10 Bisnis yang Sedang Naik Daun, Wajib Tahu untuk Jadi Inspirasi!

Share this Post

Table of Contents

Ada banyak bisnis yang sedang naik daun pada tahun 2022 ini.

Bagi kamu yang ingin merintis bisnis, tetapi masih bingung mau membuat bisnis apa, mungkin kamu bisa terinspirasi dari salah satu bisnis ini.

Melansir dari Forbes, dikatakan bahwa tren bisnis pada tahun 2022 masih lebih banyak dipengaruhi oleh pandemi. Orang-orang cenderung menyesuaikan bisnisnya dengan kondisi pandemi dan new normal.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak pemilik bisnis yang tidak selaras dengan dengan tren, harus jatuh ketika pandemi melanda.

Sejumlah bisnis terbukti bertahan, terutama yang mampu terkoneksi dengan dunia digital dan media sosial. Bisnis-bisnis itulah yang kemudian menjadi bisnis yang sedang naik daun.

Baca Juga: Manfaat dan Cara Menggunakan PayPal untuk Bisnis

Bisnis yang Sedang Naik Daun

bisnis yang sedang naik daun
Foto: Seorang Wanita Mendapatkan Banyak Uang (freepik.com)

Kamu mungkin ingin memulai awal tahun 2022 ini dengan merintis bisnismu sendiri. Namun kamu belum ada gambaran mau bergerak di bidang apa.

Dalm pencarian ide, kamu bisa melakukan riset untuk melihat tren terlebih dahulu. Salah satunya, memantau bisnis yang sedang naik daun.

Namun, apa saja kira-kira bisnis itu? Berikut ini ada daftar bisnis yang sedang naik daun yang bisa kamu intip. Siapa tahu bisa jadi inspirasi.

1. Jasa Kursus Online

Bisnis yang sedang naik daun ini mulai terlihat peluangnya semenjak pandemi berlangsung. Keterbatasan ruang gerak karena harus diam di rumah, membuat orang beralih ke dunia digital.

Selain itu, banyak orang jadi punya waktu luang di rumah dan memanfaatkannya untuk mengasah keterampilan. Biaya jasa kursus online bervariasi, bisa dari ratusan ribu hingga belasan juta rupiah.

Jika kamu punya skill menarik dan menguntungkan bagi karier, kamu bisa memasang tarif yang cukup mahal untuk jasa kursus online yang kamu tawarkan.

2. Produk Kecantikan

Bisnis yang sedang naik daun selanjutnya, yaitu bisnis produk kecantikan, terutama skin care. Produk kecantikan di Indonesia tidak lagi dikuasai oleh merek-merek besar ternama.

Banyak bermunculan merek baru yang mendobrak mitos kecantikan dan perawatan tubuh. Pemasarannya pun banyak mengandalkan media sosial dan endorsement kepada YouTuber kecantikan.

Kamu bisa jadi salah satu pencetus bisnis produk kecantikan. Namun jangan lupa untuk mengurus berbagai persyaratan yang diperlukan, seperti izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Baca Juga: Ingin Memulai Bisnis Kosmetik? Begini Caranya

3. Makanan Ringan

bisnis yang sedang naik daun
Foto: Makanan Ringan (pexels.com)

Bisnis makanan ringan menjadi salah satu bisnis yang sedang naik daun. Hal ini karena makanan ringan dapat menemani orang-orang yang sedang work from home selama pandemi.

Terlepas dari pandemi atau tidak, permintaan akan makanan ringan selalu ada. Tinggal bagaimana kamu mengkreasikannya agar bisnis makanan ringanmu tidak menjemukan.

Meski produk makanan ringan cenderung murah. Namun makanan ringan berpotensi menghasilkan untung besar karena dibeli dalam jumlah banyak.

4. Digital Printing

Bisnis yang sedang naik daun selanjutnya, yaitu digital printing. Hal ini karena satu alat digital printing bisa dipakai untuk menghasilkan berbagai kreasi.

Digital printing merupakan proses cetak gambar yang sudah didesain, kemudian menuju material atau media fisik.

Desain menjadi kunci dalam digital printing. Desain yang menarik, akan membuat produk hasil printing kamu bantak dibeli orang.

Baca Juga: Mengenal Social Advertising, Periklanan yang Andalkan Media Sosial!

5. Merilis E-book

bisnis yang sedang naik daun
Foto: Merilis e-Book (pexels.com)

Penerbit mayor mulai ditinggalkan, karena kini menjadi penulis tidak harus dengan mengirim naskah ke penerbit.

Kamu bisa merilis sendiri bukumu dalam bentuk e-book kemudian dijual ke platform penyedia e-book.

Salah satu platform penyedia e-book yang cukup dikenal, yaitu Google Play Book. Banyak pula platform novel online yang bisa menjadi wadah kreativitasmu dalam menulis.

Jika novel online-mu dapat mengundang banyak pembaca, jangan heran kalau suatu hari kamu malah banyak mendapat lamaran dari penerbit mayor.

6. Membuat Produk Digital

Menjual produk digital juga menjadi bisnis yang sedang naik daun. Dengan memilih marketplace produk digital yang tepat, kamu sudah bisa meraup untung dari menjual produk digital.

Banyak jenis produk digital yang bisa dijual, rata-rata berhubungan dengan profesi desainer grafis, videografer, fotografer, 3D artist, web developer, hingga pemusik.

Produk digital yang bisa dijual pun beragam. Mulai dari stok video, template situs web, template presentasi, musik, sound effect, aset grafis, font, dan sebagainya.

Baca Juga: Gamification adalah Cara Pemasaran Unik, Ini Penjelasannya

7. Layanan Berlangganan dan Voucher Game

bisnis yang sedang naik daun
Foto: Voucher Games (pexels.com)

Digitalisasi membuat sejumlah bisnis yang tak pernah terpikirkan sebelumnya menjadi bisnis yang sedang naik daun. Salah satunya layanan berlangganan dan voucher game.

Kemajuan teknologi gawai, membuat mobile game dan aplikasi hiburan lainnya jadi berkembang pesat pula. Para pencinta game pasti tidak mau melewatkan membeli “item” dalam game.

Oleh karena itu, bisnis layanan berlangganan dan voucher game jadi menjamur. Ada bisnis layanan pihak ketiga yang dapat kamu gunakan untuk berjualan berlangganan dan voucher game.

8. Memulai Bisnis Dropship

Praktik bisnis dropship memang sudah ada sejak lama. Namun kini ia menjadi bisnis yang sedang naik daun lagi.

Hal ini karena para dropshipper sudah dipermudah dengan kemunculan aplikasi khusus untuk bisnis dropshipping. Kamu sudah dapat melakukan bisnis ini hanya dari ponsel pintar di genggamanmu.

Bagi yang belum tahu, dropship merupakan bentuk bisnis yang membuat penjual tidak perlu menyimpan stok.

Ketika dropshipper menjual produk, ia membeli barang tersebut dari pihak ketiga dan mengirimnya langsung ke alamat pembeli. Pihak ketiga pun akan mengirim produk atas nama dropshipper.

Baca Juga: Perbedaan SEO dan SEM Serta Kegunaannya dalam Bisnis

9. Penyedia Layanan SEO

Bisnis yang sedang naik daun selanjutnya, yaitu penyedia layanan SEO (search engine optimization).

Hal ini karena kesadaran para pemilik situs web mengenai pentingnya muncul di halaman pertama mesin pencari makin tinggi.

Sayangnya, tidak banyak yang tahu cara mengaplikasikan SEO ke situs web masing-masing, sehingga potensi untuk muncul di mesin pencari jadi minim.

Jika kamu paham seluk beluk mengenai SEO, kamu bisa merintis jasa layanan SEO. Tawari jasamu kepada para pemilik usaha yang mempunyai situs web yang berlum teroptimisasi.

10. Penyedia Jasa Editing Video

Kini, banyak yang membuka akun YouTube. Tak sedikit di antaranya yang memilih YouTuber sebagai kerja penuh waktu, bahkan artis pun memiliki kanal YouTube.

Dengan meningkatnya jumlah YouTuber, meningkat pula permintaan jasa editing video. Hal ini membuat jasa editing video menjadi bisnis yang sedang naik daun.

Jika kamu memiliki keahlian dalam bidang videografi, kamu bisa menawarkan jasa editing video kepada orang-orang yang membutuhkan.

Tidak hanya kepada YouTuber, kamu juga bisa menawarkan jasamu kepada influencer atau perusahaan yang membutuhkannya.

Itulah sejumlah bisnis yang sedang naik daun. Adakah yang menjadi inspirasi untuk jadi bisnismu?