7 Cara Mudah Mendapat Modal Usaha Untuk Fresh Graduate

Share this Post

modal usaha fresh graduate
Table of Contents
shopee gratis ongkir

Kamu baru lulus kuliah dan punya ide bisnis, namun belum cukup modal? Berikut ini beberapa cara mendapat modal usaha untuk fresh graduate!

Menjalankan usaha tak melulu butuh modal besar dan keterampilan khusus. Ada banyak peluang bisnis yang bisa digarap oleh siapa saja, tak terkecuali bagi para fresh graduate.

Bahkan, kebanyakan pebisnis sukses saat ini mengawali perjalanan bisnisnya ketika masih menjadi mahasiswa. Berkat keuletan dan kreativitas, bisnisnya mampu berkembang pesat dan memiliki banyak basis pelanggan.

Ditambah lagi, bisa dikatakan bahwa masa-masa menjadi mahasiswa merupakan momentum dimana banyak ide bisnis lahir. Semakin sering mempelajari hal baru, semakin kamu peka bahwa ada banyak hal yang bisa menjadi bisnis.

Akan tetapi, hambatan terbesar para mahasiswa tingkat akhir dan fresh graduate tentu berkaitan soal modal. Bahkan, para pengusaha sukses milenial pun juga mengalami kesulitan modal saat awal mendirikan usaha.

Meski begitu, bukan berarti kamu tak bisa mendirikan bisnis sendiri. Pasalnya, ada beberapa cara mendapatkan modal usaha untuk fresh graduate yang bisa dicoba, lho.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Modal 100 Ribu, Ada yang Nyaris Tanpa Modal!

Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Fresh Graduate

modal usaha untuk fresh graduate
(Foto fresh graduate. Sumber: Freepik.com)

Berikut beberapa cara mudah memperoleh modal usaha untuk fresh graduate, simak sampai akhir, ya!

1. Tabungan Pribadi

Cara paling mudah untuk memperoleh modal usaha untuk fresh graduate adalah dengan memanfaatkan tabungan pribadi.

Meskipun tidak banyak, kamu tak perlu khawatir. Pasalnya, ada banyak ide bisnis yang tak membutuhkan modal besar. Sebagian diantaranya bahkan bisa dijalankan dengan modal mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 500 ribuan.

Dengan menggunakan tabungan sendiri, kamu jadi bisa memulai bisnis tanpa perlu memikirkan utang. Kamu tak perlu cemas apakah nanti bisnismu berjalan sesuai rencana atau tidak, sebab tak akan merugikan orang lain.

Disarankan untuk memisahkan tabungan untuk bisnis dengan dana tabungan lain agar dana yang kamu kumpulkan tidak tercampur nantinya, ya!

2. Menjual Aset

7 Cara Mudah Mendapat Modal Usaha Untuk Fresh Graduate
(Foto menjual sepatu online. Sumber: Freepik.com)
shopee pilih lokal

Bisa dibilang, cara ini merupakan cara tercepat mendapatkan modal usaha untuk fresh graduate. Ada beberapa jenis aset yang bisa kamu jual, seperti kendaraan, perhiasan, barang elektronik, maupun pakaian.

Sebaiknya upayakan menjual aset dari barang yang sudah tidak kamu pakai dahulu. Dengan begitu, ketiadaan aset tersebut tidak akan mempengaruhi rutinitas bisnismu.

Kamu bisa menggabungkan tabungan pribadi dengan hasil penjualan aset sehingga modal usahamu jadi semakin besar.

Baca Juga: 15 Ide Bisnis Modal 500 Ribu yang Paling Menguntungkan

3. Kredit Bank

Cara mencari modal usaha untuk fresh graduate selanjutnya adalah melalui kredit bank. Ada berbagai macam kredit yang ditawarkan oleh bank, baik kredit tanpa jaminan maupun dengan jaminan.

Kredit tanpa jaminan biasanya memiliki bunga yang lebih besar. Sebelum mengambil kredit, pastikan kamu sudah membuat simulasi pembayarannya. Jangan lupa juga untuk bertanggung jawab atas dana yang kamu pinjam, ya!

4. Patungan

7 Cara Mudah Mendapat Modal Usaha Untuk Fresh Graduate
(Foto joint venture bisnis. Sumber: Freepik.com)
shopee pilih lokal

Dalam membangun usaha, kamu tak harus memulainya sendirian. Kamu sangat bisa bekerja sama dengan teman satu kampus untuk merintis usaha bersama.

Artinya, kamu juga akan menggunakan sistem patungan untuk memperoleh modal usaha. Kamu bisa mengatur berapa alokasi dana yang dibutuhkan, bagaimana pembagian modalnya, dan siapa yang akan menjadi pemilik pasif dan aktif dari bisnis tersebut.

5. Crowdfunding

Serupa namun tak sama, crowdfunding menjadi salah satu cara yang bisa kamu coba dalam mendapat modal usaha untuk fresh graduate.

Crowdfunding biasanya menggunakan situs web atau media sosial untuk menggalang dana. Caranya, kamu bisa mengunggah ide bisnismu dan membuat campaign yang menarik.

Dana yang kamu kumpulkan dapat bersumber dari donasi, utang, hibah, maupun investasi yang diberikan oleh sejumlah investor.

Baca Juga: 9 Ide Bisnis Modal 20 Juta yang Menguntungkan, Mau Coba

6. Pinjam Dari Orang Terdekat

7 Cara Mudah Mendapat Modal Usaha Untuk Fresh Graduate
(Foto pinjaman uang. Sumber: Freepik.com)
shopee pilih lokal

Cara ini bisa jadi alternatif untuk memperoleh modal usaha. Sebab, beberapa pengusaha sukses juga pernah meminjam modal dari orang tuanya untuk merintis usaha.

Cara ini bisa dibilang lebih aman dan cepat, pasalnya, kamu mendapat suntikan dana dari orang yang benar-benar mengenalmu. Komunikasi antara kamu dengan pemberi pinjaman juga dapat berlangsung lebih harmonis.

7. Subsidi Pemerintah

Cara mencari modal usaha untuk fresh graduate berikutnya ialah dari subsidi pemerintah.

Saat ini, pemerintah Indonesia memiliki program BPUM BLT UMKM untuk pelaku bisnis mikro.

Program pemerintah tersebut dapat memberikan modal usaha gratis bagi pelaku bisnis. Nominal yang didapatkan, yakni sebesar Rp1,2 juta.

Namun, kamu harus memenuhi syarat jika ingin mendapatakan program bantuan pemerintah yang satu ini.

Dikutip dari laman Modal Rakyat, berikut kriteria calon penerima bantuan modal usaha gratis dari pemerintah:

  • Memiliki usaha mikro. Sehingga bagi peserta yang usahanya besar dan bukan termasuk mikro, maka mereka tidak berhak mendapatkan bantuan dari program pemerintah ini. Karena supaya bantuannya tepat sasaran.
  • Peserta harus merupakan WNI dan bukan pegawai BUMN/ BUMD, TNI/ Polri, ASN. Jadi peserta yang memiliki jabatan tersebut tidak berhak menerimanya karena dianggap sudah mampu.
  • Calon peserta tidak boleh sedang mempunyai pinjaman di bank atau KUR. Karena bantuannya hanya untuk mereka yang tidak memiliki pinjaman saja. Sehingga bisa mendapatkan bantuan modal usaha gratis dari pemerintah.
  • Aset yang dimiliki oleh calon peserta maksimal harus Rp50 juta saja. Itu tidak termasuk tempat usaha tanah dan bangunannya. Bila lebih dari itu, maka peserta belum memenuhi syarat.
  • Setiap calon penerima tidak boleh mempunyai penghasilan tahunan dengan omset lebih dari Rp300 juta per tahun. Jadi bila omsetnya lebih dari itu, maka pengajuannya pasti ditolak.

Adapun persyaratan dokumen yang perlu disiapkan supaya kamu bisa menjadi penerima bantuan modal usaha gratis dari pemerintah:

  • Setiap pelaku usaha yang mengajukan bantuannya tersebut harus memiliki Surat Keterangan Usaha. Hal tersebut untuk membuktikan bahwa peserta memang memiliki usaha mikro yang akan diajukan.
  • Setiap peserta harus menyiapkan KTP, NIK, dan alamat tempat tinggalnya harus sesuai dengan kartu tanda penduduk. Selain itu, setiap peserta juga harus melengkapi nomor telepon dan bidang usahanya.

Baca Juga: 8 Ide Bisnis Modal 100 Juta, Menarik Jadi Inspirasi Lho!

Setelah semua syarat dan dokumen terpenuhi, kamu harus menghubungi pihak Dinas Koperasi serta UKM berdasarkan domisili.

Bila sudah mendaftar, maka akan dilakukan verifikasi oleh dinas.

Proses verifikasi ini dilakukan untuk mengecek kecocokan data supaya semua informasi yang dimasukkan calon penerima bantuan modal usaha gratis dari pemerintah itu benar dan tidak ada kecurangan.

Untuk mengetahui status calon penerimanya, kamu bisa mengecek statusnya lewat link berikut.

Itulah beberapa cara memperoleh modal usaha untuk fresh graduate yang bisa kamu coba.

Belanja Harga Murah + Gratis Ongkir + Cashback

X