WordPress vs Wix: Simak 7 Poin Perbedaannya

Share this Post

wordpress vs wix
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Bagi kamu yang ingin membuat situs web, terutama untuk bisnis, banyak website builder di luar sana yang bisa kamu gunakan. Dua di antaranya, WordPress dan Wix. WordPress vs Wix, mana yang terbaik?

Bagi yang belum tahu, WordPress merupakan content managing system (CMS) open source yang dapat digunakan secara gratis. WordPress sudah ada sejak 2003, dan terus berkembang hingga kini.

CMS ini memungkinkan banyak pengguna untuk membuat plugin dan theme yang bisa dipasangkan di dalamnya. Ini memungkinkan WordPress membentuk komunitas besar.

Ada pun Wix sebagai pesaingnya, mengukuhkan diri sebagai web development service berbasis cloud. Berdiri sejak 2006, Wix memungkinkan penggunanya untuk membuat situs web dengan berbagai kebutuhan.

Sebagian besar fitur yang ditawarkan Wix, sangat memudahkan penggunanya untuk membuat situs web bisnis atau e-commerce.

Jika membandingkan keduanya, WordPress vs Wix, manakah yang lebih baik? Mari teliti satu per satu dalam artikel ini.

Baca Juga: 10 Plugin WordPress Terbaik untuk Optimalkan Bisnis Online

WordPress vs Wix: Kelebihan dan Kekurangan

wordpress vs wix
(Foto coding website. Sumber: Unsplash.com)

Katakanlah kamu akan membuat sebuah situs web untuk bisnis online atau e-commerce. Namun, kamu tidak memiliki kemampuan sebagai web developer, apalagi membuat coding.

Kamu tentu akan mencari platform website builder yang memudahkanmu membuat situs web. Ada banyak pilihan, tetapi kamu bisa mengerucutkan pilihan pada WordPress dan Wix.

Masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Jika kamu masih bingung mau menggunakan yang mana untuk membuat situs web, lihat perbandingan WordPress vs Wix berikut ini.

1. Kemudahan Penggunaan

Menurut Website Builder Expert, Wix merupakan website builder yang memungkinkan penggunanya membuat situs web dengan cara drag and drop.

Ini tentu sangat ramah pengguna, sehingga kamu tidak perlu tahu cara melakukan coding, karena Wix melayani pengguna non-teknis.

Ada pun WordPress kurang ramah pengguna karena untuk memakainya perlu banyak belajar terlebih dahulu.

Penggunaan WordPress akan lebih maksimal jika kamu tahu cara melakukan coding dan paham secara teknis. Dalam hal ini, WordPress vs Wix, Wix yang lebih baik.

2. Desain dan Kustomisasi

Perbandingan WordPress vs Wix selanjutnya, yaitu dari segi desain dan kostumisasi. Dengan menggunakan WordPress, kamu memiliki kontrol yang tidak terbatas atas desain dan estetika situs web.

Kamu bisa memilih theme yang tidak terbatas. Hal ini karena WordPress bersifat open source, sehingga memungkinkan siapa pun dapat membuat theme. Kamu bisa menambahkan plugin tertentu jika ingin membuat laman sesuai kebutuhan.

Ada pun Wix menyiapkan lebih dari 800 template yang dirancang secara profesional untuk kamu kerjakan. Namun kamu tidak dapat beralih ke template lain tanpa mendesain ulang situs web.

3. Aplikasi dan Plugin

Perbandingan WordPress vs Wix selanjutnya, yakni terkait ketersediaan aplikasi dan plugin. Di Wix, kustomisasi terbatas, tetapi semua fitur dan fungsi dikontrol, dipantau, dan diuji secara ketat untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Ada pun WordPress sangat fleksibel dan dapat disesuaikan. Namun dapat menjadi masalah jika alat atau plugin khusus yang kamu pasang rusak.

Baca Juga: Jenis-Jenis Platform Jualan Online untuk Permudah Transaksi Jual-Beli

4. E-commerce

Dalam pertarungan WordPress vs Wix yang satu ini, WordPress memenangkannya. Hal ini karena CMS ini memungkinkanmu untuk menginstal berbagai plugin semacam WooCommerce untuk membuat toko online.

Cocok digunakan jika kamu membuka e-commerce dengan jumlah produk dalam jumlah besar. Selain itu pilihan plugin ada banyak, tak terbatas pada WooCommerce.

Di sisi lain pada Wix, fitur penjualan sudah ada dalam paket pembuatan e-commerce. Fitur ini cocok untuk menjual beberapa produk saja.

5. Blog

Pada WordPress vs Wix terkait blog, WordPress kembali memenangkannya. WordPress sudah dikenal sebagai CMS untuk blogging, sehingga pengembangannya selalu diperhatikan.

Dengan Wix, kamu sebenarnya juga bisa membuat blog. Website builder ini mendukung penggunaan kategori, tag, mobile blogging, menambah jumlah kontributor tulisan.

Namun WordPress yang menawarkan pula semua yang ditawarkan Wix, selangkah lebih maju dengan fitur featured image, backdating posting, dan private posting.

6. Search Engine Optimization (SEO)

Perbandingan WordPress vs Wix selanjutnya, yakni dari segi SEO. Pada Wix, terdapat fungsionalitas SEO dasar. Ini disertai fitur-fitur canggih yang disertakan melalui site booster pada paket Unlimited atau lebih tinggi.

Adapun pada WordPress, pengguna dapat menggunakan SEO tools dengan memasang plugin, seperti Yoast, AIOSEO, Rank Math, dan sebagainya.

7. Pemeliharaan Berkelanjutan

Aspek pemeliharaan berkelanjutan menjadi perbandingan WordPress vs Wix selanjutnya. Di sini, Wix lebih unggul.

Wix tidak membuka platformnya untuk pengembang eksternal. Platform ini mengontrol semua aspek. Artinya, Wix mengelola semua pembaruan dan pekerjaan pemeliharaan.

Adapun WordPress membutuhkan perawatan dan pemantauan yang sering, terutama jika ada pembaruan pada platform, tema, atau plugin. 

Kamu bertanggung jawab untuk memelihara situs web dengan terus meng-update plugin dan CMS itu sendiri.

Baca Juga: 7 Tips Mudah Membuat Artikel SEO Friendly Untuk Blog

Manfaat WordPress untuk Bisnis

wordpress vs wix
(Foto aplikasi WordPress. Sumber: Unsplash.com)
shopee pilih lokal

Setelah melihat perbandingan WordPress vs Wix, kamu mungkin sudah menentukan akan menggunakan yang mana.

Jika masih ragu, mari lihat bagaimana manfaat masing-masing platform untuk bisnismu. Berikut ini daftar manfaat WordPress untuk bisnis.

1. Mesin Pencari Suka dengan Situs WordPress

Kode di balik WordPress sangat bersih dan sederhana, sehingga memudahkan mesin pencari untuk membaca dan mengindeks konten situs. 

Selain itu, setiap halaman, posting, dan gambar dapat memiliki kata kunci meta tag, deskripsi, judulnya sendiri, dan dioptimalkan untuk kata kunci tertentu.

2. Mobile Friendly dengan Theme yang Responsif

Lebih banyak pencarian dan transaksi online sekarang dilakukan dari perangkat seluler ketimbang desktop

Artinya, agar dapat bersaing, situs bisnis harus mobile friendly dengan tampilan dan akses yang mudah di semua jenis layar dengan desain responsif. 

Situs web bisnis berbasis WordPress dapat dibuat dengan theme yang responsif. Selain itu, dengan berbagai plugin WordPress gratis dan premium, kamu dapat menambahkan fitur desain responsif ke tema non-responsif.

Baca Juga: 10 Cara Membuat Website Mobile Friendly untuk Tingkatkan SEO

3. Versatile dan Terukur untuk Kegiatan Bisnis

Meski WordPress pada awalnya dirancang khusus untuk blogging, CMS ini dapat digunakan untuk membuat hampir semua jenis situs lainnya. 

Theme dan plugin bisnis WordPress dapat dicampur dan dicocokkan untuk membuat jenis situs unik yang memenuhi kebutuhan spesifik bisnis.

4. Fitur E-commerce Lanjutan

Berkat plugin seperti WooCommerce dan BigCommerce, kamu dapat mengubah situs web berbasis WordPress menjadi toko online dengan mudah dan cepat.

Dengan begitu, kamu dapat memadukan kemudahan penggunaan WordPress dengan fungsionalitas e-commerce. Jadi, kamu dapat mencapai tujuan tanpa harus mengubah CMS dan alur kerja sepenuhnya.

5. Keamanan dan Keandalan

WordPress menerima pembaruan konstan untuk selalu tetap aman. Karena ini adalah CMS open source, artinya ada sekelompok besar pengembang bekerja di seluruh dunia untuk mengatasi potensi ancaman keamanan.

Seperti biasa, kamu dapat menginstal plugin keamanan WordPress pihak ketiga yang makin memperluas fitur ini.

Mulai dari backup berbasis cloud, firewall, pemindai virus dan malware, anti-spam untuk komentar, dan banyak lagi.

Baca Juga: 9 Perbedaan Blogspot dan WordPress, Pilih yang Lebih Cocok untukmu!

Manfaat Wix untuk Bisnis

wordpress vs wix
(Foto membuat toko online. Sumber: Unsplash.com)
shopee pilih lokal

Perbandingan WordPress vs Wix tidak lengkap jika tidak menyebutkan pula manfaat Wix untuk bisnis.

Berikut ini daftar manfaat yang bisa diberikan Wix untuk bisnismu. Semoga bisa jadi bahan pertimbangan dalam membandingkan WordPress vs Wix.

1. Terdapat Alat Pemasaran Built-in

Dengan adanya alat pemasaran yang sudah terintegrasi langsung, kamu dapat menggunakan pemasaran email. Artinya, kamu dapat mengumpulkan alamat email pengunjung. 

Ini bisa menjadi salah satu keuntungan besar dari Wix jika kamu ingin mengirimi mereka buletin atau email tentang berbagai penjualan dan promosi.

Wix juga menawarkan kesempatan untuk menjangkau audiens yang lebih luas dengan peluang posting media sosial built-in mereka. Terlebih lagi, kamu juga dapat memiliki Iklan Facebook untuk pengalaman yang lebih baik.

2. Koleksi Produk Tanpa Batas

Salah satu kelebihan Wix, yaitu kamu dapat membuat banyak koleksi produk. Opsi ini sangat berguna jika kamu memiliki jenis produk yang sama dengan beberapa variasi. 

Kamu hanya perlu membuat koleksi dan memasukkan variasi yang berbeda di dalamnya. Menggunakan koleksi produk, dapat membuat toko online mudah dikelola dan jelas bagi pengunjung situs web.

Baca Juga: Layanan E-commerce dari SIRCLO, Bantu Sukseskan Bisnismu!

3. Terdapat Beberapa Saluran Penjualan

Kamu dapat dengan mudah menjual produk toko Wix di Instagram, eBay, Facebook, dan lain-lain. 

Dengan bantuan penjualan multichannel, kamu bisa menargetkan pelanggan yang mengikutimu di media sosial. Ini bisa sangat berguna karena mereka pasti terdiri dari basis pelangganmu.

4. Metode Pembayaran Aman

Salah satu keunggulan Wix, yaitu kamu dapat memberikan opsi yang berbeda kepada pelanggan. Pembayaran Wix merupakan opsi yang bagus jika kamu tidak ingin menyiapkan payment gateway pihak ketiga. 

Namun, metode pembayaran Wix belum tersedia di banyak tempat. Jadi, kamu pasti perlu menyiapkan payment gateway lainnya yang banyak digunakan di Indonesia.

5. Mudah untuk Memulai Dropshipping

Dropshipping adalah proses bisnis yang memungkinkanmu menjual produk tanpa memiliki inventaris. Kamu tidak perlu menyimpan apa pun dan mengelola logistik, karena ini akan menjadi pekerjaan pemasok. 

Dengan menggunakan Wix, kamu bisa membuat toko online yang mudah digunakan oleh model bisnis dropship.

Baca Juga: 7 Cara Dropship Tanpa Modal, Pebisnis Pemula Harus Tahu!

Itulah perbandingan WordPress vs Wix. Jadi, platform mana yang akan kamu gunakan untuk membuat situs web bisnis?

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X