9 Cara Menjadi Programmer untuk Kembangkan Teknologi

Share this Post

Table of Contents

Profesi programmer adalah hal penting di era digital saat ini. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pada masa dengan perkembangan digital yang sangat pesat seperti sekarang ini, banyak tempat membutuhkan pekerjaan bagi mereka yang dapat membuat dan mengembangkan suatu teknologi.

Satu dari pekerjaan tersebut adalah sebagai programmer. Ini salah satu pekerjaan yang diminati oleh banyak orang karena dianggap mempunyai prospek masa depan.

Banyak orang menyebut pekerjaan ini memiliki gaji besar sekaligus bergengsi. Oleh sebab itu, tidak sedikit kalangan muda yang ingin programmer yang handal.

Sebelum lebih jauh lagi, mari kamu mengulas satu-satu mengenai profesi menarik ini.

Baca Juga: Apa Itu Web Developer? Simak Keterampilan yang Perlu Dimiliki

Definisi Programmer

progammer
Foto: Seorang Programmer (unsplash.com)

Dilansir dari Techopedia, programmer adalah sebuah salah satu jenis profesi yang pekerjaannya berusaha membuat sebuah sistem menggunakan bahasa pemrograman.

Orang yang melakukan pekerjaan ini dapat menulis kode program (syntax) dan merancang sistem.

Kode atau bahasa program yang digunakan, seperti Java, Python, Javascript, dan PHP. Hasil pekerjaannya bisa kamu lihat di teknologi yang kamu gunakan sehari-hari.

Contoh yang tidak asing misalnya adalah web, aplikasi Android, sistem operasi (Windows, Linux, iOS) dan lain sebagainya. Semua produk teknologi tersebut dibuat dengan bahasa pemrograman dibuat oleh profesi tersebut. . 

Baca Juga: 5 Cara Melakukan Link Building dan Manfaatnya bagi Web site

Programmer dalam Web Bisnis

9 Cara Menjadi Programmer untuk Kembangkan Teknologi
Foto Programmer Kerja (unsplash.com)

Pekerjaan programmer salah satunya bisa dilakukan pada web bisnis yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Kamu harus tahu bahwa profesi ini sangat diminati oleh perusahaan atau startup.

Hampir seluruh perusahaan memiliki web dan tidak sembarang orang dapat mengelolanya karena dibutuhkan tenaga ahli untuk menjamin mutu kualitasnya.

Lalu, seperti apa pekerjaan yang dilakukannya? Pekerjaan utama web programmer adalah fokus untuk mengembangkan situs internet dan website.

Mulai dari pembuatan website toko online, sosmed, layanan service, dan sebagainya. Selain itu, programmer juga terkadang dapat mengoperasikan database pada sebuah website

Seperti yang telah disinggung di atas, secara sederhana profesi ini bertugas untuk membuat sistem web atau aplikasi dan mengembangkannya. Namun, masih ada beberapa tugas lain yang biasanya dikerjakannya.

Beberapa tugas yang dikerjakan, seperti menganalisis kebutuhan; merancang dan memodelkan sistem seperti UML, flowchart, ERD; menulis kode program (HTML, CSS, Javascript dll), men-debugging program serta menguji atau testing program.

Baca Juga: Belajar Coding Untuk Pemula dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Cara Menjadi Programmer

programmer adalah
Foto: Programmer Sedang Mengecek Kode (pexels.com)

Setelah mengetahui definisi dan tugasnya, mungkin kini kamu bertanya bagaimana cara menjadi seorang programmer? Caranya adalah sebagai berikut:

1. Pelajari Algoritma

Setidaknya seorang programmer harus dapat memikirkan metode yang tepat untuk pemrosesan sistem. Nah, dengan algoritma kamu dapat memecahkan suatu masalah.

Jadi pastikan kamu menguasai fungsi, perulangan, bahkan tipe data seperti array dan lainnya. Bisa dibilang bahwa algoritma adalah kunci utama orang yang mau menjalankan pekerjaan ini.

2. Terampil Membaca Kode

Pastikan kamu membaca dan memahami proyek-proyek open source. Misalnya, di Sourceforge atau Github. Hal ini dapat membuat kamu memahami cara kerja serta pola kodenya.

Dari situ, mungkin suatu ide yang bisa kamu terapkan dalam proyek.

3. Kuasai Bahasa Pemrograman

Setidaknya kamu harus kuasai dan mahir menggunakan satu Bahasa pemrograman. Hal ini bahkan lebih baik lagi jika kamu dapat menguasai multi-bahasa.

4. Pahami OOP (Object Oriented Programming) 

Salah satu cara untuk menjadi programmer adalah menguasai OOP. Dengan memahami OOP kamu dapat membuat kode program menjadi lebih terstruktur dan mudah dibaca.

Apabila menguasai OOP dan Design Pattern, kamu dapat pula menguasai web framework sehingga nantinya dapat menulis suatu library sendiri.

OOP bisa dikatakan penting walaupun tidak harus diterapkan di semua bahasa pemrograman. Terdapat beberapa bahasa pemrograman fungsional tidak terlalu membutuhkan konsep OOP.

Baca Juga: Apa Itu Website Single Page? Ini 8 Manfaatnya

5. Pelajari Jaringan Komputer

Cara selanjutnya untuk menjadi programmer adalah mempelajari jaringan komputer. Setidaknya kamu harus paham mengenai dasar-dasar jaringan komputer, mulai dari konfigurasi ip address, subnetting, dan client server.

Kamu juga dapat mempelajari TCP/IP dan OSI sebelum masuk ke dunia internet dan cloud computing. Meskipun tidak semua sistem dibangun dengan terhubung ke internet, ada baiknya kamu berperan layaknya seorang network engineering.

Sangat penting mengetahui bagaimana menghubungkan aplikasi ke jaringan, baik itu lokal maupun internet.

Beberapa protokol internet yang mesti kamu ketahui misalnya adalah HTTP, HTTPS, TELNET, FTP, SMTP, SOAP, Oauth, Websocket, dll.

6. Desain Layout Aplikasi dan Database

Walaupun pekerjaan ini dikerjakan oleh desainer atau front end, tidak ada salahnya bila kamu bisa menguasai desain dan logika.

Kamu harus mengetahui bahwa terkadang layout aplikasi mampu menentukan bisa atau tidaknya sistem dapat berjalan.

Programmer adalah pekerjaan yang dapat memanfaatkan UML, DFD, flowchart, Lo-fi, dan UI UX untuk menuangkan ide-idemu sebelum diolah menjadi kode program.

Sedangkan, database harus dipelajari karena data-data di dalam web atau aplikasi nantinya disimpan ke dalam database. Jadi penting buat kamu mempelajari relasi setiap tabel database. Seorang programmer mau tidak mau harus mengerti ERD (Entity Relationship Diagram).

7. Belajar Bahasa Inggris

Skill lain yang dibutuhkan seorang programmer adalah kemampuan berbahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah suatu bahasa yang penting di dunia programming karena hampir semua bahasa program dirancang menggunakannya. Misalnya saja pada perulangan yang memakai if, else, then, dll.

Lebih jauh dari itu, bahasa Inggris penting dipelajari karena ia merupakan bahasa internasional. Bahasa Inggris telah menjadi soft skill yang pasti terpakai di kemudian hari.

Bahasa Inggris dapat menjadi jembatan komunikasi antara kamu sebagai seorang programmer dengan klien. Jadi jangan ragu untuk belajar berbahasa Inggris, setidaknya di tingkat pasif dari bahasa itu sendiri.

8. Pahami Sistem Operasi dan Aplikasi Lainnya

9 Cara Menjadi Programmer untuk Kembangkan Teknologi
Foto: Programmer Wanita (freepik.com)

Sistem operasi penting dikuasai karena menjadi senjata bagi para programmer untuk menentukan bahasa pemrograman yang akan kamu pakai.

Sebagai contoh, pada Windows maka bahasa yang sangat berpotensi adalah C#, ASP.NET, SQL Server, dan Azure. 

Sedangkan untuk sistem operasi iOS, kamu harus memulai pekerjaan dengan memasang Xcode dan menggunakan bahasa Swift.

Oleh karenanya kamu harus tahu, web atau aplikasi yang dirancang untuk siapa sehingga dapat menggunakan tools seperti teks editor yang sesuai. Pekerjaan seorang programmer adalah harus memahami sistem operasi juga.

Baca Juga: 4 Strategi Bisnis Jasa Desain Grafis yang Bisa Kamu Ikuti

9. Kuasai Source Management

Langkah selanjutnya untuk dapat menjadi seorang programmer adalah menguasai source management. Beberapa tools yang dapat mempermudah kamu mengelola source code misalnya adalah Git, Mercurial, dan Svn

Sekarang saat ini gunakanlah source code management alih-alih menyimpan perubahan kode menggunakan flashdisk.

Hal ini nantinya mempermudah kamu bekerja dalam tim. Seperti yang kita ketahui bahwa flashdisk rentan hilang, virus, terformat, dan harus colok ke laptop sana sini.

Sedangkan melalui source management nantinya kamu dapat melihat kesalahan kode serta perubahan yang telah dibuat, melakukan rollback, dan bila perlu juga dapat menambahkan suatu komentar.

Hal ini pun aman selama terdapat internet data sehingga mudah diakses oleh anggota tim kapan dan dari mana saja.

Beberapa contoh source code management yang sering digunakan, terkenal, dan gratis misalnya adalah BitBucket, GitHub, dan GitLab.

Demikian, artikel mengenai programmer dan beberapa cara untuk menjadi seorang programmer.

Jangan puas dengan melakukan beberapa cara di atas karena sebenarnya masih banyak yang bisa kamu pelajari dan kuasai seperti package manager, code review, dan lain sebagainya untuk menunjang kamu menjadi seorang programmer yang andal.