Local SEO Adalah Optimisasi Pencarian Lokal, Ini 5 Strateginya!

Share this Post

local SEO adalah
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Local SEO adalah optimasi search engine semacam Google untuk pencarian lokal. Lalu, apa bedanya dengan SEO biasa?

Tujuannya sama dengan SEO atau search engine optimization pada umumnya, yaitu mencapai peringkat pertama pada mesin pencari.

Namun, tujuan local SEO lebih spesifik untuk mendapatkan audiens secara lokal. Strategi ini tentu cocok jika kamu punya bisnis lokal, seperti restoran, toko, dan jenis bisnis lokal lainnya.

Jadi, ketika berpikir untuk membuat bisnis lokal, jangan berpikir bahwa kehadiranmu di dunia maya tidak penting.

Kini, mesin pencari seperti Google sudah bisa mengenali intensi pencarian orang. Apakah itu pencarian umum atau lokal.

Volume pencarian semacam “ATM terdekat”, “restoran terdekat”, atau padanan lainnya dengan kata “terdekat” cukup tinggi.

Pada artikel ini, akan dibahas bagaimana mengoptimalkan local SEO, terutama di mesin pencari Google.

Baca juga: 7 Tips Mudah Membuat Artikel SEO Friendly Untuk Blog

Local SEO Adalah Optimisasi Search Engine untuk Pencarian Lokal

local SEO adalah
(Foto SEO. Sumber: Freepik.com)

Apa itu local SEO? Mengutip dari Search Engine Journal, local SEO adalah praktik optimasi search engine atau mesin pencari untuk hasil pencarian lokal.

Di Google, artinya cantuman bisnismu pada pencarian lokal berperingkat lebih tinggi dan lebih sering muncul sebagai tanggapan atas volume pencarian relevan.

Dalam keseharianmu, kamu pasti membutuhkan sejumlah hal yang belum tentu kamu langsung tahu di mana harus mencarinya. 

Misalnya kamu mau mencari tempat makan siang yang enak, tempat liburan di sekitarmu, atau sekadar mencari ATM terdekat.

Misi Google adalah memberikan jawaban terbaik kepada pencari untuk pertanyaan apa pun.

Ketika algoritma Google mendeteksi bahwa niatmu adalah lokal, yaitu kamu mencari sesuatu di area sekitar. Hasil Local Pack atau Map Pack akan tersedia pada halaman pertama hasil pencarian.

Local Pack dan Map Pack ini merupakan sebutan untuk boks peta dan daftar bisnis lokal yang biasa muncul di halaman pertama pencarian. Keduanya mungkin dilengkapi dengan hasil organik tentang bisnis dan layanan di area lokal.

Misalnya kamu ingin makan siang dan mengetik “restoran terdekat”, maka akan muncul daftar bisnis terdekat yang dilengkapi peta. Kemudian di bawahnya berjejer konten organik.

Informasi yang tersedia pada hasil pencarian lokal, biasanya ada nama bisnis, alamat, nomor telepon, situs web, foto, video, ulasan pelanggan, peringkat bintang, dan banyak lainnya.

Dengan informasi lengkap ini, kamu bisa langsung mendapatkan apa yang kamu butuhkan tanpa harus membuka tautan ke situs web lain.

Adapun local SEO adalah upaya mengoptimasi bisnis lokalmu untuk tampil di Local Pack atau Map Pack ini.

Baca juga: 6 Cara Menulis Meta Description SEO Friendly untuk Web

Manfaatkan layanan SEO dari SIRCLO Store agar website jualan online kamu dapat ditemukan banyak calon pelanggan dan berpeluang muncul di halaman pertama Google. Khusus pengguna Basic dan Professional Plan SIRCLO Store, kamu bisa langsung masuk ke admin panel, cari menu “Pemasaran”, lalu pilih “Layanan Marketing”. Kamu juga bisa klik banner berikut:

Local SEO Adalah Optimisasi Pencarian Lokal, Ini 5 Strateginya!
shopee pilih lokal

Cara Kerja Local SEO

local SEO adalah
(Foto wirausaha. Sumber: Freepik.com)
shopee pilih lokal

Bagaimana dengan cara kerjanya? Cara kerja local SEO adalah kamu berfokus untuk memberi tahu Google bahwa bisnismu berada di area tertentu dan ingin ditemukan oleh pelanggan di area tersebut.

Cara paling mudah untuk mengoptimalkan local SEO adalah memiliki alamat lengkap dan tepat di suatu wilayah atau kota. 

Kamu dapat membuat landing page lokal dan membantu orang menemukan tokomu dengan plugin atau widget store locator di situs web.

Cara paling mudah lainnya menerapkan local SEO adalah dengan mematuhi pedoman Webmaster Google dan menciptakan pengalaman pengguna yang luar biasa di situs web kamu.

Ini penting jika kamu ingin situs web atau bisnismu mendapat peringkat dalam hasil pencarian organik yang Google telah menentukan ada niat lokal untuk pencarian tersebut.

Namun, kamu dapat muncul di Map Pack bahkan tanpa memiliki situs web. Hal ini karena hasil Map Pack sebagian besar diinformasikan oleh daftar Google Business Profile.

Google juga memiliki seperangkat pedoman terpisah untuk local SEO. Panduan ini penting untuk memaksimalkan visibilitas bisnismu dalam Local Pack atau Map Pack.

Namun, untuk mendapatkan peringkat terbaik pada pencarian lokal memang membutuhkan lebih dari sekadar mengoptimalkan situs web.

Upayakan untuk mendapat tautan lokal yang relevan dengan bidang industri yang kamu geluti. 

Misalnya, strategi media sosial lokal, dikutip oleh situs lain, bahkan promosi dari mulut ke mulut berkontribusi pada local SEO. 

Baca juga: Ikuti 7 Tips Ini untuk Jual Parfum Lokal secara Online!

Panduan Strategi Meningkatkan Ranking Pencarian Lokal

local SEO adalah
(Foto penyusunan strategi marketing. Sumber: Freepik.com)
shopee pilih lokal

Kini kamu sudah tahu apa local SEO adalah upaya optimisasi pencarian lokal di mesin pencari semacam Google. Kamu juga sudah tahu dasar-dasar cara kerja local SEO.

Hal selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah strategi meningkatkan ranking pencarian lokal. Strategi local SEO adalah sebagai berikut!

1. Gunakan Google Business Profile

Strategi pertama local SEO adalah mendaftarkan bisnismu pada Google Business Profile yang sebelumnya dikenal sebagai Google My Business.

Menggunakan alat ini pada dasarnya merupakan bagian terpenting dari strategi local SEO. Alat dari Google ini memungkinkanmu membuat cantuman bisnis gratis. 

Ini adalah salah satu faktor teratas yang akan dipertimbangkan Google saat memeringkat bisnis dalam pencarian lokal organik.

Kamu dapat lebih mengoptimalkan profil bisnis dengan membagikan pembaruan bisnis dan konten segar secara teratur.

2. Pertimbangkan Penggunaan Smartphone

Teknologi smartphone yang makin hari makin canggih, membuat kita sangat mengandalkannya untuk mencari informasi, tak terkecuali bisnis lokal.

Mengutip dari Sprout Social, sebuah penelitian menemukan bahwa 82% respondennya menggunakan smartphone mereka untuk melakukan pencarian “di dekat saya”. 

Ini membuktikan seberapa banyak orang menggunakan ponsel mereka untuk pencarian lokal.

Jadi, sangat penting bagimu untuk melayani para pencari ini dengan mengoptimalkan tampilan mobile situs web. 

Buat situs web yang mobile friendly, sehingga pengunjung seluler tidak kesulitan menavigasi atau menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Baca juga: 3 Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Cocok Untuk Marketing?

3. Kumpulkan Banyak Ulasan dari Pelanggan

Strategi selanjutnya local SEO adalah mengumpulkan banyak ulasan dari pelanggan. Ulasan pelanggan memainkan peran penting dalam pencarian lokal dan kemunculan bisnismu di local pack. 

Jika memiliki banyak ulasan otentik, terutama yang positif, dapat sangat membantu meningkatkan visibilitas bisnismu dalam pencarian lokal.

Selain mendapatkan ulasan di situs web dan Google Business Profile, kamu juga perlu mendapatkan ulasan dari tempat lain. Misalnya media sosial atau situs web khusus review.

4. Lakukan Link Building Lokal

Strategi selanjutnya local SEO adalah mendapatkan backlink sebanyak mungkin, terutama dari situs web tepercaya. Oleh karena itu, kamu harus melakukan link building.

Jadi, seperti halnya SEO biasa, local SEO juga membutuhkan link building untuk meningkatkan peringkat profil bisnis dan situs web kamu. 

Namun perbedaannya dengan SEO biasa, yaitu domain yang menautkan harus lebih relevan dengan lokasi targetmu.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan menargetkan situs web lokal, misalnya dengan memasang iklan di portal berita atau informasi lokal.

5. Nama, Alamat, dan Nomor Telepon Harus Konsisten

Hal penting lainnya untuk mengoptimalkan local SEO adalah konsisten dalam memberikan nama, alamat, dan nomor telepon bisnismu.

Selain pada situs web dan Google Business Profile, pastikan ketiga hal tersebut sama persis disebutkan di situs lain dan media sosial.

Jika kamu salah ketik nama bisnismu satu huruf saja, orang akan ragu dan mengira ada bisnis lain dengan nama serupa.

Alamat dan nomor telepon juga krusial. Jika alamat tidak konsisten dan nomor telepon tidak bisa dihubungi, pelanggan tentu tidak bisa menjangkau bisnismu.

Baca juga: 5 Fungsi Google My Business dan Cara Menggunakannya

Itulah penjelasan mengenai local SEO beserta strategi meningkatkan peringkat bisnismu pada pencarian lokal. Local SEO adalah hal yang perlu kamu lakukan jika ingin bisnis lokalmu sukses.

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X