5 Cara Mudah Optimasi SEO untuk Konten, Jangan Terlewat, Ya!

Share this Post

Cara-Mudah-Optimasi-SEO
Table of Contents

Membangun konten SEO friendly sangat penting untuk meningkatkan traffic web bisnis kamu. Bagaimana cara optimasi SEO dengan mudah?

Berbicara tentang website dan bisnis digital, selalu erat kaitannya dengan konten SEO. Kegunaannya amat penting untuk kamu ketahui. Dewasa ini, perkembangan teknologi informasi sangat berdampak besar terhadap kemajuan sebuah bisnis.

Tak bisa dipungkiri, bahwa bisnis yang besar saat ini selalu memiliki basis media sosial dan website yang kuat. Pemanfaatan berbagai fitur media sosial dan website seperti yang ada pada Instagram sangat berpengaruh terhadap penjualan produk.

Penggunaan website sebagai saluran promosi merupakan bagian dari penerapan digital marketing dalam sebuah bisnis.

Pasalnya, saat ini kehadiran website tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Berbagai informasi, berita, hingga hiburan bisa didapatkan melalui internet.

Berkaitan dengan digital marketing atau konten, tentunya kehadiran media sosial dan website perlu dioptimalkan. Pastinya kamu sudah tak asing lagi dengan istilah SEO.

Lantas, bagaimana cara optimasi SEO?

Baca Juga: 10 Strategi SEO yang Sering Terlupakan Saat Menulis Artikel

Cara Mudah Optimasi SEO

optimasi seo
(Foto penggunaan laptop untuk bisnis. Sumber: SIRCLO Photo Stock)

Sebelum mempelajari cara optimasi SEO, tahukah kamu apa itu?

Menurut Backlinko, SEO atau Search Engine Optimization merupakan cara-cara atau teknik yang dilakukan untuk mengoptimalkan situs web.

Tujuan dari penggunaannya agar situs web kamu berada di urutan teratas dalam mesin pencari. SEO dibedakan lagi menjadi SEO on-page dan SEO off-page.

SEO on-page adalah cara mengoptimalkan situs web dengan menyisipkan kata kunci yang paling banyak dicari oleh audiens. Kata kunci tersebut bisa kamu sisipkan dalam judul artikel, meta description, maupun URL halaman web.

SEO off-page adalah cara mengoptimalkan situs web dengan melibatkan backlink dari situs web lain. Namun, SEO off-page ini harus diawali dengan SEO on-page terlebih dahulu.

Bagimana cara optimasi SEO?

Baca Juga: Local SEO Adalah Optimisasi Pencarian Lokal, Ini 5 Strateginya!

1. Maksimalkan Kata Kunci yang Relevan

Cara pertama optimasi SEO adalah dengan menggunakan kata kunci populer dan paling relevan dengan kontenmu.

Penggunaan kata kunci sangat penting dalam konten blog, khususnya artikel. Sebuah artikel harus mengandung keyword paling relevan dan banyak dicari agar dapat muncul di urutan teratas Google.

Pemilihan kata kunci amatlah penting. Sebagai contoh, ketika kamu mencari sebuah topik di Google, maka akan muncul beberapa artikel di urutan teratas. Artikel teratas ini adalah artikel yang mampu menggunakan keyword dengan tepat.

Memilih kata kunci artinya menganalisa apa yang akan dan sedang banyak dicari oleh pengguna. Ada beberapa cara mudah mencari kata kunci populer, salah satunya menggunakan Google Trends.

Kamu hanya perlu masuk ke laman Google Trends, kemudian memasukkan topik atau kata kunci yang ingin kamu cari. Kamu bisa menentukan batas wilayah pencarian dan rentang waktunya.

Nantinya, hasil pencarian akan menunjukkan grafik nilai popularitas kata kunci yang kamu cari. Google Trends juga akan menampilkan topik lain yang berkaitan.

Baca Juga: 7 Tips Mudah Membuat Artikel SEO Friendly Untuk Blog

2. Gunakan Internal Link yang Kuat

5 Cara Mudah Optimasi SEO untuk Konten, Jangan Terlewat, Ya!
(Foto ilustrasi link. Sumber: SIRCLO Photo Stock)

Cara optimasi SEO yang kedua adalah dengan menggunakan internal link yang kuat. Apa itu? Internal link atau inbound link adalah sebuah tautan yang mengarahkan pengguna kepada artikel atau laman lain yang ada di situs web.

Apa contoh internal link? Contoh yang bisa kamu lihat dalam artikel ini. terdapat tulisan “Baca Juga” yang mengarahkanmu ke artikel lain dalam blog ini.

Artikel link berfungsi untuk membuat pembaca betah berlama-lama karena mendapat rekomendasi artikel lain yang unik.

Di samping itu, internal link juga dapat disisipkan dibalik kata atau kalimat dalam artikel yang menjadi keyword artikel lain di blog yang sama.

3. Backlink, Backlink, dan Backlink

Cara optimasi SEO selanjutnya masih berkaitan dengan tautan, yaitu backlink. Backlink sendiri adalah tautan yang disisipkan dalam konten blog untuk menghubungkan pembaca dengan situs lain.

Contoh backlink dapat kamu temukan dalam artikel ini. ketika penjelasan awal tentang definisi SEO, ada sebuah kata yang ditulis berwarna biru dengan format underline. Kata tersebut mengandung backlink yang mengarahkanmu ke situs lain.

Dengan backlink, pembaca bisa mengakses sumber informasi dari konten di blog secara lebih mendalam sesuai kebutuhan mereka.

Mesin pencari seperti Google menggunakan kualitas dan jumlah backlink sebagai sinyal peringkat. Akibatnya, memperoleh backlink adalah strategi mendasar dalam SEO.

Baca Juga: 10 Rekomendasi SEO Tools Gratis, Buat Kamu Cari Keyword

4. Buat Konten yang Berbobot

5 Cara Mudah Optimasi SEO untuk Konten, Jangan Terlewat, Ya!
(Foto pebisnis wanita berhijab. Sumber: SIRCLO Photo Stock)

Cara optimasi SEO berikutnya adalah dengan membuat konten yang berbobot. Website biasanya berisi artikel yang dipublikasikan untuk audiens. Kamu bisa membuat artikel yang informatif dan menghibur.

Cobalah telusuri topik pencarian terpopuler dan analisis apakah topik tersebut bisa menjadi tema artikelmu atau tidak. Buatlah artikel dengan judul yang singkat dan mengandung keyword. Keyword juga bisa disisipkan di dalam paragraf pembuka dan URL.

Sebaiknya, tulislah artikel sebanyak 800-1000 kata agar dapat meningkatkan SEO. Gunakan paragraf singkat dan sisipkan gambar agar lebih menarik dan enak saat dibaca.

Pastikan tema artikelmu bersifat umum dan jadi kebutuhan semua orang. Dengan begitu, artikel kamu bisa menjangkau lebih banyak pembaca sehingga menghasilkan traffic yang tinggi.

5. Gunakan Tools Tambahan

Cara optimasi SEO terakhir adalah dengan menggunakan tools tambahan. Alat tambahan ini digunakan untuk memudahkanmu dalam melihat kinerja blog dan konten yang kamu buat.

Ada beberapa plug-in analisis SEO yang bisa kamu pasang di website secara gratis dan berbayar. Pelajarilah setiap plug-in dan cara penggunaannya untuk memilih tools tambahan yang sesuai kebutuhan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menghubungkan website dengan Google Analytics. Sebab, tools ini bisa membantu menganalisis kinerja website dengan sangat detail. Data yang ditampilkan bisa menjadi bahan evaluasi apakah penggunaan SEO sudah maksimal atau perlu ditingkatkan lagi.

Baca Juga: 10 Cara Membuat Website Mobile Friendly untuk Tingkatkan SEO

Kelebihan SEO

5 Cara Mudah Optimasi SEO untuk Konten, Jangan Terlewat, Ya!
(Foto tampilan blog di laptop. Sumber: SIRCLO Photo Stock)

Secara umum, kelebihan yang paling terasa adalah tidak adanya biaya yang perlu kamu keluarkan. Penggunaan SEO tergantung pada kemampuan kamu dalam menganalisis dan memanfaatkan fitur pendukungnya.

Penggunaan SEO yang efektif juga bisa meningkatkan penjualan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Optimasi ini berfungsi untuk membawa situs web-mu ke urutan teratas mesin pencari.

Biasanya, ketika orang-orang mencari produk tertentu artinya mereka ingin melakukan pembelian. Jika situs web-mu berhasil muncul di urutan teratas, tidak menutup kemungkinan produkmu akan menjadi pilihan pertama calon pembeli.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bantuan beberapa tools SEO untuk memaksimalkan kontenmu. Penasaran? Jangan skip video berikut ya!

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang cara optimasi SEO yang mudah dan cepat. Yuk, optimalkan SEO dan dapatkan lebih banyak pelanggan!