Apa Itu Website Single Page? Ini 8 Manfaatnya

Share this Post

website single page
Table of Contents

Jika kamu ingin melakukan pemasaran yang sederhana secara online, membuat website single page bisa cocok untukmu. Namun, apa yang dimaksud dengan situs web single page ini?

Website single page adalah tampilan sebuah situs web yang benar-benar satu halaman. Website single page dimuat sepenuhnya di pemuatan halaman awal.

Bisa pula zona halaman diganti dengan fragmen halaman baru yang dimuat dari server sesuai permintaan, membuat pengalaman pengguna lebih sederhana dan lancar.

Mengutip dari Awwwards, website single page menjadi tren baru-baru ini bagi sebagian besar web designer, karena jenis desain web ini sangat cocok untuk portofolio. 

Namun, desain ini juga dapat ditemukan di aplikasi atau situs produk. Pada dasarnya, desain bisa digunakan untuk apapun.

Menampilkan semua konten situs web dalam satu halaman merupakan cara yang bagus untuk menghemat waktu bagi pengunjung.

Jadi, mereka tidak perlu melompat dari satu halaman ke halaman lain dan situs hanya perlu dimuat sekali.

Baca juga: 7 Kelebihan Menggunakan Template Website Toko Online

Apa Itu Website Single Page?

website single page
(Desain situs web. Sumber: Freepik.com)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, website single page adalah situs web yang hanya menampilkan satu halaman saja. 

Mungkin pembuatannya terdengar mudah di telinga, tetapi kamu perlu mempertimbangkan cukup banyak tentang apa yang akan kamu tampilkan di situ.

Menurut Small Biz Trends, sederhananya website single page adalah situs web satu halaman yang hanya menggunakan satu halaman HTML. 

Sebagian besar website single page memang memiliki bilah menu seperti rata-rata situs web biasa. Namun, menu tersebut tidak akan membawamu ke halaman HTML yang berbeda. 

Ketika kamu memilih item menu, menu tersebut hanya menurunkan tampilan ke jangkar HTML yang telah ditentukan di suatu tempat di satu halaman situs. Ini biasanya bisa dilakukan melalui JavaScript, CSS3, Ajax, dan jQuery.

Sejumlah besar pembuat iklan baru-baru ini mengadopsi website single page. Perusahaan multinasional yang lebih besar juga mulai menerapkan penerapan sementara website single page sebagai halaman pratinjau dan placeholder untuk memulai aktivitas promosi sebelum peluncuran besar.

Jika kamu tertarik untuk menerapkannya, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara membuat situs web satu halaman? Situs web seperti ini sesuai untuk bisnis kecil pula.

Meski dalam hal coding jauh lebih sulit untuk dilakukan, ada banyak template gratis yang bisa kamu dapatkan di internet. 

Jika kamu menggunakan WordPress untuk situs web, kamu bisa membuat satu halaman dalam hitungan menit saja dengan memilih theme yang sesuai.

Di sisi lain, jika kamu ingin membuat desain sendiri dan menyewa jasa web developer, sering kali website single page dapat dibuat dalam hitungan hari.

Baca juga: 7 Cara Promosi Website untuk Meningkatkan Penjualan

Kelebihan dan Manfaat Website Single Page

website single page
(Mengakses website dari tablet. Sumber: Freepik.com)

Berdasarkan penjelasan di atas, kini kamu sudah cukup memahami apa itu website single page. Namun, kamu mungkin masih mempertimbangkan apakah membutuhkannya atau tidak.

Jika masih ragu, berikut ini ada daftar kelebihan dan manfaat website single page yang bisa jadi pertimbanganmu untuk menggunakannya.

1. Menyederhanakan Pesanmu

Website single page dapat memberikan pendekatan langsung dengan pesan yang jelas dan menyoroti nilai jual utama bisnismu. 

Hal ini tentu menciptakan pengalaman ramah pengguna yang mudah dipahami bagi calon pelanggan dan peluang konversi lebih baik. 

Berilah pesan yang sederhana dan singkat pada situs web kamu. Jangan beri teks melimpah dan CTA (call to action) tidak jelas yang akhirnya akan membuat pengguna frustrasi dan menghalangi mereka menindaklanjuti pembelian.

2. Optimal untuk Pengguna Ponsel Pintar

Membuat situs web yang berisi satu halaman dapat mengoptimalkan pengalaman pengguna ponsel pintar.

Website single page cocok jika kamu menjalankan bisnis yang sebagian besar pelanggan membeli produk melalui ponsel pintar. 

Situs web dengan satu halaman panjang yang dioptimalkan untuk konversi secara mobile, mungkin merupakan opsi yang sesuai.

3. Loading Cepat

Salah satu fitur situs web terpenting bagi pengguna ponsel pintar, yaitu kecepatan memuat atau loading

Karena tautan masuk dihubungkan ke satu halaman, tentu akan memudahkan pemuatan situs web. 

Namun kamu harus pastikan tidak menggunakan gambar atau aset situs web yang terlalu berat, sehingga membuat loading jadi lama.

Baca juga: 10 Plugin WordPress Terbaik untuk Optimalkan Bisnis Online

4. Menyederhanakan Storytelling

Storytelling acap kali menjadi salah satu cara untuk melakukan pemasaran. Dengan menggunakan website single page, kamu bisa menyederhanakan storytelling.

Situs web dengan banyak halaman memiliki navigasi yang rumit. Adapun dalam situs web dengan satu halaman, seseorang dapat menelusuri dan memahami segala sesuatu tentang produk dan layanan.

Pengguna dapat dengan mudah menemukan apa yang ia cari. Menambahkan elemen interaktif pun dapat membuat situs lebih ramah pengguna.

5. Konversi yang Lebih Baik

Tujuan utama dari setiap situs web, yaitu untuk menghasilkan lead atau prospek. Dengan desain yang sederhana dan ramah pengguna, website single page membuat konversi lebih mudah dan cepat.

Situs web dengan satu halaman terlihat jauh lebih baik daripada landing page dan mengomunikasikan semua detail dan fitur yang diperlukan.

Selain itu, makin sedikit waktu buka website single page, dapat membantu mendapatkan jumlah konversi yang lebih tinggi.

6. Lebih Mudah Membuat Perubahan

Menganalisis situs web secara teratur merupakan suatu keharusan untuk meningkatkan traffic dan konversi.

Menggunakan alat seperti Google Analytics dapat membantu meningkatkan desain dan konten situs web.

Proses ini dapat menjadi lebih sederhana dengan menerapkan website single page, jika dibandingkan dengan yang website multipage.

Baca juga: Perbedaan Landing Page dan Website yang Perlu Diketahui

7. Mengurangi Bounce Rate

Menurut Value Coders, jika membandingkan bounce rate keseluruhan antara website single page dan website multipage, bounce rate situs web single page jauh lebih rendah.

Hal ini membantu dalam meningkatkan keseluruhan traffic dan konversi di situs web.

Jika website single page dibuat sedemikian rupa, sehingga memenuhi kebutuhan pengguna, bounce rate akan berkurang secara otomatis.

8. Hemat Biaya

Salah satu fitur terbaik dari website single page yang membuatnya menonjol, yaitu biaya yang hemat. 

Situs web ini mudah dikembangkan dan dikelola. Selain itu dapat dipelihara dengan jumlah sumber daya yang lebih sedikit.

Situs web dengan satu halaman ini juga dapat dengan cepat dikembangkan dan dipasarkan.

Baca juga: Langkah Melakukan Split Testing dan Manfaatnya dalam Pemasaran

Apa Perbedaan Website Single Page dengan Website Multipage?

website single page
(Tampilan website. Sumber: Freepik.com)

Kini kamu sudah tahu apa itu website single page dan apa saja kelebihan serta manfaatnya. Namun, kamu tentu menyadari terdapat jenis website multipage juga.

Nah, apa perbedaan antara keduanya? Mengutip dari Just In Mind, website multipage berisi berisi beberapa halaman dan subhalaman dalam menu. 

Satu-satunya cara untuk menavigasi dan melihat halaman dalam desain website multipage adalah dengan mengeklik tautan di dalam menu. Tidak seperti website single page.

Desain multipage sangat cocok untuk hampir semua jenis proyek. Contoh desain website multipage dapat ditemukan di situs e-commerce, portal media, dan sebagainya.

Singkat kata, desain satu halaman sangat bagus ketika kamu memiliki fokus yang sempit atau kamu mendorong pengguna untuk melakukan tugas tertentu. Ini juga ideal untuk desain yang mengutamakan pengguna ponsel pintar. 

Di sisi lain, desain website multipage memungkinkanmu untuk memperluas potensi jangkauan, tetap berpegang pada sistem navigasi tradisional, dan mengoptimalkan strategi SEO.

Itulah berbagai fungsi website multipage yang berbeda dengan website single page. Saat menentukan apakah kamu akan mendesain situs web dengan satu atau banyak halaman, tidak ada aturan yang mengikat. 

Hal terpenting yang harus kamu lakukan, yaitu menempatkan konten terlebih dahulu.

Pertimbangkan informasi yang ingin kamu sampaikan ke pengguna dan bagaimana membuat informasi tersebut dapat diakses semaksimal mungkin oleh pengguna.

Baca juga: 14 Cara Meningkatkan Conversion Rate di E-Commerce

Demikian penjelasan mengenai website single page, kelebihan dan manfaatnya, serta perbedaannya dengan website multipage.

Semoga informasi ini dapat membantumu dalam menentukan jenis situs web yang akan kamu buat!