Arti WTS WTB WTT dalam Transaksi Online, Sudah Tahu?

Share this Post

wts wtb wtt
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Apa itu WTS WTB WTT? Istilah ini sering digunakan dalam sebuah proses transaksi.

Dalam berbelanja online, ada banyak istilah yang digunakan oleh penjual maupun pembeli selama proses transaksinya. Salah satunya WTS, WTB, dan WTT.

Semakin berkembangnya zaman dan majunya teknologi, aktivitas jual-beli saat ini lebih banyak dilakukan secara online. Selama prosesnya, istilah yang digunakan juga mengalami perubahan sehingga cukup berbeda dengan transaksi langsung.

Misalnya, penggunaan istilah WTS WTB WTT. Kamu mungkin sudah pernah melihat atau mendengar istilah ini, bukan?

Lantas, apakah arti WTS WTB WTT dalam jual beli online? Yuk, cari tahu dalam artikel berikut ini dan pahami juga istilah jual-beli lainnya yang perlu kamu kuasai!

Baca Juga: Mau Jualan? Ini Istilah Belanja Online yang Perlu Kamu Tahu

Arti WTS WTB WTT

wts wtb wtt
Foto: Pebisnis Online (Freepik.com)

Arti dari WTS, WTB, WTT berbeda-beda. Penggunaan istilah ini pun tidak sama pada transaksi jual beli online.

Lalu, apa saja makna dari istilah WTS WTB WTT? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Makna WTS

Istilah WTS yang biasa kamu temui saat transaksi online memiliki makna Want to Sale. Dalam hal ini, penjual menawarkan produk mereka untuk dibeli.

Jadi ketika kamu menemukan istilah WTS di forum jual beli atau media sosial, artinya seseorang sedang menjual produknya.

Contoh penggunaan istilah WTS dalam jual beli online, yaitu “WTS laptop Rp3jt, nego.” Itu artinya, penjual ingin menjual laptopnya seharga Rp3 juta dan calon pembeli bisa menawarnya hingga mencapai harga yang disepakati.

2. Makna WTB

Sedangkan istilah WTB dalam jual beli online memiliki makna Want to Buy. Itu artinya, pelanggan sedang mencari produk yang dibutuhkan untuk dibeli.

Jadi, istilah WTB digunakan untuk mencari barang dalam forum jual beli online atau media sosial.

Misalnya, “WTB motor second, budget Rp4-10jt”. Maka, seseorang yang membuat iklan artinya sedang mencari motor bekas untuk dibeli dengan kisaran harga Rp4-10 juta.

3. Makna WTT

Ada lagi istilah WTT yang merupakan kependekan dari Want to Trade. Nah, istilah ini biasanya dapat digunakan untuk transaksi barter atau tukar-menukar barang.

Dalam melakukan barter, kedua belah pihak biasanya akan memastikan apakah barang yang ditukar memiliki nilai sama.

Jika pun tidak sesuai, proses barter mungkin tetap akan dilakukan, tergantung pada kesepakatan yang telah dibuat.

Apabila kamu ingin menukar barang yang dimiliki dengan barang lain milik orang lain, mungkin bisa coba menggunakan istilah WTT di forum jual beli online atau media sosial.

Kini, kamu sudah tahu bukan tentang istilah WTS WTB WTT? Semoga informasi ini bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan saat melakukan transaksi online.

Baca Juga: Bahasa Marketing: Istilah-Istilah dalam Dunia Marketing

Istilah dalam Jual-Beli Online

arti wts wtb wtt
Foto: Pelaku Usaha Online (Freepik.com)
shopee pilih lokal

Selain WTS WTB WTT, ada lagi beberapa istilah lain dalam jual beli online di internet. Baik itu berupa singkatan atau istilah asing.

Berikut di antaranya yang perlu kamu ketahui:

1. DM atau PM

Istilah DM atau PM merupakan kependekan dari direct message atau personal/private message.

Hal ini digunakan oleh penjual dan pembeli untuk membicarakan kondisi produk sebelum transaksi jual beli.

Selain kondisi produk, pembeli juga bebas bertanya apapun secara pribadi pada penjual. Misalnya tentang potongan harga, biaya pengiriman, dan lainnya.

2. COD

COD merupakan kependekan dari Cash on Delivery. Artinya, pembayaran dilakukan di tempat saat pembeli telah menerima barang dari penjual.

Selain itu, pembayaran juga bisa dilakukan saat pembeli dan penjual bertemu di lokasi yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak.

3. BNIB atau BNOB

BNIB ialah kependekan dari Brand New In Box. Artinya, produk yang dijual masih baru dan tersegel di dalam kemasannya.

Sedangkan BNOB merupakan kependekan dari Brand New Open Box.

Maksudnya adalah barang yang dijual sudah dikeluarkan dari box atau kemasannya karena alasan tertentu. Namun, kondisi barang biasanya masih baru.

4. Mint Condition atau Like New

Mint condition atau Like New dalam jual beli online biasanya adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi barang.

Artinya, produk masih dalam kondisi baik dan masih layak pakai seperti baru.

Biasanya, istilah ini digunakan untuk menjual barang bekas yang baru dipakai hanya beberapa kali. Bahkan, bisa juga dipakai saat menjual produk yang masih baru.

5. Preloved atau Second

Istilah preloved berarti barang yang dijual merupakan barang bekas. Biasanya istilah ini digunakan untuk menjual barang bekas pemakaian pribadi.

Sama seperti preloved, istilah second juga mengacu pada barang bekas yang dijual kembali dan masih layak untuk digunakan.

Baca Juga: Mengenal Istilah Debet pada Pembukuan, Begini Cara Kerjanya

6. OEM

OEM merupakan kependekan dari Original Equipment Manufacture. Maksudnya adalah barang yang dijual asli dari pabrik. Namun, dijual kembali oleh perusahaan lain.

7. PO

PO merupakan istilah dalam jual beli online dari kata pre order.

Artinya, pembeli perlu menunggu produk selama beberapa waktu karena belum diproduksi atau mungkin harus dikirim dari luar negeri.  

8. Nett

Nett adalah istilah dalam jual beli online yang artinya harga akhir dari penjual. Jadi, calon pembeli tidak dapat menawarnya dan harus membayar seharga yang telah ditentukan.

9. Sold Out

Sold out dalam istilah jual beli online biasanya digunakan untuk memberikan keterangan pada produk yang telah habis terjual.

10. TS

istilah dalam jual beli online
Foto: Laptop dan Dompet (Pixabay.com)
shopee pilih lokal

TS atau thread strater artinya orang yang pertama kali mengunggah konten penawaran barang. Biasanya, istilah ini banyak digunakan dalam transaksi di forum jual beli atau media sosial.

Baca Juga: Pengertian BNIB, Brand New In Box dan Pahami Istilahnya Sebelum Beli Barang!

11. BT

BT adalah kependekan dari barter. Sesuai dengan artinya, BT biasa digunakan saat mengajukan penawaran untuk bertukar barang.

Dengan nilai yang sama atau kesepakatan antara kedua belah pihak.

12. TT

TT merupakan kependekan dari Tuker Tambah. Itu artinya, penjual dan pembeli melakukan pertukaran barang dengan tambahan uang dari pembeli.

Adapun uang yang ditambahkan jumlahnya harus sesuai dengan harga barang.

13. No Minus

Istilah No Minus biasanya digunakan dalam deskripsi produk. Artinya, barang yang dijual masih dalam kondisi bagus tanpa kekurangan atau kerusakan.

14. Reject

Reject merupakan istilah dalam deskripsi produk untuk menginformasikan pada calon pembeli bahwa barang yang dijual memiliki cacat/kerusakan sedikit.

15. Refurbished

Refurbished adalah istilah yang biasanya digunakan dalam jual beli barang elektronik secara online.

Refurbished artinya produk yang dijual sudah dalam kondisi lama dengan sedikit perbaikan. Bisa juga telah diproduksi ulang oleh pabriknya.

Baca Juga: Istilah Mint Condition atau Like New dalam Jual Beli Online, Apa Artinya?

16. BU

BU artinya Butuh Uang. Istilah ini biasanya banyak digunakan oleh penjual yang membutuhkan dana segera sehingga berharap produknya terjual dengan cepat.

17. PL atau Price List

PL merupakan kependekan dari Price List yang artinya daftar harga. Ini berisi daftar harga jual produk dari suatu toko. Jadi, pembeli bisa mengetahui semua harga produk yang dijual sebelum mereka melakukan pembelian.

18. FYI

FYI merupakan kependekan dari For Your Information. Biasanya, istilah ini digunakan dalam pesan untuk menunjukkan informasi pada lawan bicara.

Dalam jual beli online, istilah FYI cukup sering digunakan oleh anggota forum jual beli maupun ditemui pada media sosial.

19. Hit and Run

Hit and Run atau yang juga sering disebut sebagai HNR merupakan istilah yang menggambarkan indikasi penipuan jual beli online.

Jadi, calon pembeli tidak melanjutkan transaksi setelah mengontak penjual.

20. Keep

istilah dalam jual beli online dan artinya
Foto: Website Jual Beli Online (Pixabay.com)
shopee pilih lokal

Istilah keep merupakan istilah yang bisa digunakan oleh pembeli untuk meminta penjual agar barang yang dijual dapat disimpan, sehingga tidak dibeli oleh pembeli lain.

Baca Juga: Arti BU dalam Jual Beli, Sudah Tahu?

21. Recsell

Recsell merupakan kependekan dari recommended seller. Artinya penjual tersebut telah direkomendasikan karena terjamin aman dan tepercaya.

22. DP

DP atau down payment adalah uang muka. Uang ini mengharuskan pembeli untuk membayar sebagian harga barang terlebih dahulu. Baru kemudian melunasinya sesuai kesepakatan.

23. NOS

NOS merupakan kependekan dari New Old Stock.

Istilah ini dapat digunakan oleh penjual untuk memberitahukan pada calon pembeli bahwa produk yang dijual masih dalam kondisi baru, tetapi merupakan stok lama dari pabrik.

Jadi, bukan edisi yang terbaru sehingga mungkin fitur-fiturnya tidak sebagus produk keluaran baru. Namun biasanya, fungsinya akan tetap sama.

Baca Juga: Anggaran Periklanan: Jenis, Metode, dan Contohnya

Itu dia penjelasan dari istilah WTS WTB WTT dan beberapa istilah lain yang sering ditemui pada proses jual beli online. Semoga bermanfaat, ya!

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X