, Bisa Jadi Inspirasi Bisnis!
Foto: Keripik Singkong (freepik.com)

Produk viral selanjutnya adalah camilan gurih nan pedas, yaitu keripik kaca. Makanan ringan yang satu ini belakangan memang viral.

Pada dasarnya, semua orang menyukai keripik sebagai camilan di berbagai kegiatan. Ketika muncul varian keripik baru, tentu saja antusias masyarakat menjadi tinggi.

Hal ini terlihat dalam data Google Trends, sejak setahun lalu topik tentang keripik kaca terus meningkat. Pada Maret 2021, topik keripik kaca mendapatkan skor 38.

Kemudian pada bulan Februari lalu, skornya menjadi 66. Puncak tertingginya adalah di bulan Desember, yaitu mencapai skor sempurna.

4. Basreng (Baso Goreng)

Masih dari kategori camilan, produk viral selanjutnya adalah baso goreng atau basreng. Jajanan yang satu ini memang selalu berhasil memanjakan semua orang. Cita rasanya yang gurih dan pedas cocok untuk teman nonton, belajar, atau sambil bekerja.

Data Google Trends di bulan Februari 2022 lalu, menunjukkan skor 100! Tercatat, sejak setahun lalu topik pencarian tentang basreng memang selalu meningkat.

5. Tote Bag

Produk selanjutnya yang banyak diminati adalah tote bag. Barang yang satu ini memang multifungsi untuk digunakan sehari-hari.

Tote bag bisa digunakan untuk membawa berbagai barang, seperti belanjaan, buku, baju, dan masih banyak lagi.

Tote bag juga bisa disablon berbagai motif lucu dan menarik. Ditambah lagi, beberapa kota di Indonesia kini sudah melarang penggunaan kantung plastik untuk berbelanja. Hal ini menjadikan tas jenis ini cukup menjanjikan untuk dijual.

Baca Juga: 10 Bisnis yang Sedang Naik Daun, Wajib Tahu untuk Jadi Inspirasi!

6. Hoodie

Produk viral lain yang bisa jadi ide bisnismu adalah hoodie. Pakaian yang satu ini bisa digunakan oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Meskipun modelnya sederhana, hal inilah yang menjadi kelebihan hoodie.

Hoodie sering digunakan untuk hangout atau untuk luaran saat berkendara. Bahkan, tak jarang sebagian orang menggunakan hoodie karena ingin pakaian yang praktis dan nyaman digunakan. Tercatat sejak setahun lalu, topik pencarian hoodie cukup konsisten di angka 66-100.

7. Tanaman Hias

7 Produk Viral Paling Laku, Bisa Jadi Inspirasi Bisnis!
Foto: Tanaman Hias (freepik.com)

Selama pandemi, usaha tanaman hias memang menunjukkan tren yang positif. Banyak orang membutuhkan hiburan di antara padatnya rutinitas pekerjaan.

Apalagi, selama pandemi kebanyakan dari kita harus duduk berjam-jam di depan monitor untuk bekerja atau belajar.

Hal ini membuat bisnis tanaman hias kian subur. Banyak pecinta tanaman hias dadakan yang menjadikannya sebagai hobi baru. Harga beberapa jenis tanaman pun naik tinggi!

Baca Juga: 7 Cara Menghasilkan Uang di Bulan Ramadhan, Coba Yuk!

Tips Bisnis Produk Viral

7 Produk Viral Paling Laku, Bisa Jadi Inspirasi Bisnis!
Foto: Penjual Tanaman (freepik.com)

Setelah mengetahui beberapa produk viral yang bisa jadi ide bisnis, berikut ini beberapa tips yang perlu kamu tahu, yaitu:

  • Jangan hanya ikut-ikutan, pastikan kamu telah melakukan riset pasar. Sebab, produk viral belum tentu sama di setiap daerah. Kamu tetap perlu melihat potensi kebutuhan produk di daerahmu. Sebagai penjual kamu harus menguasai pasar lokal dulu.
  • Coba lakukan diferensiasi produk. Meskipun menjual produk viral, bukan berarti kamu mengikuti semuanya begitu saja. Misalnya, jika kebanyakan keripik kaca dijual dengan rasa pedas, kamu bisa menghadirkan menu baru dengan rasa bbq.
  • Jual di lebih dari satu toko. Biasanya, produk viral banyak dijual di e-commerce. Kamu bisa menjualnya di beberapa platform sekaligus. Termasuk apikasi pemesanan makanan online.
  • Tetapkan satu produk khasmu. Meskipun kamu mengikuti tren, jangan lupa untuk tetap menjual satu produk yang menjadi ciri khasmu. Ingat, suatu produk tidak akan selamanya viral. Ada masanya produk ini akan menurun popularitasnya. Kamu harus siap dengan kemungkinan tersebut.

Nah, itulah beberapa produk viral yang bisa menjadi ide bisnismu. Perlu diingat, produk yang saat ini viral mungkin saja dalam waktu dekat akan mengalami penurunan.

Baca Juga: Ini 5 Ide Bisnis Sayuran Online, Simak Pula Tipsnya!

Tak bisa dipungkiri bahwa permintaan pasar memang selalu berubah. Jadi, kamu harus selalu siap dengan kemungkinan tersebut. Selain menjual dagangan viral, kamu juga bisa menjual dagangan lain yang memang menjadi ciri bisnismu.