3 Pentingnya Lookbook Fashion untuk Meningkatkan Penjualan

Share this Post

Table of Contents

Lookbook fashion berisi kumpulan foto menarik produk pakaian yang bisa menarik minat pelanggan. Sebenarnya apa gunanya?

Dengan pesatnya pertumbuhan toko online, semakin kompetitif pula bisnis di melalui dunia internet tersebut.

Untuk itu, sebagai pebisnis online fashion, kamu harus terus melakukan inovasi pada toko online supaya tetap bertahan. Salah satu caranya dengan menggunakan lookbook.

Baca Juga: 8 Tips Menulis Deskripsi Produk Baju untuk Memikat Konsumen

Sekarang ini, banyak desainer dan penjual online yang mengubah cara mereka dalam menyajikan produk-produknya dengan menampilkan lookbook fashion.  

Lookbook sendiri merupakan kumpulan foto-foto produk yang dibungkus dalam format yang interaktif yang biasanya memiliki tema atau disesuaikan dengan musim.

Ini merupakan strategi promosi untuk menarik pelanggan dan membantu mereka menentukan pilihan yang lebih baik. 

Lookbook yang bagus dapat membantu meningkatkan penjualan di website toko online kamu, lho. Lantas, apa gunanya lookbookm fashion?

Apa Itu Lookbook Fashion?

lookbook adalah
Foto: Photo Fashion (freepik.com)

Menurut Designs Hack, lookbook fashion adalah semacam portofolio dan memiliki kegunaan yang luas di berbagai bidang. Dalam bidang ini, dapat menjadi portofolio yang berisi kumpulan gambar produk fashion yang menarik.

Lantas, apakah lookbook sama dengan katalog? Secara fungsi memang hampir sama. Namun, perbedaannya terletak pada tampilan.

Lookbook fashion lebih menarik daripada katalog biasa, sebab didesain dengan tema tertentu dan lebih interaktif.

Misalnya, lookbook yang dirancang dengan tema Ramadan dan menampilkan produk pakaian muslim. Contoh lain adalah lookbook bertemakan Imlek yang menampilkan pakaian khas bergaya Chinese.

Sebelum era digital, lookbook dulunya adalah buku fisik yang dicetak oleh merek fashion untuk memamerkan koleksi terbarunya. Kini, sebagian besar lookbook disajikan secara digital dan ditayangkan di situs web.

Baca Juga: 5 Tips Maksimalkan Bisnis Fashion Ramadhan, Catat ya!

Pentingnya Lookbook Fashion Bagi Bisnis

lookbook adalah
Foto: Fashion Book (freepik.com)

Lookbook fashion tentunya memiliki kegunaan yang penting dalam penjualan. Lantas, apa saja kegunaan dari lookbook?

1. Menjadi Sumber Media

Jika pelanggan sudah menyukai lookbook fashion yang kamu buat, mereka pastinya akan mulai membicarakan brand kamu dengan teman atau keluarganya.

Besar kemungkinan lebih banyak orang akan tertarik dan mengunjungi toko online kamu dan membeli produk yang dijual. 

Lookbook dengan tampilan visual yang menarik juga secara otomatis akan membuat pelanggan betah berlama-lama berada di toko online kamu.

Semakin inovatif lookbook yang kamu buat, semakin besar peluang untuk meningkatkan traffic dan juga penjualan pada toko online kamu.

2. Melibatkan Partisipasi Pelanggan

Serangkaian foto menawan dengan tema atau cerita yang cantik akan membuat tampilan produk yang kamu tawarkan terlihat lebih hidup alih-alih hanya memajang foto-foto produk kamu dengan format standar yang membosankan.

Dengan memajang produk kamu dalam bentuk lookbook dengan gaya yang penuh dengan cerita, hal ini akan menyentuh imajinasi pelanggan dan mendorong mereka untuk memasukan produk itu ke dalam troli.

Baca Juga: 9 Jenis Usaha Pakaian yang Bisa Jadi Ide Bisnis

3. Meningkatkan Citra Brand

Tujuan utama dari lookbook fashion, tidak seperti katalog biasa, adalah untuk menciptakan cerita dari brand kamu, meningkatkan image-nya, serta meningkatkan penjualan selanjutnya sebagai hasil dari image yang semakin meningkat ini.

Jadi, jika kamu berniat meningkatkan citra brand kamu, kamu perlu mulai memikirkan membuat lookbook keren yang membuat brand kamu terlihat keren juga. 

Lookbook yang bagus adalah konten toko online fashion yang sangat bermanfaat dan akan membuat produk apa pun yang kamu jual terlihat menarik dan seksi sehingga siapa pun yang melihatnya akan tertarik untuk memilikinya.

Hal-hal yang Harus Disertakan dalam Lookbook Fashion

lookbook adalah
Foto: Melihat Isi dari Lookbook (freepik.com)

Meskipun terlihat mudah untuk dibuat, namun kamu tetap perlu teliti dalam membuatnya. Berikut ini beberapa hal yang perlu disertakan dalam lookbook, yaitu:

  • Sampul yang memukau: Lookbook fashion sebaiknya dibuat dengan desain sampul yang memukau. Membangun kesan pertama yang baik sangatlah penting. Desain sampul yang menarik akan mengundang rasa penasaran dari pelanggan. Pastikan desain sampul ini benar-benar mewakili karakter merekmu ya!
  • Visual yang berkualitas: Ketika membuat lookbook, pastikan kamu menggunakan gambar yang berkualitas tinggi. perhatikan resolusi gambar yang kamu gunakan, jangan sampai gambar yang kamu masukkan menjadi pecah karena resolusinya yang terlalu kecil. Jika menggunakan filter, gunakanlah filter yang konsisten agar memunculkan tone warna yang pas dan enak dilihat.
  • Deskripsikan dengan rinci: Masalah utama dari menampilan desain yang bagus adalah bahwa orang-orang mungkin menafsirkannya berbeda-beda. Alhasil, pesan yang ingin kamu sampaikan mungkin ditafsirkan berbeda. Untuk menghindari hal tersebut, kamu juga perlu menuliskan deksripsi lengkap dan singkat dari setiap produk yang kamu tampilkan. Mulai dari keterangan ukuran, harga, variasi warna dan model, hingga kualitas bahan.
  • Perjelas tujuan: Ketika membuat lookbook fashion, perjelas tujuan kamu membuatnya. Apakah kamu membuat lookbook untuk menginformasikan promo spesial, atau untuk merilis produk baru? Kamu bisa menuliskannya di bagian awal lookbook dengan tajuk yang unik. Misalnya, “Hot Sale!”, atau “New Product Unlocked!”.
  • Masukkan kontak: Bagian terpenting dari lookbook fashion yang tak boleh kelewatan adalah kontak dan bio bisnismu. Pada bagian awal atau akhir halaman, kamu bisa menceritakan tentang bisnismu. Mulai dari awal mula berdiri hingga perjalanan bisnismu untuk berkembang, disinilah kamu menuliskan brand story dengan baik. Setelah itu, masukkan juga kontak bisnis yang dapat dihubungi, termasuk platform mana saja yang kamu gunakan untuk jualan.

Baca Juga: 4 Cara Mendapatkan Baju Murah Tangan Pertama Dari Pabrik, Dijamin Laris Manis!

Bagaimana Lookbook Fashion Dapat Meningkatkan Penjualan?

lookbook adalah
Foto: Membaca Buku Fashion (freepik.com)

Lookbook menampilkan fotografi produk yang unik dan menarik. Keunikan ini yang dapat meningkatkan engagement dan mendorong penjualan. Lookbook dapat menceritakan kisah yang lebih baik tentang merekmu.

Kamu bisa menuliskan semuanya dengan lengkap dan tidak membosankan karena adanya desain yang bagus. Lookbook digital juga memungkinkanmu untuk mengubah, menghapus, atau menambahkan poin baru dengan cepat.

Disamping itu, lookbook juga dapat menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan. Terkadang, alasan orang membeli produk bukan karena kebutuhan atau tren tertentu. Namun, ini karena adanya ikatan emosional atau nostalgia dengan produk yang digunakan.

Nah, itulah penjelasan tentang lookbook fashion dan fungsinya bagi bisnis. Yuk, coba buat lookbook-mu sendiri!