Segar, Intip Peluang Usaha Jus Buah, Yuk!

Share this Post

Table of Contents

Peluang usaha jus buah memiliki masa depan yang bagus dan omzet yang segar! Kamu penasaran untuk mencobanya?

Muncul pertanyaan, mengapa usaha minuman kekinian selalu laris manis? Minuman kekinian berbahan kopi, susu, atau aneka rasa buah memang digemari banyak orang.

Alasannya sederhana, jenis hidangan tersebut punya rasa yang enak dan menyegarkan. Kalau kata generasi milenial, minuman kekinian ini “satisfying” untuk dinikmati.

Love is Sweet!”, tahukah kamu bahwa ternyata ungkapan tersebut bukan hanya sebatas kata-kata saja? Menurut Journal of Applied Sciences, rasa manis ternyata memiliki efek psikologis yang kompleks.

Selain itu, rasa manis juga bisa memengaruhi minat untuk menjalani hubungan dan perilaku yang romantis.

Baca Juga: 10 Makanan dan Minuman yang Laris di Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

Tidak mengherankan jika makanan atau minuman manis juga sering diberikan kepada orang-orang tersayang.

Hal ini menjadi peluang usaha yang amat menjanjikan, khususnya bagi kamu yang ingin menjual jus buah yang manis dan menyehatkan. Bagaimana peluang usaha jus buah?

Peluang Usaha Jus Buah

peluang usaha jus buah
Foto: Botol Minuman Berwarna (freepik.com)

Tahukah kamu bahwa tidak semua orang suka mengonsumsi buah secara langsung? Dalam sebagian kasus, penyebab ketidaksukaan konsumsi buah adalah karena dibiasakan sejak kecil. Padahal, kata orang cinta tumbuh karena terbiasa.

Lantas apakah harus memaksakan orang lain memakan buah langsung? Tentunya tidak. Ada berbagai olahan produk dari buah, salah satunya jus buah. Tanpa mengurangi manfaat dari buah itu sendiri, meminum jus buah bisa jadi lebih menyenangkan.

Kamu tak perlu repot mengupas dan membelah buah utuh. Kamu juga tak perlu mengunyahnya karena sudah bisa langsung minum. Kondisi ini yang banyak menjadi alasan konsumen mengapa lebih menyukai jus buah.

Dari segi bisnis, tentunya kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut semaksimal mungkin. Apalagi, penjual jus buah sebenarnya cukup jarang. Buah juga mudah untuk didapatkan dengan harga yang relatif stabil.

Untuk urusan pemasaran, kamu bisa membuka lapak kecil di dekat taman, di kantin, atau dijual melalui aplikasi pesan makanan online. Peluang usaha jus buah amat meyakinkan bukan?

Baca Juga: Ide Bisnis Kopi Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Modal Peluang Usaha Jus Buah

usaha jus buah
Foto: Jus Pepaya (freepik.com)

Selanjutnya, kamu perlu mengetahui gambaran modal usaha yang dibutuhkan dan estimasi keuntungannya. Modal usaha dan keuntungan jus buah diasumsikan sebagai berikut.

  • Modal awal termasuk biaya operasional per bulan Rp5.000.000,- (buah-buahan, perlengkapan, lapak usaha, dan bahan jus lainnya).
  • Harga satu gelas jus buah Rp7.000,-
  • Penjualan harian minimal 50 gelas jus buah.

Berdasarkan asumsi tersebut, maka pendapatan per bulan dihitung dengan cara:

50 gelas x Rp7.000,- x 30 hari = Rp10,5 juta.

Dalam satu bulan, keuntungan penjualan yang akan kamu dapat setelah dikurangi modal awal adalah Rp5.500.000,-.

Dengan perhitungan tersebut, kamu sudah bisa balik modal dari usaha jus buah ini hanya dalam hitungan bulan. Terlebih jika kamu menjual jus buah di lokasi dan waktu-waktu yang tepat, seperti saa bulan puasa.

Baca Juga: 4 Tips Usaha Teh Poci Sendiri, Cuannya Bikin Segaar!

Tantangan Peluang Usaha Jus Buah

usaha jus buah
(Foto beragam Jus Buah (freepik.com)

Bukannya tanpa tantangan, peluang usaha jus buah juga memiliki kendalanya tersendiri. Layaknya bisnis pada umumnya, tantangan itu perlu diketahui dan disikapi dengan baik.

Menjalankan usaha jus buah memang tidaklah sulit, kamu bisa membeli buah-buahan di pasar, swalayan, atau bahkan membelinya secara online.

Masalahnya, sebagian buah memiliki daya tahan yang tidak lama. Apalagi, jika sudah dibuka dan terkena udara.

Hal ini jadi tantangan terbesar, sebab cita rasa jus buah dihasilkan dari buah kualitas terbaik. Di samping itu, membedakan buah yang sudah matang dan manis juga susah susah gampang.

Bagaimana caramu memilih mangga yang matang dan manis? Apakah mencium aromanya, melihat warnanya, merasakan teksturnya, atau mencoba langsung?

Selain itu, di beberapa lokasi usaha jus buah juga terikat dengan waktu dan cuaca. Ketika kamu berjualan jus buah di siang hingga sore hari, mungkin saja peminatnya akan lebih banyak dibandingkan saat malam hari. Sebab, jus buah akan terasa lebih menyegarkan saat cuaca panas.

Bagaimana bila cuaca sedang hujan seharian? Mungkin saja kondisi tersebut sedikit banyak memengaruhi penjualan. Jadi, kamu harus pintar membaca situasi.

Baca Juga: 7 Strategi Bisnis Kuliner Agar Semakin Ramai, Coba yuk!

Tips Memulai Usaha Jus Buah

usaha jus buah
Foto: Segelas Jus Berwarna Kuning (freepik.com)

Setelah menganalisis tantangan dan peluang usaha jus buah, kamu jadi makin siap memulai usahanya. Namun, ada beberapa tips usaha yang perlu kamu perhatikan. Simak penjelasan berikut, ya!

1. Pahami Cara Memilih Buah

Tips pertama adalah memahami cara memilih buah yang berkualitas baik. Kualitas buah bisa memengaruhi cita rasa jus yang dihasilkan.

Ada beberapa cara memilih buah, yaitu dengan melihat warnanya, mencium aromanya, hingga mencicipinya langsung.

Jika kamu kebingungan, cobalah tanyakan kepada penjual buah. Bisa jadi kamu akan mendapat harga lebih murah kalau menjadikannya pemasok buah produk jusmu.

2. Variasikan Menu Jus Buah

Ketika menjual jus buah, jangan hanya menjual jus buah orginal saja. Namun, cobalah menambah menu baru dengan membuat beberapa variasi jus. Misalnya, memadukan jus buah dengan susu, madu, atau topping lain.

Jangan ragu untuk bereksperimen dan menciptakan menu baru. Misalnya, mencampurkan jus buah dengan boba, jelly, cendol, float, dan aneka pemanis lainnya. Kamu juga bisa menghadirkan menu jus buah campur yang terdiri dari beberapa buah sekaligus.

3. Perhatikan Kemasan

Selanjutnya, kamu perlu memerhatikan kemasan jus buahmu. Jus buah biasanya dijual dalam kemasan gelas plastik untuk pembelian take away.

Penggunaan kantung plastik kurang ideal, sebab bisa membuat jus buah tumpah dalam perjalanan. Akan lebih baik jika kamu menjual jus buah dalam kemasan botol yang jauh lebih aman. Selain itu, harga kemasan botol plastik juga sangat terjangkau. Praktis bukan?

Baca Juga: 10 Ide Jualan Makanan Online Untuk Berbisnis, Menarik!

4. Gunakan Label Kemasan

Ketika membuka Instagram, pernahkan kamu menemukan teman yang mengunggah foto sedang memegang kemasan Starbucks, Kopi Janji Jiwa, atau minuman lain?

Dalam kemasan tersebut, terdapat label merek. Beberapa di antaranya bahkan dituliskan nama pemesan dan kata-kata singkat.

Mengapa kamu tidak mencobanya juga untuk bisnismu? Mencetak stiker untuk label merk juga sangat terjangkau. Untuk menulisnya, kamu bisa menggunakan spidol permanen yang bisa diisi ulang.

Bila sudah tahu produk jus yang ingin dijual, jangan lupa untuk memasarkanmu di media sosial hingga e-commerce. Kamu bisa menjual produkmu di berbagai saluran e-commerce sekaligus.

Itulah beberapa tips dan peluang usaha jus buah yang menjanjikan. Bagaimana, tertarik mencoba?