10 Mal Terbesar di Surabaya yang Sering Mengadakan Promo!

Share this Post

Table of Contents

Ada beberapa mal terbesar di Surabaya yang diisi oleh banyak merek ternama dan sering membagikan promo menarik, berikut daftarnya!

Surabaya merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Timur yang menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian sekaligus kota metropolitan terbesar di Jawa Timur.

Surabaya juga menjadi kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Kota ini terletak 800 km sebelah timur Jakarta atau sekitar 435 km sebelah barat laut Denpasar, Bali.

Sebagai kota metropolitan, ada sekitar 10 juta penduduk yang mendiami wilayah Kota Surabaya.

Selain itu, Surabaya juga menjadi kota yang maju dengan banyaknya infrastruktur modern, seperti bandara, stasiun, pelabuhan, gedung perkantoran, dan pusat perbelanjaan.

Sama seperti Jakarta, Kota Surabaya juga memiliki banyak gedung tinggi dan pusat perbelanjaan atau mal ternama. Bahkan, mal terbesar di Indonesia saat ini berada di Surabaya, lho.

Ingin tahu apa saja mal terbesar di Surabaya yang sering mengadakan promo? Simak artikelnya sampai akhir, ya!

Baca Juga: 15 Pemain Sepak Bola Terkaya di Dunia, Siapa Saja Mereka?

Daftar Mal Terbesar di Surabaya

mal terbesar di surabaya
Foto: Mal Terbesar di Surabaya (pakuwonjati.com)

Sebagai kota metropolitan, Surabaya memiliki puluhan mal yang diisi oleh banyak brand tekemuka. Sebagian diantaranya masuk dalam daftar mal terbesar di Surabaya berikut ini!

1. Pakuwon Mall Surabaya

Mal terbesar di Surabaya yang pertama adalah Pakuwon Mall. Tak hanya di Surbaya, Pakuwon Mall juga merupakan pusat perbelanjaan modern terbesar di Indonesia.

Mal ini berlokasi di Jl Mayjen Jonosewojo No.2, Babatan, Kec Wiyung, Surabaya. Mal ini memiliki luas lantai mencapai 200 ribu meter persegi dengan desain mal yang modern dan mewah.

Sebelumnya, mal ini dikenal dengan sebutan Supermall Pakuwon Indah dan diresmikan pada tahun 2003. Pada tahun 2017, mal ini mengalami renovasi oleh DP Architects yang membuatnya terlihat lebih modern dan megah.

Sebagai mal terbesar, pusat perbelanjaan ini tak pernah sepi pengunjung. Pakuwon Mall diisi oleh banyak brand terkenal baik lokal maupun internasional. Beberapa brand yang berada di mall ini antara lain, SOGO Department Store, Zara, H&M, Lottemart, Watsons, dan lainnya.

Pakuwon Mall juga telah dilengkapi fasilitas lain seperti apartemen, hotel, hingga convention center yang memiliki kapasitas hingga 5000 orang.

Mal ini memiliki 3 lantai basement, 6 lantai mal, dan 1 lantai exhibition hall. Selain pusat perbelanjaan, mal ini dipakai untuk acara pameran, promosi, pertemuan, dan pernikahan.

2. Tunjungan Plaza

Mal terbesar di Surabaya pada urutan kedua ditempati oleh Tunjungan Plaza. Mal ini berlokasi di Jl Jenderal Basuki Rachmat No. 8-12, Tegalsari, Surabaya.

Tunjungan Plaza memiliki luas mencapai 170 ribu meter persegi dan terdiri atas 6 pusat perbelanjaan, mulai dari Tunjungan Plaza 1 hingga 6.

Tunjungan Plaza dibangun pada tahun 1986 dan sangat populer di kalangan masyarakat Surabaya sebagai pusat gaya hidup.

Tak heran, mal ini jarang sepi pengunjung. Terdapat sekitar 500 outlet retail dalam mal ini yang terdiri dari restoran, toko pakaian, café, tempat makan, bioskop, toko buku, hingga supermarket.

Beberapa tenant yang ada di Tunjungan Plaza antara lain SOGO, Matahari Department Store, Gramedia, Cinema XXI, ACE Hardware, Hero Supermarket, dan lainnya.

Baca Juga: 20 Klub Bola Terkaya di Dunia, Ada Dari Indonesia?

3. Ciputra World

10 Mal Terbesar di Surabaya yang Sering Mengadakan Promo!
Foto: Ciputra World Surabaya (ciputraworldsurabaya.com)

Nama developer Ciputra memang tak perlu diragukan lagi sepak terjangnya dalam dunia properti di tanah air. Salah satu karya Ciputra adalah lahirnya mal Ciputra World yang merupakan mal terbesar di Surabaya.

Mal ini berlokasi di Jl Mayjen Sungkono No. 89, Gunung Sari. Ciputra World memiliki façade depan bergelombang khas grup Ciputra. Mal ini dibangun dengan konsep Superblock yang berdiri di atas lahan seluas 9 hektar.

Pusat perbelanjaan ini diisi berbagai merek internasional ternama seperti Louis Vuitton, Armani, Versace, dan merek ternama lainnya.

Selain gerai fashion berkelas, mal ini juga punya fasilitas penunjang lain yang akan membuat pengalaman wisata berbelanja menjadi makin nyaman.

Kompleks Ciputra World Surabaya juga dilengkapi dengan 3 blok apartemen dan hotel bintang lima yang menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi.

4. Grand City Mall

Grand City Mall memiliki luas lahan 4,5 hektar dan berlokasi di Jl Walikota Mustajab No. 1, Ketabang, Kec Genteng. Mal ini berada di lokasi yang strategis, tak jauh dari Stasiun Gubeng sehingga sangat mudah diakses oleh para pelancong.

Grand City Mall berada di bawah manajemen PT Hardayawidya Graha. Mall ini mengadopsi gaya Suntec dan menawarkan konsep one stop shopping dan one stop MICE.

Tak hanya pusat perbelanjaan, terdapat pula area perkantoran, apartemen, dan hotel berfasilitas lengkap dalam kompleks Grand City Surabaya.

Selain itu, pusat perbelanjaan ini juga memiliki berbagai fasilitas yang dapat menunjang kegiatan pengunjung, seperti atm center, barbershop, area kuliner, dan arena bermain anak.

Baca Juga: 10 Kota Terkaya di Indonesia, Nomor 1 Bikin Tercengang!

5. City of Tomorrow

Mal City of Tomorrow atau biasa disebut CITO juga masuk dalam jajaran mal terbesar di Surabaya. Mal ini berlokasi di Jl Ahmad Yani No. 288, Dukung Manunggal, Gayungan.

Mal CITO merupakan salah satu Superblock karya PT Lippo Karawaci yang terletak di pintu masuk kota Surabaya, berdekatan dengan Bandara Juanda.

Mall megah dan mewah ini memiliki empat lantai yang menampung ratusan toko retail. Mulai dari Matahari Department Store, Cinepolis hingga restoran-restoran yang menyajikan berbagai menu.

Salah satu kelebihan yang ditawarkan CITO adalah gerai kuliner yang jumlahnya sangat banyak, mencapai lebih dari 200 gerai.

6. Galaxy Mall

10 Mal Terbesar di Surabaya yang Sering Mengadakan Promo!
Foto: Galaxy Mall Surabaya (wikiwand.com)

Galaxy Mall merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar dan terbaik di Surabaya. Mal ini berlokasi di Jl Dharmahusada Indah Timur 35-37, Mulyorejo.

Bangunan mal ini didesain dengan bentuk unik dan minimalis serta memiliki slogan “discover the best that life has to offer at Galaxy Mall Surabaya”.

Mal ini terdiri dari 5 lantai dengan tenant yang sudah terkenal seperti Centro, Sogo, Uniqlo, Sushi Tei, Cinema XXI, Erafone, dan masih banyak lagi.

Mall ini mulai dibangun pada 1996 oleh PT Sinar Galaxy yang terdiri dari Galaxy Mall 1, 2, dan 3 yang menjadi superblok di Surabaya. Luas superblok ini sekitar 62 ribu meter persegi dan ramah bagi anak.

Baca Juga: Daftar Orang Terkaya di Indonesia 2022, Siapa Saja Mereka?

7. Plaza Surabaya

Mal terbesar di Surabaya pada posisi ke-7 ditempati oleh Plaza Surabaya. Mal ini berlokasi di Jl Pemuda No. 31-37, Surabaya, Jawa Timur.

Plaza Surabaya berada di pusat kota dan bersebelahan dengan Monumen Kapal Selam Surabaya, sehingga sangat strategis dan mudah diakses.

Plaza Surabaya terdiri atas 6 lantai yang dilengkapi fasilitas parkir yang luas. Ada berbagai brand ternama dalam negeri maupun luar negeri di mall ini, seperti Superindo dan Matahari Department Store.  

Meski begitu, harga barang-barang di mal Plaza Surabaya dianggap lebih bersahabat karena menyasar kelompok masyarakat yang segmennya di bawah Pakuwon Mall.

8. Marvell City Mall

Meski mirip, Marvell City Mall bukanlah bagian dari Marvel Comics, ya. Marvell City Mall berlokasi di Jl Ngagel No. 123, Wonokromo, Surabaya.

Mal ini dibangun di atas lahan seluas 2,6 hektar dan berada di bawah naungan tiga perusahaan besar, yaitu Kentjana Group, Dian Istana Group, dan Avila Prima Group. Mal ini didesain oleh firma arsitektur asal Singapura.

Ada berbagai tenant yang berasal dari merek-merek terkenal di dalam dan luar negeri. Selain itu, di mal ini juga terdapat fashion store, swalayan, hingga pusat hiburan dan kuliner.

Baca Juga: Profil Michael Bambang Hartono, Orang Terkaya di Indonesia!

9. Lenmarc Mall

10 Mal Terbesar di Surabaya yang Sering Mengadakan Promo!
Foto: Lenmarc Mall (pergiyuk.com)

Mal terbesar kesembilan di Surabaya adalah Lenmarc Mall. Mall ini berlokasi di bagian barat Surabaya, tepatnya di Jl Mayjen Jonosewojo No. 9, Dukuhpakis.

Mal seluas 82 ribu meter persegi ini dikembangkan oleh PT Bukit Darmo Property Tbk dan terdiri atas enak lantai.

Pusat perbelanjaan yang berlokasi di Bukit Darmo Golf ini tak pernah sepi pengunjung. Pasalnya, terdapat banyak sekali gerai pertokoan yang menawarkan berbagai barang berkualitas.

Gerai toko seperti Ace Hardware, Miniso, Transmart, Carrefour, hingga Home Solution bisa kamu temukan di Lenmarc Mall. Selain itu, di atasnya terdapat apartemen Adhiwangsa Golf View Residence dan Nine Boulevard Premium Office Tower.

10. Surabaya Town Square

Mal terbesar di Surabaya yang terakhir adalah Surabaya Town Square atau SUTOS. Bisa dibilang, konsep mal ini sama seperti CITOS (Cilandak Town Square) yang ada di Jakarta.

Mal ini berlokasi di Jl Hayam Wuruk No. 6, Wonokromo, Surabaya. Mal ini mengusung konsep outdoor-indoor sama seperti CITOS yang cocok untuk bersantai bersama teman dan keluarga.

Baca Juga: Apa Itu Retail? Ini Pengertian dan 6 Karakteristiknya

Peran Pusat Perbelanjaan Bagi Masyarakat

10 Mal Terbesar di Surabaya yang Sering Mengadakan Promo!
Foto: Pengunjung Mal (freepik.com)

Kehadiran berbagai pusat perbelanjaan di kota-kota besar menjawab tuntutan zaman dan dapat memenuhi kebutuhan banyak orang. Namun, kehadiran pusat perbelanjaan tersebut juga memiliki peran vital lain bagi masyarakat.

Dirangkum dari Cannon Central, pusat perbelanjaan didefinisikan sebagai sekelompok toko ritel dan perusahaan penyedia layanan lainnya yang biasanya didedikasikan untuk mendukung dan melayani lingkungan atau komunitas tertentu.

Berikut beberapa peran pusat perbelanjaan atau mal bagi masyarakat:

1. Sebagai Sarana Rekreasi

Tidak ada kewajiban untuk berbelanja ketika kamu mendatangi pusat perbelanjaan. Setiap orang bisa berkunjung ke mal meskipun hanya untuk melihat-lihat saja.

Pusat perbelanjaan seperti mal menyediakan jeda waktu yang singkat dan cepat dari jadwal kesibukan dan rutinitas harian. Orang-orang bisa datang ke mal hanya untuk berjalan-jalan sebentar dan melakukan window shopping.

Mal ibarat pit stop kecil yang bagus untuk melepas penat. Itulah mengapa kebanyakan mal dibangun berdekatan dengan gedung perkantoran, kampus, dan fasilitas umum lainnya sebagai tempat rekreasi sejenak saat jeda jam makan siang.

2. Memberikan Pengalaman Belanja yang Lebih Baik

Selama pandemi, banyak pihak beranggapan bahwa tren belanja akan berubah drastis dari offline ke online. Nyatanya, pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar.

Sebagian masyarakat tetap lebih menyukai transaksi offline di mana mereka bisa melihat, menyentuh, dan merasakan langsung barang-barang yang akan mereka beli.

Mal menjadi tempat banyak orang bisa mendatangi gerai kesukaan mereka dan melihat langsung produk yang mereka sukai. Interaksi ini menciptakan pengalaman belanja yang lebih berkesan.

Baca Juga: Sempat Gagal, Kini Mark Zuckerberg Sukses Jadi Orang Terkaya di Dunia

3. Berkontribusi Terhadap Pembangunan Daerah

Pusat perbelanjaan akan membayar pajak dan menyumbang pendapatan pajak yang masuk ke kas daerah. Hal ini mendukung lembaga masyarakat seperti sekolah, fasilitas olahraga, dan infrastruktur lokal lainnya.

Brand-brand ternama di pusat perbelanjaan juga memberikan lebih banyak kesempatan kerja kepada masyarakat setempat yang berada di dalam wilayah mal berdiri.

Hal itu dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui penyerapan lapangan kerja yang lebih beragam dan modern.

4. Menjadi Landmark Baru Suatu Daerah

Beberapa mal besar di Indonesia kini menjelma menjadi landmark baru dari daerah yang ditempatinya. Sebut saja mal Paris Van Java yang menjadi tempat ikonik baru Kota Bandung, atau Pakuwon Mall yang menjadi landmark Surabaya.

Artinya, selain sebagai tempat belanja, mal juga memiliki peran penting dalam mengangkat citra suatu daerah sebagai kawasan yang lebih maju dan modern.

5. Mengundang Wisatawan

Kehadiran mal-mal besar juga menjadi salah satu faktor penarik kedatangan wisatawan. Banyak orang yang datang ke Jakarta untuk berkunjung ke Grand Indonesia atau Sarinah.

Selain itu, ada banyak pula turis yang datang ke Kota Bandung untuk mengunjungi mal PVJ yang memiliki konsep unik. Artinya, kehadiran sebuah mal yang dibalut dengan keunikan daerah terbukti menjadi daya tarik wisata tambahan bagi wilayah yang bersangkutan.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Jack Ma dan Kerajaan Bisnis Miliknya

Itulah deretan mal terbesar di Surabaya dan peran mal bagi masyarakat dan wilayah di sekitarnya.