Contoh Budget Plan dan Cara Membuatnya, Mudah Kok!

Share this Post

Table of Contents
shopee gratis ongkir

Dalam bisnis, budgeting yang baik adalah bagian yang krusial. Bagaimana contoh budget plan yang baik? Ini cara membuatnya!

Banyak bisnis yang gagal di awal perjalanannya karena pengelolaan keuangan yang kurang efisien. Bisnis yang seharusnya memperoleh revenue, justru malah mengalami kerugian berkepanjangan.

Hal ini menjadi momok para pebisnis pemula dan kerap kali menjadi alasan banyak orang ragu memulaib usahanya. Meskipun dalam berbisnis semua orang akan menemui ketidakberhasilannya masing-masing, namun kamu tetap bisa mengurangi risikonya.

Caranya tentu dengan mengatur keuangan bisnis sebaik mungkin. Kamu perlu memastikan semua arus keuangan tercatat dengan baik. Selain itu, alokasi dana dan perputaran modal juga perlu diperhatikan.

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Usaha yang Tepat, Catat!

Perencanaan keuangan adalah pemahaman dasar yang harus kamu miliki sebagai bisnis. Biasanya, rencana anggaran ini disebut juga dengan istilah budget plan.

Rencana anggaran ini bisa dibuat untuk periode bisnis tertentu.

Ingin tahu conton budget plan yang baik dan tips membuatnya? Simak sampai akhir ya!

Pengertian Budget Plan

contoh budget plan
Foto: Contoh Budget Plan (unsplash.com)

Sebelum mempelajari cara membuat dan contoh budget plan, kamu tentu perlu memahami pengertian dari rencana anggaran yang satu ini.

Menurut American Consumer Credit Counseling, budget plan adalah catatan yang menunjukkan aliran uang dalam kehidupan sehari-hari. 

Rencana anggaran dapat membantu menentukan untuk apa kamu mengeluarkan uang serta membantumu mengurangi kebiasaan yang boros. 

Dengan membuat sedikit penyesuaian pada rencana anggaran, kamu mungkin memiliki kemampuan untuk menghemat lebih banyak uang atau menyimpannya sebagai dana tabungan atau investasi.

Pengertian lain dari budget plan adalah proses membuat rencana untuk membelanjakan uangmu. Rencana pengeluaran ini disebut anggaran. 

Membuat rencana pengeluaran ini memungkinkanmu untuk mempertimbangkan terlebih dahulu apakah kamu memiliki cukup uang untuk berbelanja atau melalukan sesuatu.

Dalam bisnis, budget plan tentu berkaitan dengan rencana keuangan yang berisi alokasi dana yang akan digunakan untuk keperluan bisnis. Misalnya, dana untuk bahan baku, sewa toko, peralatan, gaji, dan sebagainya.

Rencana anggaran yang baik dan sistematis dapat membantumu menghemat lebih banyak uang. Sekalipun pada pelaksanaannya meleset dari rencana, setidaknya kamu masih berada di zona aman.

Jangan salah, banyak orang yang hilang arah apabila budget plan tidak dipersiapkan secara matang sejak awal, lho.

Baca Juga: Contoh Financial Plan untuk Bisnis, Rencana Keuangan Jadi Terarah

Pentingnya Memiliki Budget Plan

Contoh Budget Plan dan Cara Membuatnya, Mudah Kok!
Foto: Contoh Budget Plan (unsplash.com)
shopee pilih lokal

Setiap hari, banyak individu menghadapi krisis keuangan. Hal ini dapat disebabkan oleh kebiasaan botos atau kehilangan pekerjaan. Namun, penyebab paling umum adalah pengeluaran berlebihan. 

Dengan melacak pengeluaranmu, kamu akan tahu persis kemana uangmu dibelanjakan. Cerdiknya, banyak bisnis yang menawarkan sistem paylater, alias “beli sekarang, bayar nanti”.

Hal ini menawarkan kenyamanan untuk membelanjakan lebih banyak uang dimana pun dan kapan pun. Inilah sebabnya mengapa sangat mudah untuk terbawa oleh kebiasaan yang boros.

Rencana anggaran dirancang untuk membantu konsumen mendapatkan kendali atas pengeluaran mereka, dan dengan perencanaan yang tepat agar dapat membantu memperbaiki kondisi keuangan.

Bagi bisnis, contoh budget plan memungkinkanmu untuk menggunakan modal dengan bijak dan tepat guna. Kamu hanya akan mengeluarkan uang untuk hal yang benar-benar penting saja.

Kamu bisa menghindari pengeluaran biaya untuk iklan yang tidak efektif, atau merekrut terlalu banyak pekerja yang tidak terlalu penting. Alhasil, kamu jadi bisa menentukan HPP dengan lebih efektif dan memberikan keuntungan yang lebih besar.

Baca Juga: Ketahui 10 Komponen Pembukuan Usaha Ini agar Catatan Keuanganmu Rapi

Tips Membuat Budget Plan yang Baik

Contoh Budget Plan dan Cara Membuatnya, Mudah Kok!
Foto: Pentingnya Budget Plan (unsplash.com)
shopee pilih lokal

Sebelum melihat contoh budget plan, ada baiknya kamu memahami beberapa tips membuat rencana anggaran yang baik. Kamu bisa menerapkannya saat membuat rencana anggaranmu sendiri.

1. Tentukan Tujuan

Tips pertama adalah menentukan tujuan pembuatan budget plan. Bagi individu, rencana anggaran bisa dipecah menjadi scoop yang lebih kecil lagi.

Misalnya, budget plan untuk makan dan minum selama satu bulan, rencana pembayaran listrik dan internet, atau anggaran kuliah.

Artinya, sangat mungkin kamu memiliki beberapa budget plan yang kamu jalankan sekaligus. Begitu pun bagi bisnis, kamu bisa saja memiliki beberapa budget plan dan resolusinya.

2. Catatan Prioritas Pengeluaran

Usai menentukan tujuan pembuatan rencana anggaran, selanjutnya kamu perlu menentukan skala prioritas. Tentukan mana pengeluaran yang penting dan mendesak, penting namun tidak mendesak, serta tidak penting dan tidak mendesak.

Utamakan pengeluaran untuk hal-hal mendasar yang kamu butuhkan, yaitu kebutuhan fisiologis. Kesampingkan dahulu kebutuhan akan gaya hidup. Sisihkan juga tabungan sejak awal di setiap bulannya.

3. Lakukan Penyesuaian

Tips lain yang bisa kamu terapkan adalah melakukan penyesuaian. Cobalah terapkan rencana anggaran yang sudah dibuat, kemudian cobalah evaluasi. Apabila terdapat kekurangan, kamu dapat segera memperbaikinya untuk rencana yang akan datang.

Adanta trial and eror merupakan hal wajar dalam perencanaan keuangan. Kamu tak akan bisa mengetahui rencana anggaran terbaik jika tidak mencobanya terlebih dahulu.

Baca Juga: Ini 9 Contoh Laporan Keuangan dan Penjualan yang Perlu Kamu Tahu!

Contoh Budget Plan yang Baik

Contoh Budget Plan dan Cara Membuatnya, Mudah Kok!
Foto: Akuntan Bisnis (unsplash.com)
shopee pilih lokal

Dalam menyusun budget plan bagi bisnis, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba, yaitu:

  1. Siapkan anggaran dari hasil penjualan.
  2. Susun biaya produksi yang dibutuhkan untuk memenuhi penjualan dan inventori yang ditargetkan.
  3. Susun anggaran biaya bahan baku langsung yang dibutuhkan untuk memenuhi target produksi.
  4. Susun anggaran biaya tenaga kerja yang dibutuhkan untuk mencapai target produksi.
  5. Susun anggaran biaya overhead pabrik (manufacturing overhead cost budget), Biaya overhead meliputi biaya overhead variabel dan tetap.
  6. Susun anggaran beban pokok penjualan.
  7. Susun anggaran biaya non-manufaktur, meliputi biaya administrasi, biaya pemasaran, biaya distribusi produk, dan penyusutan aset perusahaan.

Ada pun contoh budget plan yang baik yaitu memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Dapat membantu perusahaan dalam memberikan batasan atas jumlah dana yang akan dikumpulkan dan dikeluarkan.
  • Dapat menjadi landasan dalam menentukan sumber dana investasi.
  • Dapat membantu manajemen perusahaan untuk melakukan pengawasan karena adanya rincian sumber dana dan dan pengeluaran di dalam anggaran.
  • Merasionalkan sumber dan investasi dana.
  • Dapat menjadi bahan pertimbangan dalam membuat rencana dan kebijakan bisnis.

Itulah penjelasan tentang contoh budget plan yang baik dan bisa kamu buat sendiri. Yuk, atur keuangan pribadi dan bisnis dengan efisien!

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X