5 Jasa Pengiriman di Indonesia yang Sering Digunakan

Share this Post

Jasa-Pengiriman-di-Indonesia-yang-Sering-Digunakan
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Jasa pengiriman di Indonesia atau perusahaan ekspedisi sebenarnya sudah ada sejak lama. Tentunya, keberadaan ini karena permintaan pengiriman barang yang meningkat.

Ditambah lagi, sistem jual-beli online yang makin populer menjadikan jasa pengiriman barang di Indonesia kian subur. Ada banyak perusahaan ekspedisi baru yang hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

Beberapa jasa pengiriman di Indonesia ini juga bekerja sama dengan berbagai e-commerce. Bahkan, ada yang sudah tumbuh menjadi perusahaan berstatus Unicorn. Hal ini karena kebutuhan belanja online juga semakin tinggi.

Terlebih lagi saat pandemi, keterbatasan aktivitas di luar rumah menjadikan tren belanja online semakin diminati. Dampaknya tentu sangat signifikan bagi berbagai perusahaan ekspedisi. Sebenarnya apa itu perusahaan ekspedisi?

Baca Juga: 7 Cara Mengemas Paket Agar Tetap Aman

Jasa Pengiriman di Indonesia

jasa pengiriman di indonesia
(Foto kurir ekspedisi. Sumber: freepik.com)

Jasa pengiriman di Indonesia atau perusahaan logistik memiliki beberapa arti. Menurut Investopedia, logistik sendiri mengacu kepada proses keseluruhan pengelolaan sumber daya. Termasuk penyimpanan hingga diangkut menuju ke lokasi tujuan.

Manajemen logistik melibatkan identifikasi calon distributor, pemasok, dan menentukan efektivitas serta aksesibilitasnya.

Sementara itu, menurut Full Tilt Logistics, perusahaan logistik merencanakan, menerapkan, dan mengendalikan pergerakan dan penyimpanan barang, jasa, atau informasi dalam rantai pasokan serta antartitik asal ke lokasi tujuan.

Dapat disimpulkan jasa pengiriman di Indonesia atau perusahaan logistik adalah perusahaan yang merencanakan, mengatur, dan mengendalikan pergerakan barang mulai dari pengiriman hingga tiba di tujuan.

Baca Juga: 8 Ide Bisnis Jual Beli Barang Dari Luar Negeri, Ini Tipsnya!

Apa Saja Perusahaan Logistik yang Sering Digunakan?

5 Jasa Pengiriman di Indonesia yang Sering Digunakan
(Foto jasa ekspedisi. Sumber: Freepik.com)
shopee pilih lokal

Di Indonesia, ada beberapa perusahaan logistik yang sering digunakan. Khususnya dalam jual-beli online. Apa saja perusahaannya?

1. JNE

Siapa yang tak kenal dengan JNE? Perusahaan logistik ini termasuk yang tertua di Indonesia dan terus berkembang. JNE didirikan tahun 1990 dengan nama PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE).

Perusahaan ini bertujuan melayani masyarakat dalam urusan jasa kepabeanan atau impor dari luar negeri ke Indonesia.

Kecepatan dan kehandalan layanan membuat kredibilitas JNE semakin tinggi di mata pelanggan maupun mitra kerja. Pertumbuhan investasi, ekonomi, dan teknologi informasi turut meningkatkan kinerja JNE.

Saat ini, JNE memiliki lebih dari 6.000 lokasi layanan dengan jumlah karyawan lebih dari 40.000 orang. Lebih dari 150 lokasi JNE telah terhubung dengan sistem komunikasi online.

Kehandalan dan komitmen JNE ini dibuktikan dengan diraihnya berbagai bentuk penghargaan serta sertifikasi ISO 9001:2008 atas sistem manajemen mutu.

Baca Juga: Apa Saja Contoh Perusahaan Jasa? Berikut Pengertian dan Jenisnya

2. J&T Express

Jasa pengiriman di Indonesia yang selanjutnya adalah J&T Express. Perusahaan ekspedisi ini adalah perusahaan multinasional yang bermarkas di Jakarta.

Didirikan pada 20 Agustus 2015, J&T berhasil mendapatkan banyak pasar dan bahkan melampaui perusahaan ekspedisi yang sudah ada sebelumnya.

Terbukti, J&T berhasil meraih status sebagai perusahaan Unicorn dengan valuasi bisnis hingga ratusan triliun. Pada tahun 2018, J&T telah membangun gudang sortir otomatis di Semarang dan Surabaya.

J&T memiliki beberapa keunggulan, yaitu jangkauan luas se-Indonesia dan sistem tracking yang tepat waktu. Kedua keunggulan utama ini menjadikan J&T banyak diminati oleh masyarakat.

3. SiCepat

5 Jasa Pengiriman di Indonesia yang Sering Digunakan
(Foto pengiriman paket. Sumber: Freepik.com)
shopee pilih lokal

SiCepat Ekspres adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang mencakup seluruh wilayah Indonesia dan berekspansi ke Benua Asia dan juga Australia.

SiCepat telah berkembang pesat dan telah memiliki lebih dari ratusan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendukung seluruh kegiatan operasional pengiriman. 

Sesuai dengan namanya, SiCepat memang memberikan layanan kirim super cepat. Bahkan, pengiriman regulernya saja bisa sampai hanya dalam waktu satu malam!

4. Pos Indonesia

Pos Indonesia identik dengan jasa pengiriman surat dan dokumen. Namun jangan salah, Pos Indonesia juga menerima layanan pengiriman paket, lho!

Perusahaan ekspedis ini pertama kali didirikan tanggal 26 Agustus 1746 dengan tujuan menjamin surat-surat penduduk.

Seiring berjalannya waktu, kini layanan pengiriman barang ini telah memiliki sekitar 24 ribu titik layanan dan menjangkau 100% kota atau kabupaten di Indonesia.

Kantor Pos Indonesia juga memiliki lebih dari kantor pos online berkat dukungan dari teknologi informasi dan komunikasi.

Baca Juga: Resi Adalah Tanda Terima Yang Krusial Pada Jasa Ekspedisi

5. NinjaExpress

Jasa pengiriman di Indonesia yang selanjutnya adalah NinjaExpress. Jasa pengiriman ini berdiri sejak tahun 2014 dan melayani pengiriman barang untuk bisnis dalam cakupan wilayah Asia Tenggara.

Ninja Van pertama kali beroperasi di Singapura dan telah menjadi perusahaan pengiriman dengan pertumbuhan tercepat.

Perusahaan ekspedisi ini juga bekerjasama dengan platform e-commerce terbesar di Indonesia, seperti BukaLapak, Blibli, Tokopedia, dan sebagainya.

NinjaExpress memiliki lebih dari 200 unit outlet di kawasan Jabodetabek. Sementara untuk, jumlah reseller yang menggunakan jasa pengiriman ini mencapai lebih dari 100 ribu orang.

Nah, itulah beberapa jasa pengiriman di Indonesia yang paling sering digunakan. Apakah salah satunya ada ekspedisi favoritmu?

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X