15 Cara Untuk Menjadi YouTuber, Dijamin Sukses!

Share this Post

cara-untuk-menjadi-YouTuber
Table of Contents

YouTube ternyata bisa menjadi sumber mata pencaharian seseorang, lho. Berikut ini cara untuk menjadi YouTuber yang bisa kamu ikuti.

Kesuksesan seseorang tersebut mengantarkan dirinya dikenal dan menghasilkan banyak cuan. Tentu melihat fakta tersebut, banyak orang yang beramai-ramai mempelajari bagaimana cara untuk menjadi YouTuber.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas satu persatu seperti apa tips dan cara untuk menjadi YouTuber. Mulai dari pemula yang tidak mengetahui apa-apa, hingga menjadi YouTuber berpenghasilan jutaan.

Baca Juga: 8 Cara Menambah Subscriber YouTube untuk Tingkatkan Penghasilan

Tips dan Cara Untuk Menjadi YouTuber, Dijamin Sukses

Dilansir dari Hootsuite, YouTuber adalah sesorang yang memproduksi konten video untuk platform YouTube.

Cara untuk menjadi YouTuber di bawah ini bisa kamu ikuti dan bisa kamu jadikan panduan, tentu saja agar kamu bisa segera meraih kesuksesan di media sosial tersebut.

Tanpa berlama-lama, mari kita langsung saja simak daftar tipsnya di bawah ini.

1. Tentukan Target yang Terukur

15 Cara Untuk Menjadi YouTuber, Dijamin Sukses!
(Foto konten YouTube. Sumber Unsplash.com)

Langkah paling awal yang bisa kamu lakukan sebagai cara untuk menjadi YouTuber yang sukses adalah menentukan target yang terukur. Menjadi realistis adalah salah satu cara yang paling pertama harus diingat.

Misalnya, kamu ingin sukses sebagai YouTuber. Kamu harus tentukan ukuran kesuksesan yang kamu targetkan. Ini karena ukuran kesuksesan tentu saja berbeda-beda bagi setiap orang.

Dengan menentukan target yang terukur, kamu juga dapat melakukan beberapa hal dan tindakan yang nyata, tidak mengawang-ngawang. Misalnya, tahapan awal kamu ingin mendapatkan subscriber.

Kamu harus tentukan jumlah subscriber yang ingin kamu raih. Contohnya, kamu ingin mencapai 1000 subscriber. Tentukan juga waktu untuk meraihnya. Dengan begini, kamu bisa melakukan hal-hal nyata yang terukur.

2. Pilih Topik Sesuai Minat

Cara untuk menjadi YouTuber yang sukses selanjutnya adalah dengan memilih topik yang sesuai minat dan kemampuan. Dalam YouTube dikenal istilah niche, yang berarti topik khusus sesuai dengan target viewer.

Contoh dari topik Niche adalah musik, game, film, dan banyak lagi. Topik-topik spesifik tersebut perlu kamu pilih berdasarkan minat dan kemampuan kamu.

Saat ini, banyak topik yang disukai dan dekat dengan penonton YouTube. Mulai dari kuliner, travelling, fashion, gaya hidup dan gaming. Semuanya mempunyai penontonnya masing-masing.

3. Pilih Tipe Konten Channel YouTube

Setelah menentukan topik atau niche, kamu juga harus menentukan tipe konten channel yang dibuat. Tipe-tipe konten yang saat ini ramai dimainkan YouTuber adalah:

  • Edukasi: Konten yang memberikan pengetahuan tentang sebuah tema tertentu. Menawarkan alternatif lain cara mengajar. Viewer dari konten ini biasanya siswa atau mahasiswa.
  • Hiburan: Menawarkan konten hiburan, seperti musik dan komedi contohnya. Dalam konten ini, viewer ingin mencari hiburan. Salah satu tipe konten yang mudah untuk mendapatkan viewer.
  • Convert: Konten yang memberikan tutorial atau motivasi untuk tergerak agar melakukan sesuatu. Review produk pun bagian dari jenis konten ini.
  • Edutaiment: Perpaduan konten edukasi dan hiburan (entertaiment). Menyajikan pengetahuan-pengetahuan baru dengan cara yang menghibur.

Cara menambah viewer YouTube dengan cepat adalah fokus dan konsisten terdapat tipe konten yang telah kamu tentukan. Dengan begitu, akan memberikan beberapa manfaat.

Pertama akan memudahkan kamu untuk mengembangkan channel, kedua akan membentuk niche dan topik channel yang kuat. Ketiga kamu selangkah demi selangkah akan menjadi spesialis dalam topik tersebut.

Dengan begitu, kamu akan sukses melakukan cara untuk menjadi YouTuber dan cepat mendapatkan rewarding yang setimpal.

Baca Juga: 5 Manfaat dan Cara Buat Bumper Video di YouTube untuk Bisnis

4. Temukan dan Kembangkan Ciri Khas

15 Cara Untuk Menjadi YouTuber, Dijamin Sukses!
(Foto ciri khas YouTuber. Sumber Unsplash.com)

Cara untuk menjadi YouTuber selanjutnya adalah memiliki ciri khas. Sebagaimana yang kamu ketahui, saat ini banyak sekali YouTuber yang sama-sama tengah menggapai kesuksesannya.

Kamu akan bersaing dengan banyak YouTuber tersebut, dan salah satu hal yang bisa membuat kamu bertahan dalam persaingan adalah dengan memiliki ciri khas.

Tanpa ciri khas, kamu akan sulit bersaing dengan YouTuber. Terlebih lagi jika tidak memiliki ciri khas, kamu akan sulit dikenali oleh penontonmu sendiri.

5. Rancang Konten yang Menarik

Cara untuk menjadi YouTuber selanjutnya adalah harus merancang dan memikirkan konten yang menarik. Konten yang menarik dapat membuat kamu menjaring banyak penonton.

Tidak mustahil juga kamu dapat menduduki trending topik di YouTube dan menghasilkan uang yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, penting sekali untuk kamu agar memikirkan konten dengan menarik.

Tentu saja berdasarkan dengan niche dan channel yang telah kamu tetapkan. Tetap fokus dan konsisten. Saran saja, kamu fokus untuk berkarya, jangan menunggu adsense atau pemasukan lainnya.

Semakin berkualitas channel kamu, semakin banyak peluang penghasilan yang akan kamu dapatkan.

Baca Juga: 5 Syarat Monetize YouTube yang Harus Kamu Capai

6. Gunakan Peralatan yang Memadai

Cara untuk menjadi YouTuber yang sukses selanjutnya adalah dengan menggunakan peralatan yang memadai. Jika bisa, peralatan yang digunakan sangat lengkap dan baik.

Hal ini bertujuan agar kamu bisa menghasilkan video yang menarik dan disukai oleh penonton. Ini karena rata-rata penonton yang menyukai video dengan kualitas terbaik.

Maka dari itu, kamu wajib menyediakan peralatan mulai dari kamera, lighting, mikrofon, teleprompter, dan peralatan lainnya yang mendukung kamu membuat konten video.

7. Fokus Saat Membuat Video

15 Cara Untuk Menjadi YouTuber, Dijamin Sukses!
(Foto editing video. Sumber Unsplash.com)

Kamu jangan lupa untuk fokus saat membuat video. Salah satu cara untuk menjadi YouTuber yang berkualitas adalah fokus dan konsisten dalam membuat video.

Dengan kamu fokus membuat video, kamu akan dapat memproduksi video lebih lancar dan lebih efisien lagi.

Hal tersebut akan berdampak pada hasil video yang baik. Konten yang baik akan menghasilkan kualitas, dan kualitas tersebut akan membuat penontonmu terus menyukai video-videomu.

Baca Juga: 10 Aplikasi Membuat Video di Youtube Terbaik, Gratis dan Praktis!

8. Lengkapi Channel YouTube

Hal yang sepele namun penting, yaitu cara untuk menjadi YouTuber yang sukses selanjutnya adalah dengan melengkapi channel YouTube. Misalnya, memasang foto profil, mengisi kolom deskripsi, serta menggunakan banner yang sesuai dengan topik.

Jangan lupa juga tentukan gaya visual channelmu, hal ini untuk menunjukan konsistensi kamu dalam membuat konten video.

9. Bangun Komunikasi dengan Penontonmu

Cara menjadi YouTuber sukses hampir mirip-mirip dengan menjadi influencer. Kamu harus rajin melakukan komunikasi langsung dengan penontonmu.

Kamu bisa melakukan live streaming YouTube. Misalnya, lakukan pembahasan yang diminta langsung oleh penontonmu. Jangan lupa juga tanyakan pendapat dari penontonmu tentan content plan ke depannya.

Dengan melibatkan penonton tersebut, kamu dapat meningkatkan engagement dan dapat berdampak baik bagi perjalanan kamu dalam berkarier sebagai YouTuber.

10. Promosikan Akun Youtube di Medsos

Bukan hanya untuk mempromosikan bisnis, mempromosikan video juga bisa kamu lakukan melalui media sosial. Salah satu cara menjadi YouTuber agar cepat mendapatkan kesuksesan adalah dengan sering melakukan promo.

Kamu harus sering mempromosikan video kamu. Jika perlu, setelah video kamu selesai upload, kamu bisa langsung mempromosikannya ke medsos, terutama Instagram dan Facebook.

Dengan begitu, video kamu akan cepat mendapatkan viewers dan YouTube kamu akan cepat berkembang.

Baca Juga: Tips Hasilkan Uang dengan YouTube Short, Ini Cara Downloadnya

11. Buat Jadwal Konten yang Konsisten

tips menjadi youtuber
(Foto live streaming YouTube. Sumber: Unsplash.com)

Cara untuk menjadi YouTuber berikutnya, yakni pastikan kamu telah membuat jadwal konten yang konsisten.

Dengan begitu, kamu dapat membuat dan mempublikasikan konten di channel YouTube secara rutin.

Jadwal juga akan membantu kamu tetap berada dalam timeline yang telah ditentukan. Jadi, audiens yang menikmati konten kamu bisa selalu mendapatkan konten baru secara berkala.

Bagi kamu yang baru memulai, bisa coba untuk membuat jadwal mingguan. Lalu, meningkatkan intensitasnya menjadi setiap beberapa hari sekali.

Jangan lupa untuk memberitahukan para audiens channel YouTube kamu. Misalnya dengan membuat deskripsi video yang berisi jadwal upload konten kamu.

12. Terapkan Teknik SEO yang Baik

Ketika memutuskan untuk menjadi YouTuber, pastikan kamu sudah memahami cara penerapan teknik SEO yang tepat agar channel YouTube-mu memiliki hasil optimal.

Menerapkan teknik SEO yang tepat akan membantu target audiens untuk menemukan konten video YouTube kamu dengan mudah.

Tanpa penggunaan SEO yang tepat, peluang untuk mendapatkan viewers video kamu akan lebih kecil. Jadi, pastikan untuk memerhatikan teknik SEO pada setiap video yang kamu unggah.

Salah satu cara menerapkan SEO yang tepat ialah menggunakan kata kunci populer dan relevan dengan video YouTube kamu. Dengan kata kunci video yang tepat, channel kamu akan lebih mudah untuk ditemukan di halaman hasil pencarian dan jumlah viewers-nya akan lebih banyak.

13. Coba Analisis Pesaing

Dalam mengelola channel YouTube, kamu juga perlu melakukan analisis kompetitor. Jadi, cobalah cari YouTuber yang memiliki target pasar atau konten video sama dengan kamu.

Kemudian, pelajari teknik mereka dalam membuat video. Barangkali, ada pelajaran yang bisa kamu ambil dan dijadikan sebagai inspirasi.

Coba juga teknik-teknik lain yang belum pernah dilakukan oleh kompetitor kamu sebelumnya. Dengan begitu, channel YouTube kamu akan terlihat lebih unggul daripada pesaing.

Baca Juga: 5 Strategi SEO YouTube yang Ampuh Menambah Viewer

14. Tambahkan CTA dalam Setiap Video

Untuk dapat membuat audiens terus menonton video kamu, cobalah untuk menambahkan tombol ajakan bertindak (Call-to-Action) dalam setiap video yang dibuat.

Kamu bisa membuat tombol ajakan bertindak ini dan menambahkannya pada bagian deskripsi video. Misalnya dengan menyantumkan link situs web sumber konten kamu sehingga audiens bisa memelajarinya lebih lanjut.

Bisa juga dengan menyantumkan link yang berisi playlist video YouTube kamu. Jadi, audiens bisa menyaksikan lebih banyak video dalam channel kamu.

15. Edit Video dengan Profesional

Cara untuk menjadi YouTuber selanjutnya, yaitu pastikan kualitas pengeditan video di channel kamu berkualitas baik.

Untuk dapat mengedit video YouTube secara profesional, kamu bisa memanfaatkan banyak aplikasi atau platform khusus pengeditan video.

Bila memungkinkan, coba pekerjakan editor profesional untuk membantu kamu dalam mengedit video-video yang akan diunggah ke chanel YouTube.

Dengan kualitas video yang baik, audiens akan merasa lebih nyaman saat menyaksikan konten kamu.

Baca Juga: Cara Kerja Algoritma YouTube dan Tips Mengoptimalkannya

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

cara menghasilkan uang di youtube
(Foto tampilan channel YouTube. Sumber: Unsplash.com)

Setelah kamu menerapkan beberapa cara untuk menjadi YouTuber, pastikan kerja kerasmu bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Bagi kamu yang ingin memonetisasi YouTube, bisa coba beberapa cara menghasilkan uang dari YouTube berikut ini:

1. Hubungkan Chanel YouTube dengan Google AdSense

Salah satu cara untuk menghasilkan uang dari YouTube, yaitu dengan menggunakan Google AdSense. Jadi, pastikan channel YouTube kamu telah terhubung dengan platform Google AdSense, ya.

Pengiklan biasanya akan menggunakan Google AdSense untuk menawar ruang di video YouTube kamu berdasarkan faktor-faktor seperti jumlah pemirsa, konten video, dan kata kunci yang digunakan.

Nantinya, kamu akan dibayar setiap ada yang menonton atau mengklik iklan di video YouTube-mu.

Namun, jumlah penayangan tidak secara langsung menafsirkan jumlah uang yang akan kamu dapatkan melalui iklan, karena iklan tidak ditampilkan setiap kali seseorang menonton video. Selain itu, YouTube juga akan mengambil bagian dari pendapatan iklan yang channel kamu hasilkan.

2. Buat Konten Video Bersponsor

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang di YouTube, yakni dengan membuat dan menayangkan konten bersponsor.

Bisa saja, kamu diajak kerja sama oleh brand yang sesuai dengan bidang atau minat dan target audiens channel YouTube-mu.

Dalam hal ini, kamu mungkin perlu mempromosikan produk atau layanan dari merek tertentu sehingga target audiens mengetahui brand tersebut dan tertarik untuk melakukan pembelian.

Kamu dapat langsung berkolaborasi dan bernegosiasi dengan merek, mempromosikan produk mereka dalam video, dan mendapatkan bayaran langsung tanpa potongan dari pihak YouTube.

Jika kamu memiliki target audiens yang besar dan terlibat, aka nada banyak sponsor merek yang bisa dihasilkan. Setiap kali kamu mempromosikan produk bersponsor, pastikan untuk transparan dan menyebutkannya dengan jelas kepada pemirsa video, ya.

Baca Juga: 6 Tips Menambah Viewer YouTube untuk Tambah Uang!

3. Buka Toko Online

Cara untuk menjadi YouTuber lainnya yang dapat kamu tempuh sehingga bisa menghasilkan banyak uang dari YouTube, yakni dengan membuka toko online.

Dalam hal ini, kamu bisa mempromosikan toko online di YouTube sehingga produk atau layanan yang kamu tawarkan dapat menghasilkan lebih banyak penjualan.

Misalnya jika kamu menjual merchandise khusus audiens setia yang menonton konten video di YouTube. Buatlah konten berisi ulasan merchandise agar ada banyak audiens yang melakukan pembelian.

Jangan lupa untuk menyantumkan link pembelian pada bagian deskripsi agar audiens yang menonton bisa langsung checkout dengan mudah.

4. Live Streaming untuk Mendapatkan Uang Langsung dari Audiens

YouTube sama seperti media sosial lain yang bisa digunakan content creator untuk melakukan live streaming. Namun di platform ini, kamu dapat menghasilkan uang secara langsung melalui fitur live streaming.

Selama live streaming, kamu bisa menggunakan Super Chat untuk menerima pembayaran langsung dari audiens. Ketika audiens melakukannya, komentar mereka di live streaming kamu akan tersorot dalam kolom live chat.

Meski dapat digunakan untuk menghasilkan uang, akan tetapi fitur ini hanya tersedia di beberapa negeri tertentu.

Baca Juga: Ini Macam-Macam Konten YouTube yang Cocok untuk Bisnismu

Itulah tadi beberapa tips dan cara untuk menjadi YouTuber yang bisa kamu lakukan. Jangan lupa untuk fokus dan konsisten terdapat setiap tips dan langkahnya.

Perjuangan membangun YouTube tidak mudah, namun akan sebanding dengan hasil yang didapatkan nantinya.