Perjalanan Bisnis Scarlett Whitening, Gaet Song Joong-ki hingga TWICE

Share this Post

Table of Contents
shopee gratis ongkir

Kamu pasti sudah cukup sering mendengar nama merek Scarlett Whitening, bukan?

Yuk, simak perjalanan brand kecantikan lokal yang satu ini.

Nama Scarlett Whiteningsudah sangat dikenal masyarakat, terutama para beauty enthusiast. Di media sosial, kamu akan mudah sekali untuk menemukan iklan dari produk perawatan kulit ini.

Selain karena kualitas produknya, brand asli Indonesia tersebut semakin dikenal berkat nama pemilik yang juga merupakan publik figur.

Sosok dibalik suksesnya Scarlett Whitening adalah seorang aktris papan atas Felicya Angelista.

Tidak hanya berhasil menghadirkan berbagai produk perawatan kulit yang berkualitas, merek Scarlett juga memiliki sederet kisah menarik, lho.

Bagi kamu yang penasaran tentang brand Scarlett, bisa menyimak artikel berikut!

Baca Juga: 7 Pengusaha Sukses Wanita Indonesia, Ada yang Masuk Forbes 30 Under 30!

Perjalanan Bisnis Scarlett Whitening

produk scarlett whitening
Foto: Produk Scarlett Whitening (instagram.com/scarlett_whitening)

Kesuksesan brand Scarlett tentu saja tidak didapatkan secara instan. Ada proses dan perjalanan yang cukup panjang hingga mencapai titik keberhasilan saat ini.

Felicya Angelista mengawali kariernya di industri hiburan sebagai aktris sekaligus presenter. Di tengah padatnya jadwal untuk wara-wiri di layar kaca, ia memiliki ide untuk membuat produk kecantikan.

Hal ini karena ada banyak orang yang bertanya tentang rahasia keindahan dan kesehatan kulitnya. Feli pun berpikir untuk menghadirkan produk perawatan kulit atas namanya sendiri.

Sebelum meluncurkan nama merek Scarlett, istri dari aktor Immanuel Caesar Hito tersebut merilis produk berupa masker wajah bernama Feli Skin.

Produk perawatan kulit dari Feli Skin dikemas dalam bentuk paket selama periode waktu tertentu dengan harga terjangkau.

Misalnya paket seharga Rp290.000 untuk 20 hari dan Rp390.000 untuk pemakaian 30 hari.

Ternyata, produk Feli Skin yang dipasarkan disambut baik oleh banyak orang. Kesuksesan Feli Skin pun dimanfaatkan perempuan kelahiran tahun 1994 tersebut untuk memulai karier sebagai pebisnis.

Untuk menjawab rasa penasaran banyak orang akan rahasia kulit indahnya, Feli kemudian meluncurkan berbagai produk skincare bernama Scarlett Whitening di tahun 2017.

Dengan menghadirkan sederet perawatan kulit untuk wajah (skincare), tubuh (body care), hingga rambut (hair care).

Tentu saja, setiap produk yang dipasarkan telah melalui proses sertifikasi dan lulus uji BPOM.

Komposisi produk perawatan milik Feli juga aman digunakan berbagai kalangan, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Hingga kini, Scarlett telah memiliki beragam variasi produk perawatan kulit dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Bahkan pada tahun 2021 lalu yang dikutip dari Kumparan, total hasil penjualan Scarlett Whitening pada bulan Mei berhasil mencapai 36 ribu nilai transaksi atau setara dengan nominal Rp. 2,6 miliar.

Baca Juga: Ingin Memulai Bisnis Kosmetik? Begini Caranya

Felicya Angelista, Sosok Dibalik Suksesnya Scarlett Whitening

felicya angelista
Foto: Felicya Angelista (instagram.com/scarlett_whitening)
shopee pilih lokal

Setelah mengulik sedikit perjalanan bisnis Scarlett, tak afdol rasanya jika tak mengenal lebih jauh mengenai siapa sosok dibalik kesuksesan brand kecantikan tersebut.

Nama Felicya Angelista pasti sudah cukup familiar karena perempuan kelahiran Jakarta, 2 November 1994 tersebut merupakan aktris sekaligus presenter.

Perempuan yang lahir dari pasangan suami istri bernama Michael Ekel dan Novita Ratumbusyang tersebut merupakan lulusan dari Institut Bisnis Nusantara.

Darah Manado yang mengalir dalam tubuhnya membuat Feli memiliki paras yang menawan dan menarik hati.

Ia telah dipersunting oleh Immanuel Caesar Hito pada tahun 2021 lalu, usai menjalin hubungan asmara selama 7 tahun.

Dari pernikahannya tersebut, Feli dan Hito telah dikaruniai anak perempuan bernama Grizielle Bible Emmanuela. Diketahui, ia juga tengah mengandung anak keduanya.

Saat ini, Feli sudah tak terlalu aktif di dunia hiburan. Kehidupannya lebih banyak dihabiskan untuk mengurus keluarga kecil sekaligus mengurus bisnisnya, Scarlett.

Baca Juga: Tips dan 8 Contoh Kata-kata Promosi Skincare yang Menarik

Strategi Bisnis Scarlett Whitening

Usai menyimak perjalanan bisnis Felicya Angelista dalam membangun usaha kecantikannya, kamu juga bisa mencari tahu strategi pemasaran seperti apa saja yang dilakukan Scarlett Whitening.

Barangkali, bisa dijadikan sebagai inspirasi dalam berbisnis sehingga kamu juga bisa menuai kesuksesan layaknya Felicya Angelista.

Berikut sederet strategi bisnis yang dilakukan oleh Scarlett Whitening dalam memasarkan produk-produk perawatan kulitnya:

1. Kerja Sama dengan Influencer

song joong ki scarlett whitening
Foto: Song Joong Ki (instagram.com/scarlett_whitening)
shopee pilih lokal

Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh Scarlett ialah bekerja sama dengan influencer di media sosial.

Scarlett mengerahkan promosi online secara kuat di media sosial melalui bantuan para influencer.

Tak hanya satu, tetapi juga bekerja sama dengan influencer jenis nano, mikro, makro, hingga mega yang memiliki berbagai jumlah followers.

Pemasaran dengan influencer yang dilakukan secara masif ini pun berhasil membuat Scarlett dikenal oleh berbagai kalangan.

Kerja sama yang dilakukan dengan influencer media sosial biasanya disebut sebagai endorsement. Jadi, mereka akan mempromosikan produk-produk Scarlett dengan foto atau video kreatif.

Ketika produk Scarlett berhasil menjangkau target pasar secara luas, peluang penjualannya pun semakin tinggi sehingga pendapatan bisnisnya meningkat.

2. Gandeng Sederet Artis Ternama

Selain mempromosikan produk kecantikannya melalui endorsement para influencer, merek perawatan kulit milik Felicya Angelista juga menggandeng sederet artis ternama.

Seperti yang kamu tahu, pemilik brand Scarlett ini merupakan publik figur sehingga koneksinya di industri hiburan sudah tak perlu ditanyakan lagi.

Ia pun bekerja sama dengan berbagai artis Tanah Air untuk melakukan promosi produk-produk Scarlett.

Mulai dari kalangan model, aktris, penyanyi, baik itu perempuan maupun laki-laki.

Beberapa artis yang ikut andil dalam promosi produk Scarlett, yakni Rossa, Laudya Cynthia Bella, Sandra Dewi, Agnez Mo, Dinda Hauw, Rey Mbayang, dan masih banyak lagi.

Artis-artis yang diajak mengiklankan Scarlett Whitening pun terdiri dari berbagai kalangan usia. Dari artis muda hingga artis senior.

Strategi bisnis seperti ini dinilai cukup efektif untuk menjangkau berbagai kalangan. Artis muda dan senior pun mendatangkan lebih banyak pelanggan dari beragam kelompok usia.

Para penggemar artis tersebut yang belum pernah mengenal brand Scarlett pun bisa saja ikut tertarik untuk membeli karena idolanya.

Dengan begitu, Scarlett bisa mendapatkan pelanggan baru secara lebih cepat karena massa yang dibawa oleh para artis yang menjadi bintang iklannya.

3. Tunjuk Artis Korea Sebagai BA

Dana yang digelontorkan Scarlett Whitening untuk keperluan pemasarannya tampak tak sedikit.

Selain menggaet influencer dan artis Tanah Air, Felicya Angelista juga bekerja sama dengan idol luar negeri.

Misalnya dengan menunjuk beberapa artis Korea Selatan menjadi brand ambassador. Sebut saja aktor kenamaan negei gingseng bernama Song Joong Ki hingga girl group di bawah naungan JYP Entertainment, TWICE.

Cerita dibalik penentuan sosok brand ambassador Scarlett ini pun unik dan sangat menarik perhatian masyarakat.

Melansir laman ParaPuan, Felicya Angelista awalnya hanya ingin melakukan video call dengan Song Joong Ki ketika mengandung.

Impiannya untuk melakukan panggilan video dengan sang aktor disampaikan kepada sang suami, Caesar Hito.

Upaya suaminya berbuah manis, Feli berhasil melakukan video call dengan aktor pemain drama Vincenzo tersebut.

Percakapan dalam panggilan video pun menjadi awal mula Scarlett menunjuk Song Joong Ki sebagai BA.

Tak hanya sekali, Scarlett juga melakukan kerja sama dengan idol K-Pop lainnya, yakni girl group TWICE yang beranggotakan sembilan orang.

Proses kerja sama dengan para artis Korea Selatan ini pun dimanfaatkan Scarlett Whitening untuk memasarkan produk bundling sehingga penjualannya meningkat.

Adapun paket bundle yang ditawarkan kepada pelanggan saat Song Joong Ki menjadi BA, yakni berupa serangkaian body care dengan tambahan hadiah berupa photocard dan sticker ekslusif.

Sementara itu, Scarlett menghadirkan produk skincare bundle edisi TWICE yang dilengkapi dengan photocard dan kemasan limited edition.

Strategi bisnis yang dilakukan Scarlett tersebut berhasil mendatangkan banyak pelanggan baru. Citra merek di hadapan publik pun kian positif.

4. Hadirkan Berbagai Inovasi

Saat menjalankan bisnis kecantikannya, Felicya Angelista tak ragu untuk melakukan berbagai inovasi. Dengan terus menghadirkan produk-produk baru yang berbeda dari kompetitor.

Pada awalnya, Scarlett hanya menjual produk perawatan untuk kulit wajah.

Namun seiring perjalanan  bisnisnya, Scarlett juga menghadirkan produk untuk merawat kulit tubuh hingga rambut.

Scarlett pun menjadi one stop solution untuk para pelanggan yang mencari produk perawatan tubuh secara menyeluruh.

Untuk perawatan wajah, Scarlett Whitening memiliki produk face wash, moisturizer, serum, toner, dan masker.

Sedangkan untuk perawatan tubuh, Scarlett menawarkan produk berupa body lotion, shower scrub, hingga body scrub.

Sementara untuk merawat kesehatan rambut, Scarlett menyediakan produk shampo dan conditioner.

Setiap produknya memiliki manfaat yang berbeda-beda sehingga calon pelanggannya bisa memilih sesuai kebutuhan. Misalnya varian brightening untuk mencerahkan dan acne khusus kulit berjerawat.

Meski produk yang dihadirkan bagi pelanggan sudah cukup lengkap, tetapi bukan tidak mungkin bagi Scarlett untuk terus berinovasi.

Dengan meluncurkan berbagai produk perawatan kulit untuk memenuhi kebutuhan pasar.

5. Promosi Secara Online

Di era serba digital seperti saat ini, kekuatan internet sangat luar biasa untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Selain dimanfaatkan untuk keperluan komunikasi, internet juga banyak digunakan untuk keperluan bisnis. Misalnya melalui promosi di berbagai media sosial.

Hal ini pun turut dilakukan Scarlett Whitening untuk menunjang strategi pemasarannya.

Merek kecantikan milik artis muda Indonesia tersebut sukses memperluas pasar dengan bantuan media sosial. Mulai dari Instagram, TikTok, LINE, dan WhatsApp.

Dengan terjun ke berbagai platform media sosial untuk promosi, Scarlett bisa menjangkau target pasar secara lebih mudah.

Apalagi, brand ini banyak menjalin kerja sama dengan para influencer sehingga nama Scarlett Whitening bisa dikenal oleh berbagai kalangan.

Oleh karenanya, tak sulit bagi kamu untuk menemukan iklan-iklan dari Scarlett. Sebab, iklan merek ini tersedia dalam berbagai format, baik itu foto atau video yang dibuat oleh berbagai influencer.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnismu

6. Konten Pemasaran yang Menarik

TWICE scarlett whitening
Foto: TWICE (instagram.com/scarlett_whitening)
shopee pilih lokal

Selain promosi yang dilakukan dengan bantuan influencer, artis papan atas, hingga brand ambassador, Scarlett Whitening juga memiliki akun bisnis resmi di berbagai media sosial.

Misalnya di Instagram dan TikTok dengan profil bisnis yang lengkap sehingga terlihat lebih profesional dan tepercaya.

Konten pemasaran yang dibagikan pun sangat menarik dan mampu meningkatkan keyakinan audiens untuk melakukan pembelian.

Beberapa contoh konten penawaran yang dilakukan Scarlett, yakni dalam bentuk foto dan video produk estetik. Dengan warna-warna dan properti cantik.

Penggunaan model influencer, artis, hingga brand ambassador pun turut memanjakan mata para audiens sehingga menambah daya tarik tersendiri.

Tidak hanya konten promosi yang ditunjukkan dengan foto-foto produk, Scarlett juga mengunggah jenis konten lain. Contohnya postingan giveaway berhadiah menarik, games, hingga konten edukasi berupa tanya jawab seputar kecantikan dengan ahlinya.

Jadi selain bertujuan untuk meningkatkan penjualan, konten-konten yang diunggah juga bisa menciptakan keterlibatan dan kedekatan antara brand dengan audiens.

7. Perluas Pasar dengan Omnichannel Marketing

Strategi bisnis lainnya yang dilakukan oleh Scarlett Whitening untuk memasarkan produk-produknya, yaitu dengan menggunakan omnichannel marketing.

Bagi kamu yang belum tahu, omnichannel marketing merupakan pendekatan penjualan melalui berbagai saluran secara terintegrasi.

Hal ini bisa dilihat dari tautan yang ditambahkan pada laman media sosial milik Scarlett Whitening. Melalui satu tautan tersebut, audiens bisa mengakses berbagai platform sesuai keinginan.

Mulai dari toko online yang ada di Shopee, WhatsApp, Line, Instagram, hingga TikTok. Jadi, audiens bisa mengenal lebih jauh tentang merek dan dapat melakukan pembelian secara lebih praktis hanya dalam beberapa klik.

Cara seperti ini cukup relevan dengan perkembangan zaman sehingga Scarlett akan lebih mudah untuk menjangkau pelanggannya.

8. Jangkau Lebih Banyak Pelanggan dengan Reseller

Teknik pemasaran yang dilakukan Scarlett Whitening tidak hanya mencakup penjualan online melalui marketplace, akan tetapi juga melalui reseller.

Jadi, siapa saja bisa membeli produk Scarlett Whitening dan menjualnya kembali untuk memeroleh keuntungan.

Cara seperti ini tidak hanya bisa meningkatkan pendapatan bisnis, lho. Pihak Scarlett pun akan sangat diuntungkan karena jangkauan pasarnya semakin luas.

Misalnya jika reseller tersebut berada di wilayah yang masih terbatas aksesnya untuk melakukan transaksi online, pelanggan lain tetap bisa membeli Scarlett.

Wilayah lain yang mungkin belum terjangkau pemasaran Scarlett juga akan terbantu dengan adanya jaringan reseller ini.

Proses pendaftaran reseller Scarlett tidaklah sulit. Cukup menghubungi call center khusus reseller pada nomor yang tertera pada laman media sosial resmi mereka.

Syaratnya sangat mudah, calon reseller hanya perlu membeli paket berjumlah 48 produk dengan potongan harga khusus.

Produk yang ditawarkan bisa dipilih sesuai kainginan reseller. Kemudian, Scarlett akan membantumu menghitung biaya kirim dan menyiapkan pesanan ke alamat tujuan.

9. Tak Ragu Berikan Diskon

Ada banyak sekali strategi bisnis Scarlett Whitening yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam merintis usaha. Salah satunya dengan memberikan diskon khusus selama periode tertentu untuk mendongkrak angka penjualan.

Scarlett termasuk merek yang tak pelit soal potongan harga. Misalnya dengan memberikan diskon pada tanggal-tanggal khusus yang biasanya diadakan oleh marketplace.

Selain itu, pemberian potongan harga juga dilakukan Scarlett melalui penawaran produk bundle. Biasanya, pembelian paket untuk produk tertentu akan jauh lebih murah.

Teknik seperti ini dinilai lebih hemat dan menguntungkan bagi pelanggan sehingga mereka tak ragu untuk melakukan pembelian.

Tidak hanya mendatangkan banyak pelanggan baru, diskon produk juga bisa menjaga loyalitas pelanggan yang sudah ada saat ini.

Baca Juga: 40+ Marketing Quotes yang Bisa Jadi Ide Pemasaran Bisnismu

10. Kualitas dan Keamanan Produk Terjamin

Strategi bisnis lainnya yang dilakukan Scarlett hingga namanya kian besar hingga sekarang, yakni dengan mengedepankan kualitas dan keamanannya.

Setiap produk Scarlett Whitening dibuat dengan bahan-bahan terbaik sehingga manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal oleh pelanggan.

Kemanan setiap produknya pun telah terjamin. Sebab, telah melalui pengujian BPOM, aman untuk ibu hamil dan menyusui, bebas merkuri, serta tanpa bahan kimia berbahaya seperti hydroquinone.

Konsistensi Scarlett Whitening dalam menghadirkan produk berkualitas dan aman membuat pelanggannya tetap percaya untuk menggunakannya.

Oleh karena itu, mereka pun tak ragu untuk melakukan pembelian berulang di lain waktu.

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X