8 Cara Menambah Subscriber YouTube untuk Tingkatkan Penghasilan

Share this Post

Tips Menambah Subscriber YouTube
Table of Contents

YouTube merupakan media sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang. Yuk, cari tahu cara menambah subscriber YouTube agar kamu bisa mendapat keuntungan maksimal!

Di era yang serba digital seperti saat ini, media sosial tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. Tidak heran apabila YouTube termasuk media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di dunia.

Mengutip laman Shopify, YouTube memiliki lebih dari 2,6 miliar pemirsa aktif bulanan. Itu artinya, ada lebih dari seperempat populasi dunia yang menggunakan YouTube.

Potensi pasar yang besar membuat banyak orang tertarik untuk menjadi seorang YouTuber. Para pebisnis yang memiliki brand pun turut memanfaatkannya sebagai media pemasaran.

Baca Juga: 5 Syarat Monetize YouTube yang Harus Kamu Capai

Cara Menambah Subscriber YouTube

cara menambah subscriber youtube
Foto: Aplikasi YouTube di Handphone (pixabay.com)

Untuk dapat memonetisasi channel YouTube, kamu harus memiliki subscriber minimal 1.000 orang. Itulah mengapa keberadaan subscriber sangatlah penting bagi para pemilik channel di YouTube.

Cara menambah subscriber YouTube juga tidaklah sulit, lho. Kamu bisa mencoba salah satu tips di bawah ini untuk meningkatkan jumlah subscriber di YouTube.

1. Buat Konten yang Menarik dan Informatif

Salah satu cara yang paling efektif untuk menambah subscriber YouTube ialah dengan membuat konten menarik dan informatif.

Dalam hal ini, kamu perlu mencari tahu siapa yang menjadi target audiens channel YouTube. Setelah itu, kamu bisa mengetahui konten seperti apa yang paling disukai oleh mereka.

Kamu juga dapat melakukan riset mengenai topik apa yang sedang tren sehingga menarik untuk dibahas.

Untuk membuat video YouTube yang informatif, pastikan kamu memberikan penjelasan yang singkat dan mudah dipahami oleh audiens.

Untuk memudahkan hal ini, kamu mungkin bisa membuat daftar informasi penting yang ingin disampaikan kepada audiens. Jadi, kamu akan lebih mudah menyampaikannya saat membuat video.

Selain itu, coba tambahkan beberapa contoh kasus sehingga lebih mudah dipahami oleh target audiens. Sertakan juga sumber-sumber yang relevan dengan topik bahasan sehingga video kamu terlihat kredibel dan profesional.

2. Gunakan Thumbnail yang Menarik Perhatian

Cara menambah subscribe YouTube selanjutnya yaitu cobalah untuk menggunakan thumbnail yang menarik perhatian audiens.

Bagi kamu yang belum tahu, thumbnail merupakan gambar berukuran 1280 x 720px yang berfungsi sebagai cover dalam video YouTube.

Ini merupakan aspek penting yang bisa menarik audiens untuk mengeklik dan menonton video di channel YouTube kamu.

Oleh karenanya, pastikan untuk membuat dan menampilkan thumbnail yang paling menarik sehingga bisa mendorong audiens menontonnya.

Menurut Wordstream, thumbnail paling menarik ialah gambar yang menampilkan subjek manusia di dalamnya. Pasalnya, gambar manusia pada thumbnail bisa menciptakan kontak mata dengan audiens sehingga tercipta hubungan kedekatan.

Ketika kamu bisa membuat audiens merasa terhubung, tingkat ketertarikan mereka meningkat dan pada akhirnya mau menonton video di channel YouTube-mu.

Selain itu, kamu mungkin bisa menampilkan gambar yang memiliki deksripsi singkat tentang isi atau topik bahasan dalam video.

Baca Juga: Cara Kerja Algoritma YouTube dan Tips Mengoptimalkannya

3. Buat dan Publikasikan Konten Secara Rutin

Cara menambah subscriber YouTube berikutnya yaitu dengan membuat dan memposting konten video secara rutin.

Bagi kamu yang baru memulai channel YouTube, mungkin bisa coba membuah dan mengunggah video selama satu kali dalam seminggu. Kemudian, meningkat menjadi 3-4 minggu sekali seiring pertumbuhan channel kamu.

Dengan konsisten membuat dan mengunggah video ke YouTube, kamu akan menghasilkan lebih banyak konten untuk audiens. Target audiens pun bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk menontonnya.

Selain itu, ketika kamu mengunggah video baru di YouTube, para subscriber akan mendapatkan notifikasi email sehingga mereka lebih tertarik untuk menonton.

Meski kuantitas itu penting, tetapi pastikan kamu tidak melupakan kualitas video. Jadi, pastikan tetap membuat dan mengunggah video yang berkualitas untuk para audiens. Misalnya dengan menyajikan konten yang informatif, orisinil, dan menarik.

4. Lakukan Optimasi Video YouTube

Selanjutnya, kamu perlu melakukan optimasi video YouTube sebagai cara menambah subscriber YouTube.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan video di channel YouTube. Salah satunya mambuat judul video dengan kata kunci yang menarik dan dicari banyak audiens.

Dengan begitu, potensi konten video kamu untuk muncul di halaman hasil pencarian akan jauh lebih besar.

Cara optimasi video YouTube lainnya yang dapat kamu lakukan ialah dengan menambahkan deskripsi pada setiap konten. Tambahkan juga hashtag yang relevan.

Baca Juga: 6 Tips Menambah Viewer YouTube untuk Tambah Uang!

5. Usahakan untuk Terlibat dengan Audiens

tips menambah subscriber youtube
Foto: Ikon YouTube (pixabay.com)

Cara menambah subscriber YouTube lainnya yang bisa kamu coba yaitu dengan menciptakan keterlibatan dengan audiens.

Misalnya dengan berinteraksi di kolom komentar yang ditinggalkan oleh audiens pada video kamu. Dengan begitu, audiens akan merasa dihargai sehingga mereka mau menonton kontenmu kembali.

Dorong juga mereka untuk meninggalkan komentar pada setiap konten yang kamu unggah. Jadi, kamu bisa berinteraksi lebih banyak dan mendapatkan berbagai ide untuk membuat konten.

Cara meningkatkan keterlibatan dengan audiens selanjutnya yaitu dengan ucapkan terima kasih kepada audiens di akhir video dan beri tahu mereka ke mana harus mencari informasi lebih lanjut.

6. Promosikan Video YouTube ke Platform Lain

Agar video di channel YouTube kamu bisa ditonton oleh banyak orang, cobalah untuk mempromosikannya. Dalam hal ini, kamu dapat menggunakan berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya.

Ketika kamu telah memiliki komunitas yang kuat di media sosial tertentu, gunakanlah peluang itu untuk mempromosikan video YouTube sehingga kontenmu banyak ditonton.

Biasanya, followers yang solid di media sosial tertentu akan senang hati menjadi subscriber YouTube kamu, lho. Jadi, janganlah ragu untuk terus membagikan video YouTube kamu di berbagai media sosial.

7. Buat Playlist di Channel YouTube

Ketika kamu sudah memiliki banyak video YouTube karena konsisten untuk membuat dan mengunggahnya secara rutin, buatlah playlist di channel untuk menambah jumlah subscriber.

Dengan membuat playlist, target audiens channel YouTube kamu bisa memutar semua video yang ada secara otomatis. Jadi, penonton tidak perlu mengeklik setiap video yang ingin mereka saksikan.

Dalam hal ini, kamu mungkin dapat membuat playlist dengan satu tema tersendiri atau membuatnya sebagai serangkaian konten yang berkelanjutan.

Ketika audiens menikmati konten-konten kamu di playlist, mereka memiliki lebih banyak alasan untuk menjadi subscriber.

Baca Juga: Cara Cek Penghasilan YouTuber yang Perlu Kamu Ketahui

8. Tambahkan Tombol Subscribe dalam Video

Cara menambah subscriber YouTube lainnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan menambahkan tombol subscriber dalam video.

Banyak YouTuber yang melakukan hal ini sehingga audiens mereka bisa menjadi subscriber dengan mudah saat menonton konten video.

Berikut cara menambahkan tombol subscribe di video YouTube kamu untuk menarik lebih banyak subscriber:

  • Login terlebih dahulu pada akun YouTube kamu.
  • Klik menu “Channel Saya” dan pilih “Pencitraan Merek”.
  • Pada bagian Watermark Branding, klik “Tambahkan Tanda Air”.
  • Kemudian, pilih gambar yang kamu inginkan untuk ditampilkan pada tombol subscribe di video YouTube. Klik “Unggah” dan tunggu hingga proses upload selesai. Selanjutnya pilih “Perbarui”.
  • Atur posisi gambar yang akan ditampilkan pada tombol subscribe dalam video. Pilih juga durasi munculnya tombol subscribe sesuai kebutuhan. Lalu, klik “Simpan” agar perubahan yang kamu buat tersimpan.

Itu dia beberapa cara menambah subscriber YouTube yang bisa kamu coba. Semoga cara menambah subscriber YouTube kamu berhasil mendatangkan lebih banyak cuan, ya!